Berita Aneh Unik

Negara Yang Berlakukan Aturan Nyeleneh Bagi Pengendaranya

13 Oct 2016

Jakarta adalah salah satu kota dengan tingkat kemacetan tinggi di Indonesia. Beberapa penyebab kemacetannya pun bermacam-macam. Mulai dari volume kendaraan yang semakin bertambah dari hari ke hari, kendaraan yang menerobos trotoar pejalan kaki, kecelakaan dan lain sebagainya. Hingga saat ini pemerintah masih berupaya untuk menanggulangi kemacetan yang bertahun-tahun lekat dengan kota Jakarta.

Membahas persoalan kemacetan di Jakarta, sebenarnya pemerintah sudah membuat peraturan lalu lintas untuk menekan angka kemacetan seperti dibuatnya jalur khusus busway, area 3 in 1 dan lain sebagainya. Namun karena tingkat kesadaran pengendara juga masih kurang, peraturan tersebut seolah tak ada hasil karena memang pengendaranya sendiri sering melanggar. Bicara soal pengendara, beberapa negara di bawah ini punya aturan nyleneh yang berlaku dan wajib dipatuhi oleh pengendara kendaraan bermotor.

Aturan Aneh Pengendara

Boleh Melawan Arah Di Alabama

Arah arus kendaraan di dunia memang bermacam-macam, ada yang dua arah, ada yang satu arah yang biasanya diperingatkan lewat keterangan rambu bahwa jalan tersebut hanya dipergunakan searah. Kalau di Indonesia, melawan arah arus jalan searah dianggap melanggar peraturan lalu lintas karena logikanya bisa mengundang kecelakaan. Tapi lain lagi di negara bagian Amerika Serikat yakni Alabama. Pengendara di wilayah tersebut boleh melawan arus kendaraan asalkan lampu mobil dinyalakan! Jadi pengendara yang melintas di jalan searah tak bisa dipastikan aman-aman saja ya sahabat anehdidunia.com.

Tidak Boleh Bersandar Makan dan Minum di Cyprus

Cyprus adalah salah satu negara yang memiliki beberapa peraturan nyleneh bagi pengendaranya. Pertama, pengendara di negara tersebut tak boleh makan, merokok bahkan minum saat menyetir! Dan kedua, di negara tersebut pengendara dilarang keras untuk menyandarkan satu tangannya ke jok atau pintu mobil dengan alasan apapun! Bagi yang ketahuan melanggar sudah dipastikan akan ditilang oleh polisi setempat. Kalau di Indonesia sih makan, merokok atau minum ketika menyetir malah sudah bagian dari kebiasaan.

Pengendara Mobil Boleh Menyetir Tanpa Busana Di Jerman

Meskipun Jerman merupakan salah satu negara penghasil mobil terbesar di dunia namun jumlah pengendara mobil di negara tersebut tak sebanyak di Indonesia. Sehingga mengatur pengendara disana lebih mudah dibandingkan di Indonesia. Satu aturan nyleneh bagi pengendara di Jerman adalah tak diperbolehkan sampai kehabisan bensin di tengah jalan! Jika ada pengendara yag kedapatan berhenti di pinggir jalan karena alasan kehabisan bensin, maka surat tilang langsung melayang ke tangan. Tak cukup itu saja, nylenehnya lagi pengendara yang menyetir mobil di Jerman boleh menyetir sambil telanjang! Yup, khusus pengendara mobil ya bukan pengendara sepeda motor!

Larangan Membeli Mobil Warna Hitam di Colorado

Warna hitam memang identik dengan kesan duka atau kesedihan. Mungkin karena alasan ini atau entah lagi jika ada alasan yang lain, namun yang jelas bahwa di negara bagian Amerika Serikat tepatnya di Colorado warganya tak diperbolehkan untuk bepergian dengan mengendarai mobil berwarna hitam. Terdengar aneh dan nyleneh memang tapi begitulah peraturan yang berlaku disana. Mungkin banyak warga Colorado yang menghindari membeli mobil berwarna hitam.

Aturan Nyeleneh Bagi Pengendara di Jepang

Dunia mengenal Jepang sebagai negara yang masih kental dengan tradisi danhal-hal unik serta nyleneh. Mulai dari makanan, gaya hidup sampai aturan bagi pengendara pun juga tak luput dari nyleneh. Beberapanya adalah pengendara di Jepang dilarang keras melintas di jalan becek dengan sengaja atau tidak mengenai pejalan kaki, kemudian pengendara yang foto SIM nya memakai kacamata, maka saat berkendara juga wajib memakai kacamata. Nah, adalagi yang meskipun nyleneh tapi disiplin, pengendara yang akan pergi touring wajib membuat kartu rencana perjalanan di tempat-tempat yang akan disinggahi. Karena setiap dua jam sekali pengendara touring wajib istirahat demi menghindari kelelahan dan kantuk.

Alat ukur Kadar Alkohol di New South Wales

Negara bagian Australia yakni New South Wales memiliki peraturan nyleneh tapi patut dicontoh bagi pengendaranya. Kalau di negara-negara lain pengemudi dilarang keras mabuk saat menyetir atau toleransi minimal kadar alkohol pada tubuh masih saja tidak ditaati, New South Wales punya cara tersendiri. Setiap mobil wajib memiliki alat tes ukur nafas alkohol yang dipasang di bagian kunci mobil sehingga kalau ingin menyalakan mesin mobil, pengendara wajib berafas di alat tersebut. Jika alat menunjukkan kadar alkohol tinggi, maka mesin tak bisa dinyalakan.

Dilarang Beli Bensin Full Tank di Kroasia

Beda negara beda aturan, inilah mungkin kalimat yang pas untuk negara Jerman dan Kroasia. Jika di Jerman pengendaranya dilarang keras kehabisan bensin, di Kroasia justru pengedaranya tak diizinkan mengisi bensin hingga penuh! Alasannya adalah untuk menghindari bensin yang bisa meluber hingga menyebabkan kecelakaan. Meskipun kesannya nyleneh tapi masih cukup masuk akal ya!

Boleh Melakukan Percintaan Dalam Mobil di New Mexico

Satu aturan paling nyleneh bagi pengendara yang diberlakukan di negara bagian Amerika Serikat, New Mexico adalah diperbolehkannya sejoli melakukan hubungan intim di dalam mobil asalkan diparkir dengan benar dan ditutupi tirai atau kaca mobilnya gelap! Lagi-lagi alasannya karena aktivitas tersebut bagian dari hak asasi manusia. Peraturan seperti ini selain di New Mexico memang ada di beberapa negara bagian di Amerika Serikat dan paling nyleneh diantara yang lain.

Itulah daftar beberapa negara yang punya aturan nyleneh bagi pengendaranya. Meski terdengar nyleneh tapi yang namanya aturan harus tetap ditaati dan tidak dilanggar. Karena pelanggaran lalu lintas juga mencerminkan pribadi yang negatif. Kalau di Indonesia sendiri menurut sahabatanehdiduia.com adakah aturan nyleneh bagi pengendara atau justru pengendaranya yang nyleneh? Semoga tidak kebalikannya ya.

sumber referensi:
http://terselubung.in/6-aturan-menyetir-paling-aneh-di-dunia/
http://unik247.blogspot.co.id/2011/12/9-peraturan-konyol-berkendara-di.html
http://asuransisimasnet.blogspot.co.id/2016/01/7-peraturan-berkendara-yang-unik-di.html


Related Article

Paling Aneh