Berita Aneh Unik

Napi Tidak Bisa Kabur Penjara Ini Memiliki Keamanan Terbaik Di Dunia

02 Nov 2016

Penjara merupakan tempat hunian yang ditujukan untuk ditempati para narapidana yang terbukti melanggar hukum di suatu negara. Selain untuk menimbulkan efek jera, penjara memang berfungsi sebagai tempat untuk merehabilitasi pelaku kriminal. Sejarah bermula datang dari Inggris, dimana sebelumnya para pelaku tindak kejahatan justru dikirim ke daerah kolonial Inggris (diasingkan) seperti Australia, Tasmania dan lain sebagainya. Seiring timbulnya perlawanan dari masyarakat yang menganggap tindakan tersebut berlebihan maka dibangunlah London Bridewall yang pada saat itu semacam “rumah koreksi” bagi pelaku kriminal.


London Bridewall tersebut yang akhirnya menjadi cikal bakal terciptanya penjara. Dan semenjak tahun 1791, seorang bernama Jeremy Bentham mengkonsep penjara dengan tetap menjaga hak-hak asasi dan akhirnya pada tahun 1799 penjara benar-benar digunakan sebagai konsep hunian untuk para pelanggar hokum. Meskipun penjara dibuat dengan ratusan bahkan ribuan sel untuk engurung narapidana, tak jarang ada penjara yang mendapati tahannya kabur karena pengawasan yang lengah. Namun dibawah ini ada penjara dengan tingkat keamanan terbaik di dunia versi anehdidunia.com

Qincheng Prison – CINA

Qincheng Prison – CINA

Negara Tirai Bambu ini ternyata memiliki salah satu penjara yang tingkat keamanannya salah satu yang terbaik di dunia. Dibangun pada tahun 1958 atas bantuan Uni Soviet pada masa itu penjara ini terletak di distrik Hangping, kota Beijing. Bangunan di penjara ini dibagi menjadi tiga bagian, satu untuk para tahanan baik pangkat rendah maupun tinggi, satu lainnya untuk perkantoran dan satu lagi perumahan untuk karyawan/sipir dan keluarganya. Ruangan sel seluas 20 meter persegi dengan 2 lubang angin, yang satu di toilet satu di langit-langit. Terdapat satu jendela untuk distribusi makanan dan tidak ada kursi di dalam sel. Dinding sel dibuat dari bahan karet untuk mencegah upaya bunuh diri narapidana dengan menubrukan diri ke tembok. Dipekerjakan 5.000 orang penjaga untuk mengawasi penjara ini. Bagi narapidana yang mencoba untuk kabur,siap-siap saja melewati lembah yang dalam dan berada di sekitar penjara ini.

Souza Baranowski Center – AMERIKA SERIKAT

Souza Baranowski Center – AMERIKA SERIKAT

Penjara ini berlokasi di Amerika Serikat tepatnya di wilayah Massachusets. Penjara yang diresmikan dan dibuka secara umum pada tanggal 30 September 1998 ini diperuntukkan narapidana laki-laki. Salah satu sebab penjara ini memiliki tingkat keamanan paling baik di dunia adalah sistem penjagaan ketat dan didukung kamera pengawas 24 jam setiap harinya yang mampu merekam seluruh titik dalam penjara. Kamera pengawasan yang menggunakan sistem matriks ini dibuat oleh sebuah tim dari Massachusets Institute of Technology. Salah satu narapidana terkenal yang mendiami penjara ini adalah Aaron Hernandez, atlet football yang terkenal di Amerika dan divonis seumur hidup atas dakwaan kasus pembunuhan. Para narapidana di penjara ini hanya berpotensi kecil untuk kabur karena pintu penjara dirancang dengan tekhnologi canggih.

Fuchu Prison – JEPANG

Fuchu Prison – JEPANG

Negara serba bertekhnologi tinggi ini tak hanya memiliki penjara yang besar di dunia saja namun dengan tingkat keamanannya juga patut diacungi jempol. Penjara yang terletak di bagian barat kota Tokyo ini dirancang dengan gaya penjara Amerika. Dengan kemampuan orang Jepang yang sudah tak diragukan lagi masalah tekhnologi, penjara ini dibantu dengan sistem pendeteksian tiap narapidana. Artinya jika ada satu saja tahanan yang melarikan diri, alarm akan segera berbunyi sehingga petugas keamanan bisa sigap menyiduknya kembali. Penjara ini sebagian besar dihuni oleh tahanan laki-laki dan tahanan asing dari luar negeri. Salah satu narapidana yang terkenal dan mendiami penjara ini adalah Kyuichi Tokuda yang tidak lain adalah ketua pertama Partai Komunis Jepang.

La Sante – PERANCIS

La Sante – PERANCIS

Salah satu dari tiga penjara utama yang ada di kota Paris, Perancis ini sudah terkenal dengan tingkat keamanannya yang terbaik di dunia. Dibangun pada tahun 1867 oleh seorang arsitek bernama Joseph Auguste Emile Vaudremer, penjara ini pada awalnya hanya memiliki 500 sel hingga sampai saat ini mencapai 2.000 sel. Sistem penggolongan tahanan di penjara ini dibagi berdasarkan kelompok etnis dan ras seperti Eropa Barat, Afrika dan lain sebagainya. Sebagian sel di La Sante ditutup pada tahun 2014 hingga 2019 mendatang untuk renovasi besar-besaran. Saking ketatnya pengawasan dalam penjara ini, para tahanan yang berusaha kabur sampai-sampai mencoba keluar melalui sistem pembuangan air. Namun, mereka tak mendapatkan kebebasan justru mati lemas karena terjebak di dalam sistem pembuangan air yang tentu saja pengap tak ada udara.

Arthur Road Jail – INDIA

Arthur Road Jail – INDIA

Negara berkembang seperti India ternyata memiliki penjara dengan keamanan terbaik di dunia. Penjara tersebut bernama Arthur Road Jail yang dibangun pada tahun 1926 dan merupakan penjara terbesar serta tertua di daerah Mumbai. Pada awalnya penjara ini dibuat hanya untuk menampung 800 orang tahanan saja, akan tetapi pada kenyataannya penjara ini menampung tak kurang dari 2.000 tahanan! Bisa dipastikan ruangan serta sanitasi dan fasilitas juga kurang dari kapasitas yang disediakan. Terbukti penjara ini juga dijuluki penjara yang kumuh karena kondisi kebersihannya yang memprihatinkan. Dinding yang ada di penjara ini dibuat sangat kokoh sehingga kecil kemungkinan dapat diterobos oleh tahanan bahkan dari ledakan bom!

ADX Florence – AMERIKA SERIKAT

ADX Florence – AMERIKA SERIKAT

Mungkin penjara yang satu ini tak hanya tingkat keamanannya terbaik di dunia saja, akan tetapi juga kejam di dunia. Dibuka pada tahun 1994, penjara ini menggunakan sistem pengamanan berlapis sehingga menyulitkan narapidana untuk kabur dari tempat ini. Para tahanan yang menghuni ADX Florence ini menghabiskan waktunya selama 23 jam seharinya setiap hari di dalam kurungan dan mendapatkan jadwal keluar seminggu satu kali dengan satu orang dikawal oleh 5 petugas keamanan sekaligus! Semua sel juga dibuat kedap suara sehingga tidak memungkinkan para narapidana berkomunikasi dengan narapidana yang lain menggunakan kode Morse. Fasilitas dalam sel antara lain meja, kursi dan tempat tidur yang semuanya terbuat dari beton dan “ditanam” dalam ruangan. Penjara yang terletak di negara bagian Florida ini benar-benar mengubur mimpi-mimpi tahanan yang berusaha kabur.
Upaya kabur dari penjara memang naluri manusiawi seorang manusia yang selalu menginginkan kebebasan. Akan tetapi, jika dalam masa tahanan karena terbukti bersalah tentu dikategorikan hal curang karena dianggap tidak bertanggungjawab dari kesalahan yang dibuat. Semoga dengan adanya penjara yang tingkat amannya baik tersebut tak hanya dapat mencegah tahanan kabur namun bisa memberikan efek jera agar tak mengulangi kesalahannya.

sumber referensi:
http://tau-sejarah.blogspot.co.id/2013/03/sejarah-terciptanya-penjara.html
http://www.tahupedia.com/content/show/718/10-Penjara-Dengan-Tingkat-Keamanan-Paling-Tinggi-Di-Dunia
https://en.wikipedia.org/wiki/


Related Article

Paling Aneh