Berita Aneh Unik

Aneh, Orang-Orang Ini Tak Pernah Tidur Sepanjang Hidupnya

16 Sept 2016

Tidur bukanlah suatu aktivitas yang wajib dilakukan manusia, tapi lebih dari itu tidur adalah suatu kebutuhan yang setiap manusia dan bahkan makhluk hidup lainnya perlukan. Fungsi tidur sendiri adalah mengistirahatkan fisik dari segala aktivitas, menghilangkan stress, mengoptimalkan kembali fungsi organ di dalam tubuh dan lain sebagainya. Untuk itu baik orang yang memiliki fisik sehat maupun sakit, tidur adalah hal penting yang dapat membantu memulihkan tenaga.

Pada umumnya kriteria ideal jam tidur seseorang dalam satu harinya adalah 8 jam. Jumlah durasi tersebut tentu saja semakin lama jika yang tidur adalah bayi atau anak-anak usia dini dan juga lansia. Akan tetapi ada juga beberapa orang yang sering mengalami insomnia yakni siklus jam tidur yang jauh dari ideal atau juga biasa disebut sulit tidur. Biasanya insomnia dipicu oleh stress atau kelelahan. Namun tahukah anda bahwa ada orang-orang di dunia ini yang mengidap kondisi langka? Bukan terlalu sering tidur juga bukan insomnia, inilah orang-orang yang tak pernah tidur sepanjang hidupnya versi anehdidunia.com.

Paul Kern – Tak Pernah Tidur Selama 40 Tahun

Seorang pria asal Hungaria yang bekerja di kantor pemerintahan di daerah Eastern Front saat masa Perang Dunia I pada tahun 1915 mengalami suatu kondisi langka yang mengubah hidupnya. Pria bernama Paul Kern ini diketahui menghabiskan sisa usianya selama kurang lebih 40 tahun tanpa tidur, yup benar-benar tak tidur sama sekali! Sebuah tragedi mengerikan rupanya yang kemudian mengakibatkan Paul Kern mengalami hal tak lazim ini, suatu hari ia ditembak oleh seorang tentara Rusia yang menyebabkan peluru melesat tepat di tengkoraknya hingga mengakibatkan kerusakan fatal di bagian lobus frontalnya. Beruntung ia masih selamat dari tragedi tersebut dan dapat menjalani aktivitas biasanya secara normal sesaat setelah peluru yang bersarang di tengkoraknya berhasil diangkat. Namun yang berbeda adalah seketika peluru tersebut diangkat, mulai detik itu jugala Paul Kern tidak pernah memejamkan matanya untuk tidur! Kondisi aneh ini pun membuat ia dan orang-orang di sekitarnya merasa takjub sekaligus heran bagaimana bisa ia bai-baik saja tanpa tidur bahkan mengantuk pun tidak sama sekali. Paul Kern sendiri berujar bahwa ketika ia mencoba untuk berbaring di tempat tidur untuk mendapatkan rasa kantuk justru hanya akan membuat tubuhnya merasa letih! Tak cukup itu saja, Paul Kern juga pernah mencoba memejamkan matanya selama dua jam dengan harapan ia akan tertidur secara alami. Hasilnya? Jangankan tertidur ia malah merasakan dirinya semakin terjaga dan responsive terhadap segala hal di sekelilingnya! Satu-satunya peristiwa ia tertidur sepanjang hidupnya adalah kala ia meninggal di tahun 1955. Hingga saat ini pun penyebab dari kondisi langka Paul Kern belum bisa dipecahkan.

Thai Ngoc – Insomnia Selama 43 Tahun

Thai Ngoc atau Hai Ngoc adalah seorang pria berusia 74 tahun yang masuk dalam daftar orang-orang yang tak pernah tidur sepanjang hidupnya di dunia. Pria yang berasal dari negara Vietnam ini mengaku tidak pernah tidur sejak tahun 1973 hingga saat ini. Kondisi langka yang ia alami tersebut awalnya bermula ketika ia mengalami demam tinggi, tak jelas apakah benar demam tinggi itulah yang mengakibatkan ia tak pernah bisa tidur namun menurut Thai Ngoc kondisi fisik kesehatannya normal tidak ada masalah. Berbagai upaya ia lakukan dengan dibantu istrinya yang bernama Nguyen Thi Bay agar bisa terlelap tidur mulai dengan memejamkan mata berharap akan tertidur hingga meminum ramuan-ramuan tradisional dan lain sebagainya. Sayangnya segala macam upaya yang ia lakukan hasilnya tetap nihil. Anehnya meskipun Thai Ngoc tidak pernah tidur, kondisi kesehatannya tidak ada yang terganggu dan bahkan ia dapat melakukan aktivitas-aktivitas lebih berat daripada sebelumnya kala ia masih bisa merasakan kantuk dan punya jam tidur yang teratur. Beberapa ilmuwan dan para dokter dari luar negeri yang mengetahui kisah hidup pria yang tinggal di daerah Que Trung Commune, Kabupaten Nong Son di Provinsi Quang Nam ini tertarik untuk meneliti kondisi gangguan tidur Thai Ngoc. Mereka juga mengajak Thai Ngoc untuk mendapatkan perawatan medis untuk mengetahui penyebab utama dari masalahnya ini namun Thai Ngoc bersikeras menolaknya karena tidak mau meninggalkan kampung halamannya sendiri. Thai Ngoc mengaku bahwa tidur atau tidak tidur bukanlah hal penting dalam hidupnya, yang utama dalam hidupnya adalah sehat dan mampu bekerja maksimal setiap harinya. Kondisi gangguan tidur Thai Ngoc ini hingga detik ini masih ia alami sampai waktu yang tidak dapat dipastikan.

Michael Corke – Meninggal Setelah 6 Bulan Tak Tidur

Sebuah penelitian lama mengemukakan bahwa manusia rentan meninggal dunia karena dua hal yakni tidak tidur sama sekali dan tidak minum air putih dalam jangka waktu beberapa hari. Kecuali kasus yang telah disebutkan diatas, teori ilmiah yang berhubungan dengan gangguan tidur dapat menyebabkan kematian memang terbukti benar adanya. Sebuah kasus yang cukup menarik perihal gangguan tidur pernah dialami juga oleh seorang pria bernama Michael Corke yang berasal dari New Lenox, Illinois. Michael yang bekerja sebagai guru musik ini diketahui mulai mengalami kesulitan tidur beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-40 di tahun 1991. Kondisi awal yang ia alami hampir mirip dengan gangguan insomnia pada umumnya hingga suatu hari terpaksa ia harus dibawa ke rumah sakit Universitas Chicago karena sudah mulai tak pernah tidur sama sekali. Serangkaian pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui penyebab utama gangguan kesulitan tidurnya hingga dokter berkesimpulan bahwa Michael Corke mendiagnosanya mengalami depresi klinis sebagai akibat dari multiple sclerosis. Dokter yang menanganinya pun berusaha memberikan obat penenang dan obat tidur agar Michael mulai merasakan kantuk dan tidur, namun tidak ada satupun cara tersebut berhasil. Bahkan dokter pun memberikan obat untuk memicu koma agar Michael minimal tidak selalu terjaga namun lagi-lagi gagal. Hingga enam bulan kemudian ketika kematian menjemputnya, Michael Corke baru mampu memejamkan matanya diatas ranjang rumah sakit dan malangnya untuk selama-lamanya.

John Alan Jordan – Seringkali Terpapar Zat Kimia Mengakibatkan Tak Dapat Tidur

John Alan Jordan adalah seorang mahasiswa Inggris yang dikenal sangat pandai dalam bidang Fisika, Biologi dan Elektronika. Tak terhitung pula jumlah prestasi yang berhasil ia ukir di bidang sains tersebut. Setelah ia lulus dari perguruan tinggi, John Alan Jordan pun diterima bekerja di sebuah perusahaan susu ternama di Inggris sebagai seorang asisten laboratorium. Dari nama profesinya saja sudah bisa diketahui bahwa lingkungan pekerjaan yang ia geluti tidak lepas dari yang namanya laboratorium dan pastinya zat-zat kimia di dalamnya. Setiap orang yang bekerja di laboratorium pasti paham betul dengan prosedur pengamanan yang wajib mereka patuhi seperti misalnya mengenakan jubbah khusus, masker yang menutup hidung dan mulut, sarung tangan, topi yang melindungi rambut bahkan ada juga prosedur yang mewajibkan menggunakan kacamata khusus selama di laboratorium. Namun rupanya prosedur ini tidak sepenuhnya dipatuhi oleh John A. Jordan. Ia terlalu menyepelekan prosedur tersebut hingga semakin hari semakin lama tubuhnya terpapar bahan kimia di laboratoriumnya sendiri. Mulanya seolah tidak ada masalah sampai akhirnya ia menyadari bahwa ia sulit tidur. Rupanya Jordan diketahui terpapar zat kimia seperti asam klorida, broponol, kathon dan lain sejenisnya. Jordan pun memeriksakan dirinya ke rumah sakit dan dokter mendiagnosanya mengalami gangguan skizofernia afektif akan tetapi Jordan menolak hasil tersebut. Tepat pada tahun 2006, Jordan benar-benar tak pernah tidur sama sekali sepanjang hidupnya meski sudah mencekoki dirinya dengan obat tidur. Mirisnya kondisi langka yang ia alami ini membuat kondisi fisinya melemah seperti demensia dan gangguan memori dini.

Ines Fernandez – Wanita Malang Yang Tak Pernah Tidur Selama 30 Tahun

Jika empat orang diatas rata-rata adalah pria maka untuk kasus tidak pernah tidur sepanjang hidupnya yang satu ini justru dialami oleh seorang wanita asal Negeri Matador yang bernama Ines Fernandez. Kondisi langka mengenai gangguan tidur ini sendiri sebenarnya terjadi pada tahun 1943 yang mana kala itu Ines Fernandez tengah menyaksikan prosesi keagamaan. Di tengah-tengah acara tiba-tiba Ines merasa kepalanya seperti terbakar dan luar biasa sakit rasanya. Tak disangka-sangka bahwa sejak peristiwa yang tetap menjadi tanda tanya hingga sekarang tersebut pada akhirnya menghantui dirinya sepanjang hidup. Bagaimana tidak? sejak kejadian itu, Ines Fernandez tak pernah merasakan kantuk dan bahkan tak pernah tidur lagi sepanjang hidupnya. Begitu banyak upaya yang ia lakukan salah satunya adalah berkonsultasi dengan dokter serta mengkonsumsi obat tidur namun tetap saja tidak memperoleh hasil. Namun secara medis, dokter yang menangani kasusnya menyatakan bahwa ditemukan sebuah penyakit bernama kolesistitis kronis atau radang kandung empedu dan juga insomnia akut. Kasus Ines Fernandez ini sendiri baru diketahui publik di tahun 1970, dimana ia sendiri telah merasakan penderitaan tak lazim tersebut selama 30 tahun!

Itulah daftar orang-orang yang tak pernah tidur lagi sepanjang hidupnya di sisa usia mereka setelah mengalami kondisi gangguan tidur yang sangat langka. Tak banyak orang-orang yang mengalami kondisi tersebut di dunia ini, oleh karena itu patutlah sahabatanehdidunia.com bersyukur karena masih bisa merasakan nikmatnya tidur dan beristirahat.

Sumber Referensi:
http://www.keepo.me/uniq_space-channel/tidak-pernah-tidur-4-orangnbsp-ini-dijuluki-the-man-who-never-slept
http://www.kampungbaca.com/2016/09/paul-kern-manusia-tanpa-tidur-dan-kisah.html?m=1
http://health.detik.com/read/2012/03/02/140020/1856502/1202/pria-yang-tak-pernah-tidur-selama-39-tahun-setelah-kena-demam
https://en.wikipedia.org/wiki/


Related Article

Paling Aneh