Masa Sih Lagu Ini Konon Dapat Memanggil Hantu


Rasa-rasanya di dunia ini tak ada orang yang tak suka mendengarkan lagu atau bahkan menyanyikan lagu kesukaan mereka. Tak peduli tua, muda, bersuara bagus atau tidak, saat memiliki lagu yang disukai orang biasanya tak akan sungkan untuk menyanyi. Hal ini wajar saja karena pada dasarnya lagu memang diciptakan untuk mengekspresikan perasaan manusia. Karena itu bagi sebagaian orang lagu juga bisa dijadikan sebagi Mood Booster, saat sedang merasa kurang bersemangat. Namun selain itu di dalam kultur masyarakat kita lagu juga memiliki fungsi lain yang berhubungan dengan hal mistis. Beberapa lagu bahkan dijadikan sebagai sarana untuk memanggil makhluk halus. Meski menyeramkan ternyata hal seperti ini tak hanya berlaku di Indonesia saja. Di beberapa negara lain jua di kenal lagu-lagu yang konon dapat memanggil arwah orang yang telah meninggal hingga hantu-hantu yang menyeramkan. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan berbagi kisah dari beberapa lagu pemanggil hantu tersebut dalam, Lagu Yang Konon Dapat Memanggil Hantu, versi anehdidunia.com

Nina Bobo

Nina Bobo

Sebagaian besar orang pasti sudah familiar dengan lagu Nina Bobo, namun siapa sangka jika lagu yang biasa dinyanyikan untuk mengantar anak-naka tidur di malam hari ini ternyata konon merupakan lagu yang bisa mendatangkan hantu. Konon jika lagu ini dinyanyikan pada malam hari, maka secara tidak langsung akan ada arwah yang datang. Kisah ini bermula dari sebuah cerita tentang asal usul lagu Nina Bobo itu sendiri. Konon dulunya lagu ini dulunya merupakan lagu yang biasa dinyanyikan seorang Ibu pada masa penjajahan Belanda untuk putrinya yang bernama Helenina Mustika Van Rodjnik atau akrab disapa Nina. Sosok Nina ini konon merupakan gadis berdarah Indonesia-Belanda yang meninggal di usia 4 tahun karena sakit. Semasa sakit ini sang Ibu selalu menyanyika lagu Nina Bobo agara anaknya dapat tertidur. Hal ini terus Ia lakukan hingga malam dimana Nina akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. Setelah kematian Nina konon Ibunya dilanda kesedihan yang mendalam hingga tiap malam, Ia tetap menyanyikan lagu Nina Bobo ini sambil berharap agara naknya bisa kembali lagi. Dan konon hal tersebut akhirnya benar-benar terjadi,  sosok arwah Nina ini akhirnya datang tiap kali lagu Nina Bobob dinyanyikan di tengah malam. Kisah inilah yang akhirnya banyak dipercaya orang hingga saat ini, bahwa jika kita menyanyikan lagu Nina Bobo pada tengah malam maka sosok Nina akan muncul dan menghantui kita. Bagaimana sahabat anehdidunia.com ada yang berani coba?

Lingsir Wengi

Saat membahas lagu yang bisa mendatangkan hantu, kebanyakan orang pasti akan langsung teringat dengan Lingsir Wengi. Hal ini terjadi karena lagu ini digunakan sebagai salah satu backsound dalam salah satu film horor tanah air yang paling menyeramkan yaitu Kuntilanak. Dalam film tersebut di ceritakan jika lagu Lingsir Wengi dinyanyikan maka akan smuncul sosok kuntilanak yang menreamkan. Berkat kuatnya nuansa horor dalam film ini, masyarakat Indonesia akhirnya mulai menganggap lagu Lingsir wengi sebagai lagu pemanggil kuntilanak. Namun sebenranya hal ini slah besar, karena lingsir wengi sejatinya justru adalah lagu yang diciptakan untuk menolak datangya makhluk halus. Lagu ini sendiri diciptakan oleh Sunan Kalijaga pada masa penyebaran agama Islam di Jawa. Dulu Sunan Kalijaga sering menyebut lagu ini sebagai “Durmo lingsir wengi” yang kurang lebih berarrti lagu penolak godaan makhluk halus. Namun syang kebanyakan orang justru salah mengartikanya menjadi lagu pemanggil kuntilanak. Stigma ini kian kuat setelah lirik lagu Lingsir Wengi di ubah dalam film kuntilanak. Perubahan ini membuat orang yang tak tahu lirik asli dari lagu Lingsir Wengi akhirnya percaya bahwa lagu ini dapat mendatangkan makhluk halus. Dan bagi sahabat anehdidunia.com yang penasaran dengan perbedaan lirik yang ada di lagu Lingsir Wengi, bisa menyimak perbedaannya di bawah ini:

Versi Asli:
Lingsir Wengi
Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati
Kawitane
Mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
Nandang bronto
Kadung loro
Sambat-sambat sopo
Rino wengi
Sing tak puji ojo lali
Janjine mugo biso tak ugemi

Arti dalam bahasa Indonesia:
Menjelang Tengah Malam
saat menjelang tengah malam
sepi tidak bisa tidur
tergoda bayanganmu
di dalam hatiku
permulaanya
hanya bercanda kemudian terjadi
tidak mengira akan jadi cinta
kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku
menderita sakit cinta(jatuh cinta)
aku harus mengeluh kepada siapa
siang dan malam
yang saya cinta jangan lupakan ku
janjinya kuharap tak diingkari

Versi dalam film kuntilanak:
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Artinya dalam bahasa Indonesia:
Menjelang malam, dirimu (bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut
Mantra Jelangkung

Permaianan memanggil arwah yang satu ini tentu sudah tak asing di telinga orang Indonesia. Namun tak banyak yang menyadari bahwa mantra yang sering di ucapkan saat kita bermain Jelangkung ini sebenarnya merupakan sebuah lagu. Untuk urusan kemanjuran dalam memanggil makhluk halus, mantra Jelangkung sudah tak perlu diragukan lagi, hanya dengan menyanyikan lagu ini di temat angker dan berbekal sebuah bineka batok kelapa, kita sudah bisa bermain tanya jawab dengan makhluk halus. Namun meski hanya sebuah permainan dan jarang terdengar ada kasus mengerikan dari permainan yang satu ini. Jangan pernah mencoba bermain Jelangkung sendirian karena kita tak pernah tahu arwah apa yang akan menghampiri kita. Salah-salah kita bisa di hampiri teror yang mengerikan.

Asereje

Asereje

Pada awal tahun 2000-an Indonesia sempat dihebohkan dengan sebuah lagu dari sebuah girl band asal Cile bernama Las-Kechup yang berjudul Asereje. Dengan irama yang asik dan lirik yang sederhana lagu ini, dengan mudah diterima oleh masyarakat. Namun siapa sangka jika lagu berbahasa Latin ini, ternyata mengandung lirik yang dapat di gunakan sebagai media dalam ritual pemanggil arwah ataupun setan. Konon lirik berbahasa Spanyol dalam lagu ini jika di terjemahkan secara literatur sebenarnya memiliki banyak kode yang jika diartikan merupakan simbol untuk melambangkan setan dan iblis.  Kode ini konon sebenarnya merupakan sebuah kode yang biasa digunakan oleh sebuah suku asal tepi barat laut Afrika yang bernama Assab sebagai ritual untuk memanggil arwah orang yang telah mati. Ritual Asereje ini biasa dilakukan oleh suku Assap pada hari jum’at untuk memanggil arwah orang yang telah meninggal atau jika menurut suku Assp lagu ini adalah sebuah lagu yang di khususkan untuk menyambut kedatangan Iblis kedunia. Dan entah bagaimana lagu ini, akhirnya bisa sampai ke tangan sebuah Gilr Band di Spanyol dan menjadi Hits di seluruh dunia. Mungkinkah hal ini sebuah kebetulan,, rasanya tidak…

Misteri lagu Takdir

Salah satu lagu lain yang konon bisa mendatangkan makhluk halus, adalah sebuah lagu yang sering disebut sebagai Misteri Lagu Takdir. Konon barang siapa menyanyikan lagu ini sosok hantu yang dipercaya merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu ini yang bernama Lita akan muncul. Kisah kemunculan hantu Lita ini, pertama muncul lewat media sosial Twiter dan sempat menjadi viral beberapa tahun yang lalu. Terdapat beragam kisah tentang lagu ini, namun yang paling banyak dipercaya orang adalah cerita jika kita menyanyikan lagu ini dengan sepenuh hati saat tengah malam, maka sosok Lita akan muncul. Dan jika sosok Lita ini muncul, maka teror mengerikan akan segera kita terima, karena konon Lita tak akan memaafkan orang yang menyanyikan lagunya dan akan meneror orang tersebut tanpa ampun. Salah satu penggalan dari lirik lagu ini yang dipercaya sangat angker dan dapat membuat bulu kuduk berdiri diantaranya adalah lirik yang berbunyi: ‘tlah ku panggil angin malam, kuharapkan dihempas namun sia-sia kau telah pergi’ . Pada akhir bait reff lagu juga dikisahkan bahwa seseorang telah menyesal karena tak tahu isi hati kekasihnya yang sudah  meninggal.

Malam Satu Suro

Malam Satu Suro

Bagi orang Indonesia, khusunya masyarakat Jawa, bulan Suro merupakan bulan yang memiliki arti spesial. Di bulan ini biasanya masyarakat Jawa tidak akan melakukan hal-hal penting, melangsungkan pernikahan, memulai bisnis ataupun hal-hal lain karena dianggap akan berakhir dengan kegagalan. Keistimewaan bulan ini juga ditunjukan dengan adanya beragam ritual kejawen untuk menyabut datangnya bulan ini yang biasa disebut sebagai malam satu suro. Untuk menyambut datangnya satu suro ini, orang Jawa biasanya akan mengadakan Selametan untuk menolak bala sekaligus meminta perlindungan pada leluhur agar dapat melewati bulan suro tanpa terkena musibah. Selain itu masyarakat Jawa juga memiliki kepercayaan jika pada malam satu Suro, keluarga yang sudah meninggal akan kembali berkunjung ke keluarganya. Dan untuk menuntun anggota keluarga itu agar tak ke sasar saat ingin berkunjung ke keluarganya ini terdapat lagu yang dipercaya dapat menunutun para arwah leluhur ini untuk pulang ke rumah. Lagu yang biasa di kenal dengan judul Malam Satu Suro ini kurang lebih memiliki penggalan lirik yang berbunyi:  “Malam ini, Sunyi sepi ku terlena dalam mimpi kau tersenyum kedamaian.” Seperti itulah jika lagu jawa ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Penggalan lagu ini konon dapat menuntun arwah leluhur untuk pulang ke rumah, dan meski merupakan lagu pemanggil arwah lagu malam satu suro, sebenarnya sangat jauh dari kesan seram.

Sahabat anehdidunia.com itulah bebara lagu yang konon dapat memanggil arwah makluk halus maupun setan. Sebagiandari lagu dalam daftar diatas tentu belum tentu dapat memanggil arwah roh halus, sebagain lainya bahkan sebenarnya merupakan lagu yang dibuat untu menangkan kedatangan makhluk astral ini. Perbedaan ini sebenarnya membuktikan jika, sebuah kisah bisa menjadi berbagai persepsi yang berbeda tergantung dari pemahaman orang yang mendengar maupun menceritakanya. Jadi alangkah baiknya jika kita selalu mencari opini pembangding saat mendengar sebuah informasi, agar tak terjadi kesalahan pemahaman yang jika tak diluruskan bisa menjadi stigma salah generasi penerus kita yang mendengarkan kisah tersebut.

Referensi:
http://www.boombastis.com/lagu-menyeramkan/84074
http://papasemar.com/kononinilah-8-lagu-yang-bisa-mengundang-datangnya-hantu-bila-dinyanyikan/
http://gelut.com/unik/misteri-lagu-lingsir-wengi/

Supranatural