Berita Aneh Unik

Bangunan Yang Diyakini Dibangun Oleh Makhluk Halus

21 Sept 2016

Sebagian besar dari penduduk di dunia pasti mempercayai adanya mitos dan kekuatan mistis yang ternyata tidak hanya terdapat pada benda-benda saja. Entah telah terbukti kebenarannya atau tidak, banyak yang mempercayai bahwa adanya bangunan yang mengandung unsur misterius karena menurut mitosnya bangunan tersebut dibangun oleh makhluk halus. Sehingga, bangunan tersebut dianggap memiliki kekuatan mistis dan dianggap sakral. Memang kedengarannya sangat tidak masuk akal, apakah mungkin makhluk halus bisa membuat bangunan yang besar dan saat ini dijadikan semacam tempat wisata.

Bagi orang-orang yang percaya bahwa bangunan tersebut mengandung kekuatan mistis, mereka akan berhati-hati saat mengunjungi tempat tersebut. Mereka merasa harus menghormati makhluk halus yang telah membangun bangunan tersebut dan telah menjaganya selama ini. Entah dengan menjaga cara bicaranya, atau dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak pantas dan dilarang saat berada di lokasi. Berikut ini adalah beberapa bangunan yang telah diyakini sampai sekarang telah dibangun oleh makhluk halus versi anehdidunia.com.

Devil’s Bridge Falls

Devil’s Bridge Falls terletak di Ceredigion, Wales, Inggris. Jembatan ini diyakini telah dibangun oleh iblis. Menurut legenda yang dipercaya, dahulu ada seorang wanita tua yang sedang sendiri dan sedih karena ia tidak dapat mengambil sapinya yag berada di seberang jurang. Lalu ada seorang iblis yang mengetahuinya dan menawarkan bantuan untuk membangun jembatan agar wanita tua itu dapat mengambil sapinya. Iblis tersebut memintanya untuk pulang dan menjanjikan jembatan yang telah ada untuknya esok hari. Ternyata benar, keesokan harinya wanita tua itu pergi ke sungai bersama anjingnya dan ia melihat telah ada jembatan yang sangat indah menurutnya. Tetapi jika dipikir secara logika, jembatan yang terletak diatas jurang yang sangat curam tersebut hanya sedikit kemungkinan jika ada manusia yang dapat menyelesaikan pembangunannya. Devil’s Bridge terletak diatas Sungai Mynach, dan tiap jembatan saling bertumpuk satu sama lain. Ada tiga jembatan, yang paling bawah telah ada diperkirakan sejak tahun 1075 sampai tahun 1200. Lalu yang tengah dibangun pada tahun 1753, dan yang paling atas dibangun pada tahun 1902. Setelah pembangunan jembatan tersebut selesai, iblis pun meminta tumbal satu makhluk hidup yang akan diambil nyawanya saat menyeberangi jembatan. Wanita tua itu sengaja membawa anjingnya karena akan dijadikan tumbal karena ia ingin menyelamatkan manusia dari tumbal pembangunan jembatan iblis tersebut. Karena kisahnya yang cukup seram, Devil’s Bridge menjadi objek wisata yang menarik dan banyak orang yang datang untuk melihat jembatan yang legendaris dan menyimpan cerita mistis.

Masjid Nando

Masjid Nando terletak di Desa Nando, Mali, Afrika Barat. Mungkin karena itu masjid itu dinamakan Masjid Nando. Masjid ini dibangun sekitar abad ke-12 Masehi. Bangunan dari Masjid Nando dianggap aneh dan unik. Seluruh bangunan dan lantainya hanya dilapisi oleh lumpur, tidak ada marmer ataupun bahan bangunan lain. Masjid Nando ini juga tidak memiliki kubah layaknya masjid pada umumnya. Tetapi, pada setiap sisi di dalam bangunan terdapat hiasan dan ada kaligrafinya. Entah benar atau tidaknya, memang masih menjadi misteri. Ada yang mengatakan bahwa Masjid Nano dibangun oleh makhluk halus yang berbadan besar. Pernyataan tersebut diyakini berdasarkan adanya bekas tapak kaki yang berukuran besar pada salah satu sisi di masjid. Hal itu membuat banyaknya anggapan dari masyarakat setempat bahwa itu adalah bekas tapak kaki tersebut berasal dari kaki salah satu penguasa Jin Muslim di Mali. Adanya Masjid Nando ini pun ada kaitannya dengan pengaruh masuknya Islam ke Afrika Barat pada abad IX Masehi, dimana pada waktu itu ajaran Islam dibawa oleh para pedagang Muslim yang berasal dari Suku Tuareg dan Berber yang suka mengembara di Gurun Sahara Selatan dan Sahel Utara.

Reruntuhan di Syria

Reruntuhan di Syria ditemukan pada tahun 2009 oleh seorang arkeolog yang berasal dari Museum Royal Ontario, Kanada, bernama Robert Mason. Ia dan tim penelitinya memperkirakan bahwa formasi reruntuhan gedung ini berasal dari peradaban Neolitikum, atau yang biasa dikenal dengan Zaman Perunggu. Reruntuhan tersebut dipercaya telah ada pada jutaan tahun sebelum Piramida Mesir dibangun, kira-kira 6000 sampai 10.000 tahun yang lalu serta dianggap aneh dan misterius. Dianggap aneh karena di sekitar reruntuhan bangunan tersebut tidak ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan manusia dan pemukimannya. Hal tersebut membuat penduduk yang kini tinggal di sekitar reruntuhan bangunan berpikiran bahwa reruntuhan tersebut didirikan oleh makhluk gaib.

Tarr Steps Jembatan Lempengan Batu di Sungai Barley

Di Sungai Barley yang terletak di Somerset, Inggris ini terdapat 17 lempengan batu yang berjejer dan membentang hingga membentuk sebuah jembatan. Menurut cerita yang dipercaya, jembatan tersebut telah dibangun oleh iblis untuk berjemur. Kedengarannya memang aneh dan tak masuk akal. Namun legenda yang ada menyebutkan bahwa siapapun makhluk hidup yang lewat diatas jembatan akan lenyap tanpa jejak. Karena penduduk setempat merasa ketakutan, mereka memanggil seorang pendeta dan memintanya untuk memanggil sang iblis. Pendeta tersebut berhasil menemui sang iblis dan meminta agar ia tak mengganggu dan mengijinkan siapapun yang lewat diatas jembatan. Kemudian, sudah tidak ada lagi korban yang hilang karena lewat diatas jembatan yang kini dikenal dengan nama Jembatan Lempengan tersebut. Sang iblis telah memberi ijin dan tidak akan mengganggu manusia yang melewati jembatan kecuali niatnya hanya ingin berjemur.

Candi Prambanan

Candi Prambanan yang terletak di Sleman, Jawa Tengah ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi Prambanan dikenal dengan mitos dan legenda dari kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso merupakan putra dari raja Kerajaan Pengging yang bernama Prabu Damar Moyo. Mereka melawan raja dari Keraton Boko yang bernama Prabu Boko, yang merupakan seorang raja yang kejam karena suka makan daging manusia dan berwujud raksasa. Ia memiliki patih bernama Patih Gupolo. Setelah peperangan terjadi, ternyata Kerajaan Pengging yang diwakili oleh Bandung Bondowoso lah yang menang. Bandung Bondowoso kemudian pergi ke Keraton Boko untuk mencari Patih Gupolo, dan ketika sampai disana ia bertemu dengan Roro Jonggrang. Pertemuan Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang membuatnya jatuh hati dan ingin mempersunting Roro Jonggrang yang saat itu dendam dan telah menyiapkan siasat untuk balas dendam karena Bandung Bondowoso telah membunuh ayahnya. Roro Jonggrang menyiapkan dua persyaratan untuk dipenuhi sebelum Bandung Bondowoso menikahinya.

Yang pertama, Roro Jonggrang meminta untuk dibuatkan sumur yang dalam. Hal tersebut bukanlah hal yang sulit bagi Bandung Bondowoso, dan ia bisa dengan mudahnya membuat sumur yang ia beri nama Jala Tunda. Roro Jonggrang kemudian menyuruh Bandung Bondowoso untuk masuk ke dalamnya, dan ia menutupnya agar Bandung Bondowoso tidak dapat keluar lagi. Namun ternyata kekuatannya dapat membuatnya lolos dari kematian. Meskipun sebenarnya Bandung Bondowoso marah, tetapi ia luluh oleh bujuk rayu Roro Jonggrang dan menerima syarat yang kedua, yakni Roro Jonggrang minta untuk dibuatkan 1000 candi dalam waktu satu malam. Bandung Bondowoso kemudian meminta ribuan jin untuk membantu membangunkan 1000 jin. Roro Jonggrang panik karena ternyata Bandung Bondowoso hampir bisa menyelesaikan persyaratannya. Ia kemudian meminta para gadis untuk membakar jerami agar langit terlihat lebih terang, dan membuat ayam-ayam berkokok sebagai pertanda pagi telah tiba. Para jin yang membantu Bandung Bondowoso segera pergi karena matahari akan segera terbit, padahal mereka hanya kurang membangun 1 buah candi. Total candi yang telah mereka selesaikan adalah 999 candi. Bandung Bondowoso kemudian mengetahui bahwa hal tersebut merupakan siasat licik dari Roro Jonggrang. Ia marah dan akhirnya mengutuk Roro Jonggrang agar ia menjadi sebuah arca batu untuk menggenapi candi yang telah dibangun. Gadis-gadis yang telah membantunya pun juga dikutuk menjadi perawan tua. Maka dari itu, mitos yang dipercaya adalah jika orang yang sedang berpacaran dilarang untuk mengunjungi Candi Prambanan, karena takut nanti akan putus cintanya.

Sahabatanehdidunia.com kepercayaan-kepercayaan mengenai adanya bangunan yang telah dibangun oleh makhluk halus sebenarnya tergantung dari masing-masing orang yang mungkin memiliki pendapat lain dan memiliki pemikiran lain yang lebih dapat diterima oleh logika manusia. Namun, memang sebenarnya bangunan-bangunan tersebut cukup unik dan misterius serta dianggap tidak mungkin jika itu adalah hasil tangan manusia biasa. Belum lagi, ada bangunan yang dipercaya ada hanya dalam waktu satu malam, bahkan saat ini menjadi objek wisata yang menarik. Ya, percaya atau tidak, yang pasti bangunan-bangunan tersebut tetap harus dijaga dan dilestarikan meskipun belum jelas siapapun yang membangunnya.

Sumber referensi:
http://terselubung.in/8-bangunan-yang-dipercaya-dibangun-mahluk-halus/
http://travel.detik.com/read/2013/05/22/161245/2253163/1383/kisah-iblis-yang-membangun-jembatan-di-inggris
http://infomasihariini.blogspot.co.id/2015/11/inilah-misteri-masjid-nando-yg-dibangun.html
http://www.beritasatu.com/food-travel/355828-candi-prambanan-legenda-loro-jonggrang-dan-mitos-putus-cinta.html


Related Article

Paling Aneh