Berita Aneh Unik

Ukuran Kolam Renang paling Dalam Di Dunia

11 Sept 2016

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk beristirahat dari seabrek aktivitas yang menjenuhkan dan melelahkan adalah rekreasi atau melakoni hobi yang disukai seperti jalan-jalan, memancing, berenang dan lain sebagainya. Aktivitas semacam itulah yang sering dianggap mampu membuat suasana hati dan pikiran kembali rileks, secara psikis pun juga bisa menghindari stress dan tegang.



Bicara soal kegiatan berenang, aktivitas ini tak hanya sekedar sarana rekreasi saja melainkan juga menjadi sarana olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Berenang bisa dilakukan segala kalangan usia mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, bahkan sat ini sedang populer renang mulai dilatihkan untuk bayi. Nah, salah satu sarana utama untuk berenang adalah kolam renang. Bagi sahabatanehdidunia.com yang suka berenang berikut kolam renang terdalam di dunia.

Kolam Renang Nemo 33 kedalaman mencapai 34,5 meter

Salah satu kolam renang buatan yang terdalam di dunia terletak di negara Belgia. Kolam renang tersebut adalah kolam renang Nemo 33 dan pernah mendapat rekor sebagai kolam renang indoor terdalam di dunia. Kolam renang ini dirancang oleh seorang ahli diving terkenal bernama John Nuttyheart dengan kedalaman mencapai 34,5 meter! Dengan kedalamannya yang jauh dari ukuran kolam renang biasa, kolam renang Nemo 33 ini tak hanya sering digunakan untuk ativitas berenang namun juga menyelam. Nemo 33 berada di pusat kota Brussels dan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin menikmati tantangan baru dalam berenang dan menyelam. Bagi siapapun yang ingin menikmati tantangan berenang di kedalaman 34,5 meter ini harus mengikuti training terlebih dahulu ataupun yang sudah memiliki sertifikat menyelam. Salah satu keunikan lain dari tempat yang dibuka secara resmi di bulan Mei 2004 ini adalah adanya fasilitas menarik seperti kafe, toko-toko untuk belanja oleh-oleh dan lain sebagainya. Keunikan posisi afe yang hampir sejajar dengan kedalaman kolam renang ini pun  menjadi magnet tersendiri karena bagi pengunjung kafe bisa melihat pemandanga bawah kolam renang yang dilewati para perenang dan penyelam kolam renang Nemo 33.

Kolam Renang Y-40 kedalaman hingga 42 meter

Setelah dari Belgia mari bertolak menuju bagian dari benua Eropa lainnya yakni Italia. Sebuah hotel yang terletak di timur laut Italia yakni Hotel Terme Millepini membangun sebuah kolam renang buatan yang jika dilihat dari kedalamannya lebih cocok disebut danau buatan. Bagaimana tidak? kolam renang yang diberi nama Y-40 ini memiliki kedalaman hingga 42 meter dan membuat kolam renang ini berhasil memecahkan rekor sebagai kolam renang buatan terdalam di dunia yang sebelumnya dimiliki kolam renang Nemo 33. Kolam renang Y-40 dibuat memang dibuat sebagai salah satu fasilitas hotel namun tak asal-asalan. Y-40 bahkan memiliki klub khusus untuk penyelam maupun perenang yang sering melakukan kegiatan di tempat tersebut. Kolam renang ini diresmikan pada tanggal 5 Juni 2014 dengan mempertimbangkan ukuran suhu pada airnya mulai 85o C hingga 34o C sehingga penyelam tak mengalami hipotermia saat memacu adrenalinnya pada kedalaman yang sangat dalam tersebut. Kolam renang Y-40 di dalamnya juga memiliki fasilitas seperti pengeras suara yang diletakkan di beberapa titik kedalaman dan berfungsi untuk menyampaikan informasi terkait kolam renang maupun hotel sekaligus untuk memutar musik yang bisa menambah suasana rileks ketika berenang atau menyelam. Kolam renang yang memiliki luas 21 x 17 meter ini bisa menjadi destinasi liburan sekaligus menginap ketika anda sedang di Italia.

Kolam Renang Colchester kedalaman 50 meter

Sebuah Universitas di Inggris berencana untuk membuat kolam renang buatan dengan tingkatan dalam yang digadang-gadang mampu memecahkan rekor kedalaman kolam renang Y-40. Yup, memang masih rencana tapi proyek pembuatan kolam renang ini benar-benar akan digodog habis-habisan dan diseriusi oleh Universitas Essex. Tak tanggung-tanggung, pihak Universitas Essex berniat untuk membuat kolam renang dengan kedalaman 50 meter! Menurut kabar yang beredar, kolam renang yang dijuluki kolam renang Colchester ini akan menghabiskan dana hingga Rp. 591,4 miliar bahkan lebih. Berbeda dengan dua kolam renang sebelumnya yakni Nemo 33 dan Y-40 yang benar-benar ditujukan untuk lokasi wisata, kolam renang Colchester ini dibuat untuk kepentingan penelitian. Itu artinya kolam renang ini tak dibuka untuk umum. Penelitian yang dimaksud adalah terkait dengan kelautan dan luar angkasa seperti simulasi luar angkasa dan laut dalam. Untuk mewujudkan proyek besar ini, Universitas Essex menggandeng Blue Abbys masuk kedalam tim. Entah persisnya seperti apa, namun jika kolam renang ini benar-benar dibuat sudah dipastikan akan memecahkan rekor kolam renang buatan terdalam di dunia yang hingga saat ini masih dipegang Y-40.

Sahabatanehdidunia.com itulah tiga daftar kolam renang buatan terdalam di dunia. Dari informasi diatas bisa diketahui bahwa merealisasikan kolam renang dengan tingkat kedalaman yang melebihi kolam renang umumnya tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Setelahnya, perawatan dan tingkat keamanan juga selalu ditingkatkan untuk menghindari kecelakaan atau insiden berbahaya lain ketika para pengunjung berenang atau menyelam di tempat tersebut. Apakah Indonesia tertarik membuat kolam renang buatan dengan kedalaman yang tak wajar juga?

sumber referensi:
http://travel.detik.com/read/2012/10/17/100426/2064648/1383/ini-dia-kolam-renang-paling-dalam-di-dunia
https://www.brilio.net/news/perkenalkan-y-40-kolam-renang-terdalam-di-dunia-1507146.html
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/07/150722_majalah_kolamrenang_terdalam
https://en.wikipedia.org/wiki/Nemo_33
https://it.wikipedia.org/wiki/Y-40


Related Article

Paling Aneh