Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Lady Godiva Rela Berkuda Tanpa Busana Demi Rakyat

Perempuan cantik ini merupakan keturunan bangsawan Inggris yang tinggal di daerah Coventry pada akhir abad ke-12. Lady Godiva sangat terkenal di kotanya, bahkan ada juga yang bilang kalau kecantikannya beken di seluruh Inggris. Perempuan bertubuh tinggi semampai ini memiliki rambut panjang berwarna kemerahan. Konon, pada masa itu, Lady Godiva dianggap sebagai salah satu pemilik rambut terindah. Lady Godiva kemudian menikah dengan bangsawan bernama Earl Leofric. Walaupun cantik dan kaya, Lady Godiva tidak sombong. Bahkan, ia akrab dengan rakyat jelata.

Lady Godiva

Suaminya berprofesi sebagai pejabat pajak dan mematok pajak rakyat dengan sangat tinggi. Lady Godiva pun membujuk suaminya agar memungut pajak dengan sewajarnya. Menurut legenda, suaminya berjanji memenuhi permintaan tersebut asalkan ia menerima tantangan untuk berkuda dalam keadaan telanjang menuju kota. Demi membela masyarakat, Lady Godiva pun menyanggupinya. Tapi ia sudah meminta orang-orang untuk tidak keluar rumah ataupun mengintip, selama ia menjalani misinya itu. Ia pun menutupi sebagian tubuhnya dengan rambutnya yang panjang dan indah itu.

Patung Lady Godiva

Gara-gara peristiwa ini pula, istilah “The Peeping Tom” dikenal di Inggris. Menurut cerita, setelah Lady Godiva keluar rumah, tak ada yang berani memandangnya, kecuali satu pria yang disebut-sebut bernama Tom. Tom pun mendapat ganjarannya. Ia mendadak buta. Adapula yang bilang bahwa Tom meninggal dunia. Misi Lady Godiva sendiri akhirnya berhasil dan suaminya setuju untuk menghapus seluruh pajak yang memberatkan. Untuk mengenang kecantikan dan kebaikan Lady Godiva, dibuatlah Patung Lady Godiva di tengah kota Coventry, Inggris