Berita Aneh Unik

Aneh, Mata Kuliah Tak Begitu Penting Ini Ada Di Dunia

18 Nov 2016

Selama menjalani pendidikan, para siswa pasti akan mempelajari kuliah yang standard dan hampir sama dengan apa yang biasa dipelajari dalam pendidikan. Seperti Ekonomi, Hukum, Matematika, Fisika, dan lain-lain. Setiap mata kuliah yang diberikan oleh dosen pasti akan memberi pengaruh kepada mahasiswanya. Untuk dapat memberikan ilmu dan fasilitas yang terbaik, pihak universitas pasti akan memberikan fasilitas yang terbaik agar dapat bermanfaat dan membuat anak didiknya berprestasi.

Namun siapa yang mengira bahwa ada mata kuliah yang sangat aneh yang diberikan pihak sekolah dan benar-benar ada di dunia. Bahkan mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Mata kuliah yang aneh dan unik ini bisa dikatakan tidak masuk akal dan banyak yang berpikiran mata kuliah tersebut tidak ada fungsinya, karena mungkin sudah banyak yang mengetahui. Tapi memang tidak ada salahnya mempelajari mata kuliah yang aneh dan nyentrik tersebut. Siapa tahu memang sedikit banyak memberi pengetahuan. Berikut ini akan dibahas mengenai apa saja mata kuliah yang dianggap aneh dan tidak masuk akal tersebut versi anehdidunia.com.

Aneh, Mata Kuliah Tak Begitu Penting Ini Ada Di Dunia

Lady Gaga and The Sociology of Fames

Sekilas dari nama mata kuliah ini mungkin orang akan berpikiran bahwa mata kuliah tersebut akan mempelajari mengenai Lady Gaga dan kehidupan serta gaya berpakaiannya yang nyentrik. Namun ternyata, mata kuliah ini lebih fokus pada dimensi sosiologis dan elemen sosial di balik ketenaran Lady Gaga. Salah satu dosen yang menjadikan “Lady Gaga and The Sociology of Fames” ini sebagai mata kuliah di Universitas South Carolina, yakni Profesor Mathieu Deflem mengatakan bahwa mata kuliah ini bukan membahas mengenai Lady Gaga, melainkan dikaitkan dengan kehidupan sosialnya. Mata kuliah ini juga membahas mengenai budaya ketenaran dan memfokuskan mengenai unsur sosial yang bisa membuat Lady Gaga mendapat predikat sebagai ratu pop sejagad. Selain itu, mata kuliah tersebut akan membahas kehidupan Lady Gaga dari segi bisnis, hukum, agama, politik, fans, dan lain-lain.

Learning From YouTube

Siapa yang mengira bahwa situs YouTube bisa dijadikan menjadi mata kuliah. Universitas Pitzer sampai tertarik untuk membuka kelas khusus untuk membahas situs yang merupakan bawahan dari Google dan digunakan orang-orang untuk mengupload video sesuka hati mereka. Dalam mata kuliah “Learning From YouTube”, ada kurang lebih 35 siswa yang berkumpul dalam satu kelas dan mereka melihat salah satu konten YouTube. Setelah itu, mereka saling mengirimkan komentar. Mata kuliah ini juga mendorong para siswanya untuk mengirimkan video ke YouTube. Hal tersebut menjadi salah satu fokus dari mata kuliah tersebut. Padahal sebenarnya, tanpa mata kuliah ini pun mereka dapat mempelajari apa saja yang ada di YouTube dan melakukan diskusi bersama serta memberikan komentar mengenai video-video yang sangat banyak yang bisa dicari hasil upload orang-orang yang memiliki akun YouTube tersebut

Zombies in Popular Media

Saat ini semakin banyak film yang mengambil tema mengenai zombie. Salah satu universitas di Amerika, yakni Universitas Balmore memiliki mata kuliah yang dinamakan “Zombies in Popular Media”. Mata kuliah tersebut tak hanya mempelajari mengenai film zombie yang dikenal sebagai makhluk mati yang hidup kembali dan alasan kenapa zombie suka memburu manusia untuk dimakan, tetapi mereka juga mempelajari sejarah voodoo di Haiti. Film-film seperti Resident Evil dan game Doom pun juga dipelajari. Terkesan unik ya memang, walaupun terlihat tidak penting. Mungkin, mata kuliah ini ada dan menjadi fasilitas dari universitas untuk mereka yang benar-benar memiliki ketertarikan pada zombie, serta hal-hal unik lainnya. Padahal sebenarnya, dalam dunia nyata zombie itu tidak ada. Atau mungkin dalam perkuliahan tersebut, para siswanya bisa berfantasi mengenai zombie-zombie yang terkesan mengerikan.

The Science of Superheroes

Dari nama mata kuliahnya, yakni “The Science of Superheroes”, sudah pasti mata kuliah ini akan membahas dan mempelajari mengenai superhero. University of California adalah satu-satunya universitas yang memiliki mata kuliah yang aneh ini. Bagi para penggemar superheroes dan film-filmnya, pasti akan sangat menyukai mata kuliah ini. Para siswa akan diajarkan segala hal tentang superhero, dan bahkan mereka akan diajarkan tentang bagaimana cara menerapkan kekuatan para superhero di dunia nyata. Cara tersebut tentunya menerapkan ilmu sains dan faktor ilmiah dibalik superhero seperti Hulk yang pada awalnya adalah manusia biasa, lalu ia bisa berubah karena terjadinya kecelakaan sinar gamma, dan bagaimana Wolverine bisa memiliki kekuatan regenerasi yang tinggi. Selain itu, mata kuliah ini juga akan mempelajari mengenai teori superhero dengan menggunakan beberapa icon superhero seperti Iron Man, Superman, Spiderman, Wonder Woman, Captain America, dan sebagainya.

The Science of Harry Potter

Tentunya banyak yang telah mengenal Harry Potter. Entah itu melalui novel, atau melalui film yang digemari oleh banyak penonton. Universitas Maryland Frostburg terobsesi untuk menambahkan film “The Science of Harry Potter” ke dalam bidang pendidikan, dan memanfaatkan kepopuleran dari film Harry Potter yang merupakan seorang penyihir sebagai mata kuliah yang bisa dipelajari. Bahkan mereka sampai pernah membuat acara seminar dan memberikan beberapa informasi mengenai keajaiban di dunia Harry Potter dari segi Fisika. Dalam mata kuliah ini, dosen akan meminta siswanya untuk membaca buku-buku novel yang berkaitan dengan Harry Potter dan dikaitkan dengan fenomena budaya dan kultur masyarakat yang akan terjadi di masa depan yang akan dibahas. Sebagai contoh dalam suatu kelas, ada diskusi mengenai Topik-topik seperti apakah Fluffy si Anjing yang berkepala tiga yang dapat dijelaskan oleh teknik genetik dan riset anti gravitasi yang dapat menghasilkan sapu terbang. Pada intinya, kelas ini merupakan kelas fisika yang kemudian juga meneliti keajaiban dalam dunia Harry Potter yang sebenarnya dianggap tidak masuk akal di dalam kehidupan pada dunia nyata.

Sahabatanehdidunia.com, aneh itulah kesan yang kita dapatkan setelah membaca beberapa penjelsan diatas mengenai mata kuliah yang ternyata memang benar-benar ada dan dipelajari di suatu perkuliahan. Bisa dikatakan aneh dan nyentrik karena memang hanya di universitas tertentu yang karena tertariknya oleh hal-hal diatas, sampai-sampai membuat salah satu dosen menjadi tertarik untuk menciptakan mata kuliah yang khusus untuk mempelajari dan mendalami apa saja yang dapat dijadikan fokus untuk dipelajari, dan dikaitkan dengan salah satu ilmu yang standard dan seluruh dunia pun mempelajarinya, yakni fisika. Walaupun sebenarnya, mata kuliah yang ada tersebut tanpa harus dipelajari dalam suatu perkuliahan, siapapun bisa saja mendapat pengetahuan mengenai apa saja yang bisa mereka pelajari dan dikaitkan dengan ilmu-ilmu sains dan ilmu-ilmu sosial. Namun jika ada yang tertarik, datang dan jadilah salah satu mahasiswa di universitas yang memiliki mata kuliah aneh tersebut.

Sumber referensi:
http://www.bacatulisan.com/2016/06/meski-tak-masuk-akal-namun-5-mata-pelajaran-aneh-ini-benar-benar-ada-lho.html
http://www.tahupedia.com/content/show/12/10-Mata-Kuliah-Teraneh-di-Universitas
http://www.kepozen.com/2016/02/mata-kuliah-terunik-di-universitas-dunia.html


Related Article

Paling Aneh