Berita Aneh Unik

Taman Hiburan Terburuk Di Dunia

08 Aug 2016

Disneyland adalah salah satu taman hiburan milik Walt Disney yang pertama kali dibuka secara resmi pada tanggal 17 Juli 1955. Taman hiburan ini adalah salah satu taman rekreasi yang tiap tahunnya paling banyak dikunjungi turis dari berbagai negara yang ada di belahan dunia. Disneyland pertama yang didirikan dan dibuka secara resmi adalah Disneyland yang ada di California, kemudian bertambahlah taman hiburan tersebut seperti di Hongkong, Prancis, Jepang dan beberapa negara lainnya. Semua menawarkan berbagai hiburan dan wahana yang tak hanya cocok untuk anak-anak saja melainkan juga untuk remaja dan bahkan bagi orang dewasa.

Karena berbagai hal menarik dan tata kelola yang sangay baik, Disneyland dianggap sebagai salah satu taman hiburan terbaik yang ada di dunia. Namun tahukah sahabatanehdidunia.com bahwa ada taman hiburan yang memiliki predikat berkebalikan dengan Disneyland? Yup, artikel ini akan membahas tentan beberapa taman hiburan terburuk yang ada di dunia versi annehdidunia.com.

BonBon Land – Denmark

Taman Hiburan Terburuk Di Dunia

Bon Bon Land adalah salah satu taman hiburan yang mendapatkan predikat taman hiburan terburuk di dunia. Taman hiburan ini terletak di daerah Holme Olstrup, sebuah kota yang berjarak sekitar 100 km dari pusat Kopenhagen. Jika sahabatanehdidunia.com sering menjumpai wahana-wahana menarik, imut dan mengasyikkan yang sering berada di dalam taman hiburan, lain halnya dengan Bon Bon Land. Di taman hiburan ini wahana-wahana lucu khas anak-anak tidak banyak dijumpai. Sebaliknya hiburan di Bon Bon Land justru cenderung menjijikkan dibandingkan dengan taman hiburan lain yang ada di dunia. Beberapa contoh hal buruk yang ada di taman hiburan ini adalah banyaknya karakter-karakter berupa patung yang terlihat seperti muntah! Entah apa tujuannya menggambarkan karakter tersebut dalam posisi membungkuk dan muntah, yang jelas pemandangan seperti itu rasanya kurang pas jika ditonton anak-anak dan kurang cocok jika dibuat berfoto. Tak hanya itu saja, di Bon Bon Land terdapat permainan atau wahana yang disebut The Water Rat! atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kentut anjing. Mungkin karena beberapa ikon atau patung karakter yang digambarkan secara “aneh” inilah yang membuat banyak orang berpikir bahwa Bon Bon Land adalah salah satu taman hiburan terburuk yang ada di dunia!

Fantazy Land – Mesir

Taman Hiburan Terburuk Di Dunia

Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang keberadaan taman hiburan satu ini. Atau mungkin beberapa diantaranya yang tahu akan sedikit terkejut ketika mengetahui dan menyadari bahwa Fantazy Land hingga saat ini masih dibuka untuk umum! Fantazy Land adalah salah satu taman hiburan di dunia yang menyandang predikat sebagai taman hiburan terburuk yang ada di dunia. Taman hiburan yang terletak di kota Alexandria, Mesir ini dianggap sangat buruk karena secara fasilitas tidak lengkap dan mengalami banyak kerusakan ditambah lagi dengan wahana-wahana yang seharusnya menjadi daya tarik utama di taman hiburan tersebut justru tidak dikelola dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kondisi beberapa wahana yang mangkrak dan lebih mirip dengan barang usang atau rongsokan. Kemudian beberapa wahana juga terlihat tidak dijaga oleh petugas operasional yang membuat taman hiburan ini benar-benar tidak layak untuk dikunjungi. Tak cukup itu saja, beberapa bangunan yang mungkin pada awalnya dibuat untuk menunjukkan nilai estetika taman hiburan justru tidak dirawat dengan baik dan lebih mirip dengan bangunan bekas terkena bencana alam. Ada yang lebih miris lagi yakni danau yang ada di Fantazy Land tersebut lebih layak disebut dengan limbah karena banyak sekali puing-puing dan sampah yang mengapung diatas danau tanpa dibersihkan. Tak heran semakin bertambahnya tahun, Fantazy Land justru tidak semakin ramai dikunjungi melainkan semakin sunyi karena dihindari karena masuk dalam daftar taman hiburan terburuk di dunia.

The Republic of Children – Argentina

Taman Hiburan Terburuk Di Dunia

City of Children atau yang biasanya juga disebut dengan The Republic of Children adalah salah satu taman hiburan yang terletak di negara Argentina. Sekilas tak ada yang aneh ketika melihat seisi pemandangan yang ada di dalam taman hiburan ini. namun apakah yang membuat taman hiburan ini dijuluki sebagai salah satu taman hiburan terburuk yang ada di dunia? Taman hiburan ini berada di La Plata Partido, sebuah kota yang berada di Argentina. Sebenarnya taman hiburan ini cukup unik karena memiliki konsep yang berbeda dari kebanyakan taman hiburan yang ada di dunia. Tema atau konsep yang diusung dari taman hiburan ini adalah “kota anak”. Yup dengan tema yang diusung sedemikian rupa, taman ini tidak menyajikan wahana seperti taman hiburan yang biasanya ada melainkan menyajikan hal-hal yang berbau dengan tata kelola kota yang khusus untuk anak-anak. The Republic of Children memiliki lembaga-lembaga “buatan” seperti gedung pengadilan, pelabuhan, bandara, kantor parlemen dan bahkan kantor pemerintah. Mungkin karena konsepnya yang jauh dari kesan hiburan bagi anak-anak inilah yang membuatnya dianggap menajd salah satu taman hiburan terburuk yang ada di dunia. Namun berbeda lagi jika taman hiburan ini dikunjungi dengan tujuan untuk sebuah studi wisata yang diikuti oleh anak-anak, The Republic of Children yang dibangun oleh sebuah yayasan milik Eva Peron ini sangat cocok. Tapi jika untuk berlibur atau berekreasi menghilangkan kepenatan, taman hiburan lain mungkin lebih pas untuk didatangi ketimbang tempat “kaku” ini.

Parque Ecoalberto – Meksiko

Taman Hiburan Terburuk Di Dunia

Selain Denmark, Mesir dan Argentina yang memiliki taman hiburan terburuk di dunia ada satu negara lain yang ternyata juga memiliki taman hiburan dengan predikat terburuk di dunia. Negara tersebut tak lain adalah Meksiko, dan taman hiburan yang menyandang predikat terburuk di dunia adalah Parque Ecoalberto. Taman hiburan ini menyajikan hal yang tak hanya aneh namun terkesan sangat berbahaya dan beresiko bagi pengunjungnya. Di Parque Ecoalberto ini, pengunjung akan “menikmati” bagaimana rasanya jika melintasi wilayah perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat. Biasanya pengunjung akan diminta untuk mendaki pada malam hari selama kurang lebih empat jam dan melewati pemukiman-pemukiman yang “dibuat” seolah menampakkan situasi yang kumuh. Kemudian pengunjung akan banyak menemui anjing-anjing liar yang berusaha mengejar-ngejar dan bahkan hewan predator lainnya. Tak lupa juga petugas keamanan perbatasan juga turut menambah adrenalin seorang yang dengan sengaja melewati perbatasan tersebut semakin mencekam. Meski wilayah perbatasan yang diciptakan tersebut tentu saja adalah hasil rekayasa sistem pengelolaan Parque Ecoalberto akan tetapi segala hal yang dimasukkan sebagai unsur pendukung tampak begitu nyata. Mungkin bagi sebagian pecinta adrenalin, masuk ke dalam taman hiburan ini akan memberikan kesan baru yang sangat menantang akan tetapi sepertinya esensi dari taman hiburan itu sendiri seolah hilang karena jenis permainan atau tantangan yang diberikan memiliki resiko yang terlalu besar.

Holy Land Experience – Florida

Taman Hiburan Terburuk Di Dunia

Satu lagi taman hiburan dengan reputasi terburuk yang ada di dunia adalah Holy Land Experience. Taman hiburan ini berada di daerah Florida, Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, taman hiburan ini ini menyajikan konsep Alkitab di dalamnya. Mungkin bagi sebagian orang, mengetahui konsep yang diusung terasa lebih menarik dan bagus. Apalagi jika taman hiburan ini memang dibuat dengan tujuan agar dikunjungi oleh wisatawan anak-anak. Konsep yang agamis bisa saja membantu memperkenalkan hal-hal yang berbau dngan agama kepada anak-anak agar lebih religious. Namun apa jadinya jika konsep yang terdengar positif tersebut justru pada kenyataannya “dieksekusi” dengan sarana pendukung yang kurang pas? Salah satu buktinya adalah dimana taman hiburan ini hanya terfokus pada bab penyaliban Yesus saja tanpa ada bab-bab lain yang juga penting untuk ditunjukkan. Karena hanya bab penyaliban itu saja yang selalu disorot maka tiap dua hari sekali di tiap harinya, pengunjung Holy. Tak hanya itu saja, adegan penyiksaan Yesus yang dilakukan oleh banyak orang hingga ia mati pun juga dipertontonkan dengan jelas di hadapan penonton yang mengelilingi seisi taman tersebut. Mungkin adegan tersebut akan lebih pas jika dijadikan pertunjukan di gereja-gereja dengan muatan pesan positif yang disampaikan kepada semua orang. Namun rasanya aneh jika adegan tersebut mendadak ada di suatu taman hiburan hingga banyak orang yang menganggapnya kurang pantas jika dikonsumsi oleh anak-anak. Itulah yang membuat Holy Land Experience masuk daftar taman hiburan terburuk di dunia.

Kelima taman hiburan yang tersebar di berbagai negara di dunia itulah yang masuk dalam daftar taman hiburan terburuk yang ada di dunia. Selain karena pengelolaan dan perawatannya yang kurang baik, ternyata tema atau konsep juga bisa menjadi penyebab utama mengapa taman hiburan tersebut menyandang predikat taman hiburan terburuk di dunia. Beruntung meskipun Indonesia termasuk negara yang berkembang, namun kualitas taman hiburannya masih jauh lebih bagus ketimbang taman hiburan yang telah disebutkan diatas!

Sumber referensi:
http://www.therichest.com/rich-list/poorest-list/the-10-worst-theme-parks-in-the-world/
https://www.yahoo.com/style/dangerous-tasteless-dirty-the-worst-theme-parks-122198782147.html
https://en.wikipedia.org/wiki/
http://www.themeparkreview.com/fantazyland/fantazyland.htm
http://www.atlasobscura.com/places/parque-ecoalberto


Related Article

Paling Aneh