Berita Aneh Unik

Julukan Hewan-Hewan Termalas Di Dunia

23 Sept 2016

Fauna atau hewan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang selalu menarik untuk dikaji. Hal ini dikarenakan di dunia ini terdapat banyak sekali keanekaragaman fauna dari berbagai negara yang ada di dunia. Mulai dari fauna darat, laut maupun udara semuanya memiliki karakteristik dan bentuk fisik yang sangat unik. Selain karakteristik dan bentuk fisik ada juga beberapa kebiasaan hewan yang sering membuat manusia berdecak kagum hingga terheran-heran.

Di dunia ini sifat malas ternyata juga dimiliki oleh hewan. Tak hanya manusia saja karena ada beberapa hewan yang pada dasarnya memiliki sifat malas, sampai-sampai mereka dijuluki hewan termalas. Bahkan ada juga hewan yang hampir sebagian hidupnya mereka habiskan hanya untuk tidur. Mereka bangun hanya untuk makan, dan hanya memiliki sedikit waktu untuk mencari pasangan serta berkembang biak. Berikut ini adalah beberapa hewan-hewan termalas di dunia yang sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat versi anehdidunia.com.

Koala

Koala yang memiliki nama latin Phascolarctos Cinereus ini merupakan hewan yang berasal dari Australia dikenal sebagai hewan yang paling malas di dunia, dibanding hewan malas lainnya. Bagaimana tidak, hampir sebagian hidupnya ia gunakan untuk tidur. Dalam sehari, koala bisa tidur dalam waktu 18 sampai 22 jam. Koala tinggal diatas pohon ekaliptus yang juga menjadi makanan sehari-harinya. Seumur hidup, makanan mereka hanyalah daun ekaliptus. Maka dari itu, semua koala hanya tinggal di pohon ekaliptus sejak mereka lahir. Karena koala tinggal diatas pohon yang juga menjadi tempat tinggalnya, setelah mereka makan mereka dan merasa kenyang, mereka akan melanjutkan tidurnya kembali. Mereka juga dikenal hewan yang jarang minum, karena daun ekaliptus sudah cukup mengandung air. Lamanya durasi mereka tidur membuat mereka juga jarang berkembang biak. Setiap hari kegiatannya hanya seperti itu. Itulah sebab mengapa mereka disebut sebagai hewan termalas. Walaupun koala adalah hewan termalas, koala mampu bergerak cepat dan dapat meloncat dari satu cabang pohon ke cabang pohon lainnya hanya dengan satu lompatan, bahkan walaupun jaraknya sampai satu meter. koala melahirkan seekor bayi koala setiap dua tahun. Seperti halnya kanguru, mereka merawat bayinya di dalam kantung selama satu bulan pertama karena koala juga termasuk hewan berkantung (marsupial). Setelah satu tahun berada di kantung, bayi koala tersebut tinggal diatas punggung induknya selama satu tahun.

Sloth

Hewan termalas selanjutnya adalah sloth. Di Indonesia, sloth dikenal dengan kungkang. Bentuknya hampir menyerupai monyet, hanya saja sloth memiliki 3 kuku yang panjang. Sama seperti koala, ia pun menghabiskan waktu tidurnya selama kurang lebih 15 sampai 18 jam dalam sehari. Sloth pun hanya melakukan kegiatan sehari-harinya seperti makan dan tidur diatas pohon tempat tinggalnya di hutan yang berada di Amerika Tengah dan Selatan, dan menghabiskan waktunya disana. Sampai melahirkan pun, sloth lakukan diatas pohon. Sloth pun juga dikenal sebagai hewan yang sangat lamban, dan hanya menunjukkan kecepatan mereka saat mereka berada dalam ancaman, seperti serangan predator. Saking lambatnya, bahkan sloth hanya mampu bergerak dengan kecepatan 2 meter per menit. Kelambanan mereka mempengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh mereka.

Tupai

Tupai juga termasuk hewan yang malas karena dalam sehari ia bisa tidur sampai 14 jam di dalam sarang yang terbuat dari ranting, daun, dan bahan-bahan lembut lainnya yang ia buat sendiri. Kebiasaan tidur dalam durasi yang lama tersebut dipengaruhi oleh makanan yang ia konsumsi, yakni yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Meskipun begitu, tupai termasuk hewan yang lincah dan sangat menggemaskan dengan ukuran tubuhnya yang kecil. Ia termasuk hewan yang pengerat, sama seperti tikus.

Lemur

Hewan yang bentuknya cukup unik ini bernama lemur, yang merupakan primata endemik dari Pulau Madagaskar. Lemur tidak termasuk golongan dan hasil evolusi dari monyet dan kera. Tetapi lemur memiliki morfologi dan kebiasaan yang sama dengan primata lainnya. Makanan utama lemur adalah buah-buahan dan daun-daunan. Awal mula nama lemur berasal dari mitologi Roma Kuno yang artinya adalah hantu atau roh halus. Lemur adalah aktif di malam hari dan termasuk hewan nocturnal. Matanya pun dapat memantulkan cahaya, berbeda dengan hewan nocturnal lainnya. Mungkin inilah yang menyebabkan mereka dinamakan lemur dan dikaitkan dengan Mitologi Roma Kuno. Mereka akan berkumpul dan tidur dengan sesama kukang lainnya saat malam tiba. Lemur juga termasuk hewan yang malas, karena durasi tidurnya bisa mencapai 16 jam per hari. Lemur ini unik karena ekornya yang panjang sampai melebihi panjang tubuhnya, dan memiliki motif seperti cincin-cincin yang saling melingkari.

Armadillo

Armadillo merupakan hewan mamalia asli dari Amerika berukuran kecil yang tubuhnya seperti dilapisi baja. Bentuknya hampir mirip dengan trenggiling, namun armadillo ini memiliki moncong yang runcing dan matanya berukuran kecil. Jenis armadillo yang bernama three-banded armadillo ini bisa meringkukkan kepala dan kaki belakangnya, lalu memutar cangkang yang seperti lapisan baja tersebut menjadi seperti bola yang keras dan mereka gunakan untuk menyerang predatornya. Armadillo hidup di tempat-tempat seperti padang rumput, hutan tropis, dan gurun. Mereka tidak dapat hidup di tempat yang dingin karena tingkat metabolisme mereka yang rendah dan menyebabkan tubuh merek kurang bisa menyimpan lemak. Armadillo juga termasuk hewan yang malas, karena dalam sehari ia bisa tidur selama kurang lebih 16 jam. Waktu yang mereka gunakan untuk mencari makan adalah saat subuh dan malam hari.

Panda

Meskipun bentuknya lucu dan menggemaskan, panda ternyata juga termasuk hewan yang malas. Hewan yang berasal dari Cina ini bentuknya hampir mirip dengan beruang ini memiliki kepribadian yang sangat berbeda dengan beruang dari tingkah laku dan kepribadiannya. Panda bukan termasuk hewan yang buas dan agresif. Warna tubuh panda ini unik, karena hanya di bagian mata, telinga, dan tubuh bagian bahwah saja yang berwarna hitam. Panda dikenal selalu terlihat malas dan lamban, bahkan ada yang sepanjang harinya hanya tidur dan berdiam diri. Waktu yang mereka habiskan untuk tidur adalah 10 jam per harinya. Mereka melakukannya untuk menghemat energi dalam beraktivitas. Bahkan melalui penelitian menggunakan GPS, panda hanya mampu bergerak dan berjalan selama 20 meter per jam nya. Meskipun begitu, panda merupakan salah satu hewan yang dilindungi.

Opossum

Opossum merupakan hewan yang juga dianggap malas karena ia memiliki durasi untuk tidur selama kurang lebih 18 sampai 20 jam setiap harinya. Opossum juga termasuk hewan yang lamban dalam bergerak. Opossum mrupakan mamalia yang berasal dari Amerika Selatan. Mereka juga merupakan jenis hewan yang berkantung, sama seperti koala dan kanguru. Opossum berhasil membuat kelompok yang tersebar di berbagai daerah karena kemampuan berkembang biaknya yang baik. Opossum ini pun juga bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungan sekitarnya.

tulah beberapa hewan yang dianggap hewan pemalas di dunia. Mereka lebih senang menghabiskan waktu sehari-harinya dengan tidur. Bahkan, ada juga yang aktivitas sehari-harinya hanya makan, kerja, dan kemudian tidur lagi. Begitu seterusnya setiap hari. Meskipun begitu, mereka merupakan hewan yang unik dan kebanyaka diantara mereka adalah merupakan hewan yang dilindungi. Oleh karena itu, manusia sudah sepatutnya menjaga kelestarian alam lingkungan salah satunya adalah dengan memelihara dan tidak memburu hewan-hewan yang hidup di alam liar.

Sumber referensi:
http://www.tahupedia.com/content/show/1121/10-Hewan-Termalas-Di-Dunia
http://jagad-aneh.blogspot.co.id/2010/03/koala-binatang-malas-yang-lucu.html
http://archive.kaskus.co.id/thread/10089005/0/7-hewan-termalas-di-dunia-cekidot


Related Article

Paling Aneh