Cinta

Kisah Nyata Para Bayi Yang Tertukar Di Dunia

26 Sept 2016

Setiap kelahiran bayi di dunia adalah bukti adanya kebahagiaan atas pengharapan yang terkabul dari tiap pasangan. Bagi seorang ibu, melahirkan seorang bayi adalah penyempurna dirinya sebagai seorang wanita. Dan bagi seorang ayah, memiliki bayi sama halnya dengan keberhasilan mewariskan generasi terbaik untuk dunia. Oleh karena itu kehadiran seorang bayi adalah satu tingkat level lebih tinggi dari sepasang suami istri menjadi orang tua.

Di setiap kelahiran seorang bayi pasti selalu ada cerita di belakangnya. Ada yang mengharukan, menyedihkan dan membahagiakan. Salah satu bagian cerita agak berbeda yang akan dibahas kali ini adalah kisah nyata para bayi yang tertukar yang pernah terjadi di dunia ini. Ada yang berakhir pilu, ada juga yang menyisakan haru, pun ada pula yang saling berbahagia diakhir. Selengkapnya akan diulas berikut ini khusus bagi sahabatanehdidunia.com.

Marcus dan George – Bayi Kembar Yang Tertukar

Kisah nyata bayi tertukar yang pertama akan diulas adalah Marcus dan George, dua orang yang dulu ketika masih bayi mengalami peristiwa yang mengubah nasib sepanjang hidupnya. Bukan keduanya yang tertukar satu sama lain, sebaliknya Marcus dan George adalah saudara kembar dari seorang ibu bernama Laura Cain. Kisah bermula di tahun 1971, ketika sang ibu melahirkan kembar laki-laki kesayangannya ini dalam kondisi perekonomian keluarga sedang carut-marut. Alhasil, Laura Cain saat itu menitipkan dua bayi kembarnya ke salah satu tempat panti asuhan yang ada di kota Ontario, Kanada. Panti asuhan tersebut bernama The Children’s Aid dimana Marcus juga George dirawat selama dua bulan. Selang dua bulan kemudian Laura Cain mengambil kedua buah hatinya, namun tanpa sepengetahuan Laura dikarenakan ia tak terlalu mengenali wajah kedua bayinya ditambah manajemen panti asuhan yang buruk salah satu bayi kembarnya yakni Marcus diserahkan kepada orang lain untuk diadopsi. Sementara posisi Marcus digantikan oleh bayi lain yang ada di panti tersebut. Hingga keduanya tumbuh dewasa, tidak ada yang mengetahui bahwa keduanya terpisah satu sama lain. Beruntung keduanya dipertemukan kembali saat masing-masing berusia 21 tahun saat George bekerja di sebuah teater dan Marcus menempuh kuliah di Carleton Univesirty yang mana jarak kedua tempat ini berdekatan. Ikatan batin diantara kedua anak kembar ini begitu kuat hingga membuatnya amat akrab satu sama lain, sampai akhirnya mereka berdua memutuskan untuk melakuan tes DNA dan positif mereka adalah bayi kembar yang tertukar selama kurang lebih 21 tahun.

Callie Johnson dan Rebecca Chittum – Tertukar Sejak Baru Lahir

Callie Johnson dan Rebecca Chittum adalah dua bocah perempuan yang mengalami insiden tertukar ketika baru sajja dilahirkan. Cerita bermula ketika keduanya sama-sama baru lahir (beda beberapa hari) pada tahun 1995 di rumah sakit yang sama yakni Charlottesville Hospital. Entah karena kesalahan prosedur atau kelalaian staf rumah sakit, kedua orang tua masing-masing anak tersebut salah membawa bayi milik orang lain. Callie Johnson dibawa pulang oleh Paula Johnson, sementara orang tua kandung Callie yakni Kevin Chittum dan Whitney Rogers membawa Rebecca pulang ke rumah. Nasib Rebecca terbilang cukup baik, karena kedua “orang tua” adalah pasangan suami istri yang hidup harmonis dan penuh kasih sayang. Sebaliknya Callie sedikit menderita karena suami Paula adalah seorang yang akrab dengan dunia kriminal. Selang tiga tahun kemudian setelah kejadian tertukar di rumah sakit tersebut berlalu, suami Paula bertindak kasar kepada istrinya dengan tuduhan perselingkuhan. Ia merasa bahwa Callie tidak mirip dengan wajahnya, hingga membuat mereka sepakat untuk melakukan tes DNA. Dan benar saja dugaannya, Callie bukanlah anak kandungnya dan lebih mengejutkan lagi juga bukan anak kandung Paula Johnson. Setelah ditelusuri, ditemukanlah fakta bahwa Callie adalah anak perempuan dari Kevin dan Whitney yang tak lain juga telah merawat Rebecca, anak kandung Paula dan suaminya. Sayangnya, Kevin dan Whitney telah meninggal dunia karena kecelakaan mobil sebelum mengetahui bahwa bayinya sejak lahir telah tertukar. Saat ini keduanya masing-masing berusia 21 tahun dan uniknya Callie ternyata bersikukuh tinggal bersama dengan ibunya, Paula Johnson.

Manon dan Sophie Serrano – Ibu dan Anak Tertukar Yang Saling Mengasihi

Kisah bayi yang tertukar selanjutnya adalah berasal dari wilayah negara Perancis. Seorang ibu bernama Sophie Serrano tengah diliputi bahagia setelah melahirkan bayinya di sebuah klinik yang ada di daerah Cannes, Perancis. Pasca lahir, bayi perempuannya yang dinamai Manon tersebut harus ditempatkan ke dalam inkubator karena sedikit mengalami gangguan penyakit kuning. Selang beberapa hari kemudian, bayi tersebut dinyatakan sehat dan boleh dibawa pulang akan tetapi Sophie Serrano sedikit terkejut karena rambut bayinya jauh lebih lebat dibandingkan setelah lahir. Ia pun menanyakan hal tersebut kepada perawat rumah sakit dan dijelaskan bahwa salah satu efek lampu fototerapi adalah dapat membuat rambut lebih cepat tumbuh. Sementara disisi lain ada seorang ibu juga yang merasa rambut bayinya jauh lebih berkurang. Manon pun dibesarkan penuh kasih sayang oleh Sophie Serrano hingga berselang 10 tahun kemudian wajah Manon semakin tak mirip dengan “kedua orangtuanya”. Suami Serrano pun meninggalkan istri dan Manon karena merasa Manon adalah anak hasil hubungan gelap istrinya dengan pria lain dan menantang untuk menjalani tes DNA. Setelah hasil tes DNA keluar, betapa terkejutnya bahwa Manon bukanlah anak kandung keduanya. Serrano pun menuntut tanggung jawab rumah sakit dengan membayar uang sebesar 2,13 juta dolar! Serrano dan Manon pun mencari keberadaan anak dan orang tua biologis masing-masing yang ternyata tak begitu jauh dari tempat tinggal mereka. Mereka berkumpul dan berunding tentang nasib kedua anaknya yang tertukar dan berakhir mengharukan, Manon memilih tetap tinggal dengan Serrano begitu juga dengan anak Serrano yang lebih memilih tinggal bersama orang tua yang telah merawatnya sejak bayi. Kedua keluarga inipun saling mengunjungi tanpa ada rasa canggung lagi.

Pria Jepang Baru Diketahui Telah Tertukar Setelah 60 Tahun

Berpisah dengan orang tua rasa sedihnya mungkin sudah tak bisa tergambar lagi. Namun bagaimana jika terpisah dari orang tua kandung selama 60 tahun tanpa ada yang tahu “hanya” gara-gara sewaktu bayi tertukar? Nasib malang tersebut dialami oleh seorang pria berusia 60 tahun asal Jepang dari kalangan konglomerat yang diminta untuk melakukan tes DNA oleh saudara-saudaranya karena kecurigaan bahwa wajahnya tidak memiliki kemiripan genetika dengan saudara-saudara sang lain. Kecurigaan tersebut pun terbukti benar, pria lansia tersebut adalah korban bayi yang tertukar dengan bayi laki-laki lain saat baru lahir di rumah sait San-Ikukai Hospital. Pihak keluarga pun langsung menuntut ganti rugi ke rumah sakit dan meminta mereka untuk melakukan pelacakan guna menemukan saudara laki-laki kandung mereka! Dokumen dan data-data 60 tahun yang lalu pun digali kembali hingga ditemukannya informasi tempat tinggal saudara kandungnya. Betapa mirisnya setelah mereka menemukan fakta bahwa selama 60 tahun saudara kandungnya tersebut hidup serba kekurangan. Dan yang lebih menyedihkan lagi, sang ibu yang serba kekurangan tersebut selang beberapa hari kemudian meninggal dunia karena telah mengetahui bahwa selama 60 tahun anak yang telah ia rawat bukanlah anak kandungnya!

Shirley Morgan dan Debra Munoz – Tertukar dan Diketahui Karena Firasat Ayah

 

Shirley Morgan diketahui merupakan anak bungsu dari Jim Morgan dan istrinya. Di usianya yang telah memasuki kepala empat, Shirley harus mengalami insiden pahit ketika mengetahui bahwa selama ini ia bukanlah anak kadung dari pasangan suami istri Morgan ini. Bermula pada saat Jim Morgan yang mengalami sakit keras di usia 80 tahun dalam kondisi kritis mengungkapkan tanda tanyanya selama berpuluh tahun tentang firasatnya bahwa Shirley sepertinya bukanlah anak kandungnya. Pertanyaan dan kecurigaan tersebut telah ia simpan berpuluh tahun karena ia amat menyayangi istri dan juga Shirley. Demi membahagiakan sang ayah yang seolah sudah diujung maut, Shirley bersedia menjalani tes DNA. Dan benar saja, hasil tes menjelaskan bahwa Shirley bukanlah anak kandung Jim Morgan dan istrinya. Bersama dengan anak Jim Morgan yang lain bernama Kathie, mereka melakukan pelacakan hingga menemukan kesimpulan bahwa Shirley telah tertukar setelah lahir di rumah sakit. Tak perlu menunggu waktu lama, mereka kemudian melanjutkan pelacakan dengan mencari orang yang disebut-sebut tertukar dengan Shirley. Takdir Tuhan tidak bisa dielak, seorang wanita bernama Debra Munoz akhirnya diketahui adalah anak kandung Jim Morgan yang tertukar dengan Shirley setelah lahir pada 43 tahun lebih yang lalu!

Kisah nyata para bayi yang tertukar diatas benar-benar mampu menguras emosi dan air mata. Semua kisahnya terasa lebih menyedihkan dan mengharukan dibandingkan dengan kisah serupa dalam serial televisi. Ada beberapa hikmah yang bisa diperoleh dari kisah-kisah orang diatas yaitu bahwa ikatan darah akan selalu akrab dengan intuisi sementara juga ikatan kasih sayang tak selalu berasal dari apa-apa yang sedarah. Semoga menginspirasi kita semua!

Sumber referensi:
http://www.mbakbro.com/2015/04/Daftar-5-Kasus-Mengharukan-Bayi-Yang-Tertukar.html
http://www.news.com.au/lifestyle/relationships/girls-callie-johnson-and-rebecca-chittum-switched-at-birth-are-now-18/story-fnet09p2-1226760330675


Related Article

Paling Aneh