Berita Aneh Unik

Mengenal Alas Roban Jalur Paling Angker Di Jateng

02 Sept 2016

Sahabat anehdidunia.com bagi kalian yang tinggal di luar Jawa Tengah, mungkin masih asing saat mendengar Alas Roban atau mungkin banhkan menganggapnya biasa saja. Namun bagi masyarakat Jawa Tengah, nama Alas Roban merupakan suatu yang memiliki arti Istimewa, karena itu merupakan nama dari sebuah wilayah dengan jalur yang dianggap paling angker di provinsi ini. Di sepanjang jalur yang berselimutkan hutan belantara ini. Terdapat berbagai cerita mistis tentang penampakan yang kerap muncul, hingga seringnya kecelakaan maut yang terjadi di jalur ini. Dan cerita-cerita ini bukanah isapan jempol belaka, karena di Alas Roban hingga kini masih terjadi beragam kejadian mistis yang sulit untuk di jelaskan dengan logika. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan mengupas sisi gelap jalur Alas Roban dalam artikel Mengenal Alas Roban Jalur Paling Angker Di Jateng, versi anehdidunia.com

Jalan Yang Dibangun Dengan Darah

Dibangun pada abad ke 18, kala Indonesia masih dalam masa penjajahan VOC, De Grote Postweg atau yang sekarang lebih di kenal dengan Alas Roban. Merupakan sebuah jalan yang di gagas oleh Herman Willem Daendels dan dibangun menggunakan tenaga dari para pekerja paksa yang merupakan kaum pribumi. Untuk membangun jalan ini merupakan pekerjaan yang maha berat, karena harus membabati hutan dan juga membelah gunung. Terlebih dengan perlakuan semena-mena dari pemerintah VOV, yang tak hanya memeras tenaga dan keringat dari para pekerja paksa namun juga tak memberikan waktu istirahat yangcukup dan juga memperlakukan mereka dengan sangat buruk.


Akibatnya bisa di tebak, para pekerja paksa yang mayoritas merupakan pribumi ini pun akhirnya banyak yang meninggal akibat kelelahan serta penyiksaan yang di lakukan oleh Pemerintah Belanda. Mayat dari pekerja paksa ini pun tak diperlakukan dengan layak dan hanya di buang begitu saja di sepanjang tepi jalan alas Roban. Karena itu hingga saat ini di jalur Alas Roban, sering terdengar suara-suara misterius hingga penampakan yang dipercaya merupakan arwah dari para pekerja paksa yang gentayangan.

Jalur Yang Mengerikan

Sahabat anehdidunia.com meskipun hanya terlihat seperti jalan raya biasa. Namun untuk melewati alas Roban tak hanya dibutuhkan kendaraan yang dalam kondisi baik, tetapi juga mental yang kuat. Karena saat melewati jalur ini, kita tak hanya akan dihadapkan dengan jalanan yang berliku dan curam. Dengan berbagai macam belokan tajam serta medan yang naik dan turun. Orang yang melewati jalur ini tak hanya harus memiliki kendaraan yang dalam kondisi baik tapi juga mental yang kuat agar tak kelelahan di jalan.


Terlebih beberapa titik di jalur ini terkenal sangat gelap, hingga dapat menimbulkan kecelakaan fatal jika si pengemudi tak benar-benar waspada. Ditambah lagi dengan banyaknya kasus penampakan dari makhluk halus. Yang konon suka menumpang kendaraan yang lewat untuk menyesatkan penumpangnya ke sebuah tempat yang tak terduga.

Dikenal Sebagai Tempat Pembuangan Mayat

Diantara berbagai rumor yang senantiasa menghiasi nama Alas Roban, mungkin ini adalah yang paling mengerikan. Karena selain terkenal sebagai jalur yang sangat sunyi. Alas Ronban juga merupakan tempat yang terkenal, menjadi tempat favorit untuk membuang mayat korban kejahatan. Konon dulu bahkan para Petrus atau Penembak Misterius menjadikan tempat ini sebagai lumbung bagi mayat dari orang-orang yang mereka habisi.


Dahulu kala katanya ada orang yang secara langsung melihat hal ini, yang kemudian tersebar luas hingga sekarang. Namun anehnya meskipun telah di gunakan untuk membuang puluhan atau mungkin bahkan ratusan mayat. Namun mayat-mayat ini seolah menghilang di telan bumi dan lenyap begitu saja. Muncul beberapa dugaan diantaranya adalah mayat-mayat ini di bawa oleh hewan buas ke dalam hutan atau memang tertelah bumi karena kontur tanah di sebagian wilayah Alas Roban yang memang di dominasi oleh tanah liat yang berlumpur. Kengerian ini kian bertambah dengan kabar mengenai arwah dari mayat-mayat ini yang konon bergentayangan dan suka mengganggu orang yang lewat.

Jalur Yang Rawan Kecelakaan

Selain terkenal dengan cerita mistisnya, Alas Roban juga merupakan area yang terkenal sangat rawan akan lakalantas atau kecelakaan. Jika harus menghitung berapa banyak nyawa yang telah melayang di jalur ini, rasanya tak akan selesai dalam sehari. Karena sudah ratusan kecelakaan fatal, mulai dari perseorangan hingga beruntun yang kebanyakan mengakibatkan korbanya meningal dunia. Menurut kesaksian warga setempat, banyaknya kecelakaan ini di tunjang beberapa faktor, mulai dari jalur Alas Roban yang begitu sepi dan gelap hingga menguras stamina para pengemudi yang lewat. Hingga beragam kisah gangguan makhluk halus, yang membuat para pengemudi kehilangan fokus hingga mengakibatkan kecelakaan fatal.
Tak cukup sampai di situm hal ini kian diperparah dengan jalanan aspal yang terkenal licin dengan tikungan yang tajam. Sayangnya meski begitu tetap banyak kendaraan yang melaju dngan kecepatan tinggi, hingga membuat resiko kecelakaan kian meningkat. Kebanyakan dari para pengemudi ini mungkin ingin segera meninggalkan Alas Roban karena wilayah ini memang sangat sepi dan bisa membuat orang yang kecil hantinya akan merasa ketakutan.

Pantangan Yang Wajib Di Patuhi Di Alas Roban

Setelah membahas berbagai macam fakta mengerikan tentunya kita juga harus membahas cara untuk menanggulangi segala hal buruk yang mungkin terjadi di Alas Roban. Hal ini sebenarnya mudah karena Alas Roban memiliki beberapa pantangan yang harus di patuhi ingin selamat saat melewatinya. Beberapa pantangan tersebut diantaranya, jangan mengemudi di malam. Usahakan untu melewati jalur Alas Roban saat keadaan masih terang. Waktu yang baik untuk melewati jalur angker ini adalah pagi dan suang hari, ketika mataharai masih bersinar. Hal ini dimaksudkan agar kita terhindar dari kabut yang memang kerap turun di wilayah hutan Alas Roban saat menjelan sore dan petang. Dengan adanya kabut ini tentu akan mengurangi daya pandang, yang tentu akan menyulikan kita untu melihat jalan dengan benar.


Pantangan berikutnya adalah, dengan selalu mengacuhkan hal-hal aneh yang terlihat di jalan. Jika merasa hal yang kita lihat saat melewati Alas Roban merupakan sesuatu yang ganjil, maka jangan perdulikan hal tersebut. Karena percaya tak percaya hal tersebut merupakan godaan dari makhluk halus yang jika kita tanggapi, bisa berbuah bencana. Terlebih konon katanya, jika kita sekali saja menanggapi godaan ini, maka sepanjang jalur Alas Roban Kita akan selalu di ganggu oleh makhluk halus secara silih berganti.

Sahabat anehdidunia.com itulah sisi lain dari jalur Alas Roban, yang merupakan sebuah jalur transportasi penting di Jawa Tengah, dengan segala keangkeran dan cerita misitis doi dalamnya. Semoga ini bisa menambah kewaspadaan sahabta anehdidunia saat berkendara terutama di jalur-jalur yang terkenal angker seperti halnya Alas Roban.

Referensi:
http://www.boombastis.com/misteri-alas-roban/76841


Related Article

Paling Aneh