Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Uang pohon Itu Benar Ada dan Nyata

Sering orang bilang istilah atau semacam idiom pohon uang, yang dimaksudkan mungkin hanya sekedar kiasan untuk istilah dalam kalimat tertentu. Namun yang satu ini adalah pohon uang sungguhan, dimana di pohon yang dimaksud bisa kita jumpai uang namun jenis uang koin beraneka ragam menempel di dahannya hingga menyerupai sisik-sisik. Sebuah pohon besar dengan batang dan ranting penuh dengan uang dapat dijumpai di North Wales, Britania Raya. Penasaran?


Bayangan orang tentang pohon uang pasti seputar pohon besar nan lebat dimana daunnya adalah uang kertas dan batangnya berisi koin emas. Namun pohon uang yang dimaksud ini sedikit berbeda dari imajinasi kebanyakan orang.

Pohon uang yang ada di Desa Portmeirion, Gwynedd, North Wales ini berupa pohon tua yang sudah mati namun batangnya penuh dengan uang koin. Desa Portmeirion sendiri merupakan desa wisata di negara tersebut yang dirancang oleh Sir Clough Williams-Ellis antara 1925 dan 1975 dalam gaya sebuah desa Italia.


Di dalam hutan desa wisata tersebut terdapat pohon-pohon tua yang batangnya dipenuhi dengan uang logam, namanya Wishing Tree. Dinamakan demikian karena menurut warga lokal siapa saja yang menanam koin di pohon tersebut dan berdoa maka permintaannya akan terkabul.



Karena mitos yang beredar tersebut maka banyak juga para turis yang melakukan hal serupa saat berkunjung ke sana. Alhasil dalam satu batang pohon bisa ditemukan lebih dari satu juta koin. Dulunya hanya ada satu batang saja yang dijadikan Wishing Tree, namun seiring banyaknya minat para turis untuk melakukan ritual serupa maka kini setidaknya ada tujuh pohon yang digunakan untuk menanam uang koin.

Saking menariknya kegiatan ini dan ditambah dengan bumbu mitos yang beredar maka kini pohon tersebut menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Portmeirion.