Foto Aneh Unik

Hewan Paling Aneh Dan Mengerikan Asal Benua Kangguru

26 Aug 2016

Sahabat anehdidunia.com, selama ini negara Australia selalu identik dengan bitantang kangguru dan juga koala yang merupakan ikon sekaligus daya tarik utama dari negara atau lebih tepat sebenarnya jika di sebut sebagai benua terkering di dunia ini. Namun selain dua hewan ikonik tersebut benua yang berada tepat di timur Indonesia ini, juga masih menyimpan beragam hewan eksotis lain, ya walau sebagian besar masuk dalam kategori sangat ganas dan juga beracun, mengingat habitat mereka yang sangat keras. Maka dari itu kali ini anehdidunia.com akan berbagi artikel tentang, hewan-hewan unik dan juga mengerikan dari benua kangguru ini. Jadi tak perlu menunggu lama lagi, ini dia Hewan Paling Aneh Dan Mengerikan Asal Benua Kangguru, versi anehdidunia.com

Kelabang Raksasa

Sahabat anehdidunia.com mari kita mulai daftar hewan aneh asal Australia ini, dari seekor hewan yang tergolong cuukup mengerikan sekalihus berbahaya yaitu Kelabang Raksasa atau orang Australia bis menebutnya "Giant Centipede." Berbeda dengan kebanyakan kelabang yang paling hanya memiliki ukuran panjang antara 7-10cm. Australian Giant Centipede memiliki ukuran yang nyaris dua kali lipat, hingga mencapai 16cm. Dengan 23 pasang kaki yang Ia miliki, makhluk yang masih merupakan bagian dari keluarga Antropoda ini, merupakan predatos papan atas dalam kelasnya. Terlebih binatang nokturnal ini, dianugrahi racun yang cukup mematikan untuk membunuh serangga dan juga mamalia. Tipe racun yang mereka miliki juga cukup mengerikan karena bersifat memalutkan masa otot, jadi lipan tak perlu bersusah-susah untuk mengunyah mangsanya, karena mangsanya tergigit, Ia hanya perlu menunggu mangsanya mati sebelum akhirnya menghisap sari tubuh dari mangsanya. Untungnya selama ini, belum ada laporan mengenai adanya korban Manusia yang tewas akibat Kelabang Raksasa di Australia. Tapi meski begitu, manusia tetap wajib berhati-hati terhadap hewan ini, karena dalam banyak video yang beredar di dunia maya Giant Centipede, manpu melumpuhkan ular yang ukuranya nyaris 3 kali lipat dari ukuran tubuhnya sendiri. Jadi walau tak mematikan bagi manusia, sengatan dari Kelabang Raksasa pasti akan terasa menyakitkan.

Belatung Witchetty

Sahabat anehdidunia.com apa kalian pernah melihat ulat sagu asal Papua? kalau ya, maka Australia juga punya makhluk sejenis yang bernama Belatung Witchetty atau Witchetty Grub. Namun meski berbentuk nyaris serupa, namun keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Karena berbeda dengan ulat sagu yang merupakan larva dari kumbang pohon sagu, Belatung Witchetty, merupakan larva dari ngengat pohon raksasa. Belatung Witchetty, bisanya akan menghabiskan masa hidupnya sebagai larva dengan memakan batang kayu hingga Ia siap bermetamorvosis menjadi Ngengat. Dan sama halnya dengan di Papua, Belatung Witchetty, juga merupakan salah satu camilan favorit suku Aborigin. Hewan yang bagi sebagian orang terbilang aneh dan mengerikan ini, bahkan memiliki masakan khasnya sendiri, berupa semacam pizza mini lengkap dengan saus tomat dan sedikit hiasan. Tentu saja tak lupa dengan seekor Belatung Witchetty, diatasnya sebagai bahan utama. Bagaimana sahabat anehdidunia ada yang berminat, untuk mencobanya saat melancong ke Australia.

Semut Buldog

Sahabat anehdidunia.com biasanya orang tak akan menganggap semut sebagai hewan yang berbahaya dan hanya memandang mereka sebagai binatang pengganggu karena nyaris tak pernah absen untuk menyebu makanan ataupun minuman manis yang ada di rumah. Cara mengatasinya pun cukum mudah, hanya perlu menggunakan semprotan anti serangga maka semuanya akan beres. Namun saat berada di Australia, kita tak boleh meremehkan seekor semut, karena di negara ini terdapat satu jenis semut yang sudah tersohor keganasanya. Nama semut itu adalah Buldog, yang terdengar seperti nama salah satu jenis anjing. Ya memang begitu, tapi nama ini bukanya asal di sematkan pada semut buldog, melainkan karena reputasi dari gigitan semut ini yang konon tak kalah menyakitkan dari gigitan seekor anjing buldog. Dengan capit yang besar dimulutnya, semut ini dijamin akan memberikan sensasi yang tak terlupakan bagi para korbanya. Selain sengat yang mengerikan in, semut buldog juga di ketahui cukup kebal dari obat anti serangga, yang membuat hewan ini semakin sulit untuk diatasi.

Goliath Stick Insect

Sahabat anehdidunia.com untuk hewan yang satu ini sebenarnya tak masuk dalam kategori menakutkan, malah mungkin justru menjadi favorit anak-anak, terutama yang menyukai serangga. Goliath Stick Insect atau Serangga Ranting Raksasa, merupakan salah satu serangga aneh yang berasal dari Australia. Binatang yang berbentuk seperti ranting ini, berukuran cukup jumbo dengan warna hijau mencolok yang diselingi sedikit garis kuning dan putih. Sekilah makhluk ini sebenarnya lebih mirip dengan cangcorang, namun bedanya Ia tak memiliki capit, melainkan dia tangan yang kecil yang mirip dengan ranting pohon. Hewan unik ini biasa menghabiskan sebagian besar waktunya menyamar di pohon, yang tentu akan membuat orang yang mencarinya harus bekerja sedikit lebih keras untuk menemukannya, karena Goliath Stick Insect bisa tak menggerakan tubuhnya sama sekali selama beberapa jam.

Kecoa Burrowing

Sahabat anehdidunia.com apakah kalian memiliki phobia terhadap kecoa? Jika Ia, makan hewan aneh yang satu ini meupakan mimpi buruk kalian. Karena Kecoa Burrowing, tak hanya merupakan seekor Kecoa, namun dia adalah kecoa besar, yang gemuk dan gundul dan tak memiliki sayap. Dengan ukuran yang nyaris mencapai 10cm, hewan yang memiliki umur cukup panjang hingga mencapai 10 tahun ini, biasa di temukan di wilayah tropis di sekitar Queensland. Kecoa Burrowing akan berganti kulit setidaknya 12-13 kali sepanjang hidupnya, sebelum mencapai ukuran maksimalnya.

Spiny Leaf Insect

Sahabat anehdidunia.com hewan yang satu ini mungkin adalah yang paling unik dalam daftar kita kali ini. Di beri nama Spiny Leaf Insect, atau serangga daun melengkung, sosok serangga aneh ini sebenarnya nyaris tak menyerupai bentu hewan sama sekali. Hewam berwarna kuning kecoklatan ini justru lebih merip seperti daun kering yang agak melengkung lengkap dengan beberapa batang berduri, yang sebenarnya meupakan kepala dan kali dari makhluk yang sedikit tak biasa ini. Dan karena bentuknya yang extraordinary, Spiny Leaf Insect merupakan salah satu hewan peliharaan Favorit di Queensland. Hanya saja tentu sngat sulit untuk menemukan hewan langka ini, terlebih karena kemampuan kamuflasenya yang terbilang jempolan.

Sydney Funnel Web

Sahabat anehdidunia.com hewan kali ini merupakan yang paling berbahaya dalam daftra kali ini. Sydney Funnel Web atau lebih terkenal dengan nama Laba-Laba Trap Door, merupakan salah satu spesimen laba-laba paling beracun didunia. Terlebih dengan ukuranya yang cukup besar laba-laba ini kian terlihat menakutkan dengan dua taring besar yang ada dimulutnya. Sesuai dengan nama julukanya Laba-laba ini menghabiskan sebagian besar waktunya di sebuah liang yang Ia buat. Liang pada tanah ini biasanya akan ditutupi dengan sebuah jaring berbentuk lingkaran, yang menjalar di sekitar wilayah tanah dari liang tersebut. Jaring-jaring panjang yang biasanya tertutup oleh dauk kering ini, berfungsi untuk merasakan getaran dari mangsa yang mendekat ke sarang laba-laba Trap Door. Saat merasa mangsanya sudah cukup dekat, baru laba-laba yang berwarna hitam gelap ini, akan menyergap dari balik jaringnya dan melumpuhkan mangsanya. Karena itulah Laba-laba ini di berijulukan Trap Door atau Pintu Jebakan. Sebagian besar mangsa dari laba-laba Trap Door, sendiri biasanya di dominasi oleh serangga, kadan dan juga mamalia kecil. Keunikan dari laba-laba yang satu ini, juga terletak pada kemampuanya untuk bertahan di bawah air selama lebih dari 24 jam. Tapi itu bukan karena Ia, mampu bernafas di air, melainkan karena kemampuan uniknya yang mampu menhimpan gelembung-gelembung udara kecil di balik bulu-bulu tubuhnya. Gelembung ini biasa Ia gunakan untuk bernafas selama di bawah air, yang sekaligus mampu membuatnya bertahan cukup lama di sana.

Australian Earthworm

Dan inilah makhluk paling aneh dan mengerikan dalam daftar kali ini, dialah Australian Earthworm atau juga biasa disebut sebagai Cacing Gippsland. Sahabat anehdidunia.com bagi orang awam yang baru melihat spesies ini, pasti akan mengira jika cacing Gippsland merupakan seekor Ular, karena ukuranya yang memang tak lazim. Di temukan pada awal 1870an oleh Professor Frederick McCoy, hewan bernama latin Megascolides australis, meski memiliki ukuran yang cukup jumbo dengan panjang mencapai 10 kaki atau 3 meter lebih dengan diameter 1-2 kaki. Namun Cacing jauh dari kata berbahaya, malahan justru terancam punah. Hal ini disebabkan karena habitat tempat satu-satunya cacing ini di temukan yaitu di Lembah Sungai Bass di selatan Gippsland, seluas sekitar 100.000 hektar yang dibatasi oleh kota-kota Loch, Korumburra dan Warragul, semakin hari kian tergusur oleh perkembangan pemukiman penduduk. Selain itu hewan yang hampir menghabiskan seluruh hidupnya di dalam kedalaman 1-2 meter ini, memiliki siklus reproduksi yang terbilang cukup lama. Seekor Cacing Gippsland hanya dapat menghasilkan satu butir telur berukuran 4-7 cm dalam satu siklus reproduksi. Dan berbeda dengan kebanyakan cacang lain yang bisa menetaskan ribuan cacing, telur cacing gippsland, hanya akan menetaskan satu cacing saja bayi. Masa Inkubasi dari telur inipun terbilang cukup lama, karena perlu waktu hingga satu tahun sebelum menetas. Dengan fakta ini, makatak heran kalau Cacing Gippsland, masuk dalam golongan spesies yang terancam punah.

Sahabat anehdidunia.com itulah hewan-hewan paling aneh asal benua kangguru, yang berhasil anehdidunia rangkum. Menurut kalian mana yang paling aneh? Silahkan masukan pendapat kalian lewat kolom komentar kami, dan kalaiu artikel ini dirasa menarik, jangan lupa klik tombol Share, agar orang lain tahu ke anehan yang satu ini :)


Referensi:

http://www.therichest.com/rich-list/13-bugs-from-australia-that-will-haunt-you/
http://tuankepo.blogspot.co.id/2015/02/cacing-tanah-raksasa-australia.html


Related Article

Paling Aneh