Supranatural

Kisah Horor Berbau Mistis Sekolah Paling Angker Di Indonesia

03 Nov 2016

Sekolah merupakan tempat utama untuk menimba ilmu dimana hampir semua orang pernah menghabiskan sebagian besar masa belajarnya sejak kanak-kanak hingga jadi dewasa. Namun sebagai tempat untuk belajar, sekolah juga merupakan tempat dimana orang biasanya memulai kisah persahabatan mereka. Bahkan tak jarang pula kisah cinta seseorang bersemi di sekolah. Segala cerita macam itu membuat masa-masa sekolah sering di kenag sebagai masa paling ingdah dalam kehidupan seseorang. Namun di sisi lain sekolah juga bisa menjadi tempat yang menyeramkan dengan berbagai kisah mistis yang telah melegenda. Hampir tiap sekolah rasanya punya tempat yang di keramatkan dan jadi wilayah angker yang terlarang untuk di jamah oleh siapapun. Tempat-tempat ini biasanya merupakan area yang agak terbengkalai, seperti gudang, perpustakaan hingga toilet yang sering di analogikan sebagai tempat bersemayamnya hantu di sebuah sekolah. Kisah-kisah horor semacam ini hampir pasti bisa kita temui di setiap sekolah yang ada di Indonesia dan biasanya sudah di ceritakan secara turun-temurun oleh para alumni sekolah. Beberapa sekolah bahkan terkenal memiliki kisah horor yang begitu ektrim hingga mendapatkan julukan sebagai sekolah paling angker yang pernah ada. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan berbagi kisah tentang sekolah-sekolah paling angker yang sudah melegenda di Indonesia. Penasaran dengan kisahnya? silahkan simak ulasanya dalam Kisah Horor Dari Sekolah Paling Angker Di Indonesia, versi anehdidunia.com

SMA 5 dan SMA 3, Bandung

SMA 5 dan SMA 3, Bandung

Bagi yang tinggal di kota kembang Bandung pasti sudah tak asing dengan kisah horor dan keangkeran dari dua sekolah menengah yang dulunya bernama Hooge Burgere School ini. Cerita keseraman dari kedua SMA ini juga bukan sekedar isapan jempol karena telah banyak orang yang merasakan adanya keganjilan dan juga tanda-tanda adanya makhluk halus yang menghuni bangunan sekolah tua yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan tersebut. Salah satu cerita mistis yang paling terkenal dar sekolah yang terletak di kota Bandung ini sendiri merupakan kisah seorang hantu bernama Nancy yang konon merupakan arwah dari seorang none Belanda yang bunuh diri di bangunan sekolah tersebut pada zaman penjajahan Belanda. Sosok Nancy inilah yang dipercaya sering menampakan dirinya, pada salah satu jendela di lantai paling atas dari bangunan sekolah berlantai dua tersebut. Dalam kisah lain juga disebutkan jika ada yang ingin melihat penampakan sosok Nancy, maka Ia cukup berjalan mmengelilingi bangunan sekolah tersebut sebanyak 3 kali dan kemudian berhenti tepat di halaman depan sekolah tersebut. Maka konon Nancy akan menampakan dirinya di Jedela bagian atas sekolah itu. Bagaimana ada berani coba?

SMKN 1 Kolaka, Sulteng

SMKN 1 Kolaka, Sulteng

Jika kita lihat sekilas tak ada yang aneh atau bahkan seram dari SMKN 1 Kolaka yang terletak di Propinsi Sulawesi Tenggara ini. Namun jangan tertipu dulu dengan penampilan sekolah ini yang biasa saja. Karena SMKN 1 Kolaka , ternyata merupakan sekolah yang menyimpan banyak kisah horor. Salah satu kisah dari keangkeran sekolah ini yang paling terkenal adalah seringnya terjadi kesurupan yang menimpa murid-murid di sekolah ini. Meski peristiwa kerasukan makhluk halus ini tak terjadi setiap hari, namun pada tahun 2013 yang lalu. SMKN 1 Kolaka sempat masuk dalam pemberitaan media cetak nasional akibat kesurupan massal yang terjadi di sana. Pada peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba tersebut puluhan siswa bertingkah layaknya orang kesetanan dengan mengamuk dan mengeluarkan kata-kata kasar yang tak sesonoh.

 

Kejadian yang sempat membuat pihak sekolah dan warga sekitar cukup kewalahan saat menangani para siswa yang kesurupan tersebut, diduga terjadi akibat pembangunan sebuah bangunan baru di area SMKN 1 Kolaka. Bangunan yang ternyata didoirikan di atas tanah bekas kuburan tersebut nampaknya membuat para makhluk halus yang menjadi penunggu area tersebut merasa tak senang. Tak hanya sampai disitu ternyata bukan hanya area gedung baru itu saja yang merupakan tanah bekas pemakaman. Karena menurut salah para penduduk setempat, nyaris seluruh tanah yang sekarang di gunakan sebagai tempat berdirinya SMKN 1 Kolaka, dulunya merupakan tanah bekas kuburan.

SMKN 3, Magelang

SMKN 3, Magelang

Biasanya kisah tentang hantu yang mengamuk, selalu berhubungan dengan tempat tinggal mereka yang secara tak sengaja di usik oleh manusia. Hal inilah yang terjadi di SMKN 3 di Kota Magelang beberapa tahun yang lalu. Ketika itu puluhan siswa yang tengah dalam proses belajar secara tiba-tiba mulai berteriak histeris layaknya orang kesetanan. Peristiwa yang terjadi pada sabtu 20 Oktober 2012 tersebut merupakan yang ketiga kalinya terjadi di SMKN 3 Magelang dalam satu bulan, sehingga pihak sekolah akhirnya memutuskan untuk memanggil seorang paranormal setempat. Kejadian kesurupan massal yang terjadi berulang kali ini di duga akibat ulah pihak sekolah yang menggali lubang untuk saluran perairan di sekitar area sekolah tersebut yang dulunya merupakan kuburan massal bagi para tahanan pribumi pada masa penjajahan Belanda.

 

Pihak sekolah saat itu rupanya lupa melakukan selametan untuk meminta izin pada para arwah yang mendiami area tersebut. alhasil konon para penunggu di area tersebu jadi marah dan merasuki murid-murid yang ada di SMKN 3 Magelang. Selain itu faktor lain yang diduga menjadi penyebab para siswa ini kerasukan ada hubunganya dengan latihan tari Jatilan (Kuda Lumping) yang memang menjadi slah satu dari Extrakulikuler di SMKN 3 Magelang. Dalam tari Jatilan biasanya para penarinya akan mengkondisikan diri mereka di perbatasan antara dunia nyata dan gaib hingga mereka bisa dirasuki roh halus yang sekaigus menjadi bagian dari daya tarik tarian tradisional ini. Kedua hal inilah yang diduga menjadi mulai seringnya peristiwa kesurupan masaal di SMKN 3 Magelang. Selain itu lahan yang digunakan untuk membangun Sekolah ini dulu konon adalah sebuah kuburan massal pada zaman penjajahan Belanda.

STM Jetis, Jogjakarta

STM Jetis, Jogjakarta

Sedikit beralih ke kota yang tepat berada di samping Magelang, yaitu Jogjakarta. Di kota yang terkenal dengan julukan kota pelajar ini, juga terdapat sebuah sekolah yang keangkeranya sudah tak usah diragukan lagi. Sekolah yang memiliki nama resmi SMKN 2 Jogja namun lebih di kenal dengan STM Jetis, sesuai dengan letaknya yang memang berada di Kecamatan Jetis ini, merupakan salah satu sekolah menengah tertua yang ada di kota Jogja. Dikenal juga dengan nama Stemsa atau PJS (Princess Juliana School), sekolah kejuruan ini tak pernah lepas dari mitos tentang hantu-hantu penunggunya. Sejak dulu sudah tersebar kabar bahwa di STM Jetis memiliki sebuah ruang bawah tanah yang di gunakan sebagai penjara pada massa penjajahan Jepang. Tempat inilah yang sekarang diduga menjadi srang dari para makhluk halus yang senantiasa menghantui STM Jetis.

 

Namun tak hanya sampai di situ karena selain ruang bawah tanah tersebut masi ada beberapa tempat lain yang bisa dibilang sebagai tempat berkumpulnya para makhluk halus. Diantaranya adalah lorong menuju ruang praktek perbengkelan yang dulu konon merupakan lorong menuju kamar mayat semasa jaman kolonial Belanda. Selain itu ada pula tangga koridor perbatasan antara STM Jetis dan SMK 3 yang konon bisa membawa orang ke dunia lain jika dimasuki dan orang tersebut tak bisa kembali lagi. Dan tentu yang paling seram adalah Aula sekolah ini dan juga ruang theori matematikan yang dipercaya sebagai jalan masuk utama ke ruang bawah tanah di SMT Jetis, dimana para arwah penasaran banyak berkumpul. Di dua ruangan inilah fenomena penampakan hantu terjadi. Karena itu kedua ruangan tersebut sering disebut sebagai yang terangker di STM Jetis dan banyak dihindari oleh para murid disama, karena takut akan disapa oleh arwah yang kebetulan sedang jahil disana.

SMA Tugu, Malang

Jika membicarakan soal kisah mistis maka kita tentautak boleh meninggalkan kota Malang, karena kota ini selain terkenal akan agrowisata buah apel ini. Merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal memiliki banyak kisah mistis yang memnyeramkan. Di Kota Malang sendiri banyak tempat yang di labeli sebagai area angker, namun jika membahas tentang sekolah yang angker nama di sana terdapat sebuah kisah Horor yang cukup melegenda. Kisah tersebut berasal dari SMA Tugu yang terkenal dengan lantai mereka yang selalu mengeluarkan darah. SMA Tugu sendiri sebenarnya hanyalah sebutan untuk penggabungan dari tiga SMA berbeda i kota Malang yaitu SMA 3, SMA 1 dan SMA 4.

 

Jadi di bangunan yang letaknya berdekatan dengan Alun-Alun Bunder ini t

SMA Tugu, Malang

erdapat beberapa sekolah yang dihubungkan dengan lorong-lorong penghubung antar kelas. Nah di lorong-loring inilah sering muncul noda darah misterius yang terus muncul walau sudah dibersihkan. Tak peduli sekeras apapun noda darah tersebut dibersihkan, bercak yang serupa akan terus muncul. Bahkan ketika ubin dilantai loring tersebut di ganti, noda darah tersebut tetap kembali muncul. Selain pada area lorong sekolah fenomena gaib serupa dulunya juga muncul di aula sekolah ini, sebelum akhirnya lantainya di ganti dengan ubin kayu yang berwarna gelap setelah sebelumnya ditumpuk menggunakan pasir dengan jumlah yang banyak. Hingga saat ini sendiri penyebab fenomena ini masih belum bisa teriungkap. Oh ya di SMA Tugu konon juga sering muncul sosok makhluk misaterius yang dipercaya sebagai penampakan kuntilanak.

SMPN 1 Petarukan, Pemalang

SMPN 1 Petarukan, Pemalang

Nyaris serupa dengan kasus yang terjadi di SMA Tugu Malang. Sebuah fenomena gaib aneh juga muncul di SMPN 1 Petarukan, yang ada di Kota Pemalang, Jawa Tengah. Di sekolah lanjutan pertama ini juga terdapat kisah horor yang berhubungan dengan darah, sama halnya dengan SMA Tugu Malang. Hanya saja sedikit berbeda dan bahkan konon jauh lebih mengerikan.. Di sekolah ini konon dulu pernah terjadi sebuah peristiwa horor dimana salah satu tembok yang ada di sana mengeluarkan darah. Dan darah ini juga merupakan darah asli yang secara misteius menetes begitu saja dari tembok yang ada di salah satu tembok sekolah itu. Kejadian ini tentu membuat satu sekolah tersebut sempat gempar dan dilnda kebingungan. Pasalnya tak ada yang bisa mengungkap darimana asal darah yang mengucur dari tembok tersebut. Bahkan para dukun yang dipanggil untuk mengatasi fenomena horor ini juga tak bisa menjawab dengan pasti asal usul dari darah tersebut. Bangunan Sekolah SMPN 1 Petarukan sendiri memang sudah dikenal sebagai tempat yang angker karena dulunya area tersebut meupakan bekas dari pabrik gula yang terbakar dan menewaskan banyak orang. Sedangkan entah bagaimana, namun fenomena darah yang keluar dari tembok toilet tersebut akhirnya berhenti sendiri dan tak pernah muncul kembali. Lagi-lagi tanpa ada yang bisa menjelaskan.


Sahabat anehdidunia.com jika membicarakan tentang bangunan angker di Indonesia rasa-rasanya membutuhkan waktu yang sangat lama. Karena di negara ini memang banyak sekali bangunan tua peninggalan masa penjajahan yang selalu diselimuti kisah mistis, mengingat banyak dari banguna tersebut yang di jadikan sebagai penjara ataupun area pembantaian massal yang di lakuakan oleh tentara Belanda maupun Jepang. Dan salah satunya adalah bangunan-banguna tua yang kini dialihfungsikan sebagai Rumah Sakit maunpun sekolah seperti dalam daftar di atas. Namun kita tak permu merasa takut karena biar bagaimanapun asal makhluk-makhluk astral tersebut tak merasa di usik, maka mereka juga tak akan menggangu manusia. Yang perlu kita lakuan hanyalah berhati-hati sambil terus waspada dan bersikap sopan dimanapun itu, terutama di area-area yang menag terkenal angker.

Referensi:
http://www.orangdalam.com/sekolah-berhantu-indonesia/932
https://www.merdeka.com/peristiwa/siswa-smkn-3-magelang-kesurupan-arwah-dari-kuburan-belanda.html
http://www.boombastis.com/kisah-mistis-sekolah/81702


Related Article

Paling Aneh