Film Aneh Unik

Aneh, Kasus Histeria Massal Ini Pernah Terjadi Di Dunia

18 Jun 2016

Pernahkah anda mendengar istilah histeria massal? Bagaimana jika dengan istilah kesurupan? Yup, histeria massal dan kesurupan adalah suatu peristiwa yang seringkali dianggap sama namun sebenarnya kedua hal ini berbeda. Histeria massal adalah suatu kondisi psikis yang mengalami gangguan akibat pikiran atau konflik psikologis dan kemudian dikonversi kedalam bentuk fisik dan dialami sekelompok orang. Sementara kesurupan memiliki kemiripan dengan histeria massal hanya saja sering dikaitkan dengan hal-hal ghaib.

Kasus histeria massal nyatanya pernah terjadi di beberapa negara di dunia. Peristiwa ini seringkali diawali dengan satu orang yang lalu merambah ke beberapa orang lain dan tak jarang memberi dampak atau efek aneh yang membahayakan bagi orang-orang yang mengalaminya. Dan berikut adalah kasus histeria massal teraneh yang pernah terjadi di dunia versi anehdidunia.com.

Histeria Menari Hingga Mati

Kasus histeria massal yang pertama akan dibahas adalah kasus histeria massal yang pernah terjadi di Perancis. Peristiwa ini terjadi pada abad ke-16 Masehi dimana sekelompok orang yang tinggal di kota Strasbourg mendadak menari! Pada awalnya kondisi ini dialami oleh seorang perempuan bernama Frau Troffea yang mendadak menari di pinggir jalan tanpa ada iringan musik! Tak diketahui secara pasti apa yang membuat wanita ini mendadak menari hingga satu persatu yang lain turut menari. Tepat sekitar satu minggu sejak hari pertama Frau Troffea menari, total sebanyak 34 orang lainnya turut menari tanpa sebab yang jelas tanpa berhenti! Parahnya lagi kondisi ini terus menerus terjadi hingga satu bulan dan menyerang lebih dari 400 orang. Kondisi histeria massal ini pun memakan banyak korban, karena orang-orang yang menari tersebut beberapa diantaranya banyak yang meninggal karena mengalami serangan jantung, kelelahan fisik yang amat parah hingga luka-luka pada kaki karena tidak henti-hentinya menari. Kala itu beberapa masyarakat lokal menganggap peristiwa ini sebagai kutukan St. Vitus namun dalam dunia medis kondisi ini disebut sebagai histeria massal akibat stress!

Histeria Massal Mengangguk

Mungkin jika dibaca dari kalimatnya terdengar aneh namun kasus histeria massal mengangguk ini benar-benar pernah terjadi dunia tepatnya adalah di wilayah Afrika. Tak diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab histeria massal mengangguk ini namun yang pasti fakta menyebutkan bahwa kasus ini pernah dialami oleh lebih dari 3.000 anak Afrika. Histeria massal mengangguk ini ditandai dengan intensitas mengangguk mendadak yang lebih sering tanpa ada penyebabnya. Anak-anak yang mengalami histeria ini bisa mengangguk kapan saja seperti waktu makan, mandi bahkan berjalan. Karena kondisi aneh yang dialami anak-anak di Afrika ini, beberapa diantara mereka banyak yang mengalami cedera karena sering terjatuh, kejang-kejang bahkan gangguan keterlambatan mental! Kasus histeria massal aneh ini tak diimbangi dengan cara penanganan atau penyembuhannya. Ketidaktahuan mengenai apa sebenarnya penyebab yang menimbulkan kondisi histeria massal dadakan ini membuat pemerintah Afrika tak mampu mendapatkan solusi untuk menangani akar kasus ini!

Histeria Massal Kumbang Juni

Peristiwa aneh yang pernah terjadi di tahun 1962 dialami oleh karyawan wanita di sebuah pabrik tekstil di Amerika Serikat. Para karyawan wanita yang bekerja di tempat tersebut secara mendadak mengalami demam tinggi dan dibarengi dengan gatal-gatal karena kulitnya mengalami kondisi mirip kudis. Begitu banyak karyawan yang mengalami kondisi ini dan terpaksa harus dibawa dan dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pertolongan yang tepat dan baik. Bahkan beberapa karyawan yang tidak terkena sakit pun juga ikut meminta perawatan agar terhindar dari kondisi aneh tersebut. Begitu banyaknya karyawan yang menjadi korban “serangan dadakan” ini hingga pabrik tekstil tersebut digeledah dan diinvestigasi untuk mencari penyebab wabah penyakit yang tiba-tiba menyerang karyawannya. Dari hasil investigasi tersebut ditemukan dua Kumbang Juni yang ternyata setelah diteliti gigitannya dan unsur lain dalam tubuhnya tidak menimbulkan bahaya jenis apapun. Selang waktu beberapa hari pihak peneliti menjelaskan bahwa kondisi tersebut dipicu karena stress hingga mengakibatkan histeria massal teraneh kala itu di Amerika Serikat!

Histeria Massal Tertawa

Ternyata di wilayah Afrika tak hanya pernah terjadi kasus histeria massal mengangguk saja. Satu lagi peristiwa histeria massal yang pernah dialami penduduk Tanganyika adalah histeria massal tertawa. Tanganyika adalah sebuah nama daerah yang saat ini masuk dalam wilayah Tanzania. Di sebuah sekolah umum di daerah tersebut tiga siswanya di sebuah kelas secara spontan tertawa karena sebuah lelucon. Namun tak disangka bahwa tawa spontan dari ketiga murid tersebut justru menimbulkan hal lain yang berakibat fatal. Hanya berselang waktu selama beberapa menit saja, sebanyak 60 % lebih murid di sekolah tersebut turut tertawa tanpa diketahui penyebabnya. Mereka seolah tertawa tanpa sadar hingga mengakibatkan hal-hal buruk lainnya seperti menangis, cedera karena terjatuh, fisik melemah dan lain sebagainya. Tak jelas apa yang mendasari murid-murid tersebut terpicu untuk tertawa hingga menurunkan kondisi fisik namun beberapa ahli menyatakan bahwa kondisi seperti itu dinamakan sebagai histeria massal. Kasus ini cukup membuat heboh dan memasukkannya dalam daftar kasus histeria massal teraneh di dunia!

Histeria Massal Tertidur

Mungkin kasus histeria massal yang satu ini juga bisa dikategorikan sebagai wabah aneh yang pernah terjadi di dunia. Kasus ini pertama kali muncul di tahun 1918-1920 di Spanyol dan diberi nama Encephalitis Lethargica. Orang-orang yang mengalami kondisi ini mendadak akan mengalami sakit tenggorokan dan tubuh menjadi kaku kemudian trtidur sepanjang hari. Pada saat itu beberapa orang dikabarkan meninggal dunia akibat dari penyakit aneh yang tak diketahui penyebabnya tersebut. Dan kasus serupa kembali terjadi di tahun 2013 tepatnya di kota Kalachi, Kazakhstan. Miris karena kasus histeria massal tertidur ini dialami oleh lebih dari seperempat penduduk kota tersebut. Mereka mengalami tidur sepanjang hari dan ktika terbangun akan merasakan mual, sakit kepala dan yang paling parah adalah sebagian memori di dalam otak bisa hilang! Hingga saat ini tak ada penjelasan logis secara ilmiah terkait dengan apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi atau menyembuhkan orang-orang yang mengalami kondisi tersebut!

Begitu banyak kasus histeria massal teraneh yang pernah terjadi di dunia. Berbagai macam faktor memang bisa saja memicu kondisi aneh tersebut, akan tetapi tidak berarti sahabatanehdidunia.com tak mampu menghindari kejadian langka tersebut. Hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari kondisi histeria massal adalah menjaga dan mengontrol pikiran agar tidak sampai stress. Semoga kasus-kasus histeria massal yang belum mendapatkan titik cerah segera memperoleh solusi dan tak terulang lagi di lain hari.

Sumber referensi:
http://www.boombastis.com/wabah-aneh-mematikan/21719
http://paling-unik.com/unik-aneh/wabah-teraneh-yang-pernah-melanda-dunia/2


Related Article

Paling Aneh