Berita Aneh Unik

Olahraga Aneh Tidak Lazim Ada Di Dunia

28 Jun 2016

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang banyak diminati semua orang di dunia. Selain tentu saja memiliki nilai yang bagus untuk kesehatan tubuh, olahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang menghibur. Menghibur disini ada dua hal yakni menghibur bagi yang melakukan olahraga itu sendiri dan bisa juga menghibur bagi yang menyaksikannya.

Begitu banyak jenis olahraga yang ada sehingga beberapa negara di dunia masing-masing memiliki paling tidak satu jenis olahraga yang populer dan banyak diminati warganya. Seperti negara di wilaah Eropa yang begitu menggandrungi sepak bola, tenis yang populer di Rusia dan bulutangkis sangat terkenal di Cina dan masih banyak lagi lainnya. Namun bagaimana jadinya jika di beberapa negara tertentu memiliki olaraga aneh dan unik di dunia yang digemari? Artikel ini akan mengulas beberapa olahraga paling aneh dan unik di dunia versi anehdidunia.com khusus untuk sahabatanehdidunia.com.

Olahraga Melempar Orang Bertubuh Mini

Olahraga Melempar Orang Bertubuh Mini via thestar.com

Dari namanya saja mungkin sudah terdengar aneh yakni melempar orang bertubuh mini atau istilah lainnya adalah cebol. Namun olahraga ini memang benar-benar ada dan cukup populer khususnya di negara asalnya. Olahraga yang muncul sekitar tahun 1980-an ini tak lain berasal dari Negara Kanguru yakni Austalia. Mengkombinasikan antara angkat beban dan teknik melempar, beberapa orang menilai bahwa olahraga ini seolah hanya bersifat sebagai tontonan yang menghibur. Olahraga ini mengharuskan atletnya untuk mengangkat orang lain yang bertubuh mini atau cebol pada posisi tengkurap kemudian dilempar sejauh mungkin. Pemenang yang terpilih adalah atlet yang mampu melempar orang berubuh mini tersebut paling jauh. Meski aneh dan unik bukan berarti olahraga ini tidak menerima kontra dari orang lain. Beberapa orang menilai bahwa olahraga ini terkesan merendahkan orang yang memiliki keterbatasan fisik atau mengeksploitasi kekurangan mereka sebagai sesuatu yang konyol. Sehingga olahraga melempar orang bertubuh ini sudah tak ada lagi di Australia. Apa mungkin olahraga ini bisa eksis kembali dengan berganti nama menjadi olahraga melempar orang saja?

Chess Boxing (Olahraga Catur Disertai Tinju)

Chess Boxing Olahraga Catur Disertai Tinju via sites.psu.edu

Tinju disertai catur atau yang lebih familiar disebut dengan chess boxing adalah salah satu jenis olahraga paling aneh dan unik di dunia. Pasalnya jika kita mengenal dan sering mengetahui dua atau lebih cabang olahraga yang masih berkaitan dikombinasikan menjadi satu cabang olahraga baru seperti bersepeda, berlari dan berenang lain halnya dengan chess boxing. Olahraga ini justru mengkombinasikan dua cabang olahraga yang sangat jauh berbeda yakni tinju disertai catur. Awal mula terciptanya dua olahraga ini pun juga cukup unik, seorang seniman dari Belanda bernama IEPE Rubingh terinspirasi dari komik asal Prancis yakni Froid Equateur. Dari situlah ia mulai mengkonsep, menciptakan chess boxing hingga mulai populer saat ini. Olahraga yang terbagi dalam 11 babak ini mengharuskan atletnya untuk saling berkompetisi lewat permainan catur terlebih dahulu selama 4 menit lalu dilanjutkan dengan bermain tinju selama 3 menit. Permainan tersebut terus berlangsung hingga salah satunya berhasil membuat lawannya skakmat atau KO. Tak hanya menghibur bagi siapa saja yang menyaksikannya, bagi para atletnya sendiri chess boxing adalah olahraga yang tak hanya mengandalkan otot saja namun juga otak!

Olahraga Melempar Telepon Seluler

Jika di negara Australia ada olahraga melempar orang bertubuh mini yang populer lain halnya di Finlandia. Di negara yang sistem pendidikannya disebut-sebut terbaik di dunia ini memiliki olahraga yang sejenis yakni melempar telepon seluler biasa disingkat ponsel atau handphone. Meski terdengar sepele namun bukan berarti olahraga ini tak memiliki aturan dan tata cara permainan. Seperti halnya dengan olahraga yang lain, olahraga ini juga memiliki aturan tetap yang berlaku bagi tiap “atlet” yang akan bertanding. Salah satunya adalah ponsel yang akan dipakai harus memiliki berat minimal 220 gram, kurang dari itu tidak diperbolehkan. Ada juga aturan lain untuk memudahkan yakni memberlakukan model atau merk ponsel tertentu untuk digunakan. Tak cukup itu saja seperti olahraga renang, olahraga ini juga memiliki gaya dan kategori yang berbeda-beda. Misalnya kategori gaya melempar bebas yakni peserta atau “atlet” berhak melempar ponsel dengan gaya apa saja dan penilaian diberikan berdasarkan kreatifitas dan teknik melempar. Selain itu Ada kategori lain yakni melempar ponsel diatas pundak dan bahkan ada juga kategori tim dimana tiap tim terdapat 3 orang atlet yang akan melempar ponsel bersamaan dan skor tertinggi berdasarkan penilaian gabungan. Olahraga ini tak hanya bisa diikuti oleh orang dewasa namun juga anak-anak.

Blind Soccer (Olahraga Sepak Bola Buta)

Ternyata tak hanya olahraga tinju saja yang berhasil menciptakan olahraga turunan yang lain. Sepakbola pun demikian, olahraga ini juga berhasil membuat olahraga turunan baru dan salah satunya adalah blind soccer yang artinya olahraga sepakbola buta. Olahraga yang pertama kali diperkenalkan di Inggris ini memang awalnya diperuntukkan untuk orang tunanetra namun dalam perkembangannya juga bisa diikuti oleh semua orang. Olahraga ini juga memiliki aturan seperti halnya olahraga sepakbola pada umumnya, hanya saja tiap tim berisikan 5 orang saja. Dari total lima orang tersebut 4 orang wajib menggunakan penutup mata sedangkan sisanya satu orang tak boleh menutup mata karena posisinya sebagai kiper. Olahraga sepakbola ini memiliki pemandu yang masing-masing berada diluar lapangan dan bertugas untuk mengarahkan atau menginstruksikan pertandingan kepada pemain. Saking aneh dan uniknya, olahraga ini bahkan sudah diselenggarakan dan diikuti negara-negara lain seperti Prancis, Argentina, Brazil, Spanyol dan lain-lain.

Gulat Jari Kaki

gulat jari kaki via dogonews.com

Pernahkah sahabatanehidunia.com melakukan permainan unik seperti adu jari tangan atau kaki yang dikaitkan kepada jari lawan layaknya orang yang sedang bergulat? Jika pernah ternyata itu artinya anda sedang melakukan salah satu jenis olahraga paling aneh dan unik di dunia. Gulat jari kaki adalah nama dari cabang olahraga tersebut. Lagi-lagi kemunculannya berasal dari sebuah wilayah di negara Inggris bernama Derbyshire. Orang-orang yang sering berkunjung ke pub pada malam hari di wilayah tersebut seringkali membuat sebuah hiburan yang bisa dinikmati oleh semua orang yang berkunjung. Diantara banyaknya permainan tersebut yang paling terkenal adalah gulat jari kaki. Uniknya jari kaki yang wajib digunakan adalah tentu saja jari yang paling kuat dari jari yang lain yakni jempol kaki. Jempol kaki dua lawan tersebut saling dikaitkan atau dikunci dan berlangsung sebanyak 3 ronde kemudian masing-masing adu kekuatan hingga mendapatkan pemenang. Uniknya di beberapa kompetisi, pemenang dari olahraga ini tak mendapatkan hadiah berharga melainkan cukup menyandang gelar sebagai pemilik jempol terkuat di dunia saja. Tak disangka-sangka juga bahwa olahraga ini telah populer sejak tahun 1976.

Dari kelima olahraga tersebut masing-masing memiliki keanehan dan keunikan tersendiri sehingga membuatnya semakin banyak dikenal dan diikuti oleh banyak orang. Terlepas aneh atau tidak, berbahaya ataupun tidak yang terpenting dari sebuah olahraga adalah esensinya untuk menyehatkan badan dan membuat stamina fisik lebih baik lagi. Semoga artikel ini informatif dan menginsprasi bagi pembaca setia anehdidunia.com.

Sumber referensi:
http://hajingfai.blogspot.co.id/2013/02/inspirasi-unik-olahraga-aneh-dunia.html#axzz4CqUGwFpx
https://en.wikipedia.org/wiki/
http://global.liputan6.com/read/82993/inggris-menggelar-kejuaraan-gulat-jempol-kaki-dunia
http://terselubung.in/5-olahraga-terunik-dan-lucu-di-dunia/


Related Article

Paling Aneh