Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lima Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan Di Dunia

Dunia yang sudah modern ini memang memberikan banyak hal kemudahan bagi orang-orang termasuk transportasi. Banyak sekali transportasi yang tersedia untuk memudahkan mobilisasi orang-orang baik jalur darat laut dan udara semuanya lengkap. Semua alat transportasi tersebut dibuat dengan teknologi yang canggih dan tingkat keamanan yang tinggi. Walaupun masih banyak juga kecelakaan-kecelakaan lalu lintas yang dialami pengendara.

Dari berbagai jenis moda transportasi yang ada, kecelakaan pesawat akan menjadi hal yang mengerikan karena memiliki tingkat resiko tewas lebih besar ketimbang yang lain. Penyebab terjadinya kecelakaan pesawat beraneka ragam, bisa karena pembajakan teroris, cuaca buruk, kegagalan dan kerusakan mesin, dan bahkan human error. Dan berikut adalah ulasan terkait dengan kecelakaan pesawat paling mengerikan di dunia versi anehdidunia.com.


Turkish Airlines Flight 1974



Turkish Airlines Flight 981 mengalami kecelakaan pada Maret 1974. Hasil investigasi menyebutkan pesawat naas itu mengalami kecelakaan karena kargo bagian belakang pesawat meledak. Pesawat ini meledak di luar kota Paris. Kecelakaan ini merupakan salah satu kecelakaan pesawat yang besar dan memakan korban jiwa 346 orang. Akibat kargo belakang yang meledak, terjadilah dekompresi, memutuskan kabel penting, dan membuat beberapa fitur tidak berfungsi sehingga pilot gagal mengendalikan pesawat tersebut. Kesalahan atau kerusakan bagian kunci kargo diduga penyebab kargo tersebut terbuka.


Charkhi Dadri 1996



Ini bukan kecelakaan tunggal seperti Turkish Airlines Flight 981, melainkan kecelakaan yang melibatkan dua pesawat, yaitu pesawat Saudi Arabian dan Kazakhstan yang bertabrakan di langit sebelah barat kota New Delhi. Kecelakaan mengerikan ini merenggut seluruh jiwa penumpang kedua pesawat. Diduga kecelakaan terjadi karena kesalahan komunikasi antara dua pilot tersebut. Komunikasi pilot terhambat karena minimnya kemampuan berbahasa Inggris kedua pilot. Kecelakaan yang terjadi November 1996 itu merenggut korban sebanyak 349 orang. Kecelakaan ini terjadi berawal pesawat Saudi  Arabian terbang terlalu tinggi sehingga bertabrakan dengan pesawat Kazakhstan. Sebelumnya pesawat Saudi Arabian sudah menerima peringatan untuk terbang di ketinggian 1.042 meter. Peringatan tersebut nampaknya tidak diindahkan sang pilot yang take off dari kota New Delhi tersebut.


Japan Airlines Flight 123 1985



Jumlah korban Japan Airlines Flight 123 mencapai 520 jiwa. Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 12 Agustus 1985 di dekat gunung Ogura. Kecelakaan pesawat ini terjadi sesaat sesudah pesawat lepas landas. Data menyebutkan, Jepang adalah salah satu negara dengan bandara tersibuk di dunia. Dekompresi yang terjadi pada Japan Airlines flight 123 ini akhirnya membuat sang pilot gagal mengendalikan pesawat. Dekompresi tersebut juga merusak ekor pesawat dan sistem hidrolik. Sangat disayangkan pesawat mengalami dekompresi dan akhirnya menewaskan ratusan orang.


Tenerife Disaster 1977



Tenerife North dulunya bernama Los Rodeos. Di tenerife Norht terjadi tabrakan antara dua pesawat, yaitu pesawat Boeing 747. Saat itu Tenerife sedang mengalami cuaca buruk. Kabut dan cuaca buruk mengganggu komunikasi airport sehingga menyebabkan kedua pesawat itu bertabrakan ketika akan take off. Sebenarnya pesawat KLM Flight 4805 dan Pam Am Flight 1736 menuju Gran Canara Airpot, namun karena terjadi ledakan bom di dekat sana, maka keduanya beralih ke Tenerife. Ledakan itu terjadi pada 27 Maret 1977. Total korban jiwa dari kedua pesawat naas tersebut berjumlah 583 orang. Kecelakaan ini merupakan salah satu kecelakaan terburuk di dunia penerbangan.


Tragedi 11 September 2001



Kecelakaan ini bukan terjadi karena cuaca buruk atau kerusakan pesawat, kecelakaan ini terjadi karena pesawat dibajak oleh sekelompok teroris yang mengaku sebagai Al-Qaeda. Kelompok ini membajak sebanyak empat pesawat, yaitu dua pesawat 767 dari Boston, pesawat 757 dari Newark, dan 757 dari Wahsington. Kecelakaan ini terjadi pada 11 september 2001. Keempat pesawat yang dibajak itu ditabrakkan pada gedung World Trade Center yang berada di New York. Akibat tabrakan hebat dari empat pesawat, gedung itu runtuh. Tercatat 33 kru pesawat tewas dan 214 korban dari pihak penumpang. Kecelakaan pesawat akibat pembajakan teroris ini menyebabkan sekitar 2.700 orang meninggal dunia dengan tragis. Ini merupakan kecelakaan pesawat terburuk yang pernah terjadi.

Itulah lima daftar kecelakaan pesawat paling mengerikan di dunia versi anehdidunia.com. Semoga kecelakaan yang disebabkan dari kesalahan teknis pesawat menjadi pelajaran bagi perancang pesawat untuk lebih meningkatkan sistem keamanan lagi dan aksi terror atau bajak pesawat tidak terulang kembali.

Sumber referensi:
http://www.tahupedia.com/content/show/1018/10-Kecelakaan-Pesawat-Terbang-Paling-Mengerikan-Sepanjang-Sejarah