Foto Aneh Unik

Hal - Hal Menakjubkan Yang Terbuat Dari Kerangka Manusia

13 Jul 2016

Bagi sebagian besar orang, Kerangka manusia merupakan hal yang menakutkan dan sebisa mungkin dihindari. Hal ini disebabkan karena tengkorak dan tulang - belulang manusia, selama ini selalu di identikan dengan hal - hal yang berbau mistis dan juga horor. Namun hal ini sepertinya tak berlaku di beberapa tempat yang ada di dunia ini. Di tempat - tempat ini kerangka manusia justru di jadikan bagian dari bangunan dan bahkan beberapa di hias dan di tata sedemikian rupa hingga terlihat menakjubkan dan jauh dari kesan menyeramkan. Dan berikut ini adalah, Hal - Hal Menakjubkan Yang Terbuat Dari Kerangka Manusia, versi anehdidunia.com

Kapel Ossuary

Terletak di Kathedral Otranto, Italia, Kapel Ossuary merupakan sebuah bangunan yang di bangun sebagai sebuah monumen untuk mengenang tragedi pembantaian besar yang terjadi pada tahun 1480, akibat serangan dari tentara Turki. Didalam Kapel ini terdapat sebuah altar indah yang di hiasi dengan berbagai ornamen yang terbuat dari emas. Namun bukan itu yang membuat Kapel ini menjadi sangat terkenal, melainkan tumpukan tulang belulang dari para korban pembantaian 1480, yang tertata dengan rapi dalam sebuah lemari kaca, tepat di belakang altar Kapel ini. Dalam tumpukan kerangka manusia ini, terdapat satu kerangka yang sangat terkenal milik seorang pria bernama Antonio Primaldo. Konon pria ini merupakan korban pertama yang dipenggal kepalanya oleh tentara Turki. Namun meski kepalanya telah terpenggal, tubuh Antonio tetap berdiri tegak tak tergoyahkan walau sudah tak memiliki kepala. Tubuh pria ini baru roboh saat tentara Turki selesai memenggal seluruh korban yang diperkirakan berjumlah sekitar 800 orang sesuai dengan jumlah tengkorak yang tertata rapi di balik altar yang ada Kapel Ossuary.

Selain tengkorak dari korban pembantaian 1480, Kapel Ossuary juga masih menyimpan ribuan tengkorak lain dari perang San Martimo. Peperangan yang terjadi di Italia pada tahun 1482, akibat konflik dua kota besar yaitu Venice yang dipimpin oleh Berterelli dan Florentina yang di pimpim oleh Geovanni. Perang yang konon sangat sengit dan penuh dengan taktik ini akhirnya dimenangkan oleh kota Venice yang lebih superior dalam penggunaan taktik. Konon dalam perang saudara ini ribuan orang harus kehilangan nyawanya, dan sebagian tulang belulang dari para korban tersebut sekarang tertata dengan rapi dalam perpustakaan tulang terletat dalam Kapel Ossuary. Dalam lemari-lemari kaca yang ada dalam Kapel ini diperkirakan terdapat setidaknya 2.619 tulang belulang dan 1.274 tengkorak.

Pemakaman, St. Hilaire

Jika kebanyakan tempat pemakaman modern, biasanya ditata dengan sedemikian rupa agar tak terlihat menakutkan, dengan penataan yang rapi. Maka berbeda halnya dengan dengan sebuah pemakaman yang berada di kota Marville, Perancis. Pemakaman yang bernama St. Hilaire ini memang terlihat rapi dan sangat terbuka, namun jika dilihat baik-baik maka pada salah satu sudut pemakaman ini akan terlihat sebuah tempat yang di penuhi dengan tengkorak dan tulang - belulang manusia. kumpulan tengkorag dan tulang manusia ini dikumpulkan dalam sebuah bagunan mirip rumah kecil yang terbuka pada salah satu sisinya hingga tumpukan tulang ini bisa terlihat dengan jelas. Sebagian tulang dan tengkorak yang ada di pemakaman St. Hilaire bahkan dilengkapi dengan nisan sesuai dengan nama dan tanggal kematianya sedangkan sebagian lainya di biarkan begitu saja dalam sebuah tumpukan yang terlihat cukup rapi.

Capela dos Ossos

Capela dos Ossos atau yang lebih dikenal sebagai The Chapel of Bones (Kapel tengkorak), merupakan sebuah bangunan Kapel yang menjadi bagian dari Gereja Nossa Senhora do Carno yang berada di kepulauan Faro, Portugal. Bangunan ini di sebut sebagai Kapel tengkorak, karena pada keselurugan dinding bangungan ini memang dipenuri dengan tengkorak dan tulang manusia yang di tata dengan sedemikain rupa, hingga nampak seperti sebuah mural. Dalam bangunan berukuran 4 x 6 meter ini, diperkirakan ada lebih dari 1.000 tengkorak dri para anggota dari Ordo Karmel. Tengkorak para pendeta ini konon di pasang pada bangunan Kapel sejak tahun 1816. Sedangkan dibagian belakang Gereja Nossa Senhora do Carno sendiri di ketahui masih ada 1.247 tengkorak lain yang disimpan.

Kapel St. Michael

Di negara Austria terdapat sebuah bagunan Kapel yang sangat terkenal. Namun bangunan Kapel yang terletak di kota Hallstatt ini terkenal bukan karena kemegahan exteriornya melainkan karena hal unik yang terdapat di dalamnya. Bagi orang yang baru pertama kali mengunjungi Kapel unik ini pasti akan kaget, karena di dalam Kapel ini terdapat ratusan tengkorak manusia yang telah dilukis dengan tulisan nama dan beberapa hiasan lainya. Sebagian besar tengkorak yang dilukis di Kapel ini, merupakan tengkorak dari seorang pria. Hal ini konon disebabkan karena sebagian pria jaman dulu berpesan pada istrinya untuk menghias tengkorak mereka kelak saat mereka telah meninggal. Sedangkan untuk para Istri, tengkorak mereka biasanya akan tetap polos tanpa lukisan, karena anak-anaknya enggan untuk melukis tengkorak dari orang yang telah meninggal. Meskipun begitu kadang kita tetap bisa menemukan tengkorak dengan nama perempuan di dalam Kapel St. Michael, walaupun tentu jumlahnya tak sebanyak tengkorak para suami yang hampir semuanya telah dilukis.

Sedlec Ossuary

Sedlec Ossuary, merupakan sebuah bangunan kecil yang digunakan sebagai tempat penyimpanan kerangka manusia yang merupakan bagian dari Pemakaman para Santo yang terletak di kota Sadlec Republik Ceko. Bangunan ini merupakan salah satu Kapel yang dimiliki oleh Vatikan. Namun berbeda dengan kebanyakan bangunan makam lain, di dalam Sadlec Ossuary, tengkorak manusia di tata dengan begitu cantik hingga terlihat layaknya sebuuah karya seni. Karena itu Kapel ini lebis sering disebut sebagai museum dari pada sebuah makam. Berkat dekorasinya yang menawan ini pulalah, Sadlec Ossuary menjadi salah satu warisan budaya kebanggan Republik Ceko, sekaligus salah satu bagunan paling terkenal di Negara ini. Di dalam bangunan ini di perkirakan ada sekitar 40.000 hingga 70.000 tulang - belulang manusia, jumlah yang sangat fantastis untu ukuran bangunan yang sebenarnya tak terlalu besar.

Katakomba

Mungkin situs yang terletak di gerbang selatan kota paris ini, merupakan yang paling terkenal dalam daftar ini. Pemakaman bawah tanah yang di kenal dengan nama Katakomba atau Katakombe ini, merupakan pemakaman terbesar di dunia yang diperkirakan berisi hingga 6 juta jenazah, jauh lebih banyak dibandingkan dengan warga yang tinggal di atasnya. Yang membuat Katakomba begitu terkenal selain karena jumlah jenazah yang ada di dalamnya , juga karena struktur tempat ini yang bagaikan gua dengan banyak jalur yang merupakan sisa dari tambang batu di kota Paris.


Menurut sejarah, Katakomba mulai terbentuk setelah masuknya agama Kristen ke kota Paris pada abad ke 10. Berkat pengaruh ajaran Kristen, warga Paris yang biasanya memakamkan kerabatnya yang meninggal di kawasan pinggiran kota, mulai beralih memakamkan anggota keluarganya di tanah suci milik Gereja. Namun karena kian sempitnya lahan pemakaman di kota Paris akibat kian pesatnya perkembangan penduduk. Pada abad ke-12 munculah ide untuk membuka ruang bawah tanah sisa pertambangan batu sebagai area makam baru. Tapi solusi ini hanya terlihat efek baiknya sementara waktu saja, karena sangking banyaknya jenazah yang mengisi Katakomba, belakangan hal ini justru memunculkan masalah baru pada sanitasi warga kota yang sumber air utamanya berasal dari air galian sumur. Akhirnya pada abad ke-19 Katakomba resmi dilarang penggunaanya sebagai tempat pemakaman. Pada tahun 1874, Katakomba mulai di alih fungsikan menjadi tempat wisata karena keunikanya, namun akibat aksi vandalisme (coretan di dinding), pada bulan September 2009 situs bersejarah ini sempat ditutup, dan baru buka lagi pada tanggal 19 Desember di tahun yang sama, setelah mengalami pembersihan.

Manekin Kerangka Manusia

Sediki berbeda dengan dengan kebanyakan tengkorak dan tulang - belulang di daftar ini yang merupakan bagian dari sebuah bagunan ataupun area pemakaman. Beberapa kerangka manusia dalam daftar ini justru di jadikan manekin, dan di dandani sedemikian rupa dengan baju dan pernak-pernik lainya. Entah karena sejarah dari para kerangka ini yang membuat mereka di jadikan contoh bagi yang melihatnya atau karena kreatifitas orang yang mendadandi kerangka-kerangka ini. Namun beberapa kerangka ini terlihat cukup unik sekaligus menyeramkan untuk dilihat. berikut ini adalah beberapa kerangka manusia unik tersebut :

Biarawati Perawan

Terletak di kota Palermo, Italia, terdapat sebuah kapel unik yang merupakan bagian dari Gereja Santa Maria Dela Pace. Di beri nama Chapel of Virgin atau "Kapel Perawan" dalam bangunan ini terdapat terdapat sesosok kerangka wanita yang berbusana lengkap layaknya seorang biarawati. Sosok kerangka wanita yang konon dulu ditemukan di dalam Kapel ini, dipercaya merupakan seorang biarawati yang hingga akhir hayatnya masih tetap perawan. Kerangka ini di tempatkan tepat di belakang altar dan merupakan bagian dari empat biarawati perawan yang kesemuanya memegang daun palem ditanganya sebagai tanda kemenangan, karena dapat dengan teguh keimanan mereka hingga akhir hayat.

Vincenzo Piccini

Jika mendengar nama Vincenzo Piccini, munkin yang pertama akan terlintas di benak kita adalah seorang pria yang berasal dari Italia. Dan memang benar ini adalah nama seorang pria asal Italia, namun Vincenzo Piccini bukanlah pria biasa. Hal ini di buktikan dengan mumi dirinya yang merupakan satu-satunya mumi yang mengenakan pakaian di Chiesa Dei Morti yang ada di Gereja Buona Morte, Urbania, Italia. Sosok ini di percaya sebagai orang penti pada ordo keagamaan yang ada di sana pada masanya hingga sosok Vincenzo, mendapat keistimewaan dengan di pakaikan jubah khas Ordo tersebut, lengkap dengan sebuah tongkat dan juga sebuah lencana perak dengan simbol kematian yang melekat di dada kananya.

St Pancratius

Kerangka dari Santo Pancratius, ditemukan pada Gereja St. Niklaus yang ada di kota Wil, Swiss pada akhir 1600-an. Ketika pertama kali di temukan kerangka dari St Pancratius, sebenarnya menggunakan jubah rajutan biasa, khas para biarawan pada umumnya. Namun entah dengan alasan apa, pada tahun 1777 ketika kerangka ini akhirnya di pamerkan secara umum di kota Wil. Sosok St Pancratius, di dandani layaknya seorang ksatria dengan jubah perang, lengkap dengan sebuah pedang. Hal ini membuat sosok St Pancratius, jauh dari kesan seorang biarawan dan malah terlihat seperti seorang ksatria perang.

St Gratianus

St Gratianus merupakan sesosok kerangka yang dipercaya sebagai seorang biarawan, yang di akhir hayatnya mengenakan sebuah pakaian yang penuh dengan perhiasan mahal, sosok ini dipercaya sebagai seorang martir yang rela berkorban demi negaranya. Hal ini di perkuat dengan fakta bahwa saat di temukan, terdapat darah yang mengering di tulangnya akibat siksaan saat Ia tetap kukuh mempertahankan keimanan yang Ia miliki. Berkat kisah perjuanganya ini kini kerangka dari St Gratianus, di pamerkan di Basilic of Waldsassen yang ada di Negara Jerman.

Referensi :
http://listverse.com/2012/12/17/10-incredible-images-of-death-in-bones/
https://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_San_Martino
https://en.wikipedia.org/wiki/Capela_dos_Ossos_(Faro)
https://en.wikipedia.org/wiki/Sedlec_Ossuary
https://id.wikipedia.org/wiki/Katakomba_Paris


Related Article

Paling Aneh