Berita Aneh Unik

Inilah Cara Unik Menikmati Kopi Dari Berbagai Negara Di Dunia

22 May 2016

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak diminati dan dinikmati oleh jutaan orang di dunia. Tak hanya oleh pria saja bahkan para wanita juga tak luput dari kegemaran menikmati hangatnya kopi. Kopi adalah salah satu jenis minuman yang berasal dari tanaman biji kopi yang kemudian disangrai lalu dihaluskan hingga berubah menjadi bubuk dan kemudian diseduh dengan air. Hampir seluruh negara di dunia mampu menghasilkan kopi sendiri, namun karena kebutuhan dan banyaknya peminat kopi di dunia banyak juga negara-negara penghasil kopi mengekspor hasil mereka ke negara lain.

Salah satu negara penghasil dan penjual kopi terbesar di dunia adalah Brazil yang setiap tahunnya sukses menghasilkan kopi sebanyak 2,7 juta ton! Kopi adalah salah satu alternatif minuman yang bisa dinikmati dalam segala suasana. Berbeda dengan teh yang lebih cocok dinikmati kala santai di rumah, kopi justru banyak disajikan di tempat-tempat khusus seperti kafe. Nah, dari berbagai negara-negara di dunia masing-masing memiliki tradisi dalam menikmati kopi yang tentu saja punya ciri khas dan cara unik tersendiri. Berikut informasi uniknya inilah cara unik menikmati kopi dari berbagai negara di dunia khusus untuk sahabatanehdidunia.com.

Ethiopia

Salah satu negara dari Benua Hitam ini ternyata juga termasuk salah satu negara dengan produksi kopi terbesar di dunia. Tidak mengherankan jika kopi Ethiopia memiliki cita rasa yang khas dan memiliki perbedaan dengan kopi dari negara lain. Sebagai penghasil kopi terbesar di dunia, masyarakat di negara ini juga memiliki tradisi menikmati kopi yang cukup unik. Kalau anda termasuk penyuka kopi instan yang praktis tinggal seduh saja, jika anda berlibur ke Ethiopia anda tidak akan menemukan tempat-tempat nongkrong yang menyajikan kopi siap seduh begitu saja. Bagi anda yang ingin menikmati kopi di Ethiopia artinya anda harus siap menunggu paling singkat satu jam! Karena kopi yang disajikan bagi pengunjung benar-benar melewati proses alamiah seperti mulai dari memanggang biji kopi pilihan, kemudian digiling hingga halus dan ketika sudah benar-benar halus diseduh dengan air panas. Kopi Ethiopia juga sering diseduh dengan campuran rempah-rempah bahkan mentega!

Italia

Italia dikenal sebagai negara yang melahirkan salah satu varian kopi yakni espresso. Hingga bisa dipastikan hampir seluruh warga Italia gemar meminum espresso dan kopi yang lain. Warga Italia mempunyai cara unik untuk menikmati kopi di tengah padatnya rutinitas kegiatan mereka sehari-hari. Seperti misalnya adalah menikmati kopi di kafe atau bar sambil berdiri atau istilah kerennya adalah standing at the bar. Yup, cara ini memang termasuk cara tradisional yang sudah berkembang sejak zaman dahulu dimana orang-orang Italia banyak melepas penat dengan berkunjung ke kafe atau bar sembari berdiri, mengobrol dengan teman ditemani secangkir kopi. Hampir seluruh tempat-tempat kafe atau bar yang ada di Italia memperbolehkan pengunjungnya menikmati kopi tanpa duduk!

Kuba

Bagaimana cara masyarakat dari negara mantan Presiden Fidel Castro menikmati kopi? Kuba juga punya cara cukup unik yang digunakan masyarakatnya untuk menikmati kehangatan kopi. Masyarakat Kuba terbiasa menyajikan dan menikmati kopi di rumah-rumah bersama keluarga atau teman sembari bersantai di pagi hari, meskipun ada beberapa kafe elegan lain yang menyuguhkan kopi lokal khas Kuba. Kopi yang biasanya dinikmati warga Kuba adalah kopi jenis caficito yakni sejenis espresso namun diseduh bersama dengan gula. Ada juga coradito yakni espresso yang diatasnya diberi susu. Cara penyajiannya pun praktis dan mudah yakni tinggal diseduh kedalam cangkir-cangkir berukuran kecil khas Kuba.

Meksiko

Setelah berkelana ke daerah Ethiopia hingga Kuba, mari kita tengok cara unik masyarakat dari negara Meksiko kala menikmati kopi. Negara yang identik dengan topi sombreronya ini ternyata memiliki kebiasaan unik dalam mencampuri seduhan kopinya. Jika orang-orang kebanyakan mencampur kopi dengan susu atau tambahan sedikit gula, berbeda dengan orang Meksiko yang lebih senang menyeduh kopi disertai dengan gula merah mentah piloncillo yang memiliki cita rasa seperti karamel dan atau kayu manis. Namun sebelum diseduh, warga Meksiko lebih suka menyaringnya terlebih dahulu dengan saringan katun yang tipis hingga cita rasa kandungan kopinya lebih kuat. Salah satu kopi lokal yang terkenal di negara Meksiko adalah Café de Olla yang seringkali disajikan dengan cara tradisional yakni dalam pot tanah asli dari tanah liat.

Kanada

Minuman kopi lebih sering disajikan dan dinikmati masih panas atau setidaknya hangat karena selain enak, kandungan kafein di dalamnya mampu membuat efek rileks bagi siapa saja yang meminumnya. Namun tahukah anda bahwa kebiasaan orang Kanada sedikit berbeda dengan masyarakat dari negara lain. Warga Kanada sangat menggandrungi kopi jenis traditional hot brewed yang dimodifikasi penyajiannya menjadi dingin yakni traditional cold brewed. Mereka percaya bahwa cita rasa baru hasil modifikasi ini lebih enak sehingga menjadi jenis kopi favorit baru di kalangan masyarakat negara Kanada. Sajian kopi dingin ini seolah menjadi saingan lain dari minuman-minuman lain seperti bir yang juga sering dikonsumsi dengan kondisi dingin. Saking gandrungnya warga Kanada terhadap kopi hingga menjadikan negara ini menduduki peringkat satu sebagai negara paling banyak mengkonsumsi kopi di wilayah Amerika Utara.

Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Mungkin warga Indonesia termasuk yang paling sederhana dan tidak ribet dalam hal meminum kopi. Sebagai negara yang mampu secara mandiri memproduksi kopinya sendiri tentu masyarakatnya juga ditawarkan puluhan cara meminum kopi mulai dari instan sampai yang paling rumit, dari jenis kopi yang sederhana hingga yang mewah, dari harga yang sangat murah sampai yang paling mahal seperti kopi luwak semuanya tersedia di Indonesia. Begitu banyak tempat-tempat makan atau kafe yang pas dan menarik untuk dijadikan sarana ngopi namun taka da yang bisa menyaingi sensasi minumkopi di pinggir jalan ditemani sepiring gorengan hangat! Benar tidak? Mungkin tradisi ini tak akan pernah hilang mengingat karakteristik orang Indonesia yang membumi.

Mengkonsumsi kopi tidaklah berbahaya, namun jangan sampai lupa untuk selalu sadar dengan kondisi kesehatan tubuh sampai batas mana dan sesering apa boleh mengkonsumsi kopi. Karena jangan sampai rutinitas sederhana anda bisa menimbulkan efek berbahaya untuk kesehatan hanya karena terlalu sering meminumnya, Dari sekian banyak cara unik dan tradisi menikmati kopi dari beberapa negara diatas, manakah yang menurut sahabatanehdidunia.com paling unik dan ingin kalian coba?

sumber referensi:
http://www.tentik.com/uniknya-10-gaya-minum-kopi-dari-berbagai-negara/
http://www.teruskan.com/33660/mengenal-budaya-minum-kopi-di-seluruh-dunia.html
http://www.pegipegi.com/travel/kebiasaan-minum-kopi-di-berbagai-negara/


Related Article

Paling Aneh