Foto Aneh Unik

Bangunan Di Dunia Dengan Desain Langit-Langit Indah

04 Jul 2016

Seseorang membuat bangunan untuk kebutuhan yang berbeda-beda, namun yang pasti diingankan oleh orang itu adalah bangunan itu kuat dan kokoh, sehingga dapat bertahan lama. Namun, ada kalanya seseorang membangun dengan tujuan tidak hanya mendapatkan bangunan yang kokoh, tetapi juga unik dan indah.

Seperti yang akan dibahas oleh anehdidunia.com kali ini. Bangunan-bangunan unik yang didesain secara berbeda oleh para arsitek ini mampu membuat siapa saja yang melihatnya takjub. Perbedaan yang mencolok, estetika dan nilai fungsi adalah kombinasi yang tepat untuk menggambarkan daftar bangunan di dunia denga desain langit-langit yang indah versi anehdidunia.com.

The Senedd


Richard Rogers mendesain sebuah bangunan dengan langit-langit dari bahan kayu. Kemudia ia membentuknya menyerupai gelombang yang ada di gurun pasir. Kemampuan Richard Rogers dalam mendesain bangunan sudah tak diragukan lagi, ia adalah arsitek yang juga dipilih untuk mendesain rekonstruksi Tower 3 World Trade Center. Tentu saja hal ini sangat mengagumkan. Kayu yang kaku tersebut dapat disusun sedemikian bagus dan indahnya dengan potongan-potongan tipis juga memanjang sehingga menyerupai gundukan pasir di Timur Tengah. Indah sekali bukan sahabatanehdidunia.com?

Tokyo International Forum


Desain langit-langit yang indah selanjutnya adalah Tokyo International Forum yang berada di Tokyo, Jepang. Bangunan ini atap langit-langitnya menggunakan besi dan kaca. Dan orang yang ada dibalik desain unik nan menakjubkan adalah Rafael Vinoly. Bangunan yang dibuat pada tahun 1996 ini hingga saat berdiri kokoh diantara bangunan-bangunan indah lainnya yang berada di Jepang. Karena bahan kaca yang dibuat untuk membuat langit-langit inilah, pemandangan transparan yang ada diatas dapat dilihat secara menakjubkan. Namun dibalik keindahannya tersebut ada satu kekuranga dari bangunan ini. Sepertinya Tokyo International Forum ini akan tidak sejalan dengan semangat Go Green dan pengurangan efek rumah kaca yang sedang digalakkan beberapa tahun terakhir ini.

Temppeliaukio Church


Sebuah gereja unik di kota Helsinki, Finlandia dibangun dengan begitu indah. Gereja tersebut bernama Temppeliaukio Church dan merupakan salah satu gereja dengan desain langit-langit paling indah di dunia. Yang membuatnya unik adalah bahan untuk memangun langit-langitnya adalah tembaga. Kesan mewah pun langsung tampak dari gereja ini. Tak hanya itu saja, selain atapnya yang terbuat dari tembaga hal unik lainnya yang ada di gereja ini adalah dinding-dindingnya yang dibuat dari batu granit. Tak sekear batu granit saja namun disertai pahatan-pahatan yang menakjubkan. Bangunan gereja yang didesain oleh The Suomalainen bersaudara ini selesai dibangun pada tahun 1969 dan merupakan salah satu gereja terbaik yang dimiliki Finlandia.

British Museum’s Great Court

Norman Foster adalah seorang arsitek handal yang mendesain bangunan menarik di wilayah London, Inggris. Bangunan indah nan menakjubkan tersebut adalah British Museum’s Great Court. Sebuah pemandangan indah tampak dari langit-langitnya yang ditutupi dari bahan kaca. Total kaca yang dibutuhkan untuk melapisi seluruh langit-langit bangunan ini adalah sebanyak 6100 m persegi. Desain atap simetris dengan gaya kurva parabola mampu membuat siapa saja yang melihatnya tertegun. Suatu hal yang terdengar mustahil namun menjadi mungkin karena kehebatan Norman Foster. Bahkan langit-langit tersebutterbentuk sama sisi dengan sempurna. British Museum’s Great Court resmi dibuka di tahun 2000.

Dc Metro Station

DC Metro Station adalah sebuah bangunan indah yang berada di daerah Washington, Amerika Serikat. Arsitek yang merancang bangunan ini adalah Harry yang berasal dari Chicago. Salah satu bagian paling menarik dari stasiun ini adalah dinding dan juga atap langit-langitnya. Langit-langit  yang tampak indah tersebut terbuat dari beton yang melengkung dengan ornamen cor-coran persegi panjang berwarna coklat muda dan dominasi warna putih. Nilai besar diberikan dalam hal estetikanya. Stasiun ini dibuka pertama kali pada tahun 1976 dan hingga saat ini masih berfungsi dengan baik dan menjadi salah satu bangunan dengan desain langit-langit paling indah di dunia.

Allen Lambert Galleria

Terakhir adalah Allen Lambert Galleria, sebuah bangunan yang berada di negara Kanada tepatnya adalah di kota Toronto. Seorang arsitek bernama Santiago Calatrava adalah orang yang berada di balik keindahan bangunan ini. Salah satu bagian penting yang membuatnya tampak semakin indah adalah desain atapnya. Atap Allan Lambert Galleria ini didesain menyerupai pohon besert dedaunan yang rimbun dan bahan utamanya adalah baja. Memang tidak persis menyerupai pohon, namun kesan tersebut dapat sahabatanehdidunia.com rasakan ketika berada dibawah bangunan itu. Meskipun indah namun bangunan ini masih memiliki kelemahan yakni masih bisa diterobos hujan maupun sinar matahari.

Itulah enam daftar langit-langit bangunan di dunia yang menakjubkan dan sekaligus membuat kita penasaran bagaimana rasanya apabila kita berada di dalamnya. Yang terpenting dari sebuah bangunan adalah tak hanya desain indah namun juga nilai fungsinya juga harus berfungsi dengan baik. Semoga sahabatanehdidunia.com terinspirasi dan minimal kemudian siapa tahu menjadi tergerak untuk mendekor ulang langit-langit kamar anda.

Sumber referensi:
http://terselubung.in/10-bangunan-dengan-desain-langit-langit-yang-unik-2/


Related Article

Paling Aneh