Motivasi

Kenali Penyakit Kanker Paling Mematikan Di Dunia

03 Nov 2016

Kanker adalah penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia, yang ditandai dengan adanya kelainan siklus sel pada tubuh yang kemudian dapat membuat sel menjadi tumbuh tidak terkendali dan sel menjadi mampu menyerang jaringan biologis yang ada di dekatnya. Selain itu, sel juga dapat melakukan migrasi ke jaringan tubuh lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik. Selama ini diketahui bahwa rokok menjadi faktor utama penyebab kanker. Faktor lain yang juga dapat menyebabkan kanker adalah alkohol, kurangnya konsumsi buah dan sayuran, dan jarang berolahraga.

Penyakit kanker kini tak hanya menyerang orang dewasa saja. Saat ini sudah sering ditemui anak-anak dan remaja yang bisa terkena penyakit mematikan ini. Kanker memiliki beberapa jenis, yakni kanker paru-paru, kanker hati, kanker usus, kanker payudara, kanker ginjal, kanker otak, dan sebagainya. Sebenarnya, kanker dapat dirawat dan disembuhkan apabila dilakukan perawatan mulai dari awal. Semuanya tergantung dari pola hidup dan pola makan penderita saat sedang melakukan proses penyembuhan. Kali ini akan dibahas mengenai penyakit kanker yang dianggap paling berbahaya yang ada di seluruh dunia.

Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker Kelenjar Getah Bening bisa terjadi saat kekebalan tubuh seseorang mulai menurun, dan terjadi di area pembuluh limfa. Sebenarnya jika dilihat secara umum, gejala yang terjadi pada kanker ini hampir sama dengan kanker lainnya, seperti kurangnya olahraga, merokok, dan seringnya mengkonsumsi minuman beralkohol. Hanya saja, yang membedakan adalah penderita kanker jenis ini akan muncul sebuah benjolan atau pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, karena menyesuaikan lokasi dari kelenjar getah bening penderita. Kanker kelenjar getah bening menyerang sistem limfatik, dimana dalam sistem limfatik terdapat cairan yang mengandung protein lemak dan limfosit yang mengalir ke seluruh tubuh melewati pembuluh darah. Padahal diketahui bahwa sistem limfatik sangat dibutuhkan bagi tubuh seseorang sebagai tameng untuk perlindungan alami dari kanker.

Kanker Payudara

Kanker Payudara

Kanker Payudara juga menjadi salah satu kanker yang mematikan. Kanker ini tidak hanya menyerang perempuan, namun juga laki-laki. Kanker payudara bisa terjadi karena adanya sel-sel ganas yang terdapat pada jaringan payudara yang berasal dari komponen pada kelenjarnya maupun selain kelenjarnya, seperti jaringan lemak, pembuluh darah, dan saraf pada jaringan payudara. Kanker payudara ini menyebabkan sel dan jaringan payudara menjadi berubah bentuk menjadi tidak seperti bentuk payudara normal dan menjadi bertambah banyak secara tak terkendali. Hal yang paling penting diperhatikan pada perkembangan kanker payudara adalah perubahan kulit dan tekstur payudara, dan adanya benjolan yang terasa berbeda dan biasanya menjadi gejala yang paling umum yang ditemukan. Kemudian, perlu diperhatikan juga gejala lainnya seperti perubahan ukuran, bentuk, tekstur payudara, dan putingnya. Pada kanker payudara, biasanya penderita juga mengalami munculnya cairan bening atau darah yang keluar dari puting susu. Ada dua jenis kanker payudara yang telah diketahui, yakni kanker payudara invasif, yang dapat menyebar di luar payudara, dan kanker payudara non-invasif yang sifatnya jinak dan ditemukan di dalam saluran payudara, serta belum menyebar.

Kanker Otak

Kanker Otak

Kanker Otak merupakan kanker metakikan lainnya yang menyerang otak dan dapat menyebabkan gangguan kognisi serta gangguan tubuh lainnya, karena otak merupakan bagian tubuh yang mengendalikan semua organ pada tubuh manusia. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kanker otak, yakni terjadinya benturan pada bagian kepala, pola hidup yang buruk, radiasi, atau bisa juga karena adanya faktor genetik. Kanker otak dapat memberikan dampak pada kemampuan motorik, berbicara, penglihatan, dan pola pikir pada manusia. Proses penyembuhan pada kanker otak dapat ditangani dengan melakukan radioterapi, kemoterapi, dan bisa juga dilakukan kombinasi antara keduanya dan harus dilakukan secepat mungkin. Karena jika tidak, kanker otak dapat berpotensi menyebar dan merusak bagian dari otak serta saraf tulang belakang, hingga ke organ tubuh yang lainnya.

Kanker Darah (Leukimia)

Kanker Darah (Leukimia)

Kanker Darah merupakan penyakit kanker yang dapat menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang, dan kemudian sumsum tulang tersebut akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal dan tidak dapat berfungsi dengan baik secara berlebihan, yang akan menyebabkan penumpukan dalam sumsum tulang, maka sel-sel darah yang sehat dalam tubuh menjadi berkurang. Gejala kanker darah secara umum adalah anemia, badan menjadi terasa lemah, pembengkakan pada hati dan limpa, pembesaran pada kelenjar getah bening, dan terkadang juga terjadi pendarahan. Jenis-jenis dari penyakit kanker darah ini diklasifikasikan berdasarkan dari sel-sel apa saja yang dipengaruhi dan seberapa cepat penyebarannya.

Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru merupakan jenis penyakit kanker yang paling banyak ditemukan pada pria, walaupun beberapa wanita juga ada yang menderita penyakit kanker paru-paru. Orang-orang yang memiliki resiko besar terkena penyakit ini adalah perokok aktif, karena penyakit kanker paru-paru selalu dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Tak hanya itu, perokok pasif pun juga memiliki resiko terkena kanker paru-paru meskipun kemungkinannya kecil. Gaya hidup yang tidak sehat dengan seringnya mengonsumsi alkohol pun juga bisa menjadi penyebab kanker ini. Gejala dari penyakit kanker paru-paru secara umum adalah terjadinya rasa sakit pada bagian tulang, dan mereka mengalami sesak nafas dan terjadinya pendarahan pada bagian paru-parunya. Gejala lainnya adalah sakit kuning, yang bisa terjadi apabila penderita mengalami penyakit kanker paru-paru yang sudah menyebar sampai ke bagian hati, anemia, menurunnya sistem imunitas pada tubuh, serta adanya perubahan sistem syaraf.

Kanker Pankreas

Kanker Pankreas

Kanker Pankreas merupakan kanker yang memiliki julukan silent killer karena gejala-gejala pada penderitanya yang dianggap sulit di deteksi. Pankreas sendiri merupakan kelenjar endoktrin yang bertanggungjawab memproduksi hormon insulin, glukagon, dan somatostatin. Pankreas juga merupakan organ pencernaan yang memiliki fungsi mensekresikan enzim yang penting pada tubuh serta membantu penyerapan nutrisi. Pengobatan pada jenis kanker ini tergantung dari stadium dan tipe kankernya. Faktor penyebab kanker ini berasal dari obesitas, minuman beralkohol, dan konsumsi daging merah tanpa diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit kanker yang dianggap paling berbahaya di dunia, yang bisa membuat perubahan pada tubuh penderitanya, baik dari dalam maupun dari luar. Penderita kanker bisa berubah menjadi berkurang berat badannya, menurunnya sistem imunitas pada tubuh yang dapat membuat penderita mudah terserang penyakit lain, ada juga yang mengalami pendarahan, anemia, dan badan menjadi selalu terasa lemah serta mudah lelah. Sebagian besar penderita kanker sudah tidak memiliki rambut lagi karena efek kemoterapi yang dijalaninya, dan membuat mereka menjadi selalu terlihat pucat. Meskipun kemungkinan untuk sembuh bagi penderita kanker sangat kecil, tetapi keluarga, teman dekat, dan lingkungan sekitar harus tetap memberikan support yang terbaik agar mereka dapat tetap menjalani kehidupan sehari-harinya dengan baik.

Sumber referensi:
http://faktakanker.com/kanker-umum/jenis-kanker-paling-mematikan-di-dunia
http://www.kolomsehat.com/5-jenis-kanker-paling-berbahaya-dan-mematikan/
http://health.detik.com/read/2012/01/26/172511/1826164/763/10-kanker-yang-paling-mematikan-dan-sulit-disembuhkan


Related Article

Paling Aneh