Film Dokumenter Horor Paling Seram Di Dunia


Dari sekian banyak genre film yang ada film dokumenter mungkin merupakan genre yang hanya memiliki sedikit peminat. Namun meski jumlahnya tak banyak film dokumenter tetap memiki ruang khusus di hati para pecinta film. Hal ini dikarenakan film dikumenter merupakan sebuah film yang “jujur” tanpa ada adegan fiktif untuk mendramatisir jalanya alur cerita yang disuguhkan. Sesuai dengan namanya film dokementer merupakan sebuah rekaman jhasil dokumentasi dari sebuah peristiwa maupun kejadian yang benar-benar real dan terjadi di dunia ini.

Film dokumenter biasanya akan mengangkat sebuah tema dan merekam kejadian sesungguhnya di loksi kejadian dengan tambahan narasi dari beberapa sumber lokal. Segala fakta di lapangan tersebut kemudian di satukan kembali secara lebih terstruktur dalam durasi sebuah fil untuk merepresentasikan kembali kenyataan terjadi. Karena itu para penikmat film cenderung menyukai film bertipe dokumeneter seperti ini karena biasanya cerita dari film dokumenter memang diangkat dari kasus yang benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata. Dan salah satu kisah yang paling di favoritkan untuk didokumentasikan adalah cerita-cerita misteri yang bernafaskan kisah gaib di dalamnya. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan berbagi kisah dari film dokumenter dengan tema Horor paling seram dalam, Film Dokumenter Horor Paling Seram Di Dunia, versi anehdidunia.com

The Nightmare (2015)

The Nightmare (2015)

Di Sutradarai oleh Rodney Ascher, The Nightmare merupakan sebuah film dokumenter yang coba mengangkat tema “Sleep Paralized” atau orang Indonesia biasa mengenalnya dengan fenomena “Tindihan”. Ascher mengangkat tema ini unik ini karena ia sendiri pernah mengalami fenomena ini pada masa lalunya. Dengan screenpaly yang remang-remang film ini mencoba menguak fenomena Tindihan, berdasarkan beberapa mitos-mitos yang ada di masyarakat.

Dalam film ini Ascher mengutamakan fokus cerita pada wawancara yang ia lakukan terhadap beberapa sumber yang pernah mengalami fenomena ini, serta mencoba memvisualisasikan apa kejadian mistis tersebut dalam lewat beberapa adegan reka ulang dalam filmnya tersebut. Sahabat anehdidunia.com sepanjang durasi film ini kita akn disuguhkan nuansa yang seram namun tetap real dan sangat efektif dalam menggambarkan nuansa seram yang terjadi. Karena itu film ini mendapat banyak pujian dari dari para kritikus film, karena dinilai berhasil menyuguhkan sisi gaib dari fenomena tindihan dengan cukup nyata tanpa meninggalkan kesan seram yang ada.

Never Sleep Again (2010)

Never Sleep Again (2010)

Never Sleep Again, merupakan film garapan Daniel Farrands dan Andrew Kasch yang coba mendomentasikan kisah legenda dari Freedy Crugers. Film ini berisi retrospektif tentang rumah di jalan Elm Street, tempat konon sosok hantu Freddy Crugers, mulai muncul dan meneror korbanya lewat mimpi. Dalam fil dengan screenpaly lumayan berkualitas ini kita akan disuguhkan kumpulan foto dan video langka dari fenomena gaib di yang terjadi di rumah angker tersebut.

Baca Juga:  Film Film Yang Bertemakan Kiamat Dunia 2012

Semua dokumentasi langka ini kemudian disatukan dengan testimoni dari keluarga yang pernah mendiami rumah di Elm Street tersebut. Sahabat anehdidunia.com kecerdikan Farrands dan Kasch yang memilih untuk memili dokumentasi yang senyap membuat film ini menghasilkan kualitas keseraman yang lumayan kompleks. Nuansanya senyap inilah yang memberi kesan begitu seram pada film ini dan sekaligus berhasil mengangkat sisi gaib dari legenda Elm Street meski tanpa efek khusus seperti layaknya pada Film Friday The 13th. Unsur seram inilah oleh banyak kritikus dipuji, karena dapat membangkitkan kembali kenangan tentang sosok Freddy Kruger yang telah melegenda.

A Haunting in Connecticut (2005)

A Haunting in Connecticut (2005)

A Haunting in Connecticut merupakan bagian dari sebuah seri film dokumenter Horor berjudul “The Haunting” yang tayang pada saluran Discovery Chanel, sejak tahun 2005. Seri dokumenter ini sendiri banyak mengabdikan kisah tempat-tempat mistis yang ada di Amerika, dengan mewawancarai narasumber setempat. Dokumenter yang sering mendapatkan pujian berkat narasinya yang memiliki ciri khusus ini, di buat dalam dua seri yaitu A Haunting in Connecticut dan A Haunting in Georgia. Keduanya di produksi secara bergantian dengan mendokumentasikan sisi Horor dari dua tenpat-tempat mistis yang ada di Connecticut Dan Georgia.

Khusus untuk A Haunting in Connecticut, dokumenter garapan produser Larry Silverman ini memfokuskan diri untuk memvisualisasikan kejadian gaib yang terjadi pada rumah milik Sarah Campbell. Rumah ini menurut legenda yang ada merupakan saksi dari peristiwa mistis yang dialami ole keluarga Champbell pada tahun 1987 yang lalu. Sahabat anehdidunia.com film dokumenter ini sukses mencuri perhatian perhatian penonton bahkan sejak episode pertamanya “The Dead House” tak hanya berhasil menyuguhkan kesan yang menyeramkan namun juga kisah yang sebenarnya terjadi dilokasi yang mereka dokumentasikan. Ditambah lagi dengan narasi dari Anthony Call yang misterius membuat dokumenter ini kian mencekam, namun tetap enak untuk dilihat. Hal ini terlihat dengan masih tetap tayangnya seri dokumenter ini hingga sekarang.

Killer Legends (2014)

Killer Legends (2014)

Sedikit berbeda dengan film dokumenter dalam daftar ini yang mengangkat tema Horor dari kisah mistis dari suatu tempat. Killer Legends yang di di Sutradarai oleh Joshua Zeman ini lebih berfokus untuk mendokumentasikan berbagai kisah urban legend tentang pembunuh-pembunuh yang melegenda di Amerika. Dengan gaya pengfilman layaknya sebuah investigasi Zeman berhasil menyuguhkan kesan seram, meski tak melulu membahas soal kisah mistis. Dalam film ini Zeman menyuguhkan empat kisah pembunuhan misterius yaitu ‘The Hookman,’ ‘The Candyman,’ ‘The Babysitter and Man Upstairs,’ dan ‘The Killer Clown.’

Keempat kisah urban legend yang melegenda di Amrikan ini berhasil Zeman suguhkan dengan cukup jelas meski tak meninggalkan kesan misterius dan mistis di dalamnya. Salah satu bagian film dokumenter ini yang berjudul ‘The Babysitter and Man Upstairs,’ bahkan menerima banyak pujian karena dinilai sedikit menguak kebenaran tentang kasus misterius dari pembunuhan babysiter yang melegenda di kota Missouri ini. Sahabat anehdidunia.com dalam dokumentasinya Zeman mempertanyakan tentang di eksekusinya seorang pria keturunan Afrika-Amerika, setelah dijadikan tersangka atas kasus pembunuhan berantai dengan target babysiter yang pernah terjadi di Missouri. Pria tersebut dinyatakan bersalah dan duhukum amti atas kematian Janett Christman yang meninggal dengan tragis di sebuah tempat penitipan anak setelah terlebih dulu di lecehkan, padahan bukti yang ada belumlah cukup kuat.

Baca Juga:  Awas Jenis Lalat Yang Bertelur Di Tubuh Kita

Room 237 (2012)

Room 237 (2012)

Room 237 merupakan film dokementer karya sutradara Stanley Kubrick, yang digadang-gadang sebagai salah satu film dokumenter paling menyeramkan sepanjang masa. Kubrick bukanlah pemain baru di dunia film dokumenter, karena pada tahun 1970 yang lalu ialah tangan dingin di balik film The Shining. Sebua film fenomenal yang konon menyimpan pesan tersembunyi tentang konspirasi pendaratan di bulan yang sebenarnya hanya akal-akalan Amerika untuk membuat saingan Uni Soviet panik. Dan lewat Room 237, kejeniusan Kubrick kembali terlihat, meski mengangkat tema yang cukup berat, yaitu upaya genosida yang diduga dilakukan pada suku Indan asli Amerika, oleh para penjelajah Inggrs pada awal mula terbentuknya Amerika.

Dalam film ini Kubrick merangkai kisah tersebut dalam beragam argumentasi yang terjadi di sebuah kamar hotel bernomor 237. Di awali dengan argumentasi yang mengarah tentang gagasan apa tentang genosida pada bangsa Indian, fil ini kemudian mulai mengarah ke beragam dialog rancu yang seolah saling tumpang tindih. Sebuah scene yang mungkin membuat banyak orang bingung, namun jika kita jeli sebenarnya yang ingin disampaikan Kubrick melalui adegan absurd tersebut adalah realita dimana kadang beragam argumen yang berbeda dari beberapa hasil pemikiran orang justru membuyarkan kenyataan dari kejadian yang sebenarnya. Sahabat anehdidunia.com semua itu kian diperkuat dengan aksen Indian dari tiap narasumber yang ada dan juga fakta bahwa segala desain dalam hotel tersebut berbau ornamen orang Indian. Tak hanya sampai di situ, Kubrick juga menggambarkan hotel tempat kamar 237 itu di bangun di atas tanah milik suku Indian. Uniknya segala petunjuk yang coba Kubrick kemukakan ini justru ia kemas dalam sebuah film bergaya dokumenter horor dengan suasana mencekam, sesuai dengan reputasi Kubrick senag menyembunyikan pesan rahasia dalam balutan kisah horor yang mencekam.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa film dokumenter horor paling seram didunia ini. Semoga artikel ini dapat memberi tambahan referensi film berkualitas untuk di tonton, saat sudah bosan dengan film-film fiksi yang ceritanya hanya begitu-gitu saja.

Referensi:
http://www.the-line-up.com/media/scary-documentaries/
https://en.wikipedia.org/wiki/Never_Sleep_Again:_The_Elm_Street_Legacy
https://en.wikipedia.org/wiki/A_Haunting
https://en.wikipedia.org/wiki/Killer_Legends
https://en.wikipedia.org/wiki/Room_237

Film Aneh Unik