Supranatural

Paranormal Paling Terkenal di Dunia, Adakah Yang Dari Indonesia?

19 Sept 2016

Kita pasti sudah tidak asing jika mendengar kata paranormal, yang dikenal sebagai seseorang yang memiliki kekuatan indera keenam untuk dapat melihat sesuatu di masa depan.  Paranormal berasal dari bahasa Yunani, yaitu “para” yang artinya “di luar” atau “melampaui” dan “normal”. Berarti, paranormal adalah sesuatu yang melampaui batas normal. Paranormal juga dikenal identik dengan hal-hal yang bersifat magis. Selain dapat melihat dan meramalkan masa depan, paranormal juga dikenal dapat melihat makhluk halus dan hal mistik lainnya.

Di Indonesia, paranormal dikenal dengan dukun, yang mana mereka merupakan orang-orang yang dapat melakukan hal-hal diluar batas kemampuan manusia biasa lainnya. Paranormal secara definitif merupakan suatu istilah yang digunakan untuk fenomena psikis, pengalaman dan kejadian yang memiliki kaitan dengan jiwa dan pikiran, yang mana tidak dapat dijelaskan dengan prinsip fisika. Dunia magis dalam kehidupan paranormal yang terkadang dianggap tidak masuk akal karena memang merupakan sesuatu yang aneh seperti santet, yang juga merupakan salah satu gejala paranormal. Berikut ini merupakan paranormal yang paling terkenal di dunia, bahkan yang telah ada sebelum abad ke 20 versi anehdidunia.com.

Nostradamus

Michel de Nostredame, atau yang biasa dikenal dengan Nostradamus merupakan seorang paranormal yang telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia karena ramalan-ramalannya yang dianggap sangat tepat. Nostradamus berdarah Yahudi dan berasal dari Suku Issacher, yang mana merupakan suku yang dikenal akurat dalam ramalan bulan, bintang, dan benda-benda langit lainnya. Ia lahir pada 14 Desember 1503 di Boulougne, Perancis. Nostradamus sebelumnya merupakan mahasiswa kedokteran di Universitas Montpellier pada tahun 1522, dam berhasil menyelesaikan pendidikannya serta mendapatkan gelar dokter hanya dalam waktu 3 tahun. Nostradamus kemudijhhan menikah dengan seorang gadis bernama Adriea Loubejac. Nostradamus terkenal dengan ramalannya mengenai Revolusi Perancis, melemahnya paham komunis, munculnya Napoleon, adanya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, serta adanya serangan yang terjadi di gedung kembar menara WTC di New York pada 11 September 2001 lalu. Nostradamus pun juga pernah meramalkan kematiannya, dan ramalannya sangat tepat karena ia benar-benar meninggal pada 2 Juli 1566 karena menderita gout, yaitu persendian bengkak dan nyeri yang kemudian menjadi sangat parah dan menyebabkan kematian. Setalah kematiannya, ia tak hilang begitu saja dalam dunia paranormal. Buku-buku ramalannya bahkan telah dicetak ulang selama lebih dari 400 tahun.

Edgar Cayce

Edgar Cayce merupakan salah satu paranormal yang juga terkenal di dunia. Ia lahir di Hopkinsville, Kentucky, Amerika, pada 18 Maret 1877.  Selain menjadi paranormal, Edgar juga dapat menyembuhkan penyakit. Bahkan ia disebut sebagai nabi tidur. Kemampuan yang ia miliki mulai ia dapatkan saat ia berusia 13 tahun. Edgar mulai bisa meramalkan masa depan, yakni ramalan tentang adanya Perang Dunia I dan II, runtuhnya pasar saham tahun 1929, serta didirikannya Israel dan kemerdekaan India. Tetapi ada juga cerita lain yang menjelaskan bahwa bakat luar biasa yang dimiliki Edgar ia miliki saat ia berusia 9 tahun, dimana saat itu Ayahnya mencoba untuk mengajarkan kepada Edgar mengenai dasar-dasar ejaan. Edgar sudah mencoba untuk mempelajari, namun tetap tidak bisa. Ayahnya marah sampai menarik kursi yang Edgar duduki. Lalu, Edgar mendengar suara aneh yang mengatakan “jika anda tidur, kami dapat membantumu.” Edgar kemudian tidur dengan buku ejaan yang ia letakkan di bawah kepalanya. Saat ia terbangun, Edgar merasa ia dapat menguasai isi dari buku ejaan tersebut dan dapat mengulangi setiap kata dalam buku tersebut. Keahlian yang Edgar miliki untuk menyembuhkan orang lain sebenarnya bukan dengan tangannya sendiri. Namun, ia menyembuhkan melalui ramalan yang ia miliki. Sebagai contoh, ada seseorang yang datang padanya untuk menjelaskan penyakit dan meminta Edgar untuk melihat apakah yang dialami oleh orang tersebut adalah radang usus buntu. Kemudian, Edgar mengatakan bahwa sebenarnya yang orang tersebut alami hanya syaraf tegang di bagian bawah tulang belakang. Edgar menyarankan untuk melakukan perawatan tulang pada ahli tulang. Ternyata, yang dikatakan Edgar benar dan telah terbukti bahwa yang diperlukan hanya perawatan pada tulang punggung agar kembali ke posisinya untuk memulihkan kesehatannya.

Jucelino Nobrega da Luz

Jucelino juga merupakan salah satu peramal yang terkenal dunia, lahir di Brazil pada 7 Maret 1960. Selain menjadi paranormal, ia adalah seorang guru di Brazil. Banyak yang menganggapnya bahwa ia adalah Nostradamus modern karena ramalannya yang dianggap akurat mengenai prediksi peristiwa bencana selama 15 tahun terakhir. Bahkan, ramalan mengenai bencana tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004 lalu pun telah ia ramalkan lengkap dengan tanggal, bulan, dan tahunnya. Ternyata, kejadian tersebut benar-benar terjadi di Aceh. Ia juga pernah mengirimkan ramalannya melalui  surat peringatan kepada Presiden Amerika dan Kedutaan Inggris pada 26 Oktober 1989 lalu melalui pos dan telah tercatat di kantor notaris kota Palana mengenai penyerangan pada gedung WTC yang akan terjadi dua kali pada tahun 1993 dan tahun 2001, seperti yang pernah Nostradomus ramalkan.

Vangelia Pandeva Dimitrova

Vangelia Pandeva Dimitrova lahir pada 31 Januari 1911 di Strumica, Makedonia. Ia kemudian menghabiskan hidupnya di Bulgaria, dan dikenal dengan panggilan Baba Vanga. Vanga juga merupakan salah satu paranormal terkenal di dunia. Meskipun ia harus kehilangan penglihatannya pada usia 12 tahun akibat badai tornado yang dialaminya dan membuat banyak pasir yang masuk ke dalam matanya. Vanga mulai bisa melihat kejadian di masa depan pada usia 16 tahun. Ia meramalkan mengenai tenggelamnya kapal selam nuklir milik Rusia, Kursk pada bulan Agustus 2000, dan ramalan yang sama dengan Nostradamus dan Jucelino mengenai serangan pada gedung WTC di New York tahun 2001. Baba Vanga juga pernah meramalkan pada tahun 90-an bahwa Amerika akan dipimpin oleh seseorang berkebangsaan Afrika-Amerika yang berkulit hitam pertama. Ramalan tersebut terbukti, dan presiden Amerika sekarang adalah Barack Obama. Menurut Vanga, presiden tersebut juga akan menjadi presiden terakhir dari Amerika. Selain meramal, Baba Vanga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang yang sudah mati. Vanga juga dapat menjawab pertanyaan mengenai dimana letak seseorang yang sudah meninggal, meskipun seseorang tersebut sudah meninggal. Kemampuan tersebut dimilikinya semenjak luka pada matanya sudah tak dapat disembuhkan.

Jayabaya

Masyarakat Indonesia pasti tak asing dengan Jayabaya. Ia adalah seorang peramal yang terkenal mampu melihat kejadian jauh di masa depan. Walaupun Jayabaya hidup pada jaman jauh sebelum era modern, tepatnya pada tahun 1135 di Kerajaan Kediri, tetapi ramalannya dikenal luas hampir di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Ramalannya ditulis oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh, dan sejauh ini nada 216 ramalan Jayabaya yang ditulis di dalam buku yang terkenal berjudul “Jangka Jayabaya”. Jayabaya pernah meramalkan bahwa Pulau Jawa akan terpecah-pecah menjadi pulau-pulau kecil, dimana dulunya Jawa masih menyatu dengan pulau-pulau lain. Kemudian, Jayabaya juga meramalkan bahwa akan marak seks bebas di dunia. Ia berkata “Wong wadon ilang kawirangane, wong lanang ilang prawirane.” Maksudnya adalah, banyak perempuan yang hilang rasa malunya dan banyak laki-laki yang hilang kehormatannya. Kemudian, ramalan yang telah terbukti adalah mengenai praktek korupsi yang banyak dilakukan oleh para pejabat. Munculnya pesawat terbang dan kereta api juga pernah di prediksi oleh Jayabaya. Dimana nantinya orang-orang sudah jarang yang menggunakan kuda yang dulunya digunakan sebagai alat transportasi. Pulau Jawa yang saat ini memang sering terjadi banjir juga telah diramalkan oleh Jayabaya.

Sahabatanehdidunia.com mendengar ramalan yang telah diramalkan oleh paranormal terkadang membuat kita tertarik dan penasaran, akankah benar-benar terjadi, ataupun hanya perkiraan saja. Walaupun banyak ramalan dari paranormal yang terkenal di dunia ini terjadi, tetap saja kita tidak bisa langsung mempercayai begitu saja akan kebenarannya. Tak peduli ramalan tersebut telah diramalkan beberapa tahun sebelumnya. Sebagian orang ada yang meyakini bahwa ramalan tersebut terjadi hanya karena kebetulan. Percaya atau tidak, benar atau tidak, semuanya tergantung pada masing-masing orang yang meyakininya.

Sumber referensi:
http://www.biografiku.com/2009/01/biografi-nostradamus.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Paranormal
https://henkykuntarto.wordpress.com/2009/08/12/kisah-edgar-cayce-peramal-dan-penyembuh/
http://riaupos.co/24329-arsip-jucelino-nobrega-da-luz-meramal-akhir-dunia.html#.V9-d01t97IV
http://globeleaks.com/index.php/news/520/Baba-Vanga,-Sosok-yang-Meramalkan-kehancuran-Eropa-dan-Bangkitnya-Muslim-di-Bawah-Rezim-Rusia
https://www.merdeka.com/peristiwa/9-ramalan-jayabaya-yang-terbukti-kebenarannya/pulau-jawa-sering-terjadi-banjir.html


Related Article

Paling Aneh