PLARIUSMODIFIKASI101

Kisah Unik Orang-orang Yang Mendapat Bakat Khusus Setelah Mengalami Cedera Otak

Monday, February 13, 2017
Otak merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital. Karena itu bagian tubuh yang satu ini selalu di wanti-wanti untuk dijaga dengan baik agar tak sampai cedera. Jika sampai cedera maka bisa fatal akibatnya, mulai dari cacat tubuh bahkan hingga koma yang berkepanjangan. Selain itu cedera yang dialami otak juga membutuhkan proses penyembuhan yang sangat lama. Namun dalam beberapa kasus yang sangat langka ada beberapa orang yang justru mendapatkan bakat khusus dan unik setelah mereka mengalami cedera otak yang lumayan parah.

Fenomena yang dikenal sebagai Acquired Savant Syndrome ini sangat langka. Bahkan dari sebuah studi yang dilakukan oleh Darold Treffert pada tahun 2010 yang lalu hingga saat ini hanya ada sekitar 32 kasus ASS yang terjadi di dunia ini. Para ilmuan pun belum bisa mengetahui pasti penyebab fenomena unik ini. Mereka hanya memperkirakan jika hal ini di sebabkan oleh kerusakan pada lobus temporal anterior kiri, sebuah daerah yang bertanggung jawab untuk memproses masukan sensorik, serta mengenali obyek dalam otak, justru memunjulkan bakat baru dalam tubuh seseorang. Nah keunikan inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagi kisahnya dalam Kisah Unik Orang-orang Yang Mendapat Bakat Khusus Setelah Mengalami Cedera Otak, versi anehdidunia.com



Ben McMahon - Bahasa Mandarin



Pada tahun 2012 yang lalu, seorang pemuda Australia yang bernama Ben McMahon (22) secara tak sengaja terlibat dalam sebuah kecelakaan mobil beruntun yang membuatnya mengalami cedera kepala serius hingga mengalami koma selama satu minggu penuh. Untungnya setelah melewati masa koma ia akhirnya berhasil sadar. Namun di sinilah keanehan mulai terjadi, karena saat Ben terbangun ia secara spontan berucap pada perawat yang sedang menjaganya "Apa yang terjadi?." Perawat tersebut pun kebingungan karena yang terucap dari mulut merupakan bahasa Mandarin.

Kebetulan perawat yang sedang menjaga Ben saat itu adalah perawat yang secara penampilan fisik terlihat seperti orang Asia. Tak hanya sampai di situ beberapa saat kemudian, Ben kemudian mengambil secarik kertas dan menulis pesan berbahasa mandarin untuk Ayah dan Ibunya. Pesan tersebut kurang lebih berbunyi "Ayah, Ibu aku menyayangi kalian dan Aku akan segera sembuh." Mendapati hal ini pihak rumah sakit sempat kebingungan, namun akhirnya mereka menyadari kalau kejadian ini merupakan Sindrom Acquired Savant. Orang tua Ben juga sempat khawatir kalau anak mereka tak akan lagi bisa berbahasa Inggris namun kekhawatiran ini tak terbukti karena Ben tetap masih bisa menggunakan bahasa asalnya hanya saja kini ia juga telah menguasai bahasa baru dari ujung negara Asia Timur.


Franco Magnani - Melukis



Pada dekade 1960-an seorang imigran asal Itali yang bernama Franco Magnani, terserang sebuah penyakit misterius yang membuatnya mengalami demam tinggi dan kejang. Pada kondisi seperti ini biasanya orang kemudian akan mengalami kerusakan pada otaknya. Namun untungnya hal ini tak terjadi pada Magnani. Ia berhasil melewati masa kritis ini dan bahkan mendapat sebuah bakat istimewa setelah kesembuhanya.

Semasa ia mengalami deman Magnani mendapatkan berbagai mimpi aneh tentang pemandangan kota kelahirnanya, Pontito yang terletak di Itali. Sahabat anehdidunia.com hal ini cukup aneh mengingat Magnani sudah lebi dari 30 tahun tak melihat kampung halamanya tersebut. Ia bahkan sanggup menggambarkan dengan jelas, tentang detail kotanya dalam lukisan. Padahal Magnani sendiri sebelumnya tak bisa melukis dan juga tak pernah belajar caranya melukis. Keindahan lukisan karya Magnani, bahkan telah memukau banyak mata dari para kurator seni yang akhirnya membuat lukisan Franco Magnani kini telah mendunia. Dan walau kini sudah tak lagi melukis karena faktor usia karya Franco Magnani, tetap bias di nikmati karena telah menjadi bagian dari beberapa galleri seni yang tersebar di seluruh dunia.


Orlando Serrell - Perhitungan Kalender Yang Rumit



Saat berusia 10 tahun Orlando Serrell, mendapatkan hantaman serius pada bagian sisi kepalanya setelah terkena bola bisbol. Pada peristiwa yang terjadi di tanggal 17 Agustus, 1979, tersebut ia sempat tersungkur diri namu segera bangun dan melanjutkan permainan dengan teman-temanya. Setelah peristiwa tersebut ia juga tak pernah diperiksa ke dokter karena orang tuanya tak pernaj tahu apa yang baru saja menimpa anaknya. Selama beberapa hari Serrell sebenarnya merasa pusing namun ia enggan memberitahu orang tuanya. Beberapa hari kemudian rasa sakit di kepalanya hilang, namun entah bagaiman ia mulai bisa melakukan perhitungan kalender yang sangat rumit. Contohnya ia bisa dengan jitu menebak hari yang tepat dalam satu minggu hanya dengan di berikan tanggal dan tahun tertentu. Tak hanya sampai disitu ia juga mampu mengingat dengan jelas tentang setiap peristiwa yang terjadi tepat setelah hari ia mengalami insiden di lapangan bisbol di tanggal tertentu. Misal hari itu dia melakukan apa saja atau bahkan cuaca yang terjadi. Luar biasa kan!?


Derek Amato - Piano



Derek Amato telah membuat kesalahan fatal pada bulan Oktober 2016 yang lalu ketika ia memutuskan untuk terjun ke sebuah kolam renang yang dangkal. Akibat ulah sembrononya ini ia mengalami cidera otak serius setelah kepalanya dengan kesar membetur dinding kolam. Sahabat anehdidunia.com setelah kejadian ini ia kehilangan 35% daya pendengaranya dan juga kehilangan ingatan. Namun secara ajaib paska kecelakaan tersebut Derek mulai bisa memainkan piano dan tak hanya sekedar bermain permaiana Derek bahkan oleh para ahli yang telah mendengar dinyatakan tak ubahnya seperti permainan piano dari seorang maestro seni. Dalan tulisan yang ia post dalam blog pribadi miliknya perubahan dalam hidup Derek dimuali ketika ia secara tak mengaja menyentuhkan jarinya di tuts piano.

Setelah menyentuhkan jarinya ke tuts piano tersebut, entah mengapa ia mulai memanikan sebuah lagu dengan lancar meski tak tahu lagu apa itu. Hal ini membuatnya begitu kagum dan terharu hingga ia dan sedang ditemani oleh seorang temanta tak mampu menahan air mata haru mereka. Peristiwa ini menurut Derek telah merubah seluruh hidupnya dan saat ditanya apakah jika ia bisa memutar waktu dan menghentikan insiden yang ia alami dia mau melakuknanya. Dengan tegas Derek menolak dan menganggap hidupnya sudah jauh lebih sempurna saat ini.


Jason Padgett - Jenius Dalam Matematika



Cerita tentang orang yang tiba-tiba menjadi ahli Matematika Jenius setelah mengalami cedera otak mungkin nanpak seperti sebuah plot dalam film Hollywood. Namun hak aneh inilah yang terjadi pada sosok Jason Padgett yang berubah dari sosok pemuda metal menjadi ahli matematika jenius. Peristiwa yang mengubah hidup Jason ini terjadi pada tahun 2002 yang lalub. Sahabat anehdidunia.com saat itu Jason yang semasa muda mengaku sebagai seorang atlit ini mengalami sebuah peristiwa mengerikan saat ia di serang secara brutal oleh sekelompok orang tak di kenal saat keuar dari sebuah bar. Akibat penyerangan ini ia mengalami cedera otak serius yang mengakibatkan dirinya harus menghabiskan banyak waktu di rumah sakit. Namun seperti pepatah Cina kuno "Di Balik Kesialan, Selalu ada Keberuntungan."

Setelah peristiwa itu Jason kemudian secara misterius dapat mengerti rumus-rumus matematika rumit dan mengubahnya menjadi konsep fisika dengan amat mudah. Bakat baru Jason ini telah merubah seluruh kehidupanya dan berkat dorongan dari beberapa fisikawa ia akhirnya memutuskan untuk mengambil studi di bidang matematika untuk memperdalam ilmunya. Jason bahkan kini memiliki cita-cita untuk menjadi ahli matematika nomer 1 di dunia. Kasus langka yang dialami Jason ini juga telah membuat para ahli saraf begitu bersemangan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di otak Jason dan sangat ingin untuk mempelajari apa sebenarnya yang membuat bakat baru dapat muncul pada pasien cedera otak serius.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kisah luar biasa di mana bakat unik justru muncul setelah seseorang mengalami cedera otak yang cukup serius. Hal ini membuktikan jika bahkan dalam sebuah musibah yang mengerikan sekalipun, kadang seuatu keajaiban bisa terjadi dan merubah hidup seseorang.

Referensi:

http://www.therichest.com/shocking/15-people-who-gained-amazing-skills-after-a-brain-injury/