Uniknya Kota Bawah Tanah Tersembunyi Di Dunia Ini

Sahabatanehdidunia.com mungkin sudah tidak asing lagi dengan apa yang disebut dengan ruang bawah tanah. Pada umumnya ruang bawah tanah tidak bisa lepas menjadi bagian dari bangunan rumah terutama rumah-rumah yang berdesain Amerika dan Eropa. Ruang bawah tanah atau biasa disebut dengan basement biasanya secara khusus digali dengan maksud difungsikan sebagai ruangan tempat menyimpan perkakas rumah tangga, mencuci atau gudang.

Tahukah anda bahwa ternyata di dunia ini terdapat kota-kota bawah tanah yang ada di beberapa negara di dunia? Yup, kota yang ada di bawah tanah. Jika ruang bawah tanah identik dengan tempat penyimpanan barang di rumah, lantas seperti apakah penampakan kota-kota bawah tanah di dunia? Berikut ulasan mengenai keunikan kota bawah tanah di dunia versi anehdidunia.com.

Katakomba – Perancis

Katakomba – Perancis

Menara Eiffel adalah salah satu ikon negara Prancis paling terkenal di dunia. Menara yang sering dijadikan symbol keromantisan ini terletak di ibukota negara yakni Paris. Itulah mengapa kota Paris ini begitu dikenal dan menajdi salah satu kota paling wajib didatangi di belaha Eropa. Yang tidak terlalu banyak orang ketahui adalah bahwa di bawah tanah kota Paris ini ternyata ada kota bawah tanah yang juga tak kalah uniknya dengan Menara Eiffel. Kota bawah tanah tersebut adalah Catacombes de Paris atau Katakomba. Lokasinya tepat berada di sebelah selatan pusat kota Paris. Sebenarnya Katakomba sendiri bukanlah kota bawah tanah yang ditinggali oleh penduduk setempat. Sebaliknya Kotakomba adalah kota bawah tanah yang didiami oleh sekitar 6 juta jenazah, artinya kota ini adalah tempat pemakaman. Salah satu alasan mengapa di kota Paris tidak banyak gedung-gedung tinggi ialah karena terdapat Katakomba di bawah tanahnya. Struktur kota bawah tanah ini adalah terdiri dari terowongan-terowongan juga gua-gua. Saat ini Katakomba sudah mulai banyak didatangi oleh turis mancanegara. Meskipun sempat ditutup sementara waktu karena kerap digunakan sebagai sarana “vandalism” akan tetapi Katakomba dibuka untuk umum kembali sejak tahun 2009 hingga saat ini.

City of Caves – Inggris

City of Caves – Inggris

City of Caves adalah salah satu kota bawah tanah yang juga unik di dunia. Lokasinya ada di Inggris leboh tepatnya adalah di kota Nottingham. Hal yang membuat unik dari kota bawah tanah ini adalah akses masuknya. Broadmarsh Shopping Center yang ada di kota Nottingham adalah salah satu pusat perbelanjaan pada umumnya yang ada di kota tersebut. Dan di pusat perbelanjaan itulah terdapat pintu masuk yang tidak lain merupakan akses pintu masuk menuju City of Caves. Kota bawah tanah yang sudah ada sejak berabad-abad lalu ini telah dijadikan sebagai tempat tinggal pula sejak abad ke-11. Struktur kota bawahnya pun unik karena terdapat banyak gua yang terbentuk dari hasil ukiran. Pada zaman dulu, selain sebagai tempat tinggal City of Caves juga dijadikan tempat perlindungan jika ada serangan bom, serangan udara dan lain sebagainya. Sementara sejak tahun 2004, City of Caves sendiri telah dibuka untuk umum dan bagi wisatawan yang ingin masuk ke dalamnya wajib untuk membeli tiket. Saking uniknya kota bawah tanah ini, para ahli sejarah masih meyakini bahwa banyak kemungkinan terdapat gua-gua yang belum ditemukan di sekitar City of Caves tersebut. sehingga para arkeolog sampai saat ini masih terus menggali dengan harapan akan ditemukan gua baru.

Tambang Garam Wieliczka – Polandia

Tambang Garam Wieliczka – Polandia

Masih di wilayah Benua Eropa, kota bawah tanah unik lainnya adalah sebuah tambang garam yang ada di kota Wieliczka. Salah satu kota metropolitan yang ada di negara Polandia. Tambang garam ini telah ada sejak abad ke-13 dan disebut sebagai tambang garam tertua yang ada di dunia. Panjangnya mencapai 3,2 km akan tetapi hanya sebagian kecil dari wilayahnya diperbolehkan untuk dikunjungi wisatawan. Tambang garam Wieliczka memang salah satu kota bawah tanah yang tidak hanya unik namun juga indah di dunia. Bagaimana tidak? Di dalamnya terdapat sebuah katedra yang dibangun dengan cara dipahat atau diukir langsung oleh para pekerja tambang zaman dulu. Desain interior di dalamnya pun semua berasal dari batu-batu yang diukir sehingga mampu menciptakan estetika alami. Selain katedral, di dalam tambang garam ini juga terdapat patung-patung serta ruangan besar yang sedikit mirip dengan ballroom yang dihiasi dengan lampu gantung. Uniknya lampu gantung yang ada di ruangan besar tersebut adalah terbuat dari garam! Tak hanya itus aja, kota bawah tanah yang tak lain adalah tambang garam ini juga memiliki danau buatan! Karena keunikan dan usianya yang berabad-abad ini jugalah Tambang Garam Wieliczka dimasukkan dalam situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1978.

Seattle Underground – Amerika Serikat

Seattle Underground – Amerika Serikat

Seattle adalah salah satu kota yang berada di negara bagian Washington, Amerika Serikat. Kota ini merupakan kota paling besar yang berada di wilayah timur laut pasifik Amerika Serikat. Dari kota ini jugalah jaringan kedai kopi Starbucks berasal. Kota Seattle pernah mengalami musibah kebakaran yang cukup besar di tahun 1889. Kota tersebut diluluhlantakkan oleh api yang begitu besar sehingga hampir semua bangunan hancur. Hal itulah yang membuat para penduduknya berinisiatif untuk membangun sebuah kota baru dibawah tanah kota Seattle itu sendiri. Dari peristiwa itulah cikal bakal adanya Seattle Underground. Dibangun pada tahun 1889, Seattle Underground saat ini hanya menjadi tempat wisata bagi para turis local maupun asing. Namun keunikannya tak bisa dielak lagi, Seattle Underground masih tampak seperti “kota hidup” karena bangunan-bangunan tua seperti tempat hunian, pertokoan bahkan bank juga masih ada dan cukup terawatt meski hanya sisa bangunannya saja. Bangunan yang ada di kota bawah tanah ini paling banyak dibuat dari kayu dan mungkin karena itulah beberapa bangunan tampak sudah lapuk. Akan tetapi Seattle Underground masih menjadi alternative wisatawan yang berkunjung ke kota Seattle.

Coober Pedy – Australia Selatan

Coober Pedy – Australia Selatan

Siapa bilang kota bawah tanah hanya didominasi di daerah Amerika dan Eropa saja? Nyatanya tak demikian, Coober Pedy lah buktinya, sebuah kota bawah terkenal yang ada di negara bagian Australia Selatan tepatnya sekitar 850 km bagian utara ibukota Adelaide.  Kota bawah tanah ini begitu menarik perhatian karena sebenarnya merupakan tambang opal terbesar di dunia. Opal sendiri adalah salah satu jenis batu mulia paling mahal yang ada di dunia. Uniknya Coober Pedy ini hingga saat ini masih dihuni oleh kurang lebih 3.000 penduduk di dalamnya. Yup, Coober Pedy memang diduga sebagai satu-satunya kota bawah tanah yang masih hidup saat ini. Tambang opal sendiri di tempat tersebut telah digali sejak tahun 1915 dan yang menemukan tempat tersebut pertama kali adalah Willie Hutchison. Kota bawah tanah Coober Pedy ini terkenal karena memiliki cuaca yang cukup ekstrem. Pada saat musim dingin, cuaca dingin selalu ekstrem begitu juga saat musim panas suhu panas pun sangat ekstrim yakni sekitar 40 derajat celcius. Wisatawan yang datang akan terhibur dan akan dibuat takjub karena di dalam Coober Pedy terdapat rumah, restoran, pertokoan dan bahkan hotel yang bisa dibuat menginap!

Itulah lima kota bawah tanah terkenal di dunia yang menyimpan berbagai macam keunikannya sendiri. Kota-kota tersebut memang kebanyakan sudah tidak dihuni lagi di era modern saat ini, akan tetapi bangunan dan keeksistensiannya masih terjaga hingga saat ini. Hal itu menandai bahwa sejarah dalam bentuk apapun masih dijaga utuh dan bahkan dilestarikan oleh pemerintahan masing-masing di negara tersebut. Salut!

Sumber referensi:
http://terselubung.in/6-kota-bawah-tanah-paling-indah-di-berbagai-negara/

Berita Aneh Unik