Foto Aneh Unik

Astaga Jualan Pasar Pasar Paling Aneh Di Dunia

06 Oct 2016

Pasar adalah salah satu asal muasal tempat terbesar terjadinya transaksi jual beli. Bicara tentang sejarah pasar, sudah banyak diketahui bahwa tempat tersebut telah hadir sejak zaman terdahulu. Mulai transaksi jual beli yang masih berbentuk barter (barang ditukar dengan barang) hingga kemudian ditemukannya cara yang lebih efisien lagi yakni transaksi jual beli dengan menggunakan mata uang.

Meski telah banyak hadir pusat perbelanjaan yang lebih modern, pasar yang identik dengan sisi tradisionalnya tidak tergeser. Tempat tersebut masih dijadikan tujuan berbelanja murah dan sehat. Umumnya selain harga bisa ditawar, membeli beberapa bahan masakan di pasar juga terhitung fresh. Namun apakah hal tersebut sama dengan beberapa pasar di bawah ini yang mendapatkan julukan sebagai pasar paling aneh di dunia? Berikut ulasannya versi anehdidunia.com.

Mercado De Sonora – Meksiko

Daftar pertama pasar yang mendapat julukan paling aneh di dunia adalah salah satu pasar yang terletak di Meksiko, namanya adalah pasar Mercado De Sonora. Jika sahabat anehdidunia.com berkunjung ke pasar ini bisa dipastikan akan dibuat terkejut. Bagaimana tidak? barang-barang yang dijual di pasar ini pun sungguh tak biasa alias tidak wajar. Jika pada umumnya pasar adalah tempat menjual bahan masakan atau barang elektronik, Mercado De Sonora justru menjual barang-barang yang diperuntukkan kepentingan mistis. Misalnya saja lilin-lilin aneh untuk pemujaan, berbagai macam ramuan yang dianggap memiliki khasiat misterius, patung-patung yang disimbolkan sebagai iblis pencabut nyawa bahkan yang paling lengkap adalah aneka boneka Voodoo! Meski terdengar aneh, namun bagi sebagian masyarakat yang berasal dari daerah setempat barang-barang tersebut sangat biasa. Pasalnya mayoritas penduduk setempat memang berprofesi sebagai Bruja yang dalam bahasa Spanyol berarti penyihir. Tak heran juga jika di pasar ini yang berjualan tidak hanya pedagang biasa saja namun juga ada beberapa penyihir atau paranormal yang turut serta membuka lapak di Mercado De Sonora untuk menawarkan jasa. Sama halnya dengan dukun yang ada di Indonesia, jasa penyihir atau paranormal di Meksiko biasanya seputar hal-hal berbau pelet dan lain sejenisnya.

Gypsy Brides Market – Bulgaria

Gypsy Brides Market adalah salah satu pasar tradisional yang hingga kini masih bertahan dan terkenal di Bulgaria, atau bahkan juga terkenal di dunia. Selain telah ada sejak lama, yang membuat pasar ini menjadi terkenal adalah hal unik yang tak luput dari sorotan media dunia. Sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, Gypsy Brides Market telah menjadi pusat penjualan gadis-gadis atau wanita lajang! Akan tetapi pasar ini tentu tidak dapat disamakan dengan rumah bordir atau sejenisnya. Para gadis atau wanita lajang yang ada di Gypsy Brides Market ini ditemani oleh para orang tua mereka akan berada di pasar tersebut. Para perempuan tersebut akan berdiri berjajar layaknya pajangan cantik yang siap menarik perhatian para “calon pembeli”. Perempuan-perempuan tersebut juga akan didandani seantik mungkin lengkap dengan baju berwarna cerah serta aksesori yang mencolok agar dapat memikat perhatian. Uniknya mereka tidak sekedar berdiri menanti seseorang yang tertarik “membeli”, mereka akan menari-nari hingga ada calon pembeli yang mendekati mereka dan ikut berdansa disampingnya. Setelah dansa selesai, maka pria yang ikut berdansa tersebut berhak menentukan membeli gadis tersebut atau tidak. Jika memang diputuskan untuk dibeli, maka selanjutnya pria tersebut berhak untuk menikahi gadis yang dimau sesuai dengan persetujuan orang tua sang gadis.

Spiderville – Kamboja

Kamboja adalah salah satu negara di wilayah Asia Tenggara yang terkenal dengan kuliner ekstrimnya. Dan beberapa diantara kulinernya yang paling terkenal adalah terletak di pasar Spiderville. Pasar tersebut beradah di daerah Skuon, Kamboja dan amat terkenal dengan jajanan atau kulinernya yang cukup ekstrim. Pasar ini juga dijuluki sebagai salah satu pasar paling terkenal di dunia. Di pasar ini terdapat para pedagang yang menjual berbagai jenis tarantula mulai ukuran yang paling kecil hingga yang paling besar. Tarantula tersebut dijual sebagai makanan dan juga hewan peliharaan! Yup, salah satu serangga yang cukup berbisa dan terkenal ditakuti oleh banyak orang ini akan banyak ditemui sebagai sarana bermain anak-anak lokal penduduk Kamboja tersebut. Hal itulah yang membuat pasar ini mendapat gelar sebagai salah satu pasar paling aneh yang ada di dunia. Salah satu pemandangan unik dan menarik yang ada di pasar ini adalah jika ada wisatawan atau turis yang mengunjungi pasar tersebut akan langsung disodori tarantula oleh para bocah lokal di daerah tersebut. Jadi bagi para sahabatanehdidunia.com yang tertarik untuk mengunjungi pasar ini, siapkan mental anda dan pastikan diri anda tidak memiliki phobia laba-laba, tarantula.

Voodoo Fetish Market – Togo

Jika di Meksiko ada Mercado De Sonora yang notabene adalah pasar tempat berjualan barang-barang mistis khas penyihir atau paranormal, di Togo yakni negara di wilayah daratan Afrika Barat juga punya pasar yang serupa. Voodoo Fetish Market adalah pasar tempat dijualnya segala macam peralatan Voodoo dan merupakan satu-satunya pasar Voodoo terbesar di dunia! Beberapa contoh peralatan Voodoo yang dijual di tempat ini adalah boneka Voodoo, tengkorak dan berbagai jimat pelindung yang sangat kental dengan suasana mistis! Tak cukup itu saja, Voodoo Fetish Market juga menjual barang tak lazim lainnya yakni jantung kuda, kepala leopard, kaki gajah dan anggota tubuh hewan lainnya. Anggota tubuh hewan-hewan tersebut dijual tidak sebagai makanan atau sebagai pajangan saja melainkan sebagai bahan dasar membuat obat atau ramuan tradisional. Bagian tubuh hewa yang paling banyak dijadikan sebagai bahan dasar ramuan tradisional tersebut adalah tulang. Masyarakat Togo terkenal dengan kemampuannya dalam mengolah bahan dasar tersebut sebagai obat dan sebagian orang meyakini bahwa ramuan tersebut terbukti ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Meskipun terdengarnya aneh, namun masyarakat lokal disana menganggap Voodoo Fetish Market ini sebagai salah satu “apotek” yang wajib didatangi ketika sakit.

Witches Market – Bolivia

Di wilayah benua Amerika Selatan tepatnya di negara Bolivia ada satu pasar tradisional yang begitu terkenal. Pasar tersebut terkenal karena keanehan di dalamnya, salah satunya adalah dari jenis barang-barang yang dijual di tempat tersebut. Pasar tersebut dikenal dengan nama Witches Market, dan sesuai namanya pasar tersebut menjual berbagai macam alat keperluan sihir menyihir. Bahkan Witches Market juga dikenal dengan julukannya sebagai The Mercado de las Brujas yang dalam bahasa latin diartikan sebagai Pasar Penyihir. Witches Market ini berlokasi di La Paz, sebuah kota yang berada di Bolivia. Barang-barang yang dijual di tempat tersebut sangat kental dan identik dengan keperluan penyihir seperti tulang-tulan hewa, burung hantu, jimat, batu-batu asteroid bahkan ada juga janin hewan-hewan yang telah dikeringkan! Meskipun barang yang dijual terdengar tidak lazim, namun siapa sangka jika pasar ini banyak didatangi oleh pembeli-pembeli yang berlatar belakang profesi macam-macam. Uniknya lagi tidak hanya barang yang dijual di Witches Market saja yang terkesan aneh dan nyentrik, penampilan para pedagang di pasar ini juga mengundang perhatian lebih. Para pedagang disana kebanyakan memakai atribut topi dan pakaian warna-warni khas Bolivia. Ada yang tertarik mengunjungi tempat ini?

Itulah pasar-pasar paling aneh yang terdapat di beberapa negara di dunia. Diantara banyaknya pasar-pasar tersebut, sebagian besar keanehan dari pasar tersebut adalh dikarenakan kentalnya tempat tersebut dengan nuansa mistis atau klenik. Ternyata di beberapa negara lain, hal-hal mistis juga masih banyak yang mempercayai. Jadi bukan hanya Indonesia saja yang kuat dengan kepercayaan hal-hal mistis. Ngomong-ngomong, menurut sahabatanehdidunia.com apakah di Indonesia ada pasar yang lebih aneh daripada kelima daftar pasar paling aneh di dunia diatas?

Sumber referensi:
https://www.pegipegi.com/travel/5-pasar-paling-aneh-di-berbagai-belahan-dunia/
http://www.vagabond.bg/high-beam/item/2736-gypsy-brides-market.html


Related Article

Paling Aneh