Cerita Horor Dari Hantu-Hantu Paling Melegenda Di Kampus UI


Universitas Indonesia atau yang lebih sering di sebut UI, merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Dengan kwalitas para pengajar dan materi yang diperkuliahkan, kampus UI bahkan cukup tersorhor di dunia. Selain itu UI juga dikenal sebagai salah satu universitas paling wah di tanah air. Bukan wah dalam artian mewah namun karena luas wilaha kampusnya yang luar biasa. Terletak di wilayah Depok total luas lahah UI mencapai tak kurang dari 320 hektar, dengan 25% lahan area Kampus dan 75% lainya merupakan daerah hijau. Karena itu kampus yang telah menghasilkan sekitar 400.000 alumni ini sering juga disebut “Green Campus” atau kampus hijau.

Namun dibalik semua itu kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1949 ini juga menyimpan banyak misteri dan juga kisah mistis. Dengan wilayah yang sebagian besar merupakan hutan yang cukup rimbun kampus UI, memiliki hawa yang cukup misterius dan mengerikan terutama saat malam hari. Selain itu menurut para alumnusnya, kampus UI juga menyimpan beragam cerita horor dari hantu-hantu penunggu kampus yang akan membuat bulu kuduk siapapun berdiri. Nah kisah mistis dari hantu-hantu UI inilah yang kali ini akan Anehdidunia.com bagi kisahnya dalam, Cerita Horor Dari Hantu-Hantu Paling Melegenda Di Kampus UI, versi anehdidunia.com

Hantu Rektorat UI

Hantu Rektorat UI

Kisah hantu yang pertama adalah kisah dari hantu wanita yang konon sering bergentayangan di wilayah sekitar gedung Rektorat UI. Menurut cerita yang beredar di kalangan mahasiswa UI barang siapa yang masih ada di area selkitar Rektorat UI setelah lewat jam 11 malam biasanya jika beruntung akan melihat seorang gadis yang berjalan tertatih dengan kepala yang terkulai karena patah. Sahabat anehdidunia.com sosok gadis inilah yang dipercaya merupakan hantu wanita yang sering bergentayangan di area Rektorat UI. Hantu ini sendiri dipercaya merupakan arwah dari seorang mahasiswi UI yang dulu bunuh diri dengan gantung diri di gedung Rektorat UI. Terdapat beberapa versi tentang penyebab gadis ini bunuh diri, ada yang bilang karena putus dengan pacarnya namun ada juga cerita yang mengungkapkan kalu gadis tersebut diperkosa hingga hamil dan akhirnya memutuhkan untuk gantung diri. Kisah ini sendiri sudah beredar di UI sejak tahun 90-an awal dan hingga kini masih banyak mahasiswa yang mengaku sering melihat hantu Gantung Diri ini saat melintasi wilayah Rektorat UI.

Hantu Kebaya Merah

Hantu Kebaya Merah

Seperti yang sudah disebutkan tadi kampus UI memiliki lahan yang sangat luas. Di UI bahkan juga terdapat hutan dan juga 6 buah danau yang masing-masing bernama Kenanga, Agathis, Mahoni, Puspa dan Salam. Namun ke enam danau ini sangat jauh dari kesan damai dan asri karena justru menyimpan berbabi cerita mistis. Kejadian-kejadian itu diantaranya munculnya air mancur di tengah-tengah salah satu danau pada tahun 2014 yang lalu. Sahabat anehdidunia.com selain itu pernah juga ada orang yang tersmbar petir pada tahun 2005 dan yang terakhir adalah penemuan jenazah salah satu mahasiswa UI yang penyebab kematianya masih menjadi misteri. Segala peristiwa mistis ini sering dihubungkan dengan kisah Horor dari salah satu danau yang konon menjadi tempat bergentayangan salah satu hantu paling melegenda di UI. Sosok hantu itu adalah hantu kebaya merah. Dari cerita yang beredar di UI hantu kebaya merah ini konon merupakan salah satu mahasiswi UI yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas saat akan menghadiri acara wisudanya. Mahasiswi tersebut konon tak rela meninggal sebelum diwisuda karena itulah ia sering bergentayangan dan muncul di foto-foto wisuda mahasiswa. Saat muncul hantu ini selalu terlihat memakai kebaya merah yang ia kenakan saat meningga, karena itu hantu yang konon mendiami salah satu danau di UI ini kemudian dikenal sebagai hantu kebaya merah.

Hantu Tanpa Kaki

Hantu Tanpa Kaki

Perpustaan biasanya merupakan tempat yang tenang dan sunyi. Hal ini juga berlaku untuk perpustaan di kampus UI. Namun perpus di UI tak hanya tenang dan sunyi, karena menurut kisah yang beredar di kalangan mahasiswa UI. Perpustakaan kampus mereka juga sarat akan kisah mistis dan menyeramkan. Salah satunya adalah adanya cerita yang mengatakan kalau di perpus UI ada sesosok hantu tanpa kaki yang sering terlihat. Sosok hantu ini biasanya akan berdiam sambil membaca buku, namun jika diperhatikan baik-baik maka sosok yang tengah duduk tersebut tak memiliki kaki sama sekali.

Baca Juga:  Batu Cincin Akik Bertuah Paling Dicari

Kisah hantu tanpa kaki ini bermula dari penuturan salah satu mahasiswa yang konon ernah melihat penampakan hantu tersebut. Menurut cerita mahasiswa tersebut saat itu dirinya yang baru saja datang perpus melihat ada seorang yang sedan belajar. Karena tak mau mengganggu akhirnya ia langsung duduk dan juga mulai belajar. Sahabat anehdidunia.com setelah sekitar 2 jam berlalu sama sekali tak ada orang yang masuk dan di dia hanya bersama orang tersebut. Namun orang itu terus saja diam tanpa bersuara sedikitpun. Sampai pada suatu waktu mahasiswa tadi tanpa sengaja menjatuhkan pulpen miliknya, nah saat berusaha mengambip pulpen tersebut secara tak sengaja ia melihat kalau orang yang sedang membaca buku tersebut ternyata tak memiliki kaki. Setelah menyadari hal tersebut mahasiswa tadi langsung merasa ketakutan dan segera lari dari perpus. Sejak saat itulah legenda hantu tanpa kaki di perpus UI mulai beredar, meski begitu hingga saat ini asal-usul dari hantu tanpa kaki ini masih menjadi misteri.

Hantu Jemblongan

Hantu Jemblongan

Hantu Jemblongan merupakan hantu yang konon sudah ada bahkan sebelum kampus UI didirikan. Hantu yang memiliki wujud seperti wanita ini konon dulunya sering bergentayangan di sekitar rel kereta api atau kuburan. Baru setelah kampus UI ada hantu jemblongan mulai pindah ke daerah danau UI menyusul kian ramainya jalan raya antara Depok-Lenteng Agung. Hantu Jemblongan juga dikenal lumayan usil karena sering membonceng motor pengendara yang lewat disekitar UI saat malam hari. Asal usul hantu ini sendiri masih misterius namun banyak ynag menduga hantu Jemblongan merupakan arwah wanita yang tertabrak kereta di sekitar Depok

Hantu Kereta Malam

Hantu Kereta Malam

Kisah mistis ini mungkin yang paling banyak di ketahui orang, karena sudah beredar sejak 1990. Kisah hantu kereta malam berasal dari stasiun kereta UI yang memang terkenal angker. Kisah horor ini berasal dari seorang mahasiswa yang konon secara tak sengaja menaiki kereta hantu di stasiun UI. Menurut cerita yang ada saat itu seorang mahasiswa memutuskan untuk naik kereta saat pulang karena sudah terlalu malam. Setibanya ia di stasiun mahasiswa tersebut lansung memasuki gerbong dan duduk. Setelah kereta itu berangkat mahasiswa tadi mulai menemui kejanggalan karena semua penumpang kereta tersebut tampak lesu, berpakaian lusuh dan tak ada satupun yang berbicara. Sahabat anehdidunia.com keanehan lainya dalah bahwa kereta yang ia tumpangi sama sekali tak pernah berhenti di stasiun manapun. Baru setibanya di stasiun Tebet yang merupakan tujuan mahasiswa tersebut kereta itu berhenti. Mahasiwa tadi langsung keluar dari kereta, namun selain dia tak ada lagi orang yang turun. Setelah kereta itu pergi, mahasiswa tadi baru tersadar tentang apa yang baru saja dialaminya setela seorang petugas menegurnya dan bertanya kenapa pemuda itu berjalan sendirian di sepanjang rel kereta api. Ternyata selama itu mahasiswa tadi sama sekali tak menaiki kereta melainkan berjalan di rel kereta api sendirian.

Baca Juga:  Kisah Rumah Hantu Darmo

Hantu Gerbang Utama

Hantu Gerbang Utama

Di UI terdapat sebuah kisah mistis tentang arwah seorang mahasiswi yang senantiasa menunggu di depan gerbang kampus saat malam hari. Sosok hantu ini dipercaya merupakan seorang mahasiswi yang pada tahun 90-an yang lalu, tewas akibat peristiswa tabarak lari. Sejak kematian tragisnyatersebut arwah mahasiswi tersebut konon terus menunggu di depan gerbang sekolah untuk pulang kerumah. Hantu ini biasanya akan mencegat taksi-taksi kosong yang baru mengantar penumpang ke dalam kampus dan minta untuk diantar pulang ke rumahnya di kawasan Bintaro. Sahabat anehdidunia.com setiba dirumah tersebut hantu ini biasanya akan berkata pada supir taksi untuk meminta uang pada orang tuanya dulu untuk mbayar taksi. Namun ia meski ditunggu selama beberapa jam mahaiswi tersebut tak pernah kembali. Baru setelah supir taksi mendatangi rumah tersebut, ia akan tersadar kalau baru saja membawa arwah setelah keluarga mahasiswi tersebut menceritakan bahwa putri mereka sudah lama meninggal. Kejadian seperti ini biasanya akan dialami oleh supir-supir taksi baru, yang belum tahu tentang legenda hantu di gerbang utama UI. Selain itu hantu ini konon juga sering menggoda orang yang kebetulan berhenti di sekitar gerbang UI saat malam hari.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kisah hantu yang konon bergentayangan di sekitar kampus UI. Sebagian kisah ini tentu hanyalah kisah urban legend setempat yang berdasarkan oleh kejadian yang terjadi. Dan kalau ada yang punya kisah lain tentang hantu di sekitar UI, jangan lupa berbagi kisahnya dengan kami lewat kolom komentar ya 🙂

Referensi:
https://m.tempo.co/read/news/2015/04/03/083655037/mahasiswa-tewas-di-danau-dan-5-takhayul-hantu-di-ui
http://duniabaca.com/kumpulan-cerita-hantu-di-kampus-ui-depok-iiihhh-takuuuuttt.html

Supranatural