Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Fotografi Terbaik Jurnalistik Yang Mendapatkan Penghargaan Dunia

Ada Beberapa foto yang tak lekang oleh waktu dimana foto foto ini mempunyai sejarahnya sendiri. Bahkan jika melihat foto foto ini, seolah olah mereka menceritakan kita kejadian yang terjadi saat itu. Begitu banyak foto foto yang indah dan tak terlupakan yang dihasilkan oleh para fotographer, namun disini kami bagikan beberapa foto yang dihasilkan oleh para jurnalistik disamping kisah yang terselip di dalamnya. Berikut fotographi terbaik jurnalistik mendapatkan penghargaan dunia

Nguyen Ngoc Loan
Gambar yg sangat terkenal. Nguyen Ngoc Loan kepala polisi Vietnam Selatan mengeksekusi mati seorang pemuda yg diduga sebagai Vietcong. Gambar ini memenangkan hadiah pullitzer.

2 orang pemuda afro american yg dituduh memperkosa wanita kulit putih
Gambar terkenal lainnya yg diambil 1930. 2 orang pemuda afro american yg dituduh memperkosa wanita kulit putih dan membunuh pacarnya, diambil secara paksa oleh gerombolan massa kulit putih yg marah. Mereka lalu digantung.

Little Rock ’s Central High
Little Rock ’s Central High adalah saksi dari peristiwa ini. untuk pertama kalinya seorang pemudi afro american mengikuti SMU yg selama ini hanya menerima siswa kulit putih. Hari pertamanya di sekolah diwarnai intimidasi dan ejekan. dia hanya bertahan sekolah selama 4 hari.


The Tank Man
“The Tank Man“, gambar seorang mahasiswa yang berdiri membisu di depan tank-tank pemerintah RRC yang akan menumpas demonstrasi mahasiswa di lapangan Tia Nanmen.

pendeta Buddha dari Vietnam membakar dirinya
ThĂ­ch Qung, seorang pendeta Buddha dari Vietnam membakar dirinya sendiri hingga tewas dalam rangka protes kepada pemerintah. Semua yang hadir dan menyaksikan aksi ini terheran-heran karena si pendeta selama aksi membakar dirinya tidak tampak kesakitan dan menjerit2. Ia tetap duduk diam dalam Lotus Pose hingga menjadi abu.

Tragedi untuk mengakhiri tragedi. Bom atom yg dijatuhkan Allied Force di Nagasaki untuk mengakhiri Perang Dunia II

Albert Einstein si jenius abad 20 termasuk sosok yg jenaka. Foto ini adalah buktinya.
US Marine menancapkan bendera Amerika di Iwo Jima. ini foto amat terkenal.
US Marine menancapkan bendera Amerika di Iwo Jima. ini foto amat terkenal.
Pekerja konstruksi di New York makan siang bersama di ketinggian GE Building at Rockefeller Center.
1932. Pekerja konstruksi di New York makan siang bersama di ketinggian GE Building at Rockefeller Center.
The Napalm Girl
Tragedi terkenal lainnya dari perang Vietnam. “The Napalm Girl”. Kim PhĂșc (lahir 1963) pada umurnya yg ke-9 terkena serangan bom Napalm dari pasukan Amerika. Ia berlari telanjang sambil menangis.
Sudan – 1993
Sudan – 1993. Gambar yg sangat mengerikan ini memenangkan hadiah Pulitzer. Seekor burung pemakan bangkai menunggu dengan sabar seorang bayi yg berjuang untuk bertahan hidup. Fotografernya bunuh diri tidak lama setelah menerima hadiah tsb (1994)
The Falling Man” diambil dari tragedi 9/11
“The Falling Man” diambil dari tragedi 9/11. seseorang jatuh dari ketinggian gedung yang sedang terbakar
Kamp konsentrasi di Buchenwal
Kamp konsentrasi di Buchenwal.