Motivasi

Band-Band Metal Islami Yang Paling Terkenal

06 Jun 2016

Musik Metal dan ajaran Islam mungkin merupakan salah satu hal yang dianggap paling bertolak belakang di dunia ini. Banyak yang berpendapat bahwa aliran musik ini mengandung doktrin tersembunyi dari kaum barat, untuk melemahkan keimanan dari para pemuda-pemuda Islam yang ada di seluruh dunia. Hal ini di sebabkan karena dalam aliran musik Metal terdapat faham Liberal yang di khawatirkan dapat membuat keimanan seorang muslim jadi jatuh. Tapi pemikiran ini seperti ini tidak sepenuhnya benar karena terdapat beberapa Band Metal yang juga menyuarakan ajaran Islam. Dan menurut sebuah artikel yang di kutip dari laman rasionalist.org.uk (2009), band metal yang menyuarakan keislamanya jauh lebih bisa di terima oleh masyarakat di Eropa dan Amerika, karena berisikan pesan cinta dan perdamaian. Ini merupakan salah satu bukti jika anak metal pun punya hati dan keyakinan yang sama dengan orang-orang yang mengakui dirinya sebagai orang yang religius. Dan berikut ini adalah beberapa Band Metal Islami Yang paling terkenal versi anehdidunia.com

Band Metal Islami Tarantist

Band-Band Metal Islami Yang Paling Terkenal

Tarantis T mungkin merupakan salah satu gambaran paling nyata dari wujud sebuah musik minoritas yang tumbuh di salah satu negara Islam paling konservatif di dunia, yaitu Iran. Di negara yang di kepalai oleh Mahmud Ahmad Dinejad, sudah sejak lama musik yang berbau kebarat-baratan di haramkan, apalagi musik metal yang serin di identikan dengan ritual pemujaan setan. Tarantis T yang beranggotakan 4 orang yaitu Arash, Arsy, Aidin, dan Shahab ini terbentuk 16 tahun yang lalu di kota Teheran. Sejak saat itu pula keempat anggota dari Tarantis T yang kesemuanya mengaku sangat menyukai aliran musik metal dan beberapa musik keras lainya mulai memainkan musik mereka lewat jalur Underground (Bawah Tanah), mereka juga membuat album rekaman serta mendistribusikanya secara mandiri. Meski mungkin nama Tarantis T terdengar awam di telinga orang pada umumnya, band ini memiliki nama yang cukup terkenal di dunia rock metal hingga bisa bersanding dengan band-band terkenal seperti Metallica, MotorHead, Stone Temple Pilots dan masih banyak yang lain. Saat ini sendiri Tarantis T telah hijrah ke Amerika untuk lebih mendapatkan kebebasan bermusik mereka.

Band Metal ISlami The Kordz

Band-Band Metal Islami Yang Paling Terkenal

The kordz merupakan sebuah band rok metal yang berasal dari Libanon dan beranggoatakan Moe Hamzah pada vokal, Mazen Siblini pada keyboard, Nadim Siufi dan Alan Azar pada gitar, Souhail Mukadem pada drum, (gitar), dan Nadim Abu Cakra sebagai pemain bass. Kesemua anggota band ini lahir di wiyalah Libanon selatan yang di kuasai oleh Hizbullah. Baru setelah hijrah ke Ibu kota Beriut, The Kordz mulai mendapatkan ruang dan kesempatan untuk mengembangkan sayap mereka. dan terbukti karya-karya mereka cukup di gemari dunia. Ketenaran The Kordz ini juga membuat mereka pernah mengadakan tur ke Eropa dan Kanada. Lirik-lirik yang dinyanyikan Band ini banyak menyuarakan tentang, Cinta, keluarga dan Perdamaian.

ArthimoTh Band Metal Islami

Band-Band Metal Islami Yang Paling Terkenal

Ali Azheri salah satu anggota dari ArtimoTh yang merupakan seorang ulama muda asal Irak mengatakan bahwa awalnya dirinya tak menyukai musik metal dan mempercayai bahwa musik ini merupakan sesuatu yang haram baginya. Namun setelah mendalami dan mempelajari sejarah dari musik metal dan cabang-cabang dari musik rock lainya seperti Punk, dan harcore ali azheri mulai jatuh cinta pada musik ini hingga akhirnya bergabung dengan ArthimoTh. Menurut Azheri sebenarnya Al Qur'an tak mengharamkan jenis musik metal dan bahwa salah satu Hadist yang merujuk pada salah satu Ucapan dari Nabi Muhamad SAW yang menyebutkan bahwa musik itu dekat dengan setan, sejak lama sudah di tafsirkan dengan keliru oleh banyak orang. Masih menurut Azheri generasi muda Islam yang ada di timur tengah sudah jengah dengan peperangan dan perebutan kekuasaan yang selalu terjadi. Dan ia dengan band metalnya memilih jalan lain untuk berjuang dan jalan itu adalah lewat musik dan perdamaian. Pemuda yang rajin Sholat memiliki jalanya sendiri untuk menyerukan kesetaraan yang Ia temukan dalam musik metal. Dia juga percaya seiring dengan berjalanya waktu akan ada masa di aman orang tak lagi menyukai perang.

Purgatory

Band-Band Metal Islami Yang Paling Terkenal

Purgatory merupakan sebuah grup band beraliran death metal yang di bentuk oleh lutfi sang gitaris dan adiknya Al yang memainkan gitar di Jakarta. Namun meskipun beraliran death metal, lirik lagu yang di bawakan oleh band ini hampir semuanya berkisah tentang ajaran Islam, terutama perang uhud, kematian dan hal-hal lainya yang masih bernafaskan Islami. arti nama dari Purgatory sendiri dalam kamus berarti "Tempat penyujian dosa". Yang dalam pemahanman Islam sama artinya dengan "WAIL", yaitu neraka tempat bagi orang-orang yang berdosa untuk mempertanggung jawabkan dosa merekadan menebusnya (sebelum bisa masuk surga), Tapi hanya untuk bagi orang-orang yang masih memiliki iman pada Allah SWT di hatinya. Seperti yang tertulis di surat Al-Ma'uun, ayat "Fa wailul lil musholliin"


Meskipun sering dianggap mengusung aliran Black Metal, tapi menurut sang vokalis Madmor, sejatinya band mereka megusung genre "Metal Syair". Hal ini di tunjukan Purgatory lewat logo mereka yang memiliki unsur dakwah di dalamnya. Logo awal Purgatori sangat jauh berbeda dengan band death metal lainya yang biasanya menggunakan lambang bintang terbalik dengan lingkaran setan yang lambangkan unsur kepala kambing atau Baphomet, Logo Purgatory justru sebaliknya yaitu berupa bulan dan bintang denag corak yang unik. Namun kini lambang awal dari Purgatory ini sudah di ganti dengan sebuah gambar dengan ambigram yaitu sebuah seni kaligrafi dimana teks dan huruf yang di hasilkan tak hanya bisa di baca dari satu arah, tapi dari arah yang sebaliknya juga. Band yang kini kerap tampil mengunakan topeng yang mereramkan dan telah menambah personilnya dengan seorang DJ ini, menyebutkan kalau penampilan unik mereka merupakan sindiran bagi, orang-orang yang sering terlihat seperti malaikat namun sebenarnya berhati layaknya setan, sedangkan mereka yang terlihat menyeramkan dan seperti setan Insya Allah berisikan kebaikan.

Salah satu gerakan metal mencintai Islam yang di promosikan oleh Purgatory adalah gerakan Metal Satu Jari atau One Fingger Movement yang memiliki slogan Approach Deen Avoid Sin yang merupakan ajakan untuk untuk menjauhi dosa dan semakin dekat dengan agama. Band ini juga pernah menunjukan kecintaanya pada Nabi terakhir Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang mereka abadikan dalam sebuah lagu berjudul "MOG.S.A.W" sedangkan untuk fansnya, purgatory juga memiliki panggilan kesayangan yaitu "MOGers" yang merupakan singkatan dari 'Messenger of God-erz' yang berarti para fans mereka harus selalu mengikuti ajaran dari Nabi Muhamad SAW.


Tengkorak

Band-Band Metal Islami Yang Paling Terkenal

Tengkorak merupakan band beraliran grindcore pertama asal Indonesia yang di bentuk pada tahun 1993 oleh Ombat, Danang dan Yoyok. Formasi awal band yang banyak terpengaruh oleh salah satu pioner band Grincore asal Inggris Napalm Death ini adalah 4 orang yaitu M. Hariadi "Ombat" Nasution (vokal), Danang Bhudiarto (Bass), Yoyok Radianto (Guitars), dan Denny Julianto (Drums), kemudian, Pada tahun 1994 Mustofa bergabung dan menjadi gitari serta laine up terakhir yang masih bertahan sampai saat ini.


Titik balik dari band tengkorak mulai terlihat pada tahun 2000 saat sang vokalis Ombat yang merupakan seorang magister di bidang hukum menjadi bagian dari anggota tim pembela muslim. Sejak saat itu pula ideologi dari band Tengkorak bisa di bilang berubah 180 derajat dan mulai mendeklarasikan musik tauhid. Hal ini mereka tunjukan dengan merubah segala Simbol yang lama dan mulai mempromosikan untuk mengganti lambang rock yang identik dengan tiga jari, menjadi jari telunjuk yang merupakan lambang dari tauhid. Sejak itu band ini selalu konsisten untuk menyuarakan anti zionis Israel di tanah Palestina seperti yang mereka suarakan dalam lagunya yang berjudul Boycott Israel, Zionist Exaggration, Hisbullah, dan Dajal Dunia.


Band ini juga menunjukan perhatianya pada generasi muda yang kian terbawa oleh arus barat dan terjerusmus dalam pergaulan ang salah. Aliran metal barat dinilai oleh Tengkorak, sangat mudah untuk mempengaruhi generasi muda dalam pergaulan bebas dan obat obatan terlarang. Hal inilah yang coba dikikis oleh Tengkorak dengan syair-syair mereka yang bernafaskan Islam serta keberanian mereka yang selalu menyerukan takbir dalam setiap pernampilan merekan dan tak lupa juga gerakan jari telunjuk yang merupakan perlambang tauhid yang terus mereka promosikan agar bisa di dengar oleh lebih bayak orang.'

Referensi :
http://www.merdeka.com/dunia/lima-band-metal-muslim-paling-tersohor.html
http://gotartiek-revo.blogspot.co.id/2014/01/kumpulan-band-metal-dengan-nuansa-islami.html
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016618314/band-cadas-bernuansa-islam/


Related Article

Paling Aneh