iklan

Lisa del Giocondo, Model Lukisan Mona Lisa Yang Sebenarnya

Posted by Aneh Unik


Lukisan Mona Lisa yang terkenal memang selalu menarik perhatian. Meskipun lukisan tersebut sudah dibuat berabad-abad yang lalu, namun orang masih saja ingin menggali lebih dalam mengenai potret lukisan yang menggambarkan senyum wanita tersebut. Anda juga penasaran kan siapa sebenarnya wanita yang tersenyum itu?

Para peneliti di Jerman akhir-akhir ini merasa yakin bahwa mereka mengetahui siapa model lukisan “Mona Lisa” yang sebenarnya. Lukisan Mona Lisa, merupakan lukisan karya pelukis Leonardo Da Vinci yang terkenal.

Yang diperkirakan menjadi model Lisa dalam lukisan tersebut adalah Lisa Gherardini, yang merupakan istri dari Francesco del Giocondo, yang berprofesi sebagai seorang saudagar kaya raya yang berasal dari Florence, Italia.

Akan tetapi para ahli sejarah seni berpendapat bahwa lukisan wanita tersenyum tersebut bisa saja merupakan lukisan dari kekasih Da Vinci, ibunda Da Vinci, atau bahkan dirinya sendiri.

Saat ini, para peneliti dari Heidelberg University library di Jerman meyakinkan bahwa tanggal yang tertulis di tengah buku yang bertuliskan October 1503 ditulis oleh pemiliknya menjelaskan bahwa sekali dan untuk selamanya Lisa del Giocondo merupakan model sebenarnya dari lukisan ternama karya Leonardo Da Vinci tersebut.

Seorang pakar berkata bahwa semua keraguan akan model sebenarnya dari lukisan Mona Lisa telah dihapuskan berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh Dr.Armin Schlechter.

Tulisan yang diyakini tersebut diperkirakan ditulis oleh Agostino Vespucci, yang merupakan seorang pecinta seni, yang terdapat dalam kumpulan tulisan Cicero, yang merupakan seorang orator Roma.

Pendapat itu juga menggabungkan Leonardo Da Vinci dengan seorang seniman Yunani yang bernama Apelles, dan ia melukis 3 kali dalam sehari, dan salah satu lukisannya adalah potret Lisa del Giocondo.

Seorang pakar seni yang menghubungkan tanggal lukisan tersebut dengan saat ini, bahwa penemuan Heidelberg merupakan penerobosan baru dan memberikan arti yang baru mengenai hubungan istri saudagar Francesco del Giocondo dengan potret lukisan tersebut.

Pakar sejarah seni dari Leipzig University Frank Zoellner berkata dalam siaran radio di Jerman, bahwa tidak ada lagi yang diragukan mengenai perempuan dalam lukisan Leonardo Da Vinci tersebut. Dengan kata lain, ia yakin bahwa istri Francesco del Giocondo merupakan model sebenarnya dari lukisan Mona Lisa.

Menurut seorang sumber, Heidelberg sebenarnya telah meneliti hal ini sejak dua tahun yang lalu di perpustakaan oleh Schlechter. Meskipun penemuan tersebut telah dicetak dalam catalog perpustakaan umum, namun penemuan tersebut belum dipublikasikan dan mendapat sedikit peringatan sampai seorang penyiar asal Jerman akhirnya setuju untuk membuat rekaman di perpustakaan tersebut.

Lukisan tersebut, yang dipajang di Museum Louvre di Paris, juga dikenal dengan nama “La Gioconda”, yang berarti wanita yang gembira di Italia, dan nama tersebut juga diperkirakan merupakan nama keluarga dari perempuan tersebut setelah menikah dengan suaminya.

Sumber: http://vibizlife.com

Baca Ini Juga:

iklan
iklan