PLARIUSMODIFIKASI101

Mahakarya Inspiratif Dari Fotografer Chris Pors

Monday, December 05, 2016
Menjadi seorang forografer tentu harus kreatif untuk menciptakan hasil-hasil foto yang benar-benar mengagumkan. Chris Porsz, adalah seorang fotografer yang tak hanya kreatif, namun ia juga profesional. Chris telah menjadi fotografer pada sekitar tahun 70-an sampai tahun 90-an. Kurang lebih 30 sampai 40 tahun yang lalu, banyak hasil foto-foto Chrisz yang masih ia simpan dengan baik. Chrisz kemudian memiliki sebuah proyek yang cukup unik, yakni dengan berusaha untuk menemukan seseorang yang ada di dalam foto-foto tersebut, lalu ia ingin mempotret mereka dengan pose dan pada lokasi yang sama.

Proyek yang ia lakukan nantinya akan ia letakkan dalam sebuah Reunions Book. Chrisz pun berhasil bertemu dengan orang-orang tersebut, walaupun sudah dalam kondisi yang berbeda. Namun tak semua foto ia coba dijadikan proyek lagi, karena ada sebagian orang yang telah meninggal. Tetapi ada juga orang-orang yang ada di dalam hasil fotonya yang walaupun terlihat berbeda karena ada yang sudah tua, atau menjadi lebih gendut, tetapi ada juga yang masih memiliki pekerjaan yang sama. Usaha apapun ia lakukan sampai akhirnya bisa menjalani proyek yang ia rencanakan dengan baik. ada 135 foto yang berhasil ia jepret dan diletakkan di dalam buku reuni, lalu terdapat teks yang ditulis oleh Jo Riley. Kali ini akan dibahas mengenai hasil-hasil jepretan Chrisz dari hasil proyeknya dengan jepretannya beberapa tahun yang lalu. Pasti akan merasa sedikit kagum karena Chrisz memiliki ide yang kreatif dan sangat profesional dalam melakukan pekerjaannya.


Seorang Anak dan Inspektur



Foto ini diambil pada tahun 1980, dan saat itu terlihat ada seorang inspektur yang bernama David Harvey tengah berbicara dengan seorang anak laki-laki bernama Tim Goodman yang duduk diatas sepedanya. Chrisz berusaha untuk mengabadikan kembali foto dari hasil jepretannya yang hampir sama persis dan di tempat yang sama pada tahun 2010. Ia mencari David Harvey yang kini sudah tidak lagi bekerja menjadi seorang Inspektur karena telah lama pensiun dan pekerjaannya ia wariskan kepada anaknya. Namun Tim Goodman yang saat ada di dalam foto terlihat masih kecil, saat ini sudah terlihat tua dan kepalanya botak. Ia bahkan telah memiliki 6 orang anak.
Makan Siang Bersama Sahabat

Pada tahun 1982, Chrisz bertemu dengan beberapa perempuan yang berada di Guidhall, Catedral Square. Mereka sedang duduk dan makan bersama. Para perempuan yang ada di dalam foto jepretan Chrisz tersebut adalah Penny, Sarah, Louise, Carole, dan Juliette. Kemudian pada tahun 2011, Chrisz menemui mereka dan menceritakan mengenai proyek yang sedang ia lakukan. Sahabat anehdidunia.com mereka pun bersedia membantu Chrisz dan kembali berkumpul bersama. Sayangnya, Juliette tidak bisa ikut mengabadikan ulang foto tersebut karena ia sudah meninggal terlebih dahulu. Untuk membuat fotonya terkesan mirip, posisi Juliette kemudian digantikan oleh Alison. Unik dan lucu, mereka terlihat duduk bersama kembali dan menikmati makanan yang mereka bawa, hampir sama dengan foto yang dipotret oleh Chrisz beberapa puluh tahun yang lalu.


Kakak dan Adik



Chrisz menyimpan foto yang di dalamnya terdapat seorang kakak dan adiknya yang sedang menikmati es krim di depan rumah mereka pada tahun 1981. Mereka adalah Donna Yarnell, yang kala itu masih berusia 5 tahun dan adiknya Steven, yang saat itu masih berusia 3 tahun. Chrisz bertemu merea yang saat ini sudah dewasa dan terlihat sangat berbeda. Sebenarnya Donna dan Steven sudah tidak menempati rumah yang ada di foto tersebut, namun demi proyek yang dilakukan oleh Chrisz, mereka mau membantunya dengan kembali ke rumah lama mereka yang sudah terlihat sediit berbeda dari sebelumnya, dan ber pose sama seperti foto sebelumnya. Foto dari Donna dan Steven ia abadikan kembali pada tahun 2015.


Lima Anak-anak Yang Berlari



Pada tahun 1987, Chrisz mengambil foto lima orang anak laki-laki yang tengah berlari. Mereka bernama Andy, Richard, Tony, Aaron, dan Devinder. Demi usahanya untuk mengabadikan kembali momenmoment yang ada di foto-foto hasil potretannya, ia kemudian berusaha untuk mencari kelima anak yang ada di dalam foto tersebut. Tak disangka, ia berhasil mengumpulkan kembali lima orang yang berada di dalam fotonya, dan kini mereka sudah terlihat dewasa. Sahabat anehdidunia.com Chrisz pun mengabadikan ulang foto tersebut pada tahun 2016 dengan pose yang hampir sama. Tak hanya sekedar berfoto, mereka akhirnya bisa embali berkumpul setelah lama tidak bertemu karena telah menjalani kehidupan dan kesibukan masing-masing.


Ciuman Sepasang Kekasih



Sepasang kekasih yang bernama Tony Walmot dan Sally, saat itu berpisah karena Tony Walmot yang akan pergi dengan menaiki kereta Dan berangkat dari Peterborough Railway Station. Tony pun memberi ciuman sebagai tanda perpisahan kepada Sally. Chrisz pun mengabadikan moment tersebut pada tahun 1980 yang ternyata tak disadari oleh Tony dan Sally. Chrisz mengabadikan moment tersebut karena keduanya terlihat sangat romantis. Foto ini juga dijadikan sebagai salah satu proyek yang sedang dilakukan oleh Chrisz. Pada tahun 2011, ia berusaha untuk menemui sepasang tersebut untuk kembali mengabadikan moment romantis tersebut. Ternyata kini, Tony dan Sally sudah menikah dan dikaruniai duoa orang anak yang ia beri nama Tom dan Jenny.


Penjual Es Krim



Seorang penjual es krim yang bernama Genesio Borrillo atau biasa dipanggil Gino memutuskan untuk membeli sebuah mobil es krim saat ia baru saja pindah dari Italia menuju Peterborough. Saat itu, Gino tengah memberikan es krim yang dibeli seorang anak perempuan dan moment tersebut diabadikan oleh Chrisz pada tahun 1980. Bahkan saat Chrisz bertemu kembali dengan Gino, ia masih menjalani profesinya sebagai penjual es krim. Sahabat anehdidunia.com Gino pun sudah menikah dan memiliki 3 orang anak. Gino pun telah memiliki 4 orang cucu. Chrisz pun kembali mengabadikan moment ia berjualan pada tahun 2014. Sayangnya dalam foto terbarunya, ia tidak menemukan anak perempuan yang di dalam fotonya dahulu tengah membeli es krim.


Moment Mengantri Telepon Umum



Dalam sebuah foto hasil jepretan Chrisz pada tahun 1981 menunjukkan ketiga orang laki-laki yang sedang mengantri telepon umum. Mereka adalh John Morris, Paul Barnard, dan Andrew Pollard yang ternyata adalah teman satu sekolah. Chrisz berusaha untuk bertemu dengan mereka bertiga untuk kembali ia abadikan kembali momentnya pada tahun 2016. Sayangnya, telepon umumnya ini telah berganti menjadi mesin ATM. Meski begitu, fotonya tetap terlihat mirip seperti foto aslinya.

Sahabatanehdidunia.com ide kreatif dan unik yang dimiliki oleh Chrisz memang sangat menakjubkan. Bahkan ia rela untuk berusaha menemukan kembali orang-orang yang ada di dalam foto hasil jepretannya demi proyek yang tengah ia jalani. Karena hasil usahanya, Chrisz berhasil mengabadikan kembali moment-moment tersebut walaupun ada beberapa yang tidak mirip seperti aslinya. Intinya, beberapa cerita diatas menceritakan bagaimana usaha Chrisz dan moment apa saja yang telah berhasil ia potret kembali dengan orang yang sama, di tempat yang sama, walaupun dengan kondisi yang berbeda.

Sumber referensi:
http://www.bacatulisan.com/2016/11/fotografer-ini-cari-orang-yang-dipotret-30-tahun-lalu.html
http://style.tribunnews.com/2016/11/16/menakjubkan-fotografer-ini-cari-orang-yang-dipotret-30-tahun-lalu-dan-ciptakan-ulang-gambarnya?page=all
http://travel.tribunnews.com/2016/11/20/chris-porsz-fotografer-ini-ulang-foto-yang-diambil-30-tahun-lalu-lihat-perbedaannya?page=2