Berita Aneh Unik

Misteri Beberapa Lokasi Yang Disembunyikan Google Earth

13 Jun 2016

Google Earth adalah salah satu dari sekian pengembangan yang dibuat oleh Google dengan alat bantu satelit yang meninjau seluruh lingkungan bumi dan disajikan melalui gambar yang bisa dijelajahi semua orang melalui internet. Perusahaan yang turut membantu salah satu proyek besar yang diprakarsai Google ini adalah Keyhole. Melalui Google Earth semua orang bisa mengetahui informasi terkait jalanan yang ada di banyak daerah di seluruh negara, lokasi-lokasi wisata bahkan rumah selebritis lewat visualisasi yang ditampilkan.

Namun dari sekian banyak tempat atau lokasi yang bisa dijelajahi secara virtual melalui Google Eart, ada beberapa lokasi juga yang secara sengaja tidak ditampilkan dengan jelas seperti diblur, diberi blok warna hitam dan lain sebagainya karena memang dirahasiakan. Beberapa titik lokasi yang dirahasiakan tersebut seperti kerajaan, pangkalan militer dan Korea Utara yang memang terkenal sangat tertutup. Selain itu, ada beberapa lokasi yang sengaja dirahasiakan oleh Google Earth tanpa diketahui penyebabnya dan justru memancing kecurigaan dan menimbulkan misteri sperti berikut ini.

Baker Lake – Nunavut, Kanada

Suku Inuit adalah suku yang mendiami wilayah Kutub Utara tepatnya adalah di Baker Lake, Nunavut, Kanada. Suku ini disebut sebagai suku asli Amerika yang sudah lama tinggal di tempat terdingin di bumi tersebut. Jumlah mereka tidak main-main yakni sekitar 4 juta jiwa yang mendiami wilayah tersebut. Rumah tempat tinggal mereka yang dibuat dari es salju itu terkenal dengan nama Igloo. Yang mencurigakan, terdapat satu titik di wilayah Baker Lake yang tidak dapat dijangkau oleh Google Earth karena sengaja diacak. Tak banyak yang mengetahui mengapa dan ada apa dibalik pengacakan situs tersebut selain Dr. Boylan yang notabene adalah seorang penganut teori konspirasi mengutarakan konspirasinya bahwa tempat tersebut sebenarnya adalah lokasi gelombang ekstrateresterial. Gelombang tersebut tak lain adalah yang sering disebut-sebut sebagai kode alien! Benarkah demikian?

Siberia – Rusia

Satu wilayah di kota Siberia, Rusia yang juga sengaja dirahasiakan lokasinya oleh Google Earth dan menimbulkan kecurigaan adalah di wilayah tundranya. Tundra adalah suatu wilayah yang mirip dengan padang karena tidak terdapat pepohonan karena memang suhu lingkungan tundra yang sangat rendah menyebabkan pohon sulit untuk tumbuh. Nah, jika anda mencoba mencari di mesin pencari Google Earth terkait dengan tundra yang ada di Siberia anda pasti merasa terheran-heran karena lokasinya diblur. Di tahun 1986 pemerintah setempat memang resmi telah menutup kota dan desa tersebut namun mengapa seolah dirahasiakan? Banyak teori konspirasi yang berkembang mengenai hal ini salah satunya adalah bahwa kota wilayah tersebut berubah menjadi kota misterius atau bahkan adalah pencegat rudal! Manakah yang menurut anda terdengar lebih masuk akal?

Valencia – Filipina

Filipina adalah salah satu negara yang memiliki banyak pulau tersebar di wilayahnya. Karena itulah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini juga memiliki jumlah provinsi yang banyak termasuk provinsi Bukidnon. Di provinsi ini terdapat sebuah kota kecil bernama Valencia yang berpenduduk sekitar 160 ribu jiwa. Kota ini memanglah kota yang berpenghuni layaknya kota normal lainnya, akan tetapi yang membuatnya menjadi misterius adalah jika dicari melalui Google Earth lokasi keberadaan kota ini diacak seolah ada sesuatu yang sedang ditutupi. Kota Valencia yang tampak kabur di tampilan gambar Google Earth ini diduga adalah sebuah kota yang juga menjadi markas besar pertahanan dan tempat penyimpanan rudal oleh pemerintah negara yang beribukota Manila tersebut. Jika memang benar berarti alasan melacak lokasi tersebut di Google Earth sangatlah wajar.

Kepulauan Faroe – Denmark

Setelah melewati Kanada, Rusia hingga Filipina ternyata salah satu wilayah di Denmark juga tak luput dari daftar lokasi misterius yang seolah dirahasiakan oleh Google Earth. Wilayah tersebut yakni Kepulauan Faroe yang terletak di perbatasan antara Islandia dengan Norwegia. Namun uniknya pulau ini adalah bagian dari negara Denmark. Hampir seluruh lokasi di pulau ini tampak blur jika dijelajahi lewat Google Earth. Tak jelas apa yang membuat lokasi ini dikaburkan namun jika menilik sejarah kebelakang lokasi ini memang dulunya mrupakan pangkalan militer kala Perang Dunia Kedua! Kepulauan yang memiliki total penduduk sekitar 50 ribu jiwa ini membuat banyak orang bertanya-tanya dan berkonspirasi terkait dengan misteri lokasinya yang memang menimbulkan kecurigaan. Salah satu dugaan yang terdengar paling wajar adalah lokasi ini sengaja dikaburkan karena terkait dengan hak penangkapan ikan!

Pacific Northwest – Amerika Serikat

Wilayah Pacific Northwest di Amerika Serikat ini memang dikenal sebagai lokasi salah satu proyek kontroversi Amerika Serikat yakni High Frequency Active Auroral Research Program (HFAARP). Proyek tersebut adalah salah satu program riset atau penelitian mengenai ionosfer yang berfungsi untuk meningkatkan sistem pengawasan dan komunikasi para warga sipil dan pertahanan. Namun yang membuatnya menjadi misterius adalah fakta bahwa lokasi ini turut dikaburkan tampilannya di Google Earth sehingga menimbulkan dugaan bahwa lokasi High Frequency Active Auroral Research Program ini juga terdapat agenda rahasia selain pengawasan ionosfer yang tidak diketahui masyarakat luas. Dugaan konspirasi yang paling terkenal terkait agenda rahasia disini salah satunya adalah lokasi tersebut dibuat untuk mengendalikan cuaca. Tak cukup itu saja, teori konspirasi lain menyebutkan bahwa HFAARP juga mampu merancang dan mengendalikan banjir, badai dan gempa! Entah hingga saat ini belum diketahui pasti terkait dengan kebenaran teori ini namun yang jelas posisi dan letak wilayah Pacific Northwest ini masih blur di Google Earth.

Itulah beberapa lokasi yang keberadaannya seolah ditutupi dan dirahasiakan dari Google Earth. Karena secara virtual tempat ini ada yang diacak, diblur, diblok dengan warna hitam hingga dikaburkan menjadikan lokasi yang tersebar di beberapa wilayah negara ini menyimpan misteri dan menimbulkan lahirnya berbagai macam teori konspirasi yang berkembang di masyarakat luas. Dari sekian misteri beberapa lokasi diatas, manakah yang menurut sahabatanehdidunia.com paling besar mengundang pertanyaan?

sumber referensi:
http://global.liputan6.com/read/2419235/9-lokasi-misterius-di-bumi-yang-dirahasiakan-google-earth?p=3
https://en.wikipedia.org/wiki/
http://travel.detik.com/read/2014/09/04/150902/2681403/1520/ekstrem-suku-inuit-tinggal-di-ujung-utara-bumi
https://www.thesun.co.uk/archives/news/210159/these-sites-are-so-secret-theyre-blurred-on-google-earth/


Related Article

Paling Aneh