Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perpustakaan Terbaik dan Termegah di Dunia Ini Bikin Betah

Sebuah pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia dan membaca adalah salah satu cara kita menjelajah dunia. Hal itu memang terukti benar, karena dengan membaca kita akan memperoleh banyak informasi dan wawasan yang lebih luas lagi. Banyak orang-orang hebat lahir dari kegemarannya membaca. Karena orang yang suka membaca juga bisa dibilang sebagai orang yang tak pernah malas untuk belajar.

Berbagai cara untuk memperoleh buku bisa apa saja, mulai dari membeli, menyewa atau mengunjungi perpustakaan. Yup, perpustakaan adalah salah satu tempat yang menyimpan ratusan bahkan ribuan buku untuk dibaca secara cuma-cuma di tempat tersebut. Keberadaan perpustakaan saat ini tak hanya bisa kita jumpai di sekolah atau kampus saja namun juga ada di ruang public dan bahkan banyak pemerintah kota di berbagai negara yang menyediakan fasilitas umum perpustakaan di kotanya. Jika anda termasuk orang yang enggan ke perpustakaan karena alasan ketidaknyamanan ruangan yang berdebu, berikut ada perpustakaan terbaik di dunia yang bikin anda betah berlama-lama membaca!


Beinecke Rare Book & Manuscript Library



Salah satu perpustaaan terbaik yang ada di dunia dimiliki oleh Universitas Yale, Amerika Serikat. Bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Gordon Bunshaft dan dibuka untuk umum pada tanggal 14 Oktober 1963. Bangunan perpustakaan ini dipilih dengan kualitas terbaik mulai dari marmer, granit, kaca dan lain sebagainya. Perpustakaan ini memang banyak memasukkan unsur kaca termasuk dalam hal penyimpanan ratusan ribu buku serta jutaan manuskrip yang ada di dalamnya. Beinecke Rare Book & Manuscript Library dikenal memiliki banyak koleksi buku dan manuskrip yang berhubungan dengan sastra hasil penelitian mahasiswa, dosen bahkan ilmuwan. Selain kondisi bangunannya yang nyaman, bersih dan buku yang lengkap perpustakaan ini juga menerapkan suhu 21o celcius dengan kelembaban aman bagi buku. Jadi anda tidak akan menemukan buku-buku penuh debu di perpustakaan ini. Saat ini perpustakaan sedang ditutup untuk tahap renovasi dan rencananya dibuka kembali pada bulan September 2016.


Admont Abbey Monastic Library



Melihat bangunan perpustakaan ini membuat teringat dengan arsitektur gereja-gereja besar di Eropa. Tak heran karena perpustakaan ini merupakan biara tertua yang ada di Styria, Austria dengan awal masa pembangunannya selesai pada tahun 1074. Hal yang menonjol dari sisi bangunan ini adalah kentalnya unsur seni yang bisa dilihat dari lukisan-lukisan yang ada pada dinding dan patung-patung di dalamnya. Bahkan Bartolomeo Altomonte sang pelukis yang meluis dinding-dinding tersebut menyelesaikan lukisannya dalam kurun waktu satu tahun! Koleksi buku-buku yang ada disini berjumlah sekitar 200.000 disertai dengan 1.400 manuskrip tua mulai dari awal abad ke 8 dan 530 incunabula. Admont Abbey Monastic Library yang bertempat di daerah Sungai Enns, kota Admont, Austria ini dibuka setiap 24 Maret hingga 31 Desember dan menjadi perpustakaan biara terbaik dan tertua yang ada di dunia. Bisa dipastikan bagi para pecinta seni akan menikmati suasana di dalam perpustakaan ini.


Library of Birmingham



Perpustakaan terbaik dan termegah berikutnya berada di kota Birmingham, Inggris. Perpustakaan umum tersebut bernama Library of Birmingham. Perpustakaan yang dirancang oleh seorang arsitek bernama Francine Houben ini termasuk perpustakaan baru yang hadir di dunia karena dibuka pada tanggal 3 September tahun 2013. Uniknya peresmian perpustakaan ini dibuka oleh Malala Yousafzai, gadis Taliban yang lolos dari upaya pembunuhan dan mendapat penghargaan perdamaian Nobel dan saat ini bermukim di Birmingham. Library of Birmingham memiliki luas sebesar 31.000 meter persegi dan memiliki koleksi buku-buku nasional dan internasional. Saking luasnya, perpustakaan ini disebut sebagai perpustakaan terbesar yang ada di Benua Eropa. Di dalam bangunannya pun juga terdapat escalator untuk memudahkan akses pengunjung mencari buku-buku yang dimaksud. Perpustakaan ini cocok untuk dikunjungi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ratusan buku dari para sastrawan terkenal disimpan rapi di dalam perpustakaan ini, salah satunya adalah buku Audubon’s Bird of America yang hanya ada 119 jumlah. Karena banyak koleksi langka yang dimiliki, pengamanan perpustakaan ini sangat diperhatikan sehingga tak khawatir koleksi bukunya ada yang hilang. Bagi kutu buku, perpustakaan ini sangat nyaman dan tenang untuk dikunjungi.


Stadtbibliothek Stuttgart Library



Stadtbibliothek merupakan perpustakaan umum yang berlokasi di kota Stuttgart, Jerman. Dilihat dari bangunannya perpustakaan ini memiliki bentuk persegi dan desain yang sangat futuristik. Perpustakaan umum ini diatur dan dikelola oleh departemen kebudayaan kota Stuttgart. Di dalamnya juga terdapat beberapa jenis perpustakaan untuk mengkategorikan ranah-ranah bacaan seperti perpustakaan khusus anak-anak, perpustakaan seni, perpustakaan music dan lain sebagainya. Bahkan di dala perpustakaan ini juga memiliki empat klinik. Tak heran jika Stadtbibliothek Stuttgart Library ini merupakaan perpustakaan terbesar dan terbaik di negara Jerman. Terdapat sekitar 100.000 bahkan lebih koleksi buku dari berbagai negara di dunia. Selain mengkoleksi buku, perpustakaan ini juga memiliki koleksi digital lainnya yang tersimpan rapi di dalam. Tak hanya itu saja, masalah unik lainnya dari bangunan ini bisa dilihat dan dinikmati ketika malam hari. Perpustakaan ini memiliki pencahayaan lampu yang uni sehingga ketika malam hari tampak seperti lautan cahaya berwarna biru menyelimuti bangunan tersebut. Sebanyak 6.000 pengunjung tiap hari mengunjungi Stadtbibliothek Stuttgart Library ini.

Bisa disimpulkan bahwa perpustakaan terbaik dan termegah di dunia tersebut sangat memperhatikan dan menomorsatukan kenyamanan pengunjung yang sekaligus penikmat dan pecinta buku. Semoga bisa menginspirasi pemerintah di negara Indonesia untuk membangun perpustakaan uum dengan fasilitas terbaik bagi para pengunjungnya. Kira-kira setelah membaca informasi diatas, manakah yang menurut sahabatanehdidunia.com perpustakaan yang terbaik dan termegah di dunia favorit anda?

sumber referensi:
http://forum.liputan6.com/t/telusuri-gudang-ilmu-spektakuler/14045
http://beinecke.library.yale.edu/about/about-building
http://twistedsifter.com/2013/12/admont-abbey-library-austria/
https://en.wikipedia.org/wiki/Library_of_Birmingham
https://en.wikipedia.org/wiki/Stadtbibliothek_Stuttgart