iklan

Pintu Gerbang Neraka

Posted by Aneh Unik

Di Iceland banyak sekali terdapat keajaiban geografis yang menarik untuk dieksplorasi. Keragaman topografi Iceland membuat kita tidak bosan-bosannya untuk menginjakkan kaki kita di sini. Námaskarð yang berlokasi di utara Danau Myvatn adalah salah satu keajaiban yang Anda harus kunjungi. Lalu mengapa disebut sebagai pintu gerbang ke neraka ?


 

Melintasi Gunung Námafjall pada ketinggian 410 m, jalan setapak ini diberi nama dari pemuan kembali belerang di abad 19. Cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan mengambil Ring Road nomor 1 yang melintasi antara Mývatn dan Egilsstaðir. Alternatif lain Anda bisa mengikuti rute melingkar-lingkar dari Reykjahlíð sepanjang 5 km. Danau Mývatn, diperhitungkan sebagai resor paling hot di Iceland, sejauh 45 menit berkendara dari kota terdekat. Sekali mencapai Hinauffährt, Anda akan disuguhi pemandangan seluruh Mückensee dan Jarðbaðshólar, kawah gunung api yang di belakangnya ada danau Jarðböðin.

Di kaki-kaki bukit gunung api yang spektakuler ini terdapat bidang luas sumber air panas yang dinamakan Hverarönd dan Hverir yang dikenal karena variasi perubahannya. Anda juga dapat menemui sejumlah fenomena vulkanik, kolam lumpur, dan pot lumpur yang semuanya seolah seperti direbus dengan tanpa belas kasihan.




Jalan lintas Námaskarð berlokasi strategis berjarak tidak jauh dari gunung Krafla sekaligus dekat dengan lokasi-lokasi geologis menarik lainnya seperti Búrfellshraun dan padang pasir Mývatsöræfi. Selagi mengunjungi Námaskarð, Anda semestinya tidak melewatkan Heißquellengebiet, formasi lava dari Dimmuborgir, kawah pseudo dari Skútustaðir dan air terjun bersejarah Goðafoss di tepi jalannya.








 Námaskarð menjadi termahsyur karena sumber lumpur belerangnya yang dinamakan solfatar dan menyemburkan sumber bahan vulkanis. Meski Anda akan jarang menemui sumber air murni di situs geothermal ini di Iceland, tapi mineral-mineral yang berwarna-warni di sini akan memukau Anda termasuk kawah lumpur raksasanya. Anda akan dijamu makan malam, fasilitas akomodasi dan parkir di Grýtubakki.
Hal lainnya yang mengagetkan tentang Námaskarð adalah ketiadaan tumbuhan. Bagaimanapun juga, jika melihat range temperatur yang tinggi di sini sepertinya ada kemungkinan untuk itu. Emisi konstan uap di sini membuat tanah sama sekali steril dan berasam, tidak cocok untuk tumbuh-tumbuhan dan bahkan tidak baik untuk tubuh manusia.

 







Karenanya jangan lupa menutup hidung Anda atau gunakan masker saat menikmati fenomena mineral-mineral di sini. Berjalan di area sini juga harus hati-hati. Jangan coba-coba melewati tali-tali yang mengelilingi kolam-kolam itu. Tanah di bawahnya bisa menjebak dan juga adanya semburan-semburan lumpur panas. Kebetulan di sini tidak ada pemandunya jadi harus ekstra hati-hati.


 

Diperlukan kunjungan-kunjungan ke Námaskarð dan Danau Mývatn untuk menghilangkan mitos dingin yang membekukan di benak orang-orang mengenai Iceland. Faktanya, Mývatn berada di posisi empat diantara danau-danau terbesar di Iceland dan masih menjadi favorit hunian bagi beragam jenis burung.

Pemandangan luar biasa Danau Mývatn dipadu dengan gelembung-gelembung turbulent dan kabut yang menggantung memberikan perasaan Anda sedang berada di suatu tempat di luar angkasa dan itu seperti pintu gerbang ke Neraka !

Baca Ini Juga:

iklan
iklan