Foto Aneh Unik

Hewan Unik Yang Keberadaannya Dianggap Mitos

30 Nov 2016

Di dunia ini, ternyata masih banyak hewan-hewan yang memiliki keunikan, tetapi kemunculannya hanya dianggap mitos karena saat ini sudah jarang ditemukan lagi. Hewan mitos tersebut bentuknya sangat unik, namun sedikit aneh karena memang lain daripada yang lain. Mereka memiliki wujud yang berbeda seperti jenis hewan pada umumnya yang sudah dikenal oleh masyarakat. Mungkin sekilas bagi siapapun yang mendengar hewan mitos akan menganggap dan mengaitkan dengan cerita mistis dan legenda-legenda kepercayaan nenek moyang. Tetapi hewan mitos ini tidak memiliki kaitan dengan adanya cerita mistis atau horor seperti yang dibayangkan.


Hewan-hewan yang dianggap mitos ini justru akan membuat gemas dan merasa bahwa mereka memiliki keunikan tersendiri. Sayangnya, ada beberapa dari mereka yang sudah menjadi hewan langka dan sulit untuk ditemukan karena dianggap sebagai hewan kuno. Mungkin itulah yang membuat mereka mendapat julukan hewan mitos yang keberadaannya dianggap tidak mungkin ada, namun juga tidak sedikit yang percaya bahwa mereka ada dan justru menjadi hewan dicari banyak orang karena keunikannya. Kali ini akan dibahas tentang hewan-hewan yang dianggap mitos dan kemunculannya hanya legenda itu ternyata nyata dan benar-benar ada di dunia. Bahkan ada beberapa hewan yang perlu diketahui informasinya karena mungkin masih banyak orang yang belum pernah mengetahui bahwa hewan tersebut benar-benar ada. Berikut ulasannya versi anehdidunia.com.

Okapi

hewan Okapi

Okapi adalah salah satu hewan mamalia yang unik dan cantik. Ia memiliki kepala kuda, namun ia memiliki motif zebra di kakinya. Lidahnya pun berbentuk seperti jerapah. Apabila dilihat dari fisiknya, Okapi dikaitkan dengan genus jerapah, zebra, dan kuda. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai jerapah hutan. Okapi termasuk dalam ordo Artiodactyla, dan termasuk ke dalam keluarga Giraffidae. Okapi memiliki tubuh yang tingginya mencapai 2 meter, dengan panjang sekitar 2,5 meter. kepala Okapi mirip dengan kuda dengan kulitnya yang berwarna merah keunguan dan coklat gelap yang ia gunakan untuk berkamuflase, serta teksturnya seperti beludru. Sahabat anehdidunia.com lidah Okapi panjangnya bisa mencapai 36cm, dan biasa ia gunakan untuk menjilati kelopak mata dan membersihkan telinganya. Habitat alaminya adalah di hutan hujan lebat dan lembab, dan berada di dataran tinggi. Okapi termasuk hewan herbivora yang biasanya memakan dedaunan, tunas, rumput, bunga, jamur, dan buah-buahan. Dalam sehari, Okapi bisa memakan makanan 18 sampai 30kg. Hewan ini diketahui berasal dari wilayah Hutan Hujan Ituri di timur laut Kongo, dan baru diketahui kemunculannya pada tahun 1901.

Saiga Antelope

hewan Saiga Antelope

Saiga Antelope adalah hewan yang bentunya hampir mirip seperti kambing. Hewan ini biasanya banyak ditemukan di sekitar Rusia, Kazakhstan, dan Uzbekistan.Saiga Antelope memiliki hidung yang sangat besar yang dapat ia gunakan untuk menyaring debu dan mengatur suhu darahnya. Saiga Antelope dipercaya telah ada sejak zaman es, namun saat ini Saiga Antelope sudah hampir punah. Di daerah Asia pun, seperti di China dan di Mongolia, Saiga Antelope sudah punah dan tidak terlihat lagi kemunculannya. Sahabat anehdidunia.com hewan yang bentuknya menyerupai kambing ini memiliki tanduk yang mirip seperti Rusa. Karena dianggap hampir punah, upaya konservasi telah berusaha untuk membantu Saiga Antelope agar dapat terus berkembang biak dan di lestarikan, karena hewan ini bisa dikatakan cukup unik dengan bentuknya yang juga berbeda dari yang lain.

Cumi Raksasa

Cumi Raksasa

Jika mendengar adanya legenda monster laut, mungkin yang akan dibayangkan adalah Kraken yang memiliki bentuk seperti gurita dan berukuran raksasa. Kali ini ada juga hewan yang berukuran raksasa yang kemunculannya dahulu hanya dianggap sebagai mitos, yakni cumi-cumi raksasa. Hewan ini bisa tumbuh dengan panjang mencapai 13 meter untuk betina, dan 10 meter untuk jantan. Sahabat anehdidunia.com cumi-cumi ini memiliki nama latin Mesonychoteuthis Hamiltoni. Beberapa ilmuwan pun percaya bahwa cumi-cumi ini adalah hewan invertebrata yang terpanjang di dunia karena adanya pengaruh adaptasi di lingkungan laut dalam akibat tekanan air yang lebih besar. Kemunculan mereka hampir tak pernah terlihat oleh manusia. Namun kali ini, cumi-cumi raksasa ditemukan dan telah tertangkap kamera sedang berenang di pelabuhan Prefektur Toyama, Jepang. Kemunculannya kini tidak hanya sekedar mitos atau legenda, karena ternyata cumi-cumi raksasa ini benar-benar ada.

Red Uakari

Red Uakari

Red Uakari adalah salah satu hewan yang kemunculannya juga dianggap mitos karena saat ini sudah sangat jarang sekali ditemukan. Hewan ini adalah hewan sejenis primata, dan memiliki bentuk yang hampir sama dengan Orang Utan. Yang membuat primata ini unik adalah wajahnya yang berwarna merah. Selain itu, kepalanya botak mencolok dan warna merah cerah di wajah mereka membuat mereka dapat menarik pasangan untuk berkembang bikak. Red Uakari terkesan lucu dan tak sedikit yang tertarik untuk menyaksikan primata tersebut. Sahabat anehdidunia.com Red Uakari memiliki ekor yang sangat pendek, namun ia tetap dapat bergerak gesit di pohon-pohon dengan menggunakan lengan dan kaki mereka. Populasi yang dialami oleh Red Uakari ini tidak bisa berjalan cepat karena usia Red Uakari betina hanya melahirkan bayi tunggal setiap dua tahun sekali. Primata ini termasuk hewan yang cerdas, namun sayangnya hewan ini telah diambang kepunahan.

Rusa Vampir

Rusa vampir

Rusa vampir atau Musk Deer ini adalah hewan yang sempat ditemukan sekitar 60 tahun lalu. Kemudian pada tahun 2008 sampai 2009, hewan ini muncul lagi di sekitar Provinsi Nuristan, Afghanistan, setelah sebelumnya dianggap sebagai hewan mitos. Rusa ini memiliki taring, itulah yang membuatnya mendapat sebutan rusa vampir. Tidak seperti namanya, taring yang tumbuh dan dimiliki oleh rusa jenis ini tidak digunakan untuk menghisap darah, tetapi taringnya hanya digunakan saat musim kawin saja. Namun sayangnya hewan yang bisa dikatakan unik ini hampir punah. Sahabat anehdidunia.com taring yang dimiliki rusa ini bukan hanya sekedar taring biasa, namun dapat digunakan dalam pembuatan parfum, obat-obatan, dan juga dupa. Rusa vampir ini sempat dianggap punah karena kemunculan terakhirnya adalah 60 tahun. Padahal rusa taring ini dianggap sebagai harta karun milik Afghanistan. Masyarakat Afghanistan berharap akan ada kemunculan rusa vampir lainnya, agar dapat dilestarikan.


Unik dan aneh, mungkin itu adalah kesan pertama yang di dapat setelah sekilas melihat hewan-hewan mitos ini.bagaimana tidak, bentuknya sangat aneh dan tidak lazim, serta banyak orang yang belum pernah mengetahuinya karena jarang ditemukan. Bahkan ada yang dianggap sudah punah, namun ternyata mereka masih hidup dan kehadirannya membuktikan bahwa mereka tak hanya sekedar hewan mitos. Mereka tak hanya dipercaya sebagai hewan-hewan yang kemunculannya hanya berdasarkan kepercayaan dari nenek moyang. Keberadaan mereka benar-benar harus dilestarikan, karena termasuk hewan yang langka dan tidak terdapat di semua daerah di dunia. Maka dari itu, negara yang wilayahnya ditempati oleh hewan ini, wajib untuk menjaga dan melestarikannya.

Sumber referensi:
http://www.romansarama.ml/search?updated-max=2016-02-05T20:40:00%2B07:00&max-results=1&start=1&by-date=false
http://www.tandapagar.com/hewan-aneh-dan-unik/
http://unik247.blogspot.co.id/2012/02/10-hewan-yang-dulu-dianggap-cuma-mitos.html


Related Article

Paling Aneh