Cinta

Negara-Negara Yang Punya Tradisi Mudik Selain Indonesia

03 Jul 2016

Ketika bulan Ramadhan tradisi unik yang selalu ada di Indonesia adalah ngabuburit, istilah ini disematkan untuk aktivitas yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Ngabuburit adalah istilah yang telah populer sejak lama dan sudah menjadi kebiasaan unik tersendiri bagi orang Indonesia yang menjalankan ibadah puasa.Jika pada bulan Ramadhan tradisi unik yang paling hits diantara yang lain adalah ngabuburit, beda lagi dengan tradisi menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Masyarakat Indonesia yang memang mayoritas penduduknya beragama Islam terkenal dengan tradisi mudik yang selalu dilakukan sebelum lebaran tiba. Mudik adalah istilah untuk orang-orang perantauan yang bekerja diluar kota jauh dari rumahnya yang pulang kampung beberapa hari sebelum perayaan lebaran. Selama ini istilah mudik hanya dikenal di Indonesia, namun ternyata ada beberapa negara-negara yang punya tradisi mudik selain Indonesia seperti berikut ini.

Tradisi Mudik India

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslimnya terbesar nomor dua setelah Hindu, ternyata tradisi mudik di India juga cukup populer. Justru di negara yang jumlah penduduknya masuk peringkat lima besar di dunia ini tradisi mudik tak hanya dilakukan saat menjelang hari lebaran saja. Di India tradisi mudik juga dikenal sebagai tradisi pulang kampung yang dijalani oleh para transmigran atau perantauan yang bekerja atau sekolah jauh dari tempat tinggal asal mereka. Seperti lebaran kali ini, beberapa ruas jalan di India juga tampak lebih ramai daripada biasanya karena banyak pengendara yang sedang mudik. Selain mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri, di India tradisi mudik juga terjadi ketika akan menyambut tradisi perayaan Festival of Lights atau yang lebih populer disebut Dilwali dan juga menjelang Hari Raya Idul Adha.

Tradisi Mudik Cina

Cina memang boleh dikenal sebagai negara yang sebagian besar penduduknya menganut paham komunis, namun bukan berarti di negara ini tidak ada penduduk yang beragama Islam. Pada tahun 2014 yang lalu, di negara tempat hewan panda berasal ini tercatat memiliki penduduk muslim sebanyak 18 juta jiwa! Jumlah yang sangat besar mengingat negara ini masih menganggap muslim sebagai agama minoritas. Meski demikian tradisi mudik juga ada di Negeri Tirai Bambu ini. Sama halnya di Indonesia, tradisi mudik di negara ini juga terjadi ketika menyambut hari lebaran. Pemandangan yang memperlihatkan beberapa perantau akan terlihat sibuk di jalan sambil menenteng tas bawaan akan banyak ditemui. Tak hanya diwaktu menjelang lebaran saja, di Cina tradisi mudik juga akan menghiasi negara ini menjelang penyambutan perayaan Tahun Baru Imlek!

Tradisi Mudik Bangladesh

Negara yang memiliki tradisi mudik selain di Indonesia selanjutnya adalah Bangladesh. Negara yang terletak di wilayah Asia Selatan dan berbatasan dengan Pakistan juga India ini diketahui adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Bahkan populasi muslim di Bangladesh disebut-sebut sebagai yang terbesar ke-4 di dunia. Tak mengherankan jika di negara yang sebagian besar etnisnya berasal dari Suku Bengali ini juga mengenal tradisi mudik. Sama halnya dengan di Indonesia, tradisi mudik di negara Bangladesh juga akan ditemui ketika menyambut Hari Raya Idul Fitri. Akses jalan akan sangat ramai, segala macam transportasi akan dipadati oleh para pejuang mudik yang ingin merayakan hari besar keagamaan tersebut bersama keluarga di kampung halaman.

Tradisi Mudik Malaysia

Negeri Jiran Malaysia tak hanya terkenal dengan mayoritas penduduknya beragama Islam saja. Di negara ini bahkan budaya-budaya Islam jauh lebih kental dan kuat dilaksanakan oleh warganya. Tak terkecuali dengan tradisi mudik, tradisi unik ternyata juga berlaku di Malaysia. Hanya saja istilahnya yang tidak sama dengan di Indonesia. Jika masyarakat Indonesia mengenalnya dengan sebutan mudik, masyarakat Malaysia lebih mengenalnya dengan istilah balik kampung. Meski berbeda namun maknanya sama yakni pulang ke kampung halaman. Tradisi balik kampung ini juga dijalankan orang-orang yang rantauan yang bekerja jauh dari rumah dan ingin merayakan lebaran di tempat asal. Saat menjelang lebaran, arus “balik kampung” di Malaysia tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Jalanan akan ramai dipadati oleh kendaraan bermotor, pelabuhan akan ramai dengan antrian kapal yang ingin menyeberang dan lain sebagainya.

Tradisi Mudik Pakistan

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Islamnya masuk lima besar di dunia, rupanya Pakistan juga tidak mau kalah dengan negara-negara lain seperti Indonesia dan dua negara tetangganya yakni India dan Pakistan dalam menjalankan tradisi menjelang hari lebaran. Seperti telah diketahui, para perantau di negara Pakistan yang jauh dari kampung halaman juga mengenal tradisi mudik ke kampung halaman. Sebelum hari lebaran tiba, masyarakat muslim Pakistan akan memadati jalan raya yang ada di wilayah negara tersebut untuk menjalani tradisi mudik. sama halnya juga dengan di Indonesia, saking padatnya jalan raya sebelum Hari Raya Idul Fitri beberapa aparat polisi akan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas dan arus mudik yang sangat ramai di negara tersebut.

Tradisi Mudik Turki

Tradisi mudik tak hanya dikenal di wilayah negara Asia saja, di Eropa tepatnya adalah di negara Turki budaya mudik juga turut berlaku. Negara yang termasuk memiliki populasi muslim terbesar di Eropa ini rupanya juga mengenal budaya mudik sebagai rutinitas wajib yang dilakukan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Bedanya istilah Hari Raya Idul Fitri atau lebaran di negara ini kurang begitu populer, mereka lebih sering menyebutnya dengan istilah Bayram. Menjelang Bayram, masyarakat Turki khususnya yang merantau atau transmigran juga akan disibukkan dengan rutinitas mudik ke kampung halaman. Tak hanya itu saja, bahkan di negara ini tradisi membeli baju baru dan silaturahmi ke tetangga juga dilakukan sama persis dengan tradisi yang biasanya ada di Indonesia.

Sahabatanehdidunia.com itulah tadi daftar negara-negara yang juga menjalankan tradisi mudik selain yang ada di Indonesia. Ternyata fenomena unik ini tak hanya berlaku di negara yang mayoritas penduduknya muslim saja, bahkan Cina yang Islam adalah minoritas namun penduduknya mengenal tradisi mudik. Tradisi mudik pun juga tak hanya dilakukan menjelang hari lebaran saja namun juga dilakukan untuk menyambut perayaan Dilwali di India dan Tahun Baru Imlek di Cina. Bagi sahabatanehdidunia.com yang akan berangkat mudik atau kembali lagi ke tempat perantauan, tetaplah berhati-hati di jalan!

Sumber referensi:
http://www.wowmenariknya.com/2015/07/7-negara-yang-menjalankan-tradisi-mudik-selain-indonesia.html


Related Article

Paling Aneh