Motivasi

Pria-pria Paling Kaya Dalam Sejarah Umat Manusia

25 Jun 2016

Sahabat anehdidunia, jika ditanya tetang siapa orang paling kaya di dunia? Mungkin yang akan terlintas di benak kita adalah nama dari pendiri Microsoft Bill Gates ataupun pemilik waralaba swalayan terbesar di amerika Warren Buffet dengan Walmartnya. Namun jauh sebelum pria-pria ini hampir selalu mendominasi daftar orang terkaya di dunia. Sejarah pernah mencatat pria-pria yang sangat kaya. Namun tak sekedar kaya pria-pria ini juga, sukses membangun kejayaan serta warisan yang monumental bagi sejarah umat manusia. Dan berikut ini adalah Pria-pria Paling Kaya Dalam Sejarah Umat Manusia, versi anehdidunia.com

Osman Ali Khan

Terlahir dengan nama Mir Osman ali Khan Sidiqqqi Bahadur, pada tanggal 6 April 1886 di Andhra Prades (Sekarang bagian dari India). Pria ini kelak ditakdirkan menjadi Nizam (Raja) terhebat dalam sejarah Hyderabad. Mulai menduduki tahta Nizam pada tahun 1911, setelah menggantikan sang Ayah yang meninggal dunia. Pada masa kekuasaanny inilah, Osman pernah disebut-sebut sebagai orang terkaya di dunia, dengan total harta kekayaan yang mencapai $2 Milyar pada awal tahun 1940an. Jika dihitung dengan mempertimbangkan inflasi dan disesuaikan dengan standar modern, kekayaan Osman kala itu bernilai sekitar $236 Milyar atau setara dengan 2 persen kekuatan finalsial Amerika pada saat itu. Sebagai perbandingan betapa kayanya Osma, negara tetangga Hyderabad kala itu India hanya memiliki pendapatan tahunan sekitar $1 milyar. Dengan begitu tak salah jika majalah Times pernah memajang wajah Osman Ali Khan sebagai orang terkaya didunia.


Namun selain dikenal sebagai orang Terkaya didunia, ketika menjabat sebagai Nizam, Osman Ali Khan dikenal dengan kebijakan-kebijakanya yang sangat mendukung perkembangan Hyderabad. Pria ini sangat peduli dengan pendidikan dan sains, hingga Listrik, Jalur Kereta Api, Jalan, dan Jalur angkutan Udara di Hyderabad berkembang dengan pesat. Tak hanya itu Ia juga memanfaatkan sepenuhnya potensi dari Danau Nizamsagar dengan membangun berbagai sistem Irigasi. Osman juga menunjukan kepedulianya yang tinggi pada dunia pendidikan dengan menyumbangkan sebagian besar uangnya pada beberapa institusi pendidikan seperti Jamia Nizamia, Univ. Hindu Banaras, dan Univ. Islam aligarth. Sayangnya kekuasaan Osman Ali Khan harus berakhir pada tahun 1948 setelah India melancarkan operasi POLO dan menginvasi Hyderabad. Meskipun terbilang singkat, tapi masa pemerintahanOsman Ali Khan yang berusia 37 tahun dianggap yang paling sukses dalam sejarah kerajaan Hyderabad. Osman sendiri tutup usia pada tahun 1967, kala itu Ia tercatat memiliki 7 Istri, 42 Selir dan harta kekayaan yang mencapai $ 230.000.000.000.

William Henry Vanderbilt

Lahir pada tanggal 8 Mei, 1821, di kota Brunswick, New Jersey, Amerika Serikat. William Vanderbilt merupakan salah satu anak dari 13 anak yang dimiliki oleh Cornelius Vanderbit, salah satu industrialis paling hebat di dunia. Awalnya William sering dianggap sebagai anak yang kurang kompeten oleh Ayahnya. Hingga sang Ayah memutuskan untuk mengirim William muda kesebuah peternakan yang ada di Staten Island. Namun tak di sangkan setibanya Ia di peternakan ini, William mampu meningkatkan keuntungan peternakan ini, dengan cara-cara yang tak terduga. Hal ini seolah membuktikan pada sang Ayah bahwa dirinya mampu berbisnis dengan baik. Dan periode paling penting dalam kehidupan William Vanderbilt akhirnya datang, ketika pada tahun 1940 sang Ayah meminta Willam untuk merivitalisasi Long Island Rail Road (Jalur kereta Long Island). Dan sama halnya dengan keberhasilanya membangkitkan peternakan yang sudah mati suri, William berhasil menghidupkan bisnis yang tengah sekarat itu, hingga sukses besar.


Berkat keberhasilanya ini pada tahun 1864, Ia diangkat menjadi wakil presiden dari perusahaan kereta api paling besar di New York dan pada tahun 1877, akhirnya Ia dipercaya untuk memimpin Vanderbit Organitation, setelah kematian Ayahnya. William tak diam saja dengan warisan peninggalah Ayahnya ini. Ia segera bergerak dengan memperluas jaringan kereta api milik keluarganya hingga merambah berbagai macam kota di Amerika. Ia tergolong berani dengan mengajukan berbagai regulasi jalur kereta baru dan juga terlibat dalam berbagai perang harga dengan penawaran yang khusus. Sayang karir William dalam dunia bisnis tergolong singkat, karena Ia terpaksa harus pensiun pada tahun 1883 akibat kesehatanya yang kian menurun. 2 tahun kemudian, 8 tahun setelah kematian sang Ayah, William juga tutup usia akibat kesehatan yang tak kunjung membaik. Namun yang luar biasa adalah, meskipun Ia hanya sebentar memimpin perusahaan Kereta Api milik keluarganya. Willian Vanderbit berhasil melipat gandakan kekayaan keluarganya yang awalnya hanya berjumlah $100 juta menjadi $200 juta, hanya dalam 6 tahun saja. Jika dihitung sekarang kekayaan William Vanderbilt akan bernilai sekitar $ 239.000.000.000.


Nicholas II

Bernama lengkap Nikolai Aleksandrovich, atau juga biasa disebut dengan Nikolai II. Pria kelahiran 6 Mei 1868 ini merupakan Tsar terakhir dari Rusia di bawah kekuasaan dinasti Romanov. Dikenal luas dengan nama Nicholas II, putra dari Alexander Alexandrovich ini sejak kecil sudah dididik untuk menjadi pewaris kerajaan oleh sang Ayah. Sosok Ayahnya ini pulalah yang membentuk Nikolai muda dengan dasar pendidikan agama yang kuat, serta keyakinan yang mendasar dalam pemerintahan Otokratis. Nicholas II yang mulai menaiki tahta selepas kepergian Ayahnya pada tahun 1894, seolah dihadapakan dengan berbagai masalah, karena dalam masa pemerintahanya ini terjadi banyak pemmberontakan hingga kisruh dalam parlemen kerajaan akibat kurang kompetenya, para bawahan yang Ia pilih. Kekacuan yang datang silih berganti membuat Nicholas akhirnya terpaksa mundur dari tahtanya pada tahun 1917. Sejak saat ini Nicholas bersama sang Istri Putri Alix dari Hesse-Darmstadt dan kelima anak-anaknya Alexei, Olga, Tatiana, Maria, dan Anastasia., harus hidup di pengasingan. Saat Ia dan keluarganya tengan dalam pengasingan ini, di luar telah tercetus yang di gagas oleh kaum Bolsevik. Perang ini pula yang mengakibatkan akhir tragis bagi Nicholas II dan keluarganya. Pada musin semi tahun 1918 Nicholas II dan keluarganya diserahkan pada geriliawan Soviet oleh komisaris Vasili Yakovlev. Setelah itu Keluarga terakhir dari dinasti Romanov ini di eksekusi di sebuah ruangan bawah tanah oleh para geriliawan Bolsevik pada 17 juli 1918. Hal ini sekaligus menjadi akhir dari garis keturunan dinasti Romanov yang pernah menguasai Rusia. Namun meski kisah hidupnya bisa dibilang tragis, Nicholas II semasa hidupnya diperkirakan memiliki kekayaan senilai 9 milyar rubel atau setara dengan 300 milyar dollar saat ini. Kekayaan ini membuat Nicholas masuk dalam jajaran Pria paling kaya dalam sejarah umat manusia.

Andrew Carnegie

Andrew Carnegie, mungkin bisa dibilang sebagai potret dari Imigran tersukses yang memasuki Amerika. Pria ini membangun sendiri kerajaan bisnisnya dari nol hingga berhasil menjadi seorang taipan baja, yang disebut-sebut sebagai pebisnis paling kaya pada abad ke 19. Selain itu pria berdarah Skotlandia ini juga merupakan orang dibalik pembentukan Universitas Carnegie Melon pada tahun 1900. Kisah hidup Carnegie di mulai pada 25 November 1835 ketika Ia pertama kali di lahirkan di sebuah kota kecil bernama Dunfermline, Skotlandia. Masa kecil Carnegie di habiskan di kota ini, hingga pada tahun 1848, keluarganya memutuskan untuk berimigrasi ke Amerika dan menetap di kota Pennsylvania. Pekerjaan pertama Carnegie adalah sebagai buruh pabrik, dan dari situ Ia mendapat peluang lebih baik dengan menjadi seorang kurir pesan telegram. Pekerjaan ini pula yang mengantarkan Carnegie untuk bergabung dengan Proyek Pengerjaan Rel Kereta Api, Pennsylvania sebagai seorang asistan dari petugas telegram bernama Thomas Sott. Karena pekerjaanya dinilai baik, dalam 3 tahun Ia mendapatkan promosi yang menjadikanya seorang Inspektur.


Selama masa kerjanya bersama perusahaan kereta api ini, Carnegie dia mendapat banyak pengalama tentang Bisnis dan Industri secara mendalam. Namun tak hanya pengalaman tentang Industri yang Carnegie dapat semasa bekerja di sana. Ia juga mendapat banyak pengetahuan tentang Investasi dan banyak menanamkan Investasi yang kelak sangat membantu dalam membangun bisnisnya. Sampai akhirnya pada tahun 1865, Ia benar-benar meninggalkan Industri kereta api dan fokus apa yang Ia minati, dan berkat kegigihan serta kejelian dalam membaca pasar pada tahun 1889, Carnegie telah membangun bisnisnya menjadi sebuah Industri baja terbesar yang pernah ada di dunia. Perusahaan baja Carnegie juga disebut sebagai perusahaan yang telah merevolusi produk baja yang ada di Amerika. Pada tahun 1901, Carnegie memutuskan untuk mengakhiri perjalananya di dunia bisnis dengan menjual perusahaanya ke pemerintah Amerika dan kini di kenal dengan nama US Steel. Dari hasil penjualan ini, Ia mendapatkan tak kurang dari $200 Milyar, yang jika dihitung sekarang kurang lebih sekitar $310 Milyar. Sebagian besar uang dari hasil penjualan ini, Carnegie gunakan untuk proyek amal, mulai pembangunan sekolah., perpustakaan hingga dana pensiun bagi para pekerja Imigran. Berkat tindakanya ini Carnegie sering di sebut sebagai Arti Sejati dari sebuah Kekayaan.


John D. Rockefeller



Sahabat anehdidunia.com, akhirnya kita sampai ke Pria paling kaya yang pernah tercatat dalam sejarah Umat Manusia. Terlahir dengan nama John Davison Rockefeller pada 8 Juli tahun 1839, John D. Rockefeler adalah seoran pebisnis asal Amerika serikat yang di kenal dengan julukan "Bapak Minyak Dunia". Pria yang berhasil menjadi Taipan minyad dunia dengan perusahaan Standart Oil (SO) yang Ia dirikan sendiri. Pria ini dikenal sebagai Milyader pertama yang ada di dunia sekaligus rang terkaya di Amerika pada masanya. Namun semua kekayaan ini tak di raih Rockefeller dengan begitu saja. Pria ini menjalani karir berbisnisnya mulai dari bawah dengan menjadi penjaga toko buku bersama dengan Hewitt dan Turtle. Pada usianya yang 20 tahun, Rockefeller mulai memberanikan diri untuk menjadi mitra para pedagang dengan menyuplai daging, Biji-bjian dan barang-barang lainya. Berkat usahanya ini dia meraup hampir 450 ribu dollar setiap tahunya. Merasa usaha dagangnya mulai menghasilkan keuntungan yang stabil, Rockefeller mulai melirik bisnis minyak dan tahun 1830an dinilainya adalah saat yang baik untuk memulai niatnya tersebut. Dan benar saja pada tahu 1863 kilang minyak pertama Rockefeller akhirnya di buka, hebatnya lagi kilang minyak ini berhasil menjadi yang terbesar di areanya hanya dalam waktu 2 tahun saja.


Langkah besar lain yang dianggap sebagai tindakan paling penting dalam kemajuan Standart Oil adalah ketika John memutuskan untuk berpartner dengan saudaranya William Rockefeller. Keduanya mendirikan kilang minyak baru di Cleveland dan menamakanya Standart Work. Pada saat yang bersamaan mereka juga mendirikan sebuah kantir di Kota New York yang dijadikan tempat untuk mengurus urusan ekspor miyak keluar negeri. Dan untuk mengurusi kantor ini mereka berdua memperkerjakan Henry Flager, yang mereka percaya untuk memperluas cakupan bisnis dari perusahaan mereka. Pada tahun 1870, bisnis keluarga Rockefeller mencatatkan prestasi luar bisa, dengan dinyatakan sebagai perusahaan bebas utang sekaligus perusahaan terbesar di dunia. Ini semua berkat pasar pada tahun 1870 yang sangat stabil hingga mendorong perusahaan Rockefeller melesat dengan cepat dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Hingga pada akhir hayatnya pada tahun 1937, asel milik John D. Rockefeller di perkirakan mencapai sekitar 1,5 persen dari keseluruhan ekonomi Amerika. Yang jika dihitung sekarang nilainya setara dengan 340 milyar dollar Amerika. Hal ini memuat John D. Rockefeller menjadi Pria paling kaya yang pernah tercatat dalam sejarah umat manusia.

Referensi :
http://listverse.com/2016/06/23/top-10-richest-men-in-human-history/
https://id.wikipedia.org/wiki/Osman_Ali_Khan,_Asaf_Jah_VII
https://id.wikipedia.org/wiki/Nikolai_II_dari_Rusia
https://id.wikipedia.org/wiki/Andrew_Carnegie
https://id.wikipedia.org/wiki/John_D._Rockefeller


Related Article

Paling Aneh