Burung Dengan Sistem Pertahanan Terbaik Di Dunia
iklan

Burung Dengan Sistem Pertahanan Terbaik Di Dunia

Posted by Aneh Unik

Fulmar Chick

http://2.bp.blogspot.com/-mb4hV26Glfw/UmZtONKsRiI/AAAAAAAADxE/rgSi041EMCU/s1600/1a.jpg
 
Fulmar adalah termasuk jenis burung laut. Fulmar berasal dari kata Norse, yang berarti "camar busuk". Burung ini dikenal karena bau busuk mereka, tidak hanya bau busuk tubuhnya, bahkan telur mereka juga berbau. Kulit telur Fulmar yang bertempat di salah satu museum koleksi masih mengeluarkan bau setelah 100 tahun tahun disimpan!

Tidak dapat terbang atau melarikan diri dari bahaya, anak ayam fulmar mengembangkan mekanisme pertahanan yang menakjubkan.
http://anehdidunia.blogspot.com
Ketika terancam, mereka memuntahkan semacam cairan minyak berwarna jingga cerah yang tidak hanya berbau buruk, tetapi juga menempel bulu pemangsa. Minyak ini membuat bulu burung pemangsa menjadi kusut, sehingga kehilangan sifat mereka isolasi dan tenggelam jika terendam air. Hal ini membuat anak ayam fulmar berbahaya bagi predator.

Para fulmar memiliki bulu yang "kebal" untuk minyak, ini sangat penting karena anak ayam fulmar tidak hanya meludahi predator, tapi pada setiap binatang yang mendekati, termasuk orangtua mereka, mereka hanya mulai mengakui orang tua mereka ketika mereka berusia sekitar 3 minggu.

Hoopoe
http://2.bp.blogspot.com/-RrSbqS1zm0A/UmZtglPW69I/AAAAAAAADxM/RU3YBxVgUZE/s1600/1a.jpg
 
Ditemukan di Afrika, Eropa, Asia dan baru-baru ini terpilih sebagai burung nasional Israel.
Hoopoes memiliki kelenjar khusus di dekat anus, yang menghasilkan zat berbau busuk. Burung itu menggosok zat ini pada bulu-bulunya, yang akan meliputi seluruh tubuh dengan bau yang mirip dengan daging busuk. Tidak banyak predator tertarik untuk memakan burung yang berbau busuk. Zat ini memiliki 2 fungsi, ia bertindak sebagai pembasmi parasit & sebagai agen antibakteri dan melindungi burung dari berbagai penyakit.
http://anehdidunia.blogspot.com

Menariknya, hoopoes dewasa memproduksi cairan ini hanya ketika mengerami telur-telurnya, setelah anak ayam meninggalkan sarang, ia pun berhenti memproduksi zat ini. Adapun hoopoe kecil, mereka memiliki metode pertahanan mereka sendiri, ketika terancam, mereka menyemprotkan kotorannya tepat ke wajah predator itu. Dan ini adalah teknik yang sangat efektif untuk mengusir pengunjung yang tidak diinginkan.

Kildeer

 http://4.bp.blogspot.com/-aKBWHl6jJ0U/UmZuyp7NDfI/AAAAAAAADxU/cKAFWK9K3I0/s1600/1a.jpg

Killdeer adalah burung yang agak berisik dan sering ditemukan di Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko. Mereka bersarang di tanah sehingga telur dan anak ayam sangat rentan terhadap predator.
http://anehdidunia.blogspot.com

Untuk melindungi sarang mereka, killdeer dewasa telah mengembangkan teknik pintar, ketika predator tanah seperti rubah, kucing atau anjing mendekati sarang, burung dewasa akan bergerak menjauh dari sarang, menyeret salah satu sayapnya seolah-olah itu sudah rusa dan pura-pura mencari bantuan. Kebanyakan predator akan mengejar si dewasa yang tampaknya tak berdaya, kemudian tanpa disadari si pemangsa telah jauh dari sarang. Setalah merasa aman si dewasa pun segera terbang.

Sedangkan untuk anak killdeer, mereka akan kabur ketika si pemangsa dialihkan perhatiannya oleh si dewasa.

Eurasian Cuckoo

http://4.bp.blogspot.com/-HsofRBLG-gE/UEVvcuiXNkI/AAAAAAAAASc/qSIfCI-XkqI/s1600/cuck.jpg 
 
The Eurasia Cuckoo dikenal sebagai burung yang sering meletakkan telur-telurnya pada sarang burung lain. Ketika si anak lahir, ia menghancurkan telur burung host atau ayam (penghuni sarng sebenarnya), sehingga menghilangkan setiap pesaing dan cepat berkembang dibandingkan dengan anak dari orang tua angkatnya.
http://anehdidunia.blogspot.com

Untuk melindungi diri dari ancaman , Cuckoo wanita telah mengembangkan suatu penampilan yang sangat mengingatkan kita pada sebuah Hawk Sparrow, sebuah raptor yang memakan burung kecil. Dan ditunjang dengan kemiripan keduanya.

Dengan menyamar sebagai Hawk Sparrow, Cuckoo bisa menakut-nakuti burung-burung lain supaya menjauh dari sarang mereka. Selama Hawk Sparrow palsu ada di situ, burung-burung lain tidak akan berani kembali ke sarang mereka dan Cuckoo bisa bertelur tanpa masalah.

Ada beberapa spesies lain yang meniru cara Cuckoo namun tidak hanya meniru elang, seperti Hawk-Cuckoodi Asia Selatan yang meniru jenis burung pipit lokal, sampai ke gaya terbang dan bahkan cara bertenggernya.

Aneh Unik Berita Aneh dan Unik Di Dunia Updated at : Tuesday, May 22, 2012

Baca Ini Juga: