Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk Gadget Terkecil Di Dunia Lebih Kecil Dari Anu

Saat ini trend gadget di seluruh dunia hampir di dominasi dengan segala sesuatu yang berukuran cukup jumbo. Mulai dari ukuran smartphone, laptop, televisi bahkan hingga resolusi pixel pada kamera sekalipun semuanya kini segalanya serba besar dan mewah. Pokoknya saat ini semua hal yang berukuran besar lah yang diminati oleh orang-orang karena dianggap keren. Karena itu nyaris seluruh produsen perangkat elektronik juga berlomba-lomba untuk membuat gadget yang berukuran besar untuk memenuhi tuntutan pasar. Namun dulu pada awal tahun 2000-an, trend dari Gadget justru berbanding terbalik dengan yang ada saat ini. pada era awal revormasi tersebut, justru gagdet berukuran kecilah yang menjadi idola di pasaran. Trend unik ini juga tak tak hanya terjadi di Indonesia saja, karena hampir di seluruh penjuru dunia gadget yang berukuran mini juga menjadi idola. Kegemaran masyarakat terhadap perangkat elektonik berukuran mini ini sendiri bertahan cukup lama hingga akhir tahun 2009, sebelum akhirnya berganti trend pada gadget yang berukuran besar seperti saat ini. Karena itu sahabat anehdidunia.com mari kita sedikit bernostalgia dengan mengenang beberapa Gadget mini yang pernah dibuat di dunia ini, beberapa tahun yang lalu dalam, Gadget Terkecil di dunia, versi anehdidunia.com


Layar Televisi Terkecil Di Dunia



Gadget terkecil di dunia yang pertama adalah, sebuah layar televisi buatan perusahaan asal Skotlandia yang bernama Skotlandia MicroEmissive, atu lebih di kenal dengan ME. Sangking kecilnya layar televisi yang di beri nama ME1602 ini bahkan sampai masuk ke dalam rekor dunia dari Guinness World Records pada tahun 2007 yang silam, sebagai layar televisi terkecil di dunia. Dengan ukuran hanya 4x3 milimeter, rekor yang dipegang oleh ME1602 sebagai layar televisi terkecil di dunia hingga kini masih bertahan. Sangkin kecilnya layar TV ini bahkan tak lebih besar dar ujung jari dan nyaris tak bisa di lihihat jelas dengan mata telanjang. Namun meski begitu Sahabat anehdidunia.com, layar ini tetap di bekali dengan resolosi gambar hingga mencapai 30.000 pixel. Sayang resolusi sebesar itu terasa sedikit mubazir mengingat kecilnya layar TV ini. Tapi meski begitu layar televisi ini pada tahun 2013 yang lalu ternyata di borong oleh sebuah perusahaan manufaktur asal Asia yang di rahasiakan. Perusahaan tersebut di duga akan menggunakan layar tv supermini ini guna kebutuhan peranti bagi peralatan kesehatan dan juga peralatan militer. Dan bagi yang masih penasaran dengan seberapa kecil layar ini, bagi kalian yang pernah melihat Televisi terbesar di dunia yang berukuran sekitar 100 inchi, maka layar tv ME1602 berukuran 283.333.333 jauh lebih kecil dari itu. Bagaimana sudah bisa membayangkan.


Komputer Terkecil Di Dunia



Bagi yang mengira bahwa gambar di atas merupakan sebuah USB atau kita biasa menyebutnya Flasdisk, maka kalian sudah salah besar. Karena meski bentuknya nyaris serupa namun yang pada gambar di atas merupakan senuah personal komputer. Komputer portable buatan sebuah perusahaan asal Norwegia ini, juga bukan sekedar di buat untuk gaya-gayaan karena meski berukuran sangat kecil namun komputer ini tetap mampu mengoperasikan sistem operasi Android dan juga Ubuntu dengan baik. Dengan dibekali prosesor dual core ARM 1.2 GHz dan di tambah dengan Ram sebesar 1 GB, yang mampu di tingkatkan hingga mencapai 64 GB, maka komputer ini sudah bisa di gunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor sederhana, seperti membuat dokumen hingga sekedar untuk memutar video dari film. Tinggal colokan komputer ini pada perangkat lain pelengkapnya layaknya komputer kita yang ada di rumah, maka semuanya sudah beres. Sahabat anehdidunia.com tak hanya sampai di situ komputer supermini ini bahkan juga di lengkapi koneksi Wi-Fi, jadi saat kita membawanya keluar komputer ini tetap bisa terkoneksi dengan jaringan internet yang ada. Sedangkan untuk harganya komputer mini ini di bandrol dengan harga sekitar 200$ atau kurang lebih 2.500.000 rupiah. Produsen yang mengeluarkan komputer mini ini mengkalim bahwa teknologi mereka ini merupakan teknologi masa depan, namun sayangnya kini tak ada lagi kabar mengenai kelanjutan perkembangan dari komputer mini ini di pasaran.


Kamera Terkecil Di Dunia



Sedikit beralih ke dunia kesehatan, pada tahun 2011 silam Intitut Fraunhofer, Asal Jerman yang merupakan Intitut terkemuka dalam bidang teknologi kesehatan, memperkenalkan sebuah Kamera supermini, yang berukuran sekitar satu milimeter. Sahabat anehdidunia.com kamera sekali pakai yang di rancang untuk dapat memasuki tubuh manusia ini memang sengaja di desai sekecil mungkin agar tak mengganggu kenyamanan manusia menelanya. Dengan ukuran yang jika kita lihat baik-baik hanya sedikit lebih besar dari jarum suntik ini, kamera yang biasa digunakan dalam proses endoskopi ini di bekali dengan resolusi sekitar 0.06 megapixel. Dengan resolusi sekian tentu kita tak bisa mengharapkan gambar dengan kwalitas yang bagus dan jernih. Namun karena hanya di gunakan untuk merekam perjalan dalam tubuh manusia dan juga merupakan kamera yang hanya bisa di gunakan satu kali saja maka rasanya resolusi sekian sudahlah memadai. Sedangkan untuk urusan harga meski tak disebutkan secara terperinci, namun karena berhubungan dengan dunia kesehatan maka di jamin harganya tak akan murah. Kamera supermini ini sendiri hingga kini masih terus dikembangkan oleh Institut Fraunhofer, guna meningkatkan resolusi kameranya, agar bisa menghasilkan gambar yang lebih baik dari bagian tubuh manusia. Hanya saja yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya untuk menemukan kamera ini setelah keluar dari tubuh manusia, mengingat ukuranya yang nyaris tak bisa dilihat menggunakan mata telanjang dengan jelas. Semoga saja mereka memasang pelacak pada kamera supermini ini agar memudahkanya untuk ditemukan.


Smartphone Terkecil Di Dunia



Smartphone merupakan gadget yang nyaris dimiliki oleh semua orang saat ini. Selain karenya nyaris bisa digunakan untuk apapun, muai dari sekedar chating hinga menonton video, smartphone saat ini merupakan salah satu gadget yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagaian orang. Dengan mengusung sistem layar sentuh, nyaris semua smartphone yang ada di toko-toko biasanya memiliki layar yang lebar. Selain itu layar yang besar ini juga merupakan favorit bagi sebagai besar konsumen. Karena itu nayris semua produsen ponsel berlomba membuat ponsel berlayar besar untuk memenangkan hati pelangganya. Sahabat anehdidunia.com namun tentu saja bukan berarti semua ponsel pintar yang ada di pasaran berukuran besar. Contohnya adalah smartphone baru yang di keluarakan oleh Apple awal tahun ini yang hanya memiliki dimensi layar sekitar 4 inchi saja. Cukup kecil bukan, namun meski hanya berukuran 4 inchi ternyata smartphone ini bukanlah yang terkecil di dunia. Karena lewat sebuah video lansiran Unbox Therapy pada bulan maret lalu, memperlihatkan sebuah smartphone, bernama Posh Mobile Micro X S240 yang hanya memiliki layar sebesar 2,4 inci. Dengan warna pink yang lembut ponsel mini ini tetap dibekali dengan spesifikasi yang cukup lumayan jika dibandingkan dengan ukuranya. Dengan RAM 512 MB dan media penyimpanan hingga mencapai 4 GB, lengkap dengan prosesor dual-core serta dilengkapi kamera 2 megapixel. Sedangkan untuk versi Androidnya sendiri ponsel mini ini dilengkapi dengan prosesor sistem Kitkat 4.4. Namun sayangnya semua itu terasa mubazir, mengingat ukuran layarnya yang terbilang cukup kecil, membuat tak banyak icon menu yang bisa di tampilkan pada home screen. Selain itu bagi yang memiliki ukuran jempol tangan lumayan besar juga di jamin akan kesulitan untik mengeti pada layar ponsel ini, kalau tak hati-hati bisa-bisa dikira alay karena typo terus saat mengetik pesan.


Drone Terkecil Di Dunia



Sahabat anehdidunia.com bagi kalian yang tinggal di kota besar pasti sudah tak asing lagi dengan Drone. Sebuah pesawat tak berawak yang di kendalikan dengan remot kontrol ini, kini bisa dengan mudah kita temui, karena sebagian telah beralih fungsi dari peralatan pengintai milik militer menjadi gadget canggih yang biasa dimainkan oleh anak-anak kota. Tapi pernahkan kalian mendengar nama Robobee? kalau belum maka itu adalah nama dari drone terkecil yang ada di dunia ini. Dengan ukuran yang tak jauh lebih besar dari sebuah koin logam. Drone supermini ini konon dibuat superkecil, karena terinspirasi oleh serangga. Dengan ukuranya yang sangat kecil ini, Robobee di gadang-gadang merupakan drone tercangggih pada saat peluncuranya. Banyak pula yang menganggap Robobee akan sangat berguna di masa depan. Terutama untuk mengamati area-area yang snagat berbahaya dan tak bisa di jangkau oleh manusia. Seperti contohnya untuk mengintip kedalam sarang lebah guna mempelajari kehidupan di alam, hingga untuk meninjau daerah sisa perang nuklir yang berbahaya. Dengan diprogram agar semirip mungkin serangga maka akan sulit untuk mengenali keberadaan mini drone Robobee yang juga menjadik drone unik ini sebagai alat mata-mata yang mumpuni.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa gadget terkecil yang pernah di buat di dunia ini. Semoga informasi ini bermanfaat, atau mungkin ada dinatara kalian yang berminat untuk memiliki salah satunya. Silakan saja asal gadget tersebut benar-benar bermanfaat bagi kalian tentu hal tersebut sah-sah saja.

Referensi:
http://listverse.com/2013/08/18/10-smallest-things-of-their-kind-in-the-world/
http://www.jurnalweb.com/smartphone-android-terkecil-di-dunia/