Berita Aneh Unik

Tokoh Nazi Paling Berpengaruh Di Dunia Selain Adolf Hitler

26 Sept 2016

Nazi berasal dari bahasa Jerman Nationalszialismus. Nazi berkaitan dengan adanya Partai Pekerja Nasional-Sosialis Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler, tokoh Nazi yang pallng dikenali di seluruh dunia. Partai Pekerja Jerman atau dalam Bahasa Jerman Deutsche Arbeiterpartei (DAP) ini didirikan pada tanggal 5 Januari 1919 oleh Anton Drexler. Partai ini kemudian dipimpin oleh Hitler yang bergabung muai September dan berperan menjadi pemimpin propaganda, lalu resmi menjadi pemimpin utama pada 29 Juli 1921.

Nazi tentunya memiliki tokoh-tokoh yang disegani, karena merupakan sebuah organisasi yang besar. Nazi tak jauh dari kaitannya dengan kata sadis dan menakutkan. Tapi walaupun begitu, mereka adalah organisasi yang loyal pada partai, otoriter, dan ambisius. Para anggotanya tentu terdiri dari para sosok-sosok Jenderal yang pintar dan cerdas. Berikut ini adalah beberapa tokoh Nazi yang terkenal dan mempunyai pengaruh besar di dunia selain Adolf Hitler versi anehdidunia.com.

Heinrich Himmler

Heinrich Himmler lahir pada 7 Oktober 1900 di Munich, Bavaria, Jerman. Ia termasuk tokoh yang berpengaruh di Nazi. Himmler memegang semua kendali dari kepolisian dan tentara Jerman, maka dari itu ia adalah tokoh Nazi yang paling terkenal dari yang lainnya. Pada usia 44 tahun, Heinrich menjadi komandan Schutzstaffel (SS) Jerman yang berarti satuan pelindung. Sebagai Reichsfuhrer-SS, ia mengendalikan SS dan Gestapo, serta menjadi organisator utama Holocaust atau pemusnahan orang Yahudi. Pada awalnya, Heinrich ikut bergabung dengan militer Jerman sampai tahun 1918 bersama para pemuda-pemuda lainnya dan ikut membantu dalam Perang Dunia I. Setelah itu, Heinrich memilih untuk melanjutkan kuliah di Technische Hochschule, Munich, dan fokus mempelajari imu agronomi. Ia pun juga aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, dan mulai bergabung resmi di Partai Nazi dari pasukan khusus yang dibentuk oleh mantan veteran Perang Dunia I. Ia pun dikena menjadi petinggi di Nazi yang paling berutal dan paling kejam.

Hermann Goering

Hermann Goering, atau yang memiliki nama lengkap Hermann Wilhelm Goring lahir pada 12 Januari 1893 di Bavaria. Ia merupakan seorang tokoh Nazi yang juga seorang politikus. Karir politiknya berawal saat ia masuk menjadi anggota partai Nazi pada tahun 1922, dan memiliki pangkat Letnan Jenderal. Ia kemudian menjadi Reichstag pada tahun 1928 dan kemudian menjadi pemimpin parlemen pada tahun 1932-1933. Di Nazi, ia merupakan pemimpin militer yang memiliki pangkat yang tinggi, yakni Reichmarchall karena kecakapannya dalam bidang militer dan juga kedekatannya dengan Hitler. Ia juga merupakan pemimpin Gestapo, yang merupakan Polisi Rahasia Nazi. Goering mendapat pendidikan privat sebelum ia masuk ke akademi militer di Karlsruhe dan Lichterfelde. Bagi masyarakat di Jerman, ia sebenarnya merupakan seorang pahlawan pada Perang Dunia I. Namun kemudian ia dikenal sebagai seseorang yang paling kejam di Jerman dan menjadi sosok yang kontroversial dalam sejarah hidupnya. Apalagi, ia sempat ingin mengambil alih kekuasaan Hitler dan mengirimkan telegram pada Hitler setelah ia melarikan diri pada masa reruntuhan Jerman. Goering akhirnya ditangkap oleh pasukan Sekutu di Austria pada 8 Mei 1945 dan diadili di perang yang ada di Nuremberg, dan mendapat vonis mati. Namun sebelum ia sampai divonis mati, Heinrich meminum pi sianida di dalam sel tahanan dan kemudian mayatnya di kremasi, lalu abunya dibuang ke sungai.

Helmuth Otto Ludwig Weidling

Helmuth Otto Ludwog Weidling lahir pada 2 November 1891 di Halberstadt, Provinsi Saxony, Jerman. Ia termasuk tokoh tokoh Nazi dan juga seorang perwira berkebangsaan Jerman pada masa Perang Dunia II, dan memiliki jabatan sebagai General der Artillerie atau jenderal artileri. Ia mulai masuk militer pada tahun 1911, dan di awal karirnya ia bertugas pada resimen artileri medan di Breslau. Helmuth dikenal sebagai jenderal yang kharismatik. Ia diangkat menjadi komandan untuk Berlin pada 23 April 1945 dan mempertahankannya dari serangan Uni Soviet. Ia pernah akan dieksekusi oleh fuhrer karena ia diduga telah menarik pasukannya tanpa ijin dari front perlawanan melawan sekutu. Namun tuduhan tersebut tidak terbukti setelah ia dipanggil ke markas darurat. Jenderal Helmuth kemudian dipercaya untuk menjadi komandan tentara pertahanan oleh fuhrer yang masih tersisa di Berlin.

Martin Bormann

Martin Bormann lahir pada 17 Juni 1900 di Wegeleben, Prussia, Jerman. Ia termasuk tokoh Nazi yang juga berpengaruh di dunia. Martin sempat mendekam di penjara selama satu tahun karena ia teribat pembunuhan atas Walther Kadow yang dianggap sebagai penghianat negara. Tetapi setalah ia keluar dari penjara, ia bergabung dengan Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) di Kota Thuringia dan menjabat sebagai manajer bisnis pada tahun 1928. Ia kemudian menjadi dekat dengan Nazi dan Adolf Hitler, serta menjadi orang kepercayaan Hitler dan memiliki jabatan resmi sebagai sekretaris pribadinya. Martin Bormann memiliki karir yang terus meningkat dan ia kemudian menjadi anggota Reichsleiter NSDAP pada Oktober tahun 1933 dan menjadi anggota Reichstag (DPR).  Saking dekatnya dengan Hitler, banyak yang menganggap bahwa Martin adalah seseorang yang juga ikut pada peristiwa holocaust terhadap kaum Yahudi. Martin dikenal kasar, rasial, dan seorang penentang gereja. Meskipun begitu, ia sangat licin bermuslihat

Walter Richard Rudolf Hess

Walter Richard Rudolf Hess lahir pada 26 April 1894 . Ia juga termasuk tokoh Nazi dan seorang wakil dari Adolf Hitler di Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP). Walter pada awalnya ikut dalam dunia bisnis bersama ayahnya yang merupakan seorang pengusaha ekspor impor. Kemudian terjadinya Perang Dunia I membuat Walter masuk ke dalam Resimen ke-7 Bavarian Field Artillery. Dari situlah ketertarikannya pada dunia militer dan menjadi pasukan tempur. Sebelum pindah ke Angkatan Udara (The Imperial Air Corps), Walter diberi anugerah medali Iron Cross dan memiliki pangkat terakhirnya sebagai letnan. Sejak ia mendengarkan pidato politik dari Hitler pada Mei 1920, Walter tertarik dan ingin mengabdi sebagai orang kepercayaan Hitler, walaupun sempat tertangkap dalam Beer Hall Putsch, peristiwa revolusi gagal dan dipenjara bersama Hitler. Pada saat Jerman memiliki rencana untuk menyerbu Inggris, Walter tidak setuju dan memiliki misi rahasia yang ia anggap telah disetujui oleh Hitler ini, ia kemudian terbang menuju ke Skotlandia karena ia ingin mengadakan perundingan damai. Namun Walter kemudian tertangkap di Nuremberg dan saat diadili ia menyatakan tidak menyesal atas tindakan yang dilakukannya walaupun ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Demikian penjelasan mengenai tokoh-tokoh Nazi yang berpengaruh di dunia selain Adolf Hitler. Diantara mereka, ada yang pernah menjabat sebagai orang kepercayaan Hitler dan pada akhirnya memiliki jabatan tinggi. Walaupun ada juga yang berakhir karena mereka dianggap berkhianat, atau karena mereka tidak memiliki satu visi dan misi yang sama dengan Hitler. Meskipun mereka sudah meninggal namun nama mereka telah diukir dalam sejarah yang dikenang sampai saat ini karena pernah melakukan hal yang dianggap telah membela negara dan tanah airnya dan tentu saja karena loyalitasnya.

Sumber referensi:
http://www.tentik.com/inilah-10-jenderal-nazi-paling-berpengaruh/
https://sejarahperang.wordpress.com/2011/09/03/tujuh-tokoh-utama-nazi/
http://ifat-eth.blogspot.co.id/2011/09/walter-richard-rudolf-hess-tokoh-nazi.html


Related Article

Paling Aneh