Berita Aneh Unik

Mega Stadion Sepakbola Raksasa Paling Besar Di Dunia

04 Jul 2016

Olahraga sepak bola adalah satu jenis cabang olahraga paling terkenal di dunia. Olahraga ini memiliki penggemar fanatik paling besar di dunia. Hampir setiap negara memiliki tim nasional kebanggaan masing-masing yang biasanya diikutsertakan dalam laga pertandingan sepak bola paling bergengsi dan fenomenal di dunia yakni Piala Dunia atau FIFA World Cup.

Salah satu bagian penting dari laga pertandingan sepak bola adalah stadion. Tempat inilah yang mampu menampung ratusan bahkan puluhan ribu penonton bola secara langsung. Karena itulah beberapa negara di dunia membangun fasilitas stadion yang super megah agar bisa menampung penggemar bola lebih banyak. Dan berikut adalah daftar stadion raksasa di dunia versi anehdidunia.com.

Estadio Azteca, Meksiko - 98.500 Penonton

Stadion ini pernah menggelar pertandingan final World Cup. Stadiun besar ini juga menjadi saksi saat seorang Diego Maradona membuat goal menggunakan tangannya sehingga ia dijuluki “Tangan Tuhan”. Ini merupakan salah satu stadion kebanggaan orang Meksiko dan salah satu stadion terbesar keempat di  dunia dengan kapasitas penonton 98.500. Tak hanya sepak bola, stadion ini juga pernah dijadikan tempat untuk ajang olimpiade musim panad beberapa tahun yang lalu. Usia stadion ini cukup tua karena pertama kali dibuka pada tahun 1966.

FNB Stadium, Afrika Selatan – 94.736 Penonton

Nama lain FNB adalah Soccer City. Stadion itu dibangun pada tahun 80-an dan mengalami pemugaran pada tahun 2010. Desain FNB meniru bentuk pot Afrika. Stadion ini memiliki sejarah penting kala seorang Nelson Mandela pertama kalinya berbicara di depan publik selepas ia keluar dari penjara. FNB merupakan stadion tempat digelarnya final World Cup 2010 yang mempertemukan Belanda melawan negeri Matador, Spanyol. Stadion berukuran raksasa ini mampu memuat penonton dengan kapasitas hingga 94.736 dan disebut sebagai stadion terbesar kelima yang ada di dunia.

Camp Nou, Spanyol – 99.354 Penonton

Stadion ini merupakan markas dari The Blaugrana, Barcelona. Stadion ini meraih urutan ketiga stadion terbesar di dunia. Banyak bintang Barcelona yang lahir dan mengawali karirnya dari stadion ini. Beberapa di antaranya adalah Xavi, Iniesta, Puyol, dan Lionel Messi. Stadion yang dibangun pada tahun 1957 ini sempat mengalami pemugaran sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 1982 dan 2008. Stadion kebanggan Cules (sebutan fans Barcelona) yang dapat diisi 99.354 penonton ini dibuka pertama kali di tahun 1957. Hingga 25 tahun kemudian, stadion ini diperluas hingga ukurannya seperti saat ini. Pemugaran terakhir yang dilakukan pada tahun 2008 dilakukan untuk mempertahankan kualitas stadion.

Salt Lake Stadium, India - 120.000 Penonton

Stadion terbesar kedua di dunia dibangun di India pada tahun 1984. Stadion yang dimaksud adalah Salt Lake Stadium atau nama Indianya adalah Yuva Bharati Krirangan. Seorang kiper legendaris dari timnas Jerman, Oliver Khan, terakhir kali bermain sepakbola di stadion raksasa ini. Salt Lake Stadium tak lain adalah rumah dari klub sepak bola Mohun Bagan dan East Bharati Krirangan. Karena ukurannya yang sangat luas, stadion ini tak hanya sering digunakan untuk melaksanakan pertandingan sepak bola saja melainkan berbagai macam perlombaan atletik juga pernah diselenggarakan di tempat ini. Tak main-main, dengan kapasitas 120.000 penonton, menjadikan Salt Lake Stadium ini sebagai stadion terbesar ke dua di dunia.

Rungrado 1st of May Stadium, Korea Utara – 150.000 Penonton

Siapa sangka jika rekor stadion terbesar di dunia dipegang oleh satu-satunya negara paling terisolir di dunia yakni Korea Utara! Yup, Rungrado 1st of May Stadium adalah nama dari stadion raksasa tersebut. Stadion ini dibuat tak hanya sebagai tempat untuk menyelenggarakan sepak bola saja melainkan selain itu juga menjadi tempat untuk perbagai kejuaraan atletik. Proyek ini cukup lama penyelesaiannya dan berhasil dibangun pada tanggal 1 Mei 1989. Bahkan saking luasnya di stadion ini juga sering digelar sebuah pertunjukan musik atau festival hiburan lainnya. Stadion raksasa ini sanggup menampung sebanyak 150.000 penonton! Namun sayangnya, karena letak stadion ini berada di wilayah Korea Utara maka tak semua orang bisa pergi menyaksikan pertandingan sepak bola lokal di dalam stadion tersebut.

Itulah kelima stadion berukuran raksasa yang ada di dunia. Tak hanya artistik saja namun unsur utama yang ditonjolkan dan dioptimalkan dalam membangun stadion raksasa ini adalah nilai fungsinya. Semoga deretan stadion raksasa diatas bisa menginspirasi masyarakat Indonesia untuk membangun sebuah stadion impian yang mampu dibanggakan di mata dunia.

Sumber referensi:
http://www.tahupedia.com/content/show/1002/10-Stadion-Sepakbola-Terbesar-Di-Dunia


Related Article

Paling Aneh