Motivasi

Produk Asli Indonesia Yang Sering Dikira Merk Impor

12 Jun 2016

Kadang saat membeli suatu produk selain model dan kwalitas, merk merupakan salah satu pertimbangan tersendiri sebelum membeli. Bagi kebanyakan orang sebuah merk terkenal merupakan sebuah jaminan kwalitas serta keawetan suatu barang, terutana merk yang berasal dari luar negeri. Karena itu suatu produk dengan merk yang berbau luar negeri selalu laris manis di pasaran. Namun banyak yang tak mengetahui bahwa merk terkenal yang terdengar seperti produk Impor ini beberapa diantaranya merupakan hasil karya anak bangsa. Merk-merk lokal ini selain mengandalkan nama yang mirip dengan produk Impor juga memiliki kwalitas yang mumpuni hingga beberapa diantaranya mampu menembus pasar Internasional, dan berikut ini adalah Produk Asli Indonesia Yang Sering Dikira Merk Impor, versi Anehdidunia.com

J.CO Donuts and Coffee

Gerai Donat dan Kopi yang pertama kali di buka pada tahun 2005 di Supermall Karawaci ini awalnya hanyalah sebuah Cafe yang ditujuan sebagai tempat nongkrong bagi anak muda Jakarta, namun karena rasa makanannya yang lezat serta suasana Cafe yang nyaman. Membuat J.CO atau bagi lidah orang Indonesia sering menyebutnya Jakco segera menjadi populer di kalangan masyarakat dan dianggap sebagai salah satu waralaba dari luar negeri yang baru di buka di Indonesia.


Meskipun nama J.CO terdengar seperti nama julukan dari mendiang King of Pop Michael Jakson yaitu "Jacko" produk ini sejatinya merupakan Merk asli Indonesia, yang dirintis oleh Johnny Andrean, dan berkat kejelian Jhonny melihat momentum pasar J.CO yang sedang populer di masyarakat hanya dalam waktu dua tahun sejak pertama di buka tepatnya pada tahun 2007, J.CO sudah berhasil melebarkan sayapnya keluar negeri dengan membuka gerai di Malaysia dan Singapura. Dan saat ini gerai-gerai J.CO sudah bisa di jumpai hingga Filipina dan Cina.

Polygon

Banyak orang sudah mengenal kualitas dari produk sepeda buatan Polygon, jadi tak mengherankan jika produk sepeda buatan Polygon merupakan salah satu pilihan utama bagi para pecinta olahraga bersepeda. Namun tak banyak yang tahu kalau Sepeda Polygon merupakan produk asli Indonesia yang pabriknya berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.

Hal ini disebabkan karena PT. Insera Sena yang merupakan produsen dari sepeda Polygon memang memilih untuk memasarkan produknya di luar negeri terlebih dulu pada tahun 1989, sebelum akhirnya memasarkan Sepeda Polygon dalam negeri setelah produk ini terlebih dulu punya nama di luar. PT. Insera Sena beralasan strategi bisnis mereka ini di dasarkan pada kebiasaan orang Indonesia yang lebih menyukai merk Impor. Dan strategi ini nampaknya berjalan dengan baik mengingat saat ini selain terkenal di dalam negeri, Merk Sepeda Polydgon merupakan salah satu produk sepeda yang cukup diperhitungkan di luar negeri.

Essenza

Bagi yang tumbuh di era 90an pasti akrab dengan video Iklan diatas, kala itu di tengah maraknya iklan dengan nuansa yang ramai, dengan banyak dialog yang di iringi musik yang merajai televisi di Indonesia. Essenza berani mengambl langkah berbeda dengan sebuah iklan yang minimalis yang elegan dengan monokromatik. Berkat iklan ini pula banyak orang yang berfikir bahwa Essenza merupakan sebuah produk keramik Impor yang berasal dari Italia.


Namun kenyataanya, Esssenza merupakan produk keramik asli Indonesia dari PT Intikeramik Alamasri Industri.Tbk yang berbasis di kota Tangerang. Perusahaan ini selain memiliki pasar yang cukup luas di dalam negeri juga telah berhasil memasarkan produknya hingga ke lebih dari 25 negara. salah satunya bahkan Italia yang terkenal sebagai penghasil keramik berkualitas terbaik di dunia. Dengan semua fakta itu, kualitas keramik buatan Essenza rasanya sudah tak perlu diragukan lagi.

Hoka Hoka Bento

Meski menjual makanan Jepang serta mengusung konsep ala Negri Matahari Terbit itu, Hola Hoka Bento sejatinya bukanlah restoran yang berasal dari Jepang. Restoran yang berdiri untuk pertama kali pada 18 April tahun 1985 merupakan salah satu cabang usaha yang di miliki oleh PT. Eka Bogainti yang berlokasi kantor di Jl. Poncol Raya No.2, Ciracas, DKI, Jakarta.

Namun karena mengusung konsep “Japanese Fast Food” yang di sajikan dalam kotak makanan khas jepang yang biasa di sebut Bento kebayakan orang berfikir bahwa restoran ini merupakan sebuah cabang waralaba dari negara Matahari Terbit itu. Padahal Hoka Hoka Bento sebenarnya asli Indonesia.

Buccheri

Buccheri terkenal dengan sepatu dan tas berbahan dasar kulit dengan model Vintage yang berkelas serta kualitas yang tinggi. Dan sebagian dari kalian pasti pernah melihat Ibu atau Ayah kalian yang memakai salah satu produk sepatu ataupun tas dari Buccheri, tapi jika kalian mengira bahwa Buccheri merupakan produk bermerk Impor maka kalian salah besar karena Buccheri merupakan produk asli Indonesia yang di keluarakan oleh PT. Vigano Cipta Perdana sejak tahun 1980 lalu. Sampai saat ini produk Buccheri masih menjadi pilihan bagi para pecinta fashion di tanah air karena konsistensinya dalam menjaga mutu produknya dengan standart Internasional.

GT Radial

GT Radial merupakan salah satu produsen ban yang sudah mempunyai nama yang terkenal luas dengan kualitas produk yang bagus dan merupakan pilihan utama bagi beberapa konsumen baik itu perseorangan maupun pihak produsen kendaraan bermotor. Meskipun banyak yang tak tahu GT Radial merupakan produsen ban yang berasal dari Indonesia. Awalnya perusahaan yang di naungi oleh PT Gajah Tunggal ini hanya berfokus pada pangsa pasar ban untunk kendaraan besar dan sejak tahun 1983 telah berhasil mengexpor ban buatanya hingga ke Timur Tengah dan Asia.
Baru pada tahun 1992 GT Radial mulai melirik pasar ban untuk kendaraan pribadi seperti sedan dan juga truk ringan dan saat ini ban produksi GT Radial sudah meramnah hingga 80 negara serta menjadi salah satu produsen ban kebanggan Indonesia.

Lea

Merk Jeans Lea telah mengecoh banyak orang yang mengira bahwa produk jeans ini merupakan sebuah jeans Impor. Selama 3 dekade meramaikan pasar jeans kelas mengengah ke atas di tanah air. Lea telah sukses membangun jati diri sebagai merk lokal yang memiliki kualitas Impor di mata masyarakat luas. Hal ini disebabkan karena selain kualitasnya yang selalu terjaga, Lea juga cerdik dalam memasarkan produknya dengan tampilan logo yang berbau Amerika dan Iklan yang hampir selalu menggunakan model dari luar negeri membuat kebanyakan orang mengira bahwa Lea merupakan produk buatan dari luar negeri. Namun produk Jeans yang di buat oleh PT. Lea Sanent sejak tahun 1972 ini merupakan produk asli Indonesia, yang sejajar dengan dengan merk luar negeri.

Referensi :
http://www.boombastis.com/merek-asli-indonesia/58908
http://swa.co.id/headline/jeans-lea-konsisten-membangun-citra-merek-amerika


Related Article

Paling Aneh