Gempa Bumi Paling Kuat Dalam Sejarah

Gempa bumi adalah salah satu jenis fenomena alam dimana terdapat suatu guncangan pada permukaan bumi disebabkan oleh pelepasan energi dari dalam yang secara tiba-tiba sehingga menimbulkan gelombang seismik. Ada beberapa jenis gempa yakni gempa bumi runtuhan, tumbukan. buatan, tektonik dan vulkanik. Keempat jenis gempa tersebut memiliki penyebab yang berbeda-beda namun dapat memberikan efek yang sama dahsyatnya bagi siapa saja yang merasakannya.

Menurut sejarah, telah terjadi ribuan bahkan mungkin ratusan ribu kali gempa bumi selama ini. Mulai dari gempa kecil hingga yang dahsyat, gempa bumi selalu menyisakan memori luka dan trauma bagi manusia. Seperti yang akan diulas disini mengenai gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia. Sedahsyat apakah benacana gempa bumi tersebut? Berikut ulasannya khusus untuk sahabatanehdidunia.com.

Hokkaido – Jepang

hokkaido earthquake 1730

Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara yang paling “akrab” dengan gempa juga tsunami. Hal ini disebabkan karena secara geografis, Jepang berada di wilayah Cincin Api Pasifik. Wilayah yang merupakan tempat tiga lempeng tektonik bumi serta gunung berapi yang masih amat aktif sehingga sering menimbulkan gempa. Oleh karena itu hampir seluruh konstruksi bangunan yang ada di negara Jepang pasti dibuat khusus untuk tahan terhadap gempa. Dan salah satu gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia adalah gempa bumi Hokkaido yang terjadi di tahun 1730 lalu. Saat itu gempa Hokkaido berkekuatan lebih dari 8 skala ritcher mampu menewaskan ratusan ribu jiwa. Tepatnya sebanyak 137.000 jiwa manusia tewas dalam tragedi gempa bumi tersebut. Hokkaido memang diketahui merupakan salah satu kota yang sering diterjang badai tsunami dan gempa bumi. Seperti gempa bumi pada tahun 2003 yang lalu, Hokkaido pun mengalami gempa bumi dan beruntung tidak separah yang terjadi ratusan tahun yang lalu.

Damghan – Iran

Damghan – Iran

22 Desember tahun 856 yang sudah lama berlalu, gempa bumi terdahsyat telah terjadi di dunia. Gempa bumi tersebut berpusat di daerah Damghan, sebuah kota yang berada di wilayah negara Iran. Persisnya gempa tersebut menyerang seluruh wilayah bagian timur laut negara Iran. Di zaman yang masih “dini” tersebut, gempa bumi mengguncang Damghan dengan kekuatan sebesar 7,9 skala ritcher. Bukan lagi sekedar menghancurkan bangunan yang ada di kota tersebut, melainkan benar-benar meratakan seluruh isi kota! Bisa dibayangkan bahwa bentuk kota Damghan saat itu benar-benar porak poranda karena seluruh bangunannya rata dengan tanah. Sebanyak lebih dari 200 ribu jiwa meninggal dunia dan lebih dari 45 ribunya tewas di wilayah kota Damghan! Dengan besarnya kekuatan gempa tersebut serta dampak mengerikan yang dihasilkan, gempa Damghan pun disebut-sebut sebagai salah satu gempa paling mematikan yang pernah terjadi di dunia.

Port-au-Prince – Haiti

Port-au-Prince – Haiti

Perairan Karibia diketahui memiliki puluhan pulau yang tak lain adalah beberapa negara yang terbentuk dan berkuasa di wilayah teritorial masing-masing. Salah satu negara kecil yang ada di wilayah Laut Karibia itu sendiri adalah Republik Haiti. Enam tahun yang lalu sebagian wilayah dari negara ini tepatnya di ibu kota Port-au-Prince diporak porandakan oleh gempa bumi yang dahsyat. Dengan kekuatan sebesar 7 skala ritcher, ibu kota Haiti tersebut hancur rata dengan tanah dalam sekejap di tanggal 12 Januari 2010 yang lalu. Sebagai ibu kota sebuah negara tentu saja Port-au-Prince memiliki sejumlah bangunan dan gedung-gedung penting sebagai sarana pusat pemerintahan. Benar saja, ketika gempa mengguncang wilayah tersebut selain rumah rakyat dan gedung pemerintahan, istana presiden pun ikut-ikutan hancur lebur merata dengan tanah. Dengan kondisi kota yang amburadul akibat gempa bumi tersebut, sebanyak 230.000 jiwa tewas seketika terkena reruntuhan dan jutaan lainnya mengalami luka-luka serta trauma yang hebat. Kondisi korban selamat semakin miris kala tempat untuk mengungsi amat minim.

Tangshan – Cina

Tangshan – Cina

Selain Jepang negara lain yang seringkali mengalami musibah bencana alam gempa bumi adalah Cina. Dan gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia beberapa diantaranya adalah yang pernah terjadi di Cina. Tangshan adalah wilayah yang berpenduduk sekitar satu juta jiwa dan di tanggal 28 Juli 1976 yang lalu mengalami goncangan hebat. Gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala ritcher di jam 03.42 pagi waktu setempat mampu memporak porandakan wilayah yang sebelumnya adem ayem da dikenal sebagai kota industri ini. Sesaat gempa tersebut berhenti sayangnya tak berlangsung lama karena terjadi gempa susulan berikutnya sebesar 7,1 skala ritcher! Bisa dibayangkan dalam jarak waktu yang singkat terjadi dua kali gempa dengan kekuatan yang hampir sama, bangunan hancur lebur dan banyak sekali korban jiwa yang tertimbun reruntuhan bangunan. Bahkan kala itu ada yang menyebutkan saat terjadinya gempa, banyak orang-orang yang terlempar hingga ke udara! Menurut data, sebanyak 255.000 jiwa dinyatakan tewas dan ratusan ribu lainnya mengalami luka dan cidera. Meski demikian sebagian besar orang ada yang percaya bahwa korban sebenarnya adalah 750.000 jiwa!

Shaanxi – Cina

Shaanxi – Cina

Bukan hanya Tangshan saja ternyata yang pernah mengalami gempa bumi terparah di dunia. Ada yang lebih parah dan memilukan lagi dibandingkan gempa bumi Tangshan. Sejarah menulis pada tanggal 23 Januari 1556, gempa bumi dengan kekuatan 8 skala ritcher mengguncang wilayah Shaanxi. Getaran dan guncangan sedahsyat itu tak hanya memberi dampak parah di wilayah Shaanxi namun juga wilayah kota sekitarnya. Dalam waktu sekejap, kota Shaanxi menjadi kota yang lengang karena menurut laporan sebanyak 60% populasi di kota tersebut menjadi korban tewas dalam tragedy gempa bumi terparah di dunia itu. Meskipun para ahli banyak yang membantah akan tetapi sebagian besar masyarakat meyakini bahwa data jumlah penduduk yang tewas benar-benar sebanyak 830.000 jiwa! Tak hanya menewaskan ratusan ribu manusia, peristiwa gempa bumi Shaanxi saat itu juga secara geografis memberikan dampak perubahan lingkungan. Ada tanah yang tiba-tiba berubah menjadi gundukan bukit, mendadak ada tanah yang berubah menjadi lembah dan lain sebagainya.

Sahabatanehdidunia.com itulah beberapa gempa bumi terparah yang pernah terjadi sepanjang sejarah peradaban manusia. Peristiwa gempa bumi memang tak bisa dicegah dan diprediksi karena memang sudah merupakan hukum alam. Bersikap tanggap dan responsif terhadap situasi ketika terjadi gempa adalah salah satu kunci penting untuk menyelamatkan diri. Selain banyaknya korban jiwa yang meninggal, gempa bumi juga pastinya menimbulkan kerugian dari segi material. Daftar gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia yang telah disebutkan diatas merupakan peringatan bagi kita semua bahwa bumi akan selalu mengalami hal-hal menakjubkan yang tak hanya menguntungkan namun juga membahayakan.

Sumber referensi:
http://www.tentik.com/inilah-10-gempa-bumi-paling-dahsyat-sepanjang-sejarah-dunia/
http://global.liputan6.com/read/2684778/22-12-856-horor-gempa-paling-mematikan-ke-6-guncang-iran
https://id.wikipedia.org/wiki/

Berita Aneh Unik