Berita Aneh Unik

Orang-Orang Yang Menganggap Bumi Itu Datar

02 Jul 2016

Bumi adalah salah satu planet dalam sistem tata surya yang memiiki jarak terdekat dengan Planet Venus dan Planet Mars. Sampai saat ini dengan didukung berbagai penelitian dan bahkan hingga perjalanan keluar angkasa, bumi dipercaya memiliki bentuk yang bulat dan merupakan satu-satunya planet yang terbukti memiliki kehidupan. Namun ternyata tak semua berpendapat demikian, terutama masalah bentuk bumi.

Ada beberapa orang yang menyanggah teori bahwa bumi berbentuk bulat. Sebaliknya mereka percaya bahwa bumi memiliki bentuk datar! Meski beberapa orang yang berpendapat demikian tak pernah benar-benar mampu membuktikan, nyatanya mereka tidak goyah meyakini bahwa bentuk bumi adalah datar. Berikut ulasan terkait orang-orang yang menganggap bumi itu datar versi anehdidunia.com.

Tila Tequila

Tila Tequila adalah seorang seleb twitter kelahiran Singapura yang tinggal di Texas sejak kecil dan telah membintangi beberapa acara televisi di Amerika Serikat. Wanita ini memang dikenal sangat eksentrik dan diluar nalar terutama dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kicauannya di Twitter. Sekitar beberapa bulan yang lalu tepatnya di bulan Januari 2016, Tila Tequila menjadi viral kembali akibat postingannya di Twitter. Ia men-twit pernyataan yang mengejutkan bahwa selama ini ia tak pernah percaya bahwa bumi itu bulat. Tagar #FlatEarth pun ia sematkan pada setiap twitnya. Tila Tequila bahkan juga mengatakan bahwa bangunan-bangunan di kota New York bisa berdiri tegak bukan karena bumi berbentuk bulat melainkan datar. Bahkan ia juga menantang siapa saja yang mampu membuktikan kepadanya bahwa bumi itu bulat, ia siap menghentikan tagar #FlatEarth di akun Twitternya!

Boko Haram

Siapa yang tak tahu dengan Boko Haram, salah satu organisasi militan ekstrim dan teroris yang berpusat di Nigeria? Kelompok yang mengharamkan segala macam teori barat ini ternyata memiliki pemahaman dan keyakinan bahwa bumi itu tidak bulat alias darat. Dasar pemahaman yang mereka yakini adalah berdasarkan teori curah hujan. Anggota Boko Haram tidak percaya dengan teori curah hujan yang menyebutkan bahwa sebab akibat terjadinya hujan adalah karena penguapan. Mereka meyakini bahwa curah hujan adalah sesuatu yang diturunkan langsung dari Tuhan. Terdengar agak konyol karena segala sesuatu di semesta ini semua memang karena kehendak Tuhan dan beberapa hal bisa dijelaskan lewat ilmu pengetahuan alam. Beberapa orang bahkan ada yang menyebut jika siapapun guru yang berani mengajarkan muridnya teori bahwa bumi itu bulat akan menjadi sasaran target kelompok ekstrim tersebut!

Wilbur Glenn Voliva

Tak hanya bintang televisi dan kelompok ekstrim saja yang ternyata meyakini bumi itu datar. Seorang pendeta Katholik kelahiran Indiana bernama Wilbur Glenn Voliva ternyata juga memiliki keyakinan demikian bahkan ia sendiri dikenal sebagai penggagas teori The Flat Earth. Lucunya adalah ia mengadakan sayembara bagi siapa saja yang berhasil membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat dengan imbalan sebesar 5000 dolar Amerika! Kontroversinya terkait dengan dunia astronomi tak hanya itu saja, pendeta yang pernah tinggal di Australia ini bahkan juga pernah meramalkan kiamat akan terjadi pada tahun 1923, 1927, 1930, 1934 dan 1935. Namun tidak ada satupun ramalannya yang terbukti benar. Sebelum meninggal pada 11 Oktober 1942 karena kanker, Pendeta Wilbur Glen Voliva pernah memberikan pengakuan kepada umat gerejanya bahwa ia telah menyelewengkan dana gereja untuk kepentingan pribadi. Setelah Wilbur meninggal, gerejanya pun dibubarkan.

Samuel Shenton & International Flat Earth Research Society

Samuel Shenton adalah seorang pria berkebangsaan Inggris yang tak lain adalah pendiri organisasi bernama International Flat Earth Research Society atau Flat Earth Society. Organisasi tersebut tak lain adalah organisasi yang khusus melaksanakan penelitian terkait pemahaman mereka bahwa bumi itu datar. Organisasi dibuat Samuel Shenton pada tahun 1956. Selain mengadakan penelitian untuk membuktikan teori bumi itu datar, Flat Earth Society ini juga mencegah anak-anak memahami dan meyakini bahwa bumi itu berbentuk bulat. Hingga akhirnya Samuel Shenton meninggal dunia, organisasi ini tetap bertahan dan terus merekrut anggota hingga mencapai 3.000 orang dibawah kepemimpinan Charles K. Johnson. Namun sayang hingga Charles K. Johnson meninggal dunia, organisasi ini belum mampu membuktikan bahwa teori kepercayaan mereka yakni bumi itu datar memang benar adanya.

Paul Kruger

Di tahun 1900 seorang presiden dari Republik Transvaal bernama Paul Kruger tengah melakukan perjalanan laut karena diundang oleh seorang kapten setelah sebelumnya ia diasingkan.. Paul Kruger melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal perang milik Belanda. Pada waktu melakukan perjalanan laut inilah ia merasa terguncang dan tiba-tiba membuang Alkitabnya ke laut. Peristiwa ini begitu saja terjadi setelah ia mengetahui bahwa fakta bahwa kapal dapat mengapung diatas air adalah karena salah satu faktornya adalah karena bentuk bumi bulat. ia merasa kecewa bahwa eyakinannya selama ini bahwa bumi itu datar salah besar. Yup, Paul Kruger memang dikenal sebagai anggota Gereja Reformasi yang saat ini sangat meyakini bahwa bumi itu sepenuhnya datar!

Itulah lima orang-orang yang menganggap bumi itu memiliki permukaan yang datar berbanding terbalik dengan teori serta fakta ilmu pengetahuan yang selama ini sahabatanehdidunia.com ketahui bahwa bumi sama halnya dengan planet lainnya yakni berbentuk bulat. atau mungkin diantara sahabatanehdidunia.com ada yang  memiliki pemahaman dan keyakinan yang sama bahwa bentuk bumi sebenarnya adalah datar?

Sumber referensi:
http://terselubung.in/5-orang-ini-percaya-bumi-itu-datar/
http://perezhilton.com/2016-01-08-tila-tequila-flat-earth-twitter-rant/?from=post


Related Article

Paling Aneh