Fakta-Fakta Menarik Dibalik Inagurasi Donald Trump


Donald John Trump atau lebih akrab dengan nama Donald Trump adalah seorang pengusaha elit asal Amerika Serikat yang sekaligus merupakan bintang reality show dan juga politikus. Pria kelahiran 14 Juni 1946 ini diketahui sebagai pemilik The Trump Organization yang merupakan perusahaan induk dari semua bisnis yang ia geluti sejak tahun 1971. Di usianya yang menginjak 70 tahun ini, Donald Trump tidak lagi sekedar dikenal sebagai pengusaha kelas atas namun sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-45.

Seperti yang telah diketahui bahwa masa jabatan presiden Amerika Serikat adalah empat tahun. setelah Barack Obama memimpin negara tersebut selama dua periode, tepat di tanggal 20 Januari 2017 yang lalu penggantinya Donald Trump dilantik sebagai presiden yang baru. Sosok kontroversial Donald Trump tentu mengundang banyak orang mengamati acara inagurasi Donald Trump. Dan berikut fakta-fakta menarik dibalik inagurasi Donald Trump versi anehdidunia.com.

inagurasi trump

Hillary Clinton Hadir

Donald Trump terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-45 setelah sebelumnya berhasil meraih suara sebanyak 59.611.678 dan membuat lawannya saat itu yakni Hillary Clinton kalah telak. Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa hubungan Hillary Clinton dengan Donald Trump kala bersaing ketika menjadi calon presiden memang cukup a lot. Mereka juga seringkali tampak saling serang ketika ada acara debat di televisi. Sesaat setelah Trump meraih suara terbanyak dan meraih kemenangan, Hillary Clinton tampak jarang muncul di hadapan publik. Namun sebagai bentuk sportifitasnya, Hillary Clinton tak ragu untuk menghadiri inagurasi Donald Trump beberapa waktu lalu. Banyak masyarakat yang salut karena Clinton tampak sportif dan memberikan ucapan selamat atas dimulainya kepemimpinan Trump.

Trump Mengklaim Pelantikannya Dihadiri 1,5 juta Warga

Tradisi pelantikan presiden di Amerika Serikat diketahui selalu diselenggarakan di Capitol Hill dan sepanjang taman yang melintang dari Washington Monumen ke gedung tersebut selalu sengaja disediakan bagi warga yang ingin menyaksikan langsung. Sayangnya beberapa belakangan ini media mengungkap fakta bahwa jumlah warga yang menyaksikan langsung inagurasi Donald Trump tidak sebanyak dengan jumlah warga pada saat pelantikan Obama tahun 2009 lalu. Media mengungkapkan hal tersebut disertai dengan bukti foto perbandingan inagurasi Trump dengan Obama yang sama-sama dibidik tepat 45 menit sebelum acara dimulai. Perbedaan yang amat menonjol begitu tampak dalam potret tersebut. Akan tetapi Trump justru membantah kabar media tersebut dan menuding media telah menyebarkan berita bohong. Melalui juru bicaranya pun, Trump mengklaim bahwa inagurasinya dihadiri oleh 1,5 juta warga dan terhitung terbanyak sepanjang sejarah pelantikan presiden Amerika Serikat.

Tidak Bertabur Bintang Papan Atas

Dalam acara inagurasi presiden Amerika Serikat memang biasanya menghadirkan para bintang papan atas untuk menghibur masyarakat dengan lagu-lagu kebangsaan. Seperti misalnya ketika pelantikan kedua Barack Obama di tahun 2013 lalu yang dihadiri oleh penyanyi papan atas Beyonce Knowles. Akan tetapi sedikit berbeda dengan inagurasi Trump hari Jum’at lalu dimana dikabarkan para penyelenggara kesulitan mengundang bintang papan atas karena banyak diantara mereka yang keberatan menghadiri presiden “kontroversial” ini. Disebutkan bahwa Katy Perry, David Foster, Elton John dan lain-lain menolak untuk mengisi acara tersebut. Bahkan beberapa musisi seperti Moby dan R. Kelly mengungkapkan penolakannya untuk tampil dalam inagurasi Donald Trump secara terbuka melalui akun pribadi media sosial mereka masing-masing. Rumor mengatakan pihak penyelenggara rela menawarkan bayaran tinggi agar mereka bersedia untuk tampil namun tetap saja tidak ada yang bersedia. Sementara Trump membantah berita tersebut dengan mengatakan bahwa tidak adanya bintang papan atas karena permintaan Trump sendiri bukan karena mereka menolak.

Ponsel Donald Trump Disita Di Tengah Acara

Presiden ke-45 Amerika Serikat ini memang dikenal memiliki jejak rekam yang penuh sensasi dan kontroversi. Jauh sebelum ia mencalonkan diri sebagai presiden, Donald Trump adalah publik figure Amerika Serikat yang dikenal kerapkali mencuit di akun pribadi Twitternya. Mungkin jika mencuit saja merupakan hal yang lumrah namun bedanya cuitan Trump seringkali mengundang perdebatan karena saking kontroversinya. Rupanya hobi Trump yang selalu siaga mencuit dimana saja ini ibarat “kena getahnya” pada saat acara inagurasinya di Capiton Hill waktu lalu. Donald Trump yang memang tak bisa lepas dari ponselnya terpaksa harus didatangi pihak keamanan yang ditugaskan untuk menyita sekaligus mengamankan ponsel milik pribadinya tersebut. Pihak penyelenggara mengatakan bahwa insiden penyitaan ponsel Donald Trump tersebut atas dasar demi keamanan. Jadi saat inagurasi Donald Trump memang tidak sempat mencuit apa-apa di Twitter.

Melania Trump Banyak Disorot

Bicara soal Donald Trump pasti tidak bisa lepas dari sang istri yakni Melania Trump. Mantan model Amerika Serikat ini merupakan istri ketiga dari Trump yang dinikahi di tahun 2005. Saat inagurasi suaminya beberapa waktu lalu, Melania Trump yang secara otomatis menjadi wanita nomor satu di Amerika Serikat pun tak berhenti-hentinya disorot oleh media. Melania saat itu diketahui hadir di inagurasi dengan mengenakan busana rancangan desainer ternama yakni Ralph Lauren. Karena mendapatkan sorotan lebih dari media, berbagai macam insiden kecil tak luput dari bidikan fotografer yang kemudian beredar di internet dan langsung menjadi viral karena menjadi bahan lelucon oleh para netizen. Satu insiden kecil tapi menarik perhatian adalah ketika Melania baru sampai di Gedung Putih, ia pun menyerahkan kotak kado kepada Michelle Obama. Melania Trump tampak menyerahkan kado dan ingin bersalaman sementara Michelle Obama justru menerima kado tersebut dan langsung memeluk Melania Trump. Mungkinkah Melania terlalu grogi mendampingi suami istri di hari pelantikannya sebagai presiden?

Amerika Serikat hingga saat ini memang masih diakui sebagai negara super power di dunia. Maka dari itu segala hal yang berhubungan dengan urusan kenegaraan Amerika Serikat pun menjadi hal penting juga bagi negara lain termasuk terpilihnya presiden baru yakni Donald Trump. Dibalik segala macam kontroversi terpilihnya Donald Trump ini semoga dia bisa menjadi pemimpin Amerika Serikat yang bijaksana dan tidak merugikan negara lain.

Sumber referensi:
http://www.pikiran-rakyat.com/luar-negeri/2017/01/20/5-fakta-di-balik-pelantikan-donald-trump-391208
http://www.herworld.co.id/article/2017/1/5904-Fakta-Menarik-Inagurasi-Presiden-AS-Donald-Trump
https://id.wikipedia.org/wiki/
https://news.idntimes.com/world/rosa-folia/trump-klaim-pelantikannya-dihadiri-15-juta-orang-ini-faktanya
http://tekno.liputan6.com/read/2834028/top-3-momentum-di-inagurasi-donald-trump-sedot-perhatian

Berita Aneh Unik