Berita Aneh Unik

Ajang Kontes Kecantikan Paling Aneh Di Amerika

18 Sept 2016

Jika membicarakan soal kontes kecantikan, yang pertama kali terlintas di benak kebanyakan orang tentu sebuah kontes yang mempertandingkan kecantikan para wanita baik itu segara ragawi maupun Intelegen. Dan salah satu negara yang paling sering mengadakan kontes ini tentu saja adalah Amerika, selain karena negara ini memang memiliki luas wiyalah yang cukup luar biasa dan juga puluhan negara bagian. Amerika juga di kenal dengan industri kosmeti yang cukup berkembang dengan banyak Brand besar yang tentu akan dengan sangat rela menggelontorkan dana berapapun untuk mensponsori sebuah kontes kecantikan. Salah satu pengusaha besar Amerika yaitu Donald Trump, bahkan sudah seajk lama menjadi sponsor utama untuk peyelenggaraan Miss Universe. Hal ini terjadi karena meski terkesan sepele sebuah kontes kecantikan bisa menjadi sarana yang sangat ampuh bagi promosi sebuah produk maupun Perusahaan tertentu. Tapi mari kita kesampingkan dulu faktor tersebut, dan sedikit menilik ke sejarah dimana sebuah kontes kecantikan ternyata tak melulu mempertandingkan soal kecantikan dan juga kecerdasan. Tepatnya di Amerika pada abad ke 20 banyak kontes kecantikan yang bisa dibilang agak nyeleneh. Kontes-kontes ini memiliki definisi mereka sendiri untuk urusan kecantikan wanita. Karena itu anehdidunia.com akan memberikan ulasan tentang beberapa Kontes Kecantikan Paling Aneh Di Amerika, tentunya versi anehdidunia.com

Miss Lovely Eyes

Sesuai dengan namanya Miss Lovely Eyes merupakan kontes kecantikan yang menilai keindahan mata dari seorang wanita. Kontes yang populer di Amerika pada tahun 1930 ini mungkin terdengar biasa saja, namun jika kita melihat atribut yang di kenakan oleh para wanita ini selama kontes ini, maka kita akan segera menyadari betapa anehnya kontes yang satu ini. Selama berlangsungnya kontes ini, para peserta di wajibkan untuk menggunakan sebuah topeng yang hampir menutupi seluruh bagian wajah, kecuali bagian mata. Penggunaan topeng yang kadang bentuknya menyeramkan ini dimaksudkan agar para juri dapat menilai keindahan mata dari tiap kontestan, tanpa terpengaruh oleh wajah dari para kontestan.


Sempat menghilang selama beberapa dekade, kontes aneh ini sempat kembali di adakan kembali dengan nama “Miss Beautiful Eyes” di sebuah Kamp liburan di Inggris. Dalam kontes ini para peserta tak di haruskan memakai topeng penutup wajah melainkan di sediakan sebuah bilik untuk menyembunyikan tuguh dan wajah mereka dan hanya menyisakan sedikit lubang untuk memperlihatkan mata indah mereka. Acara yang sempat di tayang secara lansung di beberapa televisi lokal ini sayangnya tak bertahan lama, karena kurangnya peminat yang mengikuti kontes aneh ini.

Miss Perfect Posture

Pada tahun 1950 hingga 1960, asosiasi ahli Ortopedi, Amerika mengadakan sebuah kontes kecantikan anehbernama Miss Perfect Posture, dimana para pesertanya tak hanya dinilai berdasarkan kecantikan mereka tapi juga postur tubuh mereka ketika sedang berdiri. Dalam kontes ini terdapat beberapa kriteria penelitian utama, yang pertama adalah kelurusan tulang belakang yang di cek menggunakan sebuah tali dengan sebuah bola pendulum sebagai pemberatnya, Foto sinar-x untuk melihat kesempurnaan struktur tulang para kontestan. Kedua kriteria ini kemudian akan di bandingkan dengan berat badan tiap kontestan, menurut para ahli Ortopedi ini, proporsi tulang yang sempurna akan mampu menopang tubuh dengan baik.


Kontes ini sendiri diadakan untuk mengkampanyekan, pentingnya kesehatan tulang, dan bahwa proporsi tulang yang baik dapat meningkatkan kwalitas hidup seseorang. Sayangnya kontes ini tak bertahan lama, karena hanya dinilai sebagai akal-akalan asosiasi ahli Ortopedi, Amerika untuk meningkatkan popularitas mereka.

Miss Vampir Amerika

Pada tahun 1970 di Amerika terdapat sebuah kontes kecantikan aneh bernama Miss Vampir Amerika. Kontes yang di adakan dalam rangka pormosi sebuah film Horor berjudul House of Dark Shadows ini di adakan di hampir seluruh kota besar yang ada di Amerika. Dalam kontes yang anehnya cukup populer di kota New York dan Los Angeles ini. Para peserta yang kebanyakan berusia antara 18 hingga 25 tahun di minta untuk berdandan semirip mungkin dengan sosok vampire, baik itu secara kostum maupun bahasa tubuh maupun ucapan. Bahkan hal-hal aneh dan tak biasa boleh di gunakan untuk membuat kostum dan make up asal bisa terlihat mirip dengan vampir. Benda-benda aneh yang di gunakan para kontestan diantaranya, gaun yang terbuat dari kian kafan hingga kalung yang terbuat dari gigi manusia. Meski terkesan aneh namun banyaknya minat para gadis mengikuti kontes nyeleneh ini tak lepas dari hadiah utama yang di tawarkan yaitu, kesempatan untuk mendapatkan peran utama dalam acara televisi Dark Shadow selama seminggu penuh. Kontes kecantikan aneh ini sendiri akhirnya di menangkan oleh Sacheen Littlefeather, seorang gadis yang dinilai paling mirip dengan sosok vampir.

Miss Beautifull Ape

Kontes aneh berikutnya bernama "Miss Beautiful Ape" yang kalau di artikan dalam bahasa Indonesia, kurang lebih berarti "Kontes Kera Tercantik." Kontes yang diadakan pada tahun 1972 di Amerika ini, sebenarnya merupakan ajang promosi bagi sebuah film berjudul Conquest of the Planet of the Apes, yang dirilis pada tahun tersebut. Dalam kontes kecantikan aneh yang dipandu oleh, presenter TV paling populer saat itu Gary Owen. Para pesertanya diwajibkan untuk mengenakan topeng wajah mirip kera sambil berlenggak-lenggok di atas panggung. Tampilan yang sudah aneh ini kiar diperparah dengan fakta bahwa hampir semua kontestan hanya mengenakan bikini sebagai kostumnya. Terlebih lagi kontes ini di adakan di runag terbuka yang membuat kontes ini lebih terlihat seperti sebuah sirkus keliling. Sedangkan pemenang dari kontes aneh ini sendiri adalah, Dominique Green (kontestan no 2). Berkat kemenanganya ini Dominique, berhak mendapatkan peran dalam film Battle for the Planet of the Apes, yang diproduksi tak lama kemudian.

Miss Atom

Usai perang dunia ke II, Amerika sempat di guncang deman yang aneh. Namun demam ini bukanlah demam yang ada kaitanya dengan penyakit atau hal sejenisnya melainkan demam atom. Usai keberhasilan negara ini memaksa Jepang mendeklarasikan kekalahan mereka pada peranf dunia II, menyulul di jatuhkanya Bom Atom di kota Hiroshima dan Nagasaki. Rakyat Amerika seolah tenggelam dalam euforia, tentang segala hal yang berbau bom pemusnah massal ini. Dan salah satu bukti euforia ini adalah dengan di adakanya kontes kecantikan bertajuk, Miss Atom yang di selenggaralkan di Las Vegas, Nevada pada tahun 1950an. Dalam kontes nyeleneh yang pertama kali di adakan di Hotel dan Kasino bernama El Rancho. Para peserta di wajibkan memakai kostum berbentuk awan ledakan bom atom yang terbuat dari bulu woll seberat 4-5kg. Kontes Miss Atom ini sendiri di menangkan oleh seorang penari bernama Candyce King, yang sekilas dandananya mirip dengan Marlyn Monroe.

Sahabat anehdudunia.com itulah berapa kontes kecantikan aneh yang berasal dari negara Amerika. Jika kita lihat-lihat lagi hampir sebagian semua kontes kecantikan aneh tersebut, selalu berkaitan dengan semacam promosi sebuah produk maupun film, yang memang sangat sesuai dengan citra negara industrialis macam Amerika, yang rela melakukan hal apapun untuk mempromosikan produk mereka.

Referensi:

http://listverse.com/2016/09/03/10-bizarre-beauty-pageants-from-the-past/


Related Article

Paling Aneh