Cara Kawin Di Dunia Hewan Yang Teraneh Dan Terunik


Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti diberi kemampuan untuk berkembang biak. Baik tumbuhan, hewan dan manusia semuanya diberkahi kemampuan untuk bereproduksi dengan caranya masing-masing. Disebut dengan cara masing-masing karena setiap makhluk hidup tidak memiliki organ reproduksi yang sama. Salah satunya adalah hewan, tiap hewan yang satu dengan yang lainnya pun tidak sama. Seperti yang akan diulas di artikel anehdidunia.com kali ini tentang cara unik dan aneh beberapa hewan ketika kawin yang ada di dunia. Apa saja hewan yang dimaksud? Berikut ulasan rinci terkait dengan cara kawin hewan paling aneh dan unik di dunia khusus untuk sahabatanehdidunia.com

Banana Slugs

Banana Slugs

Banana Slugs adalah hewan kecil yang sejenis dengan siput, disebut dengan Banana Slugs karena hewan satu ini memang berwarna kuning mirip dengan buah pisang. Bentuknya pun panjang dan memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan siput pada umumnya sehingga disebut-sebut sebagai siput terbesar di dunia. Uniknya siput ini adalah termasuk kategori hewan hermafrodit yang itu berarti memiliki dua alat kelamin yakni betina dan juga jantan. Ukuran kelamin jantannya pun seukuran dengan tubuh Banana Slugs itu sendiri. Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara kawin hewan satu ini. Ketika musim kawin dating, sepasang Banana Slugs akan saling beradu memasukkan alat kelamin jantan mereka ke pasangan masing-masing. Itu tandanya, tiap Banana Slugs harus memastikan pasangannya memiliki ukuran alat kelamin yang sama dengan mereka. Jika tidak mendapat yang seukuran, akibatnya bisa membuat alat kelamin jantan tersebut tersangkut dan tidak bisa lepas. Jika sudah terjadi demikian, satu-satunya cara agar alat kelamin tersebut bisa terlepas adalah digigit sampai terputus.

Red Velvet Mite

Red Velvet Mite

Jika membaca namanya saja pasti sudah banyak yang menebak dan mengira-mengira Red Velvet adalah nama makanan atau es krim. Tapi tidak dengan Red Velvet Mite, ia adalah jenis hewan serangga yang sesuai dengan namanya memiliki warna merah menyala. Nama lain dari Red Velvet Mite adalah Trombidiidae, meskipun berukuran kecil namun hewan ini termasuk hewan predator di kalangan serangga. Red Velvet Mite adalah salah satu hewan yang memiliki cara kawin unik di dunia. Pertama-tama ia akan mengumpulkan ranting-ranting, ranting-ranting itulah yang ia jadikan alas ketika ia mengeluarkan cairan sperma. Setelah selesai, sebelum pergi hewan Red Velvet Mite tersebut akan meninggalkan jejak seperti benang sutra untuk mengundang betina agar mendatangi tumpukan ranting yang telah dibuatnya. Jika Red Velvet Mite betina tersebut merasa tertarik dengan “taman” yang dibuat oleh si jantan, maka ia akan mendatangi dan mendiami sperma jantan yang ada diatas tumpukan ranting tersebut dan selanjutnya bisa ditebak sepasang serangga tersebut pun bercinta.

Baca Juga:  Perkiraan Tempat Hidup Alien

Kuda Nil

Kuda Nil

Ketika ada pertanyaan mengenai hewan apakah yang paling besar di dunia? Pasti banyak yang menjawab dan menyebut kata gajah. Tapi siapa sangka jika Hippopotamus Amphibius atau kuda nil ternyata juga termasuk salah satu hewan paling besar di dunia. Yup, kuda nil adalah hewan omnivora asal Afrika yang suka berkubang atau berendam di dalam air. Hewan ini pun juga memiliki cara kawin yang cukup unik dan aneh dibandingkan dengan hewan lain pada umumnya. Kuda nil sendiri dikenal sebagai hewan yang cukup selektif dalam memilih pasangan. Jika Red Velvet Mite membuat “taman cintanya” dengan mengeluarkan cairan sperma diatas tumpukan ranting, maka berbeda halnya dengan kuda nil. Ia akan mengeluarkan (maaf) kotoran sembari ekornya diputar-putar. Alhasil kotoran mereka pun akan tersebar kemana-mana. Cara tersebut adalah bagian dari trik kuda nil dalam menarik perhatian sang betina. Setelah kotoran tersebut tersebar kemana-mana, kuda nil jantan akan menanti kedatangan betina yang tertarik dengan bau kotorannya tersebut. Lantas jika memang benar-benar sudah ada betina yang cocok, pasangan kuda nil tersebut akan mulai berendam bersama-sama untuk kemudian lanjut kawin.

Jerapah

Jerapah

Hewan selanjutnya yang memiliki cara unik dan aneh dalam berkawin adalah si leher panjang, jerapah. Hewan satu ini ternyata juga tak kalah joroknya dengan kuda nil kala memilih pasangan sewaktu musim kawin. Namun bedanya adalah bagi jerapah yang mendatangi pasangannya bukanlah si betina melainkan sang jerapah jantan. Yup, sang jerapah jantan akan mendatangi jerapah betina untuk kemudian mencium bau air seni yang telah dikeluarkan oleh jerapah betinanya. Melalui bau air seni tersebut, jerapah jantan bisa menilai apakah jerapah betina telah siap untuk kawin ataupun tidak. Jika jerapah jantan merasa si betina sudah siap untuk kawin, maka selanjutnya jerapah jantan akan mulai mengikuti atau membuntuti si betina kemana saja sebelum akhirnya mereka kemudian kawin. Akan tetapi uniknya adalah ketika dalam proses jerapah jantan membuntuti jerapah betina tersebut, tidak menutup kemungkinan jerapah betina akan digoda oleh jerapah jantan lainnya. Jika sudah demikian, jerapah jantan yang mengekor ke betina tersebut akan berusaha mati-matian mengusir jerapah penggoda. Jika perlu, kedua pejantan tersebut bisa sampai bertarung saling mematahkan leher untuk memenangkan hati jerapah betina.

Baca Juga:  Kasus Pemotongan Penis Dengan Alasan Paling Konyol Di Dunia

Landak

Nanas dan durian adalah dua diantara sekian banyak buah-buahan berduri yang ada di dunia. Ternyata hewan pun juga punya yang berduri, apa lagi jika bukan landak. Hewan landak adalah salah satu jenis hewan berduri yang paling banyak dikenal oleh orang-orang di dunia. Duri-duri yang terdapat pada tubuhnya adalah bagian dari senjata mereka ketika merasa jiwanya terancam. Namun kali ini anehdidunia.com tidak akan mengulas perihal duri-duri tajam yang ada pada tubuh landak melainkan akan mengulas cara kawin mereka yang cukup unik dan tentu saja aneh dibandingkan dengan hewan yang lain. Landak ternyata memiliki ritual khusus sebelum melakukan proses kawin. Mengingat ia memiliki duri-duri tajam, landak jantan harus memastikan bahwa sang betina memang telah siap untuk diajak kawin. Cara landak jantan menyeleksi kesiapan landak betina adalah dengan cara mencium hidung satu sama lain. Apabila respon landak betina cukup baik, maka landak jantan akan melanjutkan ritual berikutnya yakni mengeluarkan air kencingnya ke tubuh landak betina. Kandungan feromon yang ada pada air kencing landak jantan inilah yang menjadi penentu kelayakan landak betina ini masih pantas atau tidak untuk diajak kawin. Apabila sang betina merasa tertarik dengan feromon tersebut, barulah kedua landak tersebut akan kawin.

Kelima hewan diatas hanyalah sekian dari beberapa hewan yang memiliki cara kawin unik dan aneh di dunia. Mungkin dari lima daftar hewan diatas, beberapa sahabatanehdidunia.com sudah ada yang pernah mengetahuinya dan mungkin saja belum ada yang tahu. Semoga informasi yang diulas anehdidunia.com ini menambah wawasan terkait dengan fauna-fauna yang ada di dunia!

Sumber referensi:
http://www.tahupedia.com/content/show/1179/10-Cara-Kawin-Paling-Aneh-Dari-Dunia-Hewan
https://en.wikipedia.org/wiki/
https://id.wikipedia.org/wiki/

Berita Aneh Unik