Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Film Peraih Penghargaan Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Hidup ini penuh dengan misteri yang kita sendiri tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Setiap orang saling bersosialisai dan belajar satu sama lain untuk mencapai kesuksesan. Banyak cerita kehidupan manusia yang sangat menginpirasi dan kemudian dijadikan sebuah film. Film merupakan sebuah drama yang menggambarkan kisah kehidupan sehari-hari yang biasanya terinpirasi dari penulis cerita, novel atau juga berdasarkan kisah nyata. Dalam film yang diangkat dari kisah nyata itu, tentunya terselip pesan dan pelajaran yang bisa kita pelajari. Berikut daftar film brdasarkan kisah nyata yang menginpirasi :


1. The Pursuit of Happyness (2006)
Film ini merupakan sebuah film berdasarkan kisah nyata yang mengharukan dengan akhir cerita yang baik, sangat cocok sekali untuk ditonton bersama keluarga. Dibintangi oleh Will Smith (Chris Gardner) dan anaknya sendiri Jaden Smith (Christopher Gardner) yang menceritakan perjuangan seorang ayah yang menjadi seorang salesman demi membahagiakan anaknya. Mereka hidup penuh dengan kesusahan, mereka hidup dengan berpindah-pindah tempat.

Pesan : Ketika kita berjuang demi meraih impian dalam hidup dengan gigih, maka hasilnya tidak pernah bohong.

2. Amazing Grace (2006)
Film ini menceritakan kerja keras dan perjuangan William Wilberforce menembus jajaran parlemen Inggris untuk kemudian menghapuskan praktek perdagangan budak. Film ini bukan hanya menginspirasi, fakta bahwa hal ini pernah terjadi saja sudah cukup membuat hati kita bergetar.

Pesan : Semua manusia itu sama dan mendapatkan hak yang sama juga. Latar belakang, asal engara atau warna kulit bunkanlah suatu alasan untuk melakukan ketidakadilan.

3. Gridiron Gang (2006)
Film ini merupakan kisah nyata yang menceritakan tentang beragamnya kenakalan remaja yang di sadari ataupun tidak, sering terjadi di sekitar kita. Setiap remaja yang melakukan hal di atas ini di masukkan kesebuah tempat khusus yang disebut dengan “Camp Kilpatrick” di Los Angles. Camp Kilpatrick merupakan penjara khusus untuk menangani kenakalan masa remaja.

Pesan : Film ini mengajarkan bagaimana cara kita menghargai hidup, saling menghormati dan bagaimana pandangan orang-orang mengenai seorang narapidana yang terus berjuang untuk hidupnya.

5. My Sister’s Keeper (2009)
Film ini mengisahkan sebuah cerita yang dramatis dan mengharukan. Dibintangi oleh Cameron Diaz (Sara Fitzgerald), Abigail Breslin (Anna Fitzgerald), Sofia Vassilieva (Kate Fitzgerald) mengisahkan tentang Anna Fitzferald yang “dipaksa” menjadi “saudari penyelamat” untuk Kate Fitzgerald yang menderita leukimia akut dan diminta untuk mendonorkan organ, darah, dan jaringan untuk menjaga kakaknya tetap hidup. Namun pada kenyataannya sebenarnya Kate sudah tidak ingin hidup lebih lama lagi, dan Anna selama ini bertindak dengan arahan dari Kate. Anna sebenarnya ingin mendonasikan ginjalnya, namun ditolak oleh kakaknya. Film My Sister’s Keeper berakhir saat Kate kemudian meninggal ketika tidur di samping ibunya.

Pesan : Bagaimana cara kita menahan ego dalam memperjuangkan sesuatu, janganlah memaksakan kehendak bila urusan hidup dan mati hanya Tuhan yang mengetahuinya, bersikaplah iklas dan belajar menerima dengan begitu kamu akan menjalani kehidupan yang nyaman.

6. The Blind Side (2009)
Film The Blind Side tidak hanya didukung oleh performance dari Sandra Bullock yang sangat baik dan berpengalaman tetapi dengan kekuatan cerita tentang Collins Tuohy mampu menarik hati para penonton. Film yang dibintangi aktris Sandra Bullock dan penyanyi Tim McGraw ini, menggambarkan kisah hidup yang membangkitkan semangat, kisah nyata dari seorang gelandangan Michael Oher dalam perjuangannya yang menyakitkan untuk menjadi orang kaya di Baltimore Raven. Namun demikian, film ini juga menunjukkan kegigihan Collins Tuohy sebagai ibu angkat Michael Oher untuk membimbing menuju kesuksesan Michael Oher.

Pesan : Setiap anak memiliki potensi masing-masing. Orang tua maupun lingkungan sekitar memiliki andil besar di dalam mengasah kemampua dan memunculkan kemapuan terpendam seorang anak. Tetaplah sabar dan jangan pantang menyerah dalam mendampingin anak.

7. Social Network (2010)
Film yang dibintangi oleh Jesse Eisenberg (Mark Zuckerberg) dan Andrew Garfield (Eduardo Saverin) ini bercerita tentang perjuangan Mark Zuckerberg dalam membangun jejaring sosial Facebook dari awal sejarah berdirinya sebuah media sosial ini hingga mampu menjadi besar di dunia. Film yang berjudul The Social Network ini menarik perhatian tentang teknologi yang diciptakan sehinga bisa menciptakan sebuah platfrom bernama Facebook, yang sejak pertama kali diluncurkan mampu menarik jutaan orang untuk membuat akun Facebook. Melalui film ini kamu akan melihat bagaimana kehidupan Mark sejak ia kuliah,dan pertentangan Mark mempertahankan idenya menciptakan Facebook.

Pesan : Kisah ini dapat menginpirasi orang untuk berpikir tidak ada yang mustahil di dunia , asalkan kamu mau berusaha.

8. 127 Hours (2011)
127 Hours merupakan film kisah nyata terbaik. Film ini merupakan kisah nyata dari Aron Ralston sang pecinta alam yang terjebak di bawah batu besar waktu melakukan petualangan seorang diri di Moab, Utah. Selama 127 jam pria ini harus berjuang untuk melawan takdirnya sendiri. Film ini dibintangi James Franco sebagai pendaki gunung yang bernama Aron Ralston, diproduseri dan di sutradarai oleh Danny Boyle.

Pesan : Ketika berada dalam keadaan yang sangat buruk sekalipun, selalu ada jalan keluar. Rasa putus asa, kehilangan semangat dan menyerah adalah hal yang manusiawi, tapi ketika kita membiarkan rasa itu menguasai kita sepenuhnya maka saat itulah kita benar-benar kalah.


9. Saving Mr. Banks (2013)
Film yang inspirasional mengangkat seorang yang legendaris, yaitu Walt Disney yang banyak menceritakan rahasia hidup Disney di masa lalu. Termasuk hubungan rumitnya dengan seorang penulis Pamela Lyndin Travers. Saat itu Disney pernah menjanjikan kepada anak-anaknya untuk membuat film berdasarkan kisah favorit mereka, namun tidak ditepati sesuai waktu yang disepakati. Diperankan oleh Tom Hanks (Walt Disney) dan Emma Thompson (P.L. Travers) menjadikan film ini begitu apik.

Pesan : Masa lalu akan terus ada, masa lalu akan terus menghantui kita. Kecuali jika kamu ingin melepaskannya lalu menjalani masa depan.

10. 12 Years A Slave (2013)
12 Years a Slave adalah sebuah film yang diadaptasi dari kisah nyata lewat novel karangan Solomon Northup. Dengan latar belakang perbudakan, film arahan Steve McQueen ini tentunya banyak menampilkan adegan penyiksaan yang bisa membuat penonton merasa iba. Tak jarang dalam beberapa adegan, kita seakan bisa ikut merasakan sakit serta sedih dari pengalaman yang dialamo Solomon dan teman-temannya. Tidak hanya menyuguhkan jalan cerita yang kuat, film ini juga didukung dengan aksi penampilan akting memukau dari para pemainnya. Terutama akting yang ditampilkan oleh Chiwetel Ejifor sebagai Solomon, yang benar-benar bisa membuat penonton menghargai perjuangannya pada saat itu. Secara ekpresi dan penghayatannya, Chiwetel Ejifor bisa membawa kamu ikut merasakan apa yang dialaminya pada jaman perbudakaan tersebut. Selain Chiwetel Ejifor, film ini juga diturut dibintangi oleh Dwight Henry, Bryan Batt, Benedict Cumberbatch, Paul Giamatti, Liza J Bennett, Paul Dno, Lupita Nyong’o, dan Brad Pitt.

Pesan : Kamu akan menemukan orang-orang yang percaya dan bergantung pada kamu.