Berita Aneh Unik

Rekor Pertandingan Olahraga Terlama Sepanjang Sejarah

09 Oct 2016

Selain dunia hiburan, hal lain yang tak luput dari pemberitaan media dan selalu menarik perhatian masyarakat adalah dunia olahraga. Mulai dari sepak bola, bulutangkis, tenis, bela diri dan lain sebagainya. Apalagi ditambah dengan penyelenggaraan pertandingan olahraga yang diikuti banyak negara di dunia seperti misalnya olimpiade. Selain memang pemberitaan mengenai prestasi para atletnya namun sensasi kehidupan pribadinya juga tak jarang “menarik” untuk diusik.


Para atlet yang berlaga di pertandingan selalu memiliki tujuan yang sama yakni mengukir prestasi dan membawa nama harum bagi negaranya. Tak kurang-kurang segala macam latihan fisik dan kerja keras yang lain mati-matian diperjuangkan demi tujuan yang mulia tersebut. Seperti kalimat “berjuanglah hingga titik darah penghabisan” tercermin dari perjuangan para atlet ini yang bertanding dengan sangat keras untuk meraih kemenangan hingga menciptakan rekor pertandingan olahraga terlama sepanjang sejarah.


Rekor Pertandingan Tenis Terlama

Rekor Pertandingan Tenis Terlama


Tenis adalah salah satu cabang olahraga tertua di dunia, memiliki empat turnamen yang prestisius yakni Australia Terbuka, AS Terbuka, Perancis Terbuka dan Wimbledon. Segala kalangan usia dapat bermain olahraga ini, bahkan ada juga kejuaraan tenis khusus untuk atlet yang disabilitas juga. Salah satu rekor pertandingan tenis terlama sepanjang sejarah berhasil dibuat oleh dua atlet tenis pria yakni John Isner (Amerika Serikat) dan Nicolas Mahut (Perancis). Awal mula rekor tersebut dibuat adalah saat penyelenggaraan Kejuaraan Wimbledon 2010 di Inggris tanggal 22 Juni 2010. Pada saat itu mereka berdua bermain pukul 18.13 dan terpaksa dihentikan pada pukul 21.07 karena cahaya semakin gelap serta masing-masing mendapat dua set. Pertandingan berlanjut keesokan harinya mulai dari pukul 14.05 hingga 21.10 dengan skor akhir sama 59-59. Karena belum mendapatkan juara, pertandingan berlanjut di esok harinya pada pukul 15.43 dan berakhir pada pukul 16.48 dengan membawa John Isner sebagai pemenangnya dengan skor akhir 70-68! Total dari seluruh set yang dimainkan keduanya adalah 8 jam 11 menit! Pertandingan ini berhasil memecahkan rekor pertandingan tenis sebelumnya hingga mendapat julukan sebagai “pertandingan yang tak pernah usai”.


Rekor Pertandingan Bulutangkis Terlama

Rekor Pertandingan Bulutangkis Terlama


Pertandingan bulutangkis kategori ganda putra berhasil mencetak rekor pertandingan bulutangkis terlama sepanjang sejarah. Pasangan ganda putra dari Denmark yakni Lars Paaske dan Jonas Rasmussen bertanding melawan pasangan ganda putra dari Inggris bernama Chris Adcock dan Robert Blair di Kejuaraan Denmark Terbuka 2007-2008. Keduanya merupakan pasangan ganda putra yang diunggulkan dari negara masing-masing. Penyelenggaraan kejuaraan ini berlokasi di Aarhus, Denmark. Kedua tim sama-sama berkopeten mengingat di pertandingan sebelumnya sudah banyak meraih medali. Denmark sang tuan rumah tak ingin kehilangan gelar juara, Inggris pun tak ingin gentar meraih juara. Hingga pertandingan berjalan sengit dan membawa hasil 3 set pertandingan yakni 21-14, 16-21, 21-17 dengan hasil akhir pasangan Lars Paaske dan Jonas Rassmusen menjadi juara mengalahkan pasangan ganda putra dari Inggris Chris Adcock dan Robert Blair. Pertandingan selama 3 set tersebut diselesaikan dalam waktu yang lama yakni 2 jam 35 menit! Pertandingan ini mengalahkan rekor pertandingan terlama sebelumnya yang “hanya” 2 jam 4 menit oleh pebulutangkis Peter Rasmussen dan Jun Sun.


Rekor Pertandingan Tinju Terlama


Pertandingan tinju saat ini dikenal dengan peraturan jumlah ronde sebanyak 12. Jauh sebelum peraturan tersebut dibuat, pertandingan tinju bisa berlangsung sangat lama. Melihat pertandingan tinju yang berjalan selama 12 ronde saja sudah meringis kesakita menyaksikan para petinju “babak belur”, apalagi kalau hingga berpuluh-puluh ronde? Mungkin fakta tentang pertandingan tinju terlama sepanjang sejarah ini cukup membuat anda tercengang. Pasalnya, pada tahun 1893 dua petarung yakni Andy Bowen dan Jack Burke bertinju di atas ring di New Orleans. Pertandingan yang diwasiti oleh Jack Duffy ini berlangsung selama 7 jam 19 menit! Dengan durasi yang tak masuk akal tersebut, terhitung sebanyak 110 ronde dalam satu pertandingan! Uniknya lagi, pertandingan ini berakhir karena memang “dihentikan” oleh sang wasit tanpa salah satu diantara petarung tersebut KO. Sehingga hasil pertandingan tersebut adalah draw atau seri alias taka da yang memperoleh gelar juara! Dikabarkan, pertandingan tinju ini terjadi mulai kamis malam hingga jum’at pagi dengan jumlah penonton ribuan hingga sebagian banyak yang memilih pulang saking lamanya durasi pertandingan tersebut!


Rekor Sepak Bola Terlama

Rekor Sepak bola Terlama


Umumnya laga sepak bola dilaksanakan dalam waktu 90 menit yang dibagi menjadi dua babak dengan masing-masing durasi per bababknya 45 menit. Namun yang terjadi pada dua tim yakni Leed Bagels melawan Bristol Academy. Sebenarnya pertandingan ini memang sengaja dibuat tak seperti peraturan sepak bola pada umumnya karena tujuan penyelenggaraan pertandingan sepak bola ini untuk menggalang dana sebagai bantuan untuk pengidap menginitis. Pertandingan ini berlangsung lebih dari satu hari tepatnya selama 36 jam dengan jumlah anggota satu tim sebanyak 18 orang! Dengan total pemain dari kedua tim yakni 36 orang, masing-masing pemain mendapat jatah bermain selama 18 jam. Dengan bermain selama lebih dari 24 jam tersebut, skor berakhir dengan jumlah 285 – 255! Dilansir dalam sebuah kabar bahwa saking banyaknya gol yang dibuat, penentuan juara dilakukan dengan memutar kembali video dan melihat log book. Memang tak terlalu penting siapa yang pada akhirnya memenangkan pertandingan sepak bola tersebut, yang pasti jumlah dana yang terkumpul sangat banyak untuk diberikan kepada organisasi Meningitis Trust dan pertandingan sepak bola tersebut berhasil mencetak rekor sebagai pertandingan sepak bola terlama sepanjang sejarah!

Sahabat anehdidunia.com dari beberapa rekor pertandingan olahraga terlama sepanjang sejarah yang disebutkan diatas tadi masing-masing menyimpan cerita unik dibelakangnya. Konsistensi dan kerja keras mereka pada bidangnya berhasil membawa nama mereka untuk diukir menjadi sejarah di dunia khususnya di bidang olahraga. Semoga atlet-atlet olahraga di Indonesia segera menyusul mencetak rekor-rekor atau mematahkan rekor lama dan mendapat apresiasi serta dukungan positif dari pemerintah. Hidup olahraga!

Sumber referensi:
http://www.juara.net/read/raket/tenis/1187-daftar.rekor.pertandingan.tenis.terlama
http://www.kaskus.co.id/thread/51688877552acf1964000000/pertandingan-tinju-terlama-di-dunia/
https://adck354bavaria.wordpress.com/tag/rekor-renang-65-hari-di-sungai-amazon-2/
https://id-id.facebook.com/BadmntonLovers/posts/10153089481231067
https://id.wikipedia.org/wiki/Pertandingan_Isner%E2%80%93Mahut_pada_Kejuaraan_Wimbledon_2010
https://twitter.com/badm1ntonstats/status/587881065609478144
http://www.5cog.com/2015/09/pertandingan-sepak-bola-terlama-di-dunia.html


Related Article

Paling Aneh